Pencarian

Makna Dibalik Lagu Ed Sheeran ~ The A Team: Candu Narkoba itu Bisa Membunuhmu


Lagu ini terinspirasi dari pengalaman prbadi Ed Sheeran. Saat itu umurnya baru 18 tahun ketika menggelar konser kecil disebuah penampungan tunawisma. Dimana pada penampungan tersebut, ia melihat para wanita sedang berjuang dengan ketergantungan narkoba kelas A (kelas berat). Lewat lagu ini ED seolah ingin menekankan bahwa kecanduan narkoba itu bisa membahayakanmu. Karena orang yang kecanduan narkoba pasti akan melakukan apa saja demi memenuhi hasrat kebutuhanya. Hingga ia hanya menghabiskan masa mudanya untuk berimajinasi akibat efek narkoba itu saja. Hingga tak terasa waktu menjadi cepat berlalu dan semuanya tak bisa diubah dihari-hari tuanya.

Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya. baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

White lips, pale face
Bibir putih, wajah pucat
Breathing in snowflakes
Menghirup serpihan salju
Burnt lungs, sour taste
Paru terbakar, rasa hambar
Light's gone, day's end
Cahaya tlah pergi, siang tlah usai
Struggling to pay rent
Berjuang tuk bayar kontrakan
Long nights, strange men
Malam panjang, pria-pria aneh
Penulis lagu dilirik ini berusaha menjelaskan bahwa wajah pecandu narkoba itu selalu terlihat pucat karena mereka seringkali tidak makan, tidak tidur, dll. Itu semua adalah efek “menghirup serpihan salju atau kokain atau narkoba sejenisnya.  Ketika kokain itu “membakar paru-parumu” percayalah bahwa itu sebuah candu yang tak pernah bisa disingkirkan. Pemakaian dalam jangka waktu sebentar atau dalam jumlah sedikit saja akan membuat pelakunya kecanduan. Ketika kita sudah kecanduan harga mahal kokain pun tak bisa jadi alasan, orang akan membelinya dan bahwkan akan kesulitan dalam membayar uang sewa rumah

and they say
Dan mereka bilang
She's in the Class A Team
Dia berada di Tim Kelas A
Stuck in her daydream
Terjebak dalam lamunannya
Been this way since 18
Tlah begini sejak usianya 18
But lately her face seems
Tapi akhir-akhir ini wajahnya tampak
Slowly sinking, wasting
Perlahan tenggelam, gersang
Crumbling like pastries
Hancur seperti kue
Dan penulis lagu berusaha menjelaskanbahwa orang-orang yang kecanduan itu adalah mereka yang berada tim di kelas A. sebuah ruangan untuk orang-orang yang sudah jauh dalam kecanduan, susah untuk diselamatkan karena mereka mengkonsumsi narkoba dari usia remaja “usia 18”.

And they scream
Dan mereka berteriak
The worst things in life come free to us
Hal-hal terburuk dalam hidup mendatangi kita
Cos we're just under the upperhand
Karena kita berada di bawah kendali-Nya
And go mad for a couple of grams
Dan marah-marah karena beberapa gram
And she don't want to go outside tonight
Dan dia tak ingin keluar malam ini
And in a pipe she flies to the Motherland
Dan di dalam sebuah pipa, dia terbang ke tanah airnya
Or sells love to another man
Atau menjual cinta pada pria lainnya
It's too cold outside
Terlalu dingin di luar
For angels to fly
Bagi bidadari untuk terbang
Angels to fly
Bidadari untuk terbang
Disini penulis lagu berusaha mengatakan bahwa orang yang kecanduan/sakau akan berteriak. Disitulah hal buruk akan terus terjadi. Untuk tidak sakau, tentu saja mereka harus mengkonsumsi narkoba lagi, dengan cara apapun. Bahkan dengan menggadaikan tubuh mereka ke lelaki hidung belang jika tak punya uang untuk membeli kokain/narkoba tersebut.

Ripped gloves, raincoat
Sarung tangan robek, jas hujan
Tried to swim and stay afloat
Berusaha berenang dan tetap mengambang
Dry house, wet clothes
Rumah kering, pakaian basah
Loose change, bank notes
Uang receh, uang kertas
Weary-eyed, dry throat
Mata lelah, tenggorokan kering
Cool girl, no phone
Gadis keren, tak ada telpon
Sarung tangan robek, jas hujan menjelaskan lebih langsung bahwa jika sudah terjerat oleh narkoba mau berusaha dalam bentuk apapun pasti akan sulit, bagai sarungtangan yang akhirnya robek karena berusaha mencengkram. Bahkan uang dalam bentuk banyak akan terlihat sebgai uang receh karena membeli narkoba itu mahal. Sedangkan ingin menggadaikan tubuh pada pria, pria itu juga bosan sehingga taka da panggilan telpon.

An angel will die
Seorang bidadari akan mati
Covered in white
Terbungkus pakaian putih
Closed eye
Mata terpejam
And hoping for a better life
Dan harapkan hidup yang lebih baik
This time, we'll fade out tonight
Kali ini, kita kan sirna malam ini
Straight down the line
Sepenuhnya
Dan akhirnya sudah terlambat untuk diperbaiki lagi.

To fly, fly
Untuk terbang, terbang
Angels to fly, to fly, to fly
Bidadari tuk terbang
Angels to die
Bidadari untuk mati
Bayangkan hanya untuk sebuah narkoba yang taka ada manfaatnya, seorang wanita cantik harus berusaha matimatian sampai mati.

Kesimpulan:
Dengan iringan gitar dan alunan lagu yang tampaknya menenangkan, lagu ini seolah-olah bertema tentang romansa cinta. Namun, setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, Nampak jelas lah bahwa lagu “The A Team” bercerita tentang seorang wanita yang dihari tuanya berada dikelas A. kelas dimana pecandu narkoba berat ada didalamnya. Wanita itu susah untuk berubah bahkan suli untuk diselamatkan karena hari-harinya atau bahkan sejak usia remaja ia telah mengkonsumsi narkoba. Untuk bertahan seanjang hidupnya, wanita yang kecanduan tentu saja mereka harus mengkonsumsi narkoba lagi, dengan cara apapun. Bahkan dengan menggadaikan tubuh mereka ke lelaki hidung belang jika tak punya uang untuk membeli kokain/narkoba tersebut. Sehingga hal buruk terus terjadi disepanjang hidupnya hingga hari-hari tuanya.

Lewat lagu ini ED seolah ingin menekankan bahwa kecanduan narkoba itu bisa membahayakanmu. Pemakaian dalam jangka waktu sebentar atau dalam jumlah sedikit saja akan membuat pelakunya kecanduan. Ketika kita sudah kecanduan narkoba, kita pasti akan melakukan apa saja demi memenuhi hasrat kebutuhanya seperti bertindak kriminal, menyiksa diri dan sebagainya. Hingga akhirnya kita hanya berkutat pada masalah itu-itu saja sampai kita mati. Oleh sebab itu, jauhilah narkoba!






*Penulis lirik lagu The A Team adalah Ed Sheeran. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Ed Sheeran ~ The A Team: Candu Narkoba itu Bisa Membunuhmu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel