Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Blackpink - Lovesick Girls

Lagu “Lovesick Girls” milik Blackpink, menceritakan tentang seorang wanita yang sangat sakit hati karna cinta, Cerita di lagu ini dibalut dengan drama gelap, dramatis, dan bahkan memilukan, karna jika kita melihat dari lirik lagunya, gadis dalam lirik lagu ini seolah disakitu terus-menerus oleh kekasihnya. Lagu “Lovesick Girls” sangat menarik, karna meskipun di keseluruhan lirik membahas tentang sakit hati dan perihnya cinta, namun tak dipungkiri setiap orang juga mencari cinta. Lirik “But we're still looking for love” di bagian outro lagu, seolah dapat dimaknai bahwa walaupun gadis tersebut sakit hati, namun ia masih punya impian dan cinta baru.

 

Jisoo dan Jennie yang ikut menulis lirik lagu utama "Lovesick Girls" mengatakan bahwa lagu itu mengandung makna. "Lagu itu menggambarkan seorang perempuan yang sedih akibat disakiti.  namun dia masih bisa mengatasi dan menemukan cinta dan impian baru," ungkap Jisoo. "Daripada mencoba membuat lagu sedih, kami ingin memberikan pesan penuh harapan dan lebih positif," imbuh Jisoo. Jennie berharap pesan pada lagu tersebut dapat tersampaikan dengan baik bagi semua orang yang mendengarnya. "Saya harap itu tersampaikan dengan baik dan karena semua anggota sangat menyukai lagu itu, saya senang lagu itu menjadi lagu utama kami," ujar Jennie.

 

Kata “Lovesick Girls” atau jika dibahasa indonesiakan berarti “gadis yang merana” atau bisa juga berarti “gadis yang sakit hati.” Menurut kamus urbandictionary.com, kata “Lovesick” punya pengertian tentang seseorang yang sangat sakit hati dan rasa sakit hati tersebut berpengaruh dalam keadaan fisik. Misalkan saja, jika kamu sakit hati pada pacarmu kadang kala rasa sakit tersebut berpengaruh pada fisikmu seperti lemas dsb. Jadi jelaslah bahwa kata lovesick di lagu ini ditujukan pada gadis-gadis yang sangat patah hati atau dapat disingkat “merana

 

Benarkah seperti itu makna dari lagu ini? Untuk lebih lengkapnya yuk lah kita interpretasi dan maknai liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan. Jika kamu hanya ingin membaca terjemahan lirik lagunya saja, klik; Blackpink - Lovesick Girls | Terjemahan, Arti & Makna Singkat Lirik Lagu

 

Verse 1:

Yeong-wonhan bam

Malam yang kekal

Changmun-eobsneun bang-e ulil gadun love

Cinta yang menjebak kita di ruangan tanpa jendela

Ulineun mueos-eul malhal su issseubnikka

Tak ada yang bisa kita ucapkan

Maebeon apado oechineun (love)

Merindukan cinta meski menyakitkan setiap saat (Cinta)

Don't know what hit me

Tak tahu (siapa) yang memukulku

But I'll be alright

Tapi aku kan baik-baik saja

Lagu itu menggambarkan seorang perempuan yang sedih akibat disakiti.  namun dia masih bisa mengatasi dan menemukan cinta dan impian baru. Lirik “But I'll be alright” menggambarkan dengan gamblang bahwa perempuan di lirik lagu ini akan baik-baik saja, walaupun telah disakiti dengan begitu dalam oleh orang yang ia sayangi.

 

Verse 2:

Da chigo mang-gajyeodo, na

Sakit hati dan hancur, aku

Mwol midgo beotineungeoya

Tidak tahu apa yang membuatku bertahan

Eochapi tteonamyeon sangcheo tuseong in chaelo miwohage doelgeol

Andai aku pergi, Aku akan membencimu dalam keadaan sedihku

Kkeutjang-eulbogi jeon kkeutnael sun eobs-eo

Kita tidak bisa mengakhirinya sebelum semuanya berakhir

I apeum-eul gidalin geoscheoleom

Seolah kita menunggu penderitaanya ini

Di lirik verse 2 ini, Blackpink seolah ingin memberi tahu bahwa sakit hati dapat dialami oleh siapapun yang merasakan cinta. satu hal yang jarang terungkapkan oleh cerita cinta adalah bahwa cinta juga bercerita tentang rasa sakit hati dan hancur. Lirik “I apeum-eul gidalin geoscheoleom” seolah menerangkan bahwa cinta itu bagai dua sisi mata uang, cinta kadang membuat kita menunggu akan cerita manisnya, cinta juga kadang membuat kita menunggu akan rasa pahitnya. Cinta itu punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati.

 

Pre-chorus:

Ama da jamkkan iljido molla

Mungkin semua ini hanya sesaat

Ulin mueol chajaseo hemaeneun geolkka

Apa yang kita cari tanpa tujuan

But i don't care i'll do it over and over

Tapi aku tidak peduli, aku kan melakukannya berulang kali

Nae sesang sogen neoman isseumyeon dwae

Aku hanya membutuhkanmu dalam hidupku

Jika kita pernah jatuh cinta, pasti kita juga pernah merasakan pedihnya hati yang hancur, meski itu hanya sesaat. Datang dan pergi seseorang dengan cinta adalah proses yang dilalui setiap manusia setidaknya sekali dalam hidup mereka dan sebanyak kita mencoba dan menghindari patah hati, itu pasti akan terjadi. Lirik Pre-Chorus, seolah menganggap bahwa satu-satunya cara untuk menghadapi rasa sakit hati, terletak pada diri kita sendiri dalam menanganinya. Lirik “But i don't care i'll do it over and over” menegaskan sekali lagi bahwa Cinta itu punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati. Kalau patah hati ya berusaha lagi, terus berulang-ulang kali

 

Chorus:

We are the lovesick girls

Kita adalah gadis yang merana

Ne meosdaelo nae salangeul kkeutnaelsun eobseo

Kau tak bisa mengakhiri cinta ini sepihak

We are the lovesick girls

Kita adalah gadis yang merana

I apeum eobsin nan amu uimiga eobseo

Aku bukan apa-apa tanpa rasa sakit ini

Patah hati adalah hal yang menyakitkan, menyedihkan dan seolah-olah seperti hidup ini tidak adil. Tetapi itu adalah sesuatu yang umum terjadi. Tidak ada yang menjalani hidup ini tanpa setidaknya mengalami satu kali patah hati. Kita semua pernah sakit hati, termasuk perempuan di lirik lagu iini, mereka sakit hati/merana. Namunn, dari patah hati tersebut mereka seolah dapat mengambil pelajaran yang berharga. Lirik “I apeum eobsin nan amu uimiga eobseo” seolah menjelaskan bahwa dalam kenyataannya, kita tidak akan benar-benar tahu apa itu cinta, tanpa merasakan hati kita disakiti atau dilukai, bukan?

 

Post chorus:

But we were born to be alone

Tapi kita dilahirkan tuk jadi sendirian

Yeah, we were born to be alone

Yeah, kita dilahirkan tuk jadi sendirian

Yeah, we were born to be alone

Yeah, kita dilahirkan tuk jadi sendirian

But why we still looking for love?

Tapi kenapa kita masih mencari cinta?

Kita memang dilahirkan sendirian, ya pada faktanya kita dilahirkan di dunia ini sendirian, pada faktanya kita adalah satu individu dari keseluruhan individu di dunia ini. lalu pertanyaanya, kenapa kita yang hanya seorang individu masih saja mencari pasangan atau masih mencari cinta? Karena kita adalah mahluk sosial. Dalam prosesnya kita memang kadang memmbutuhkan orang lain, khususnya pasangan hidup sebagai sandaran. Lalu bagaimana jika pasangan kita tersebut pergi? ya, seperti tema awal dari lagunya. Patah hati ya harus bangkit dan menemukan pasangan lagi yang lebih mengerti hati kita tentunya.

 

Verse 3: lisa & jennie

No love letters, no x and o's

Tanpa surat cinta, tanpa x dan o

No love, never, my exes know

Tanpa cinta, takpernah, mantanku pun tahu

No diamond rings, that set in stone

Tanpa cincin berlian, yang terpasang

To the left,

Ke kiri

Better left alone

Lebih baik sendiri

Didn't wanna be a princess, i'm priceless

Tak ingin menjadi seorang putri, harga diriku tak ternilai

A prince not even on my list

Seorang pangeran bahkan tak ada dalam daftar ku

Love is a drug that i quit

Cinta adalah candu yang coba ku hentikan

No doctor could help when i'm lovesick

Tidak ada dokter yang bisa membantu saat aku merana

"X dan O" dalam lirik lagu adalah  singkatan huruf yang bermakna “ciuman dan pelukan”. Ini adalah lirik raap yang dinyanyikan oleh lirsa. Lisa dalam lirik ini seolah mengatakan bahwa perempuan itu tak boleh lemah, karna kadang cinta itu sadis tanpa ada kesan yang romantis. Jadi dalam menyikapi cinta ya jangan bucin-bucin amat lah. Begitu mungkin singkatnya

 

Bridge: rosé & jisoo

Salangeun slippin' and fallin'

Cinta itu tergelincir dan jatuh

Salangeun killin' your darlin'

Cinta itu membunuh kekasihmu

Apeuda amulmyeontto chajaoneun i geob eobsneun tteollim

Sensasi tak kenal takut itu kembali setelah rasa sakit mereda

Deulliji anha what you say

Tidak bisa mendengar apa yang kau katakan

Iapeumi nan haengbokhae

Aku senang dengan rasa sakit ini

Naleul bulssanghae haneun nega nae nunen deo bulssanghae

Kau mengasihani ku, tetapi aku lebih mengasihanimu

Wanita dalam lagu ini akhirnya sadar bahwa kekasihnya juga tak sebaik yang ia fikirkan. Di lirik ini wanita tersebut seolah mengutuk kekasihnya, dan akan belajar dari semua kejadfian ini.

 

Outro: all, rosé & jennie

(lovesick girls) modu gyeolgug tteonagago

(kita adalah gadis yang merana) semua orang akhirnya pergi

(lovesick girls) nae nunmuli mudyeojyeodo

(kita adalah gadis yang merana) aku menjadi mati rasa untuk menangis

(lovesick girls) apeugotto apado

(kita adalah gadis yang merana) sakit terus menerus

(lovesick girls)

(kita adalah gadis yang merana)

But we're still looking for love

Tapi kita masih mencari cinta

Segala hal di dunia ini memiliki risiko dan konsekuensi yang juga harus berani kamu tanggung. Termasuk tentang jatuh cinta. Kadang semua orang pergi meninggalkanmu, kadang kamu menangis sejadi-jadinya, kadang kamupun mati rasa. Tapi cinta kadang juga bisa membuatmu Bahagia. itulah mengapa lagu ini seolah menyuruh kita bangkit dan mencdari cinta baru. . Lirik “But we're still looking for love” di bagian outro lagu, seolah dapat dimaknai bahwa walaupun wanita tersebut sakit hati, namun ia masih punya impian dan cinta baru, yang lebih baik dari cerita sebelumnya pastinya..

 

Kesimpulan:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu “Lovesick Girls” milik Blackpink, menceritakan tentang seorang gadis yang sangat sakit hati karna cinta. Lagu “Lovesick Girls” sangat menarik, karna meskipun di keseluruhan lirik membahas tentang sakit hati dan perihnya cinta, namun tak dipungkiri setiap orang juga mencari cinta. Lirik “But we're still looking for love” di bagian outro lagu, seolah dapat dimaknai bahwa walaupun gadis tersebut sakit hati, namun ia masih punya impian dan cinta baru. yang lebih baik dari cerita sebelumnya pastinya.

 

Lewat lagu ini, Blackpink seolah ingin memberi tahu bahwa sakit hati dapat dialami oleh siapapun yang merasakan cinta. satu hal yang jarang terungkapkan oleh cerita cinta adalah bahwa cinta juga bercerita tentang rasa sakit hati dan hancur. Dalam artian bahwa cinta itu bagai dua sisi mata uang, cinta kadang membuat kita menunggu akan cerita manisnya, cinta juga kadang membuat kita menunggu akan rasa pahitnya. Cinta itu punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati.

 

Berani jatuh cinta juga harus siap patah hati, bukan begitu? Ketika kamu mau menikmati kondisi hatimu yang sedang berbunga-bunga, kamu juga harus sanggup menata hatimu ketika hancur. Bukankah sudah menjadi rahasia umum, jika hidup itu menyoal sebab-akibat? Segala hal di dunia ini memiliki risiko dan konsekuensi yang juga harus berani kamu tanggung. Termasuk tentang jatuh cinta. Jadi Ketika hatimu sakit dan hancur, maka bangkitlah. Begitulah pesan dari lagu ini

 

Hal yang dapat kita pelajari dari lirik lagunya:

Lagu Lovesick Girls bagi diriku sendiri sangatlah menarik. Mungkin menurut versiku, ini adalah lagu terbaik Blackpink. Dari lagu ini kita seoah diajarkan akan beberapa hal;

1.      Kebahagiaanmu tergantung pada dirimu sendiri

Pada titik tertentu setelah kita bersedih dan mengisolasi diri sendiri untuk beberapa waktu akibat putus cinta, kita kadang sadar bahwa harus bangkit kembali. Karena sebanyak apapun keluarga dan teman mencoba melakukan sesuatu untuk kita, mereka tidak akan pernah bisa. Lagu ini seolah berpendapat bahwa sakit hati mengajarkan bahwa satu-satunya orang yang bisa membuat kita bahagia adalah diri kita sendiri. Oleh sebab itu, lagu ini menyuruh kita untuk bangkit, dari kesedihan yang berlarut-larut untuk kemudian menemukan cinta baru.

2.      Cinta adalah sebuah resiko

Bukankah sudah menjadi rahasia umum, jika hidup itu menyoal sebab-akibat? Segala hal di dunia ini memiliki risiko dan konsekuensi yang juga harus berani kamu tanggung. Termasuk tentang jatuh cinta. Lagu ini seolah menerangkan bahwa cinta itu bagai dua sisi mata uang, cinta kadang membuat kita menunggu akan cerita manisnya, cinta juga kadang membuat kita menunggu akan rasa pahitnya. Cinta itu punya konsekuensi, berani mencintaai, ya berani patah hati. Jadi jangan terlalu bersedih jika sakit hati karna cinta.

 

Penutup:

kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah

 

 

 

*Penulis lirik lagu lovesick girls adalah Melanie Fontana, Cardi B, Jonathan Descartes, Torae Carr, Ryan Tedder, Mr. Franks & TBHits. Lagu ini rilis pada 22 oktober tahun 2020, masuk ke dalam album THE ALBUM (2020) Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

 

Blackpink ~ Lovesick girls (Official Video)



 

Cyntia Maharani Menulis dari hati, walau hanya sebuah asumsi pribadi.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Blackpink - Lovesick Girls "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel