Pencarian

Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ The Scientist: Tentang Sebuah Rasa Yang Tak Bisa Dijelaskan Oleh Logika


The Scientist berkisah tentang seorang pria (penulis lagu), yang berusaha memperbaiki hubungan dengan kekasihnya. Dalam usahanya tersebut, ia dengan cermat menganalisis akar dari semua masalah berdasarkan pikiran dan logika layaknya ilmuan. Namun pada akhirnya dia tidak bisa menjelaskan mengapa permasalahan itu terjadi, dan mengapa hungungan antara ia dan kekasihnya menjadi rumit. 

Benarkah seperti itu makna dari lagu ini? Untuk lebih lengkapnya yuk lah kita interpretasi dan maknai liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan. Jika kamu hanya ingin membaca terjemahan lirik lagunya saja, klik; Terjemahan & Arti Lirik Lagu Coldplay ~ The Scientist

Come up to meet you,
Datang untuk menemuimu
Tell you I'm sorry
ungkapkan padamu permintaan maafku
You don't know how lovely you are  
Kau tak tahu betapa cantiknya dirimu
 I had to find you
Aku harus menemukanmu
Tell you I need you
memberitahumu aku membutuhkanmu
Tell you I set you apart.
memberitahumu aku memilihmu.
Lirik ini bercerita tentang si penulis lagu yang memohon pada kekasihnya untuk bertemu dan meminta maaf (atas kesalahanya). Kata lovely, need you, set you pada bait lagu menyiratkan kekagumanya pada kekasihnya. Sebuah hal yang mungkin tak pernah ia katakan di masa lalu kepada kekasihnya.

Tell me your secrets
Katakanlah rahasiamu
And ask me your questions
Dan ajukanlah pertanyaanmu
Oh, let's go back to the start
Oh, ayo mulai dari awal lagi
Tujuan ia menemui kekasihnya, juga ingin bertanya pada kekasihnya sebenarnya apasih rahasia atau hal-hal lain yang ia sembunyikan, yang menbuatnya gundah untuk kemudian diungkapkan secara bersama-sama. Agar semuanya jelas, baik-baik saja, dan kembali seperti semula. Intinya di lirik ini Penulis lagu ingin memperbaiki hubngan dengan kekasinya mulai dari awal lagi.

Running in circles
Berlari dalam lingkaran
Coming up tails
Mengejar ekor
Heads on a science apart
Kepala terpisah dalam ilmu pengetahuan
Karena sesuatu yang mengganjal, sesuatu yang tak terungkapkan, pada akhirnya akan jadi hal yang sangat rumit, sehingga menemui jalan buntu. Seperti analogi lingkaran “circles” berputar dan menemui titik yang sama lagi. lirik ini, juga bisa dimaknai bahwa hubungan antara penulis lagu dengan kekasihnya selalu miskomunikasi, hingga selalu menghasilkan respon yang berlawanan dengan tujuan atau maksud yang diharapkan bagai mengejar ekor.
Sementara lirik “Heads on a science apart” dapat dimaknai bahwa penulis lagu menginginkan sesuatu yang logis dalam sebuah hubungan layaknya cara pandang ilmuan. Namun lagi-lagi bahwa cinta itu tak bisa dilihat dari kacamata logika, ia terpisah bagai kepala yang terpisah dalam ilmu pengetahuan.

Nobody said it was easy
Tak ada yang bilang ini mudah
It's such a shame for us to part
Sungguh memalukan jika kita berpisah
Nobody said it was easy
Tak ada yang bilang ini mudah
No one ever said it would be this hard
Tak ada yang bilang ini akan sesulit ini
Oh, take me back to the start
Oh, bawa aku ke awal lagi
Tapi seperti itulah cinta, jika sudah patah akan sulit menemukan solusinya. Siapa bilang akan mudah? Tida ada seorangpun yg memberitahu bahwa sangat sulit untuk memperbaiki sebuah hubungan jika sudah sakit hati dan terpisah. Semua rasa itu membuat ia (penulis lagu) menyesal. Andai saja waktu bisa di putar, ia hanya ingin kembali ke awal dimana hubunganya dengan kekasihnya baik-baik saja.

I was just guessing
Aku hanya menerka-nerka
At numbers and figures
Jumlah dan angka
Pulling the puzzles apart
Memecah belah teka-taki
Questions of science
Pertanyaan ilmu pengetahuan
Science and progress
Ilmu pengetahuan dan kemajuan
Do not speak as loud as my heart
Tak sekeras suara hatiku
Lirik “At numbers and figures” dapat dimaknai bahwa penulis lagu berusaha merasionalisasi alasan mengapa hubungannya dengan kekasinya berantakan. Lirik ini diperkuat oleh lirik “puzzle” yang dapat dimaknai bahwa ia mencari akar masalah lewat akal dan logikanya.
Namun pada kenyataanya penulis lagu hanya bisa pasrah karena tak bisa menemukan jawaban dari masalahnya tersebut. Ya, Cinta sendiri adalah hal yang sangat rumit, bahkan logika dan ilmu pengetahuan saat ini, takkan bisa memecahkan pertanyaan-pertanyaan tentang perasaanya.

Tell me you love me
Katakan kau mencintaiku
Come back and haunt me
Kembalilah dan hantui aku
Oh, and I rush to the start
Oh, dan aku bergegas ke awal lagi
Harapan terakhir nya sekarang hanyalah pada perasaan kekasinya. Semoga kekasihnya masih mencintainya, semoga kekasinya masih mengingat semua kenangan, dan semoga kekasihnya akan kembali padanya, lagi, seperti dulu. Kembali ke awal saat semuanya berjalan baik-baik saja.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa lagu "The Scientist" berkisah tentang seorang pria (penulis lagu), yang berusaha memperbaiki hubungan dengan kekasihnya. Dalam usahanya tersebut, ia dengan cermat menganalisis akar dari semua masalah berdasarkan pikiran dan logika layaknya ilmuan. Namun pada akhirnya dia tidak bisa menjelaskan mengapa permasalahan itu terjadi, dan mengapa hubungan antara ia dan kekasihnya menjadi rumit. 

Tidak peduli sekeras apapun ia berusaha, tidak peduli berapa banyak ia berlogika dan menganalisis kembali situasi berdasarkan pada asumsi yang berbeda, dia selalu sampai pada kesimpulan yang sama, bahwa hubunganya dengan kekasihnya menemui jalan buntu, mereka tetap berpisah. 

Hingga akhirnya ia menyadari bahwa cinta itu sendiri adalah sebuah rasa yang tak semua orang bisa memecahkannya, sekalipun menggunakan logika dan ilmu pengetahuan. Dalam artian bahwa mungkin saja logika berkata ini dan itu dengan alasan masuk akal. Namun jika hati kita berkata lain, semua logika itu akan runtuh. Oleh sebab itu, dia (penulis lagu) meminta pada kekasihnya agar memberikan kesempatan padanya untuk memperbaiki hubungan dengan kekasinya mulai dari awal lagi.

Sejatinya, cinta itu memang tak punya logika
The Scientist secara harfiah mengajarkan pada kita pada kenyataan bawah cinta memang kadang tidak masuk akal. Meskipun cintamu sudah disakiti, bertengkar berkali-kali, atau luka teramat dalam, jika hatimu masih mencintai dia, kamu akan tetap mempertahankanya. Sungguh aneh bukan? bahwa apa pun yang ada di pikiran mu, sekalipun sekuat tenaga kamu berusaha membencinya, sekalikapun semua logikamu masuk akal, hal yang selalu membuatmu paling bahagia adalah ketika lamu menyukai seseorang meskipun orang itu menyakitimu.

Lewat liriknya, The Scientist juga mengajarkan pada kita bahwa ketika kita masih mencintai seseorang, segeralah meminta maaf dan memperbaiki masalah tersebut. Jangan mencoba jadi orang munafik yang mempertahankan gengsi atau logika, karena cinta itu sejatinya simpel, se-simpel metafora lingkaran. kita kenal seseorang, kita jatuh cinta pada orang tersebut, kita mencintai orang tersebut, dan kemudian menemui hambatan dan masalah hingga putus dengan orang tersebut. Jika semua fase tersebut sudah kita alami namun hati kita masih mencintai orang tersebut, maka minta maaflah dan kembali  lagi ke hubungan awal dimana semuanya akan menjdai baik-baik saja.






*Penulis lirik lagu The Scientist adalah Guy Rupert Berryman, Jonathan Mark Buckland, William Champion dan Christopher Anthony John Martin. Lagu ini rilis tahun 2002. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Coldplay ~ The Scientist (official Video)


8 Responses to "Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ The Scientist: Tentang Sebuah Rasa Yang Tak Bisa Dijelaskan Oleh Logika"

  1. tulisanya puanjang banget. tapi aku baca dari awal ape akhir untuk ngerti maknanya kaya mana. lagu yg bagus.

    ReplyDelete
  2. Bagus kak penjelasannya...
    Klo ada yang bagus lgi kayanya bakal langganan nih baca blognya

    ReplyDelete
  3. Penulisannya baguus, walaupun panjang jd enak dibacanya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel