Coldplay - The Scientist | Makna dan Arti Lirik Lagu

The Scientist artinya adalah Ilmuan. Kata ini dipakai Coldplay sebagai judul lagu, untuk mendefinisikan bahwa cinta itu tak punya logika.

The Scientist adalah single kedua dari album kedua Coldplay, A Rush of Blood to the Head. Lagu ini ditulis oleh semua personel Coldplay. Setelah dirilis, lagu ini menempati nomor 10 di tangga lagu inggris (UK Charts). Dan mencapai urutan ke 18 di tangga lagu Amerika (Billboard's Modern Rock). Musik yang unik, dan lirik yang mellow membuat lagu in begitu terkenal dikalangan pecinta Coldplay. Oleh sebab itu, pada postingan ini, blog interpretasilirik.com akan berusaha menyuguhkan makna mendalam dari keseluruhan bait-bait lirik lagu The Scientist, supaya kalian bisa mengerti sebenarnya apa sih makna sesungguhnya dibalik lirik-lirik lagu The Scientist.

Daftar Isi

Makna Lirik Lagu

Makna lagu the Scientist bercerita tentang seorang pria, yang berusaha memperbaiki hubungan dengan kekasihnya. Sepertinya, ia dan kekasihnya sedang mengalami pertengkaran hebat yang mengakibatkan hubungan mereka diambang kehancuran. Oleh sebab itulah, sang pria kemudian ingin menemui kekasihnya dan ingin mendiskusikan kelanjutan hubungan mereka, agar hubungan mereka bisa dipertahankan.

Dalam usahanya memperbaiki hubungan dengan sang kekasih, pria itu kemudian dengan cermat menganalisis akar dari semua masalah berdasarkan pikiran dan logika layaknya ilmuan/scientist. Namun pada akhirnya, pria itu tak bisa menjelaskan mengapa permasalahan antara ia dan kekasihnya bisa terjadi, dan mengapa hubungan antara ia dan kekasihnya menjadi rumit.

Hingga akhirnya pria itu menyadari bahwa cinta itu sendiri adalah sebuah rasa yang tak semua orang bisa memecahkannya, sekalipun menggunakan logika dan ilmu pengetahuan. Bahkan orang pintar sekalipun, seperti The Scientist / Seorang ilmuan, kadang tak bisa memecahkan persoalan cinta. Karena cinta sendiri adalah urusan hati, bukan logika.

Oleh sebab itulah, sang pria kemudian bergegas untuk meminta maaf pada sang kekasih, menanggalkan segala gengsi, kemunafikan pikiran dan logikannya. Karena pria itu sadar, sesakit apapun hatinya, ia akan tetap mempertahankan hubungan itu. Karena ia sudah terlanjur cinta.

Jadi jelas bahwa kata The Scientist (Artinya: Ilmuan) dipakai Coldplay sebagai judul lagu, sebenarnya untuk mendefinisikan bahwa cinta itu tak punya logika. Dalam artian bahwa mungkin saja logika berkata ini dan itu dengan alasan masuk akal. Namun jika hati kita kita sudah berbicara, semua logika itu akan runtuh. Misal, saat kita disakiti oleh kekasih kita, kalau hati kita masih cinta, kita akan tetap mencintai kekasih kita kan? Padahal logikanya kalau sudah disakiti, kita harusnya pergi. Namun namanya sudah terlanjur cinta, apa dikata?

Analisis lirik lagu (Per-bait)

Lirik bagian 1:
Come up to meet you,
(Datang untuk menemuimu)
Tell you I'm sorry
(ungkapkan padamu permintaan maafku)
You don't know how lovely you are
(Kau tak tahu betapa cantiknya dirimu)

Makna Lirik Bagian 1: Lagu the Scientist bercerita tentang seorang pria, yang berusaha memperbaiki hubungan dengan kekasihnya. Untuk itulah, ia kemudian ingin menemui kekasihnya dan ingin meminta maaf atas kesalahanya. Kata (You don't know how lovely you are) pada bait lagu menyiratkan, kalau Ia sebenarnya begitu mengagumi kekasihnya. Sebuah hal yang mungkin tak pernah ia katakan di masa lalu kepada sang kekasih.

Lirik Bagian 2:
I had to find you
(Aku harus menemukanmu)
Tell you I need you
(memberitahumu aku membutuhkanmu)
Tell you I set you apart.
(memberitahumu aku memilihmu)

Makna Lirik Bagian 2: Ia berharap bisa dengan sesegera mungkin menemukan keberadaan kekasihnya (I had to find you / Aku harus menemukanmu). Ia ingin segera memberitahu, kalau ia membutuhkan kehadiran sang kekasih. Karena setelah bertengkar dengan sang kekasih, ia baru sadar kalau kehadiran sang kekasih amatlah berarti dalam hidupnya.

Lirik bagian 3:
Tell me your secrets
(Katakanlah rahasiamu)
And ask me your questions
(Dan ajukanlah pertanyaanmu)
Oh, let's go back to the start
(Oh, ayo mulai dari awal lagi)

Makna lirik bagian 3: Tujuan pria tersebut menemui kekasihnya, juga untuk menanyakan sebernarnya apasih unek-unek yang selama ini disimpan dalam hati sang kekasih. Ia kemudian menyuruh sang kekasih untuk mengungkapkan segala unek-unek/gundah gulananya secara jujur tanpa rahasia (Tell me your secrets / Katakanlah rahasiamu). Mengungkapkan sebuah masalah secara bersama-sama, mengajukan pertanyaan secara bersama-sama, dan mendiskusikan sebuah masalah secara bersama-sama, mungkin bisa mendatangkan sebuah solusi. Intinya di lirik ini, pria tersebut ingin memperbaiki hubungan dengan kekasinya mulai dari awal lagi (Oh, let's go back to the start / Oh, ayo mulai dari awal lagi).

Lirik bagian 4:
Running in circles
(Berlari dalam lingkaran)
Coming up tails
(Mengejar ekor)
Heads on a science apart
(Kepala terpisah dalam ilmu pengetahuan)

Makna lirik bagian 4: Karena sesuatu yang mengganjal, sesuatu yang tak terungkapkan, hanya akan berujung pada perdebatan yang rumit, sehingga menemui jalan buntu. Seperti analogi lingkaran “circles” berputar dan menemui titik yang sama lagi. Untuk itulah, pria tersebut kemudian meminta kekasihnya untuk berdiskusi, dengan pikiran/kepala yang logis, layaknya cara pandang seorang ilmuan.

Lirik bagian 5:
Nobody said it was easy
(Tak ada yang bilang ini mudah)
It's such a shame for us to part
(Sungguh memalukan jika kita berpisah)
Nobody said it was easy
(Tak ada yang bilang ini mudah
No one ever said it would be this hard)
(Tak ada yang bilang ini akan sesulit ini)
Oh, take me back to the start
(Oh, bawa aku ke awal lagi)

Makna lirik bagian 5: Tapi seperti itulah cinta, jika sudah patah akan sulit menemukan solusinya. Siapa bilang akan mudah? Tidak ada seorang pun yg memberitahu bahwa sangat sulit untuk memperbaiki sebuah hubungan jika sudah sakit hati dan terpisah. Semua rasa itu membuat si pria menyesal. Andai saja waktu bisa di putar, ia hanya ingin kembali ke awal dimana hubunganya dengan kekasihnya baik-baik saja.

Lirik bagian 6:
I was just guessing
(Aku hanya menerka-nerka)
At numbers and figures
(Jumlah dan angka)
Pulling the puzzles apart
(Memecah belah teka-taki)

Makna lirik bagian 6: Berbagai cara telah dilakukan, tapi kenyataannya pria itu tidak bisa menjelaskan mengapa permasalahan itu terjadi, dan mengapa hubungan antara ia dan kekasihnya menjadi rumit. Tidak peduli sekeras apapun ia berusaha, tak peduli sekeras apapun ia menerka-nerka, Dan tidak peduli berapa banyak ia berlogika dan menganalisis kembali situasi berdasarkan pada asumsi yang berbeda layaknya mengumpulkan bilah puzzles, dia selalu sampai pada kesimpulan yang sama. Bahwa hubunganya dengan kekasihnya menemui jalan buntu, mereka tetap berpisah.

Lirik bagian 7:
Questions of science
(Pertanyaan ilmu pengetahuan)
Science and progress
(Ilmu pengetahuan dan kemajuan)
Do not speak as loud as my heart
(Tak sekeras suara hatiku)

Makna lirik bagian 7: Hingga akhirnya, pria itu kemudian sadar. Kalau cinta sendiri adalah hal yang sangat rumit, cinta itu adalah suatu misteri yang bahkan logika dan ilmu pengetahuan saat ini, takkan bisa memecahkan pertanyaan-pertanyaan tentang perasaannya. Dalam artian, cinta memang kadang tidak masuk akal. Meskipun cintamu sudah disakiti, bertengkar berkali-kali, atau luka teramat dalam, jika hatimu masih mencintai dia, kamu akan tetap mempertahankanya. Kenapa? karena cinta itu adalah sebuah rasa dalam hati kita, dan kalau sudah urusan hati, maka kadang kala logika bisa kalah (Science and progress, Do not speak as loud as my heart / Ilmu pengetahuan dan kemajuan, Tak sekeras suara hatiku)

Liriki bagian 8:
Tell me you love me)
(Katakan kau mencintaiku)
Come back and haunt me
(Kembalilah dan hantui aku)
Oh, and I rush to the start
(Oh, dan aku bergegas ke awal lagi)

Makna lirik bagian 8: Maka setelah semua pertengkaran itu, harapan terakhir si pria sekarang hanyalah pada perasaan kekasinya. Semoga kekasihnya masih mencintainya, semoga kekasinya masih mengingat semua kenangan, dan semoga hati kekasihnya luluh untuk kembali padanya, lagi, seperti dulu. Kembali ke awal saat semuanya berjalan baik-baik saja.

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa lagu The Scientist bercerita tentang seorang pria, yang berusaha memperbaiki hubungan dengan kekasihnya. Dalam usahanya tersebut, ia dengan cermat menganalisis akar dari semua masalah berdasarkan pikiran dan logika layaknya ilmuan/scientist. Namun pada akhirnya dia tidak bisa menjelaskan mengapa permasalahan itu terjadi, dan mengapa hubungan antara ia dan kekasihnya menjadi rumit.

Tidak peduli sekeras apapun ia berusaha, tidak peduli berapa banyak ia berlogika dan menganalisis kembali situasi berdasarkan pada asumsi yang berbeda, dia selalu sampai pada kesimpulan yang sama, bahwa hubungannya dengan sang kekasih menemui jalan buntu, mereka tetap berpisah.

Hingga akhirnya ia menyadari bahwa cinta itu sendiri adalah sebuah rasa yang tak semua orang bisa memecahkannya, sekalipun menggunakan logika dan ilmu pengetahuan. Dalam artian bahwa mungkin saja logika berkata ini dan itu dengan alasan masuk akal. Namun jika hati kita berkata lain, semua logika itu akan runtuh. Oleh sebab itu, sang pria diakhir lirik lagunya, meminta pada sang kekasih agar mau memberikan kesempatan padanya untuk bisa memperbaiki hubungan tersebut mulai dari awal lagi.

Dari cerita ini, kita juga bisa mengambil kesimpulan kalau tema di liriknya seolah menggambarkan kalau cinta, hati, dan perasaan bisa dengan sangat mudah mengalahkan pikiran dan logika. Ada banyak orang yang menangis karena cinta, gila karena cinta, berkorban demi cinta, dan ada juga yang rela mati karena cinta. Posisi lirik the scientist disini, seolah ingin menjabarkan kalau cinta adalah suatu perasaan yang seringkali membuat kita bergerak tanpa berfikir, membuat kita rela berkorban, dan membuat kita melakukan segala hal, tanpa sebuah logika.

Pesan Moral

Lirik lagu The Scientist punya pesan moral kalau sejatinya, cinta itu memang tak punya logika. The Scientist secara harfiah mengajarkan pada kita pada kenyataan bawah cinta memang kadang tidak masuk akal. Meskipun cintamu sudah disakiti, bertengkar berkali-kali, atau luka teramat dalam, jika hatimu masih mencintai dia, kamu akan tetap mempertahankanya. Sungguh aneh bukan? bahwa apa pun yang ada di pikiran mu, sekalipun sekuat tenaga kamu berusaha membencinya, sekalikapun semua logikamu masuk akal, hal yang selalu membuatmu paling bahagia adalah ketika kamu menyukai seseorang meskipun orang itu menyakitimu.

Lewat makna liriknya, The Scientist juga mengajarkan pada kita bahwa ketika kita bertengkar dengan kekasih kita namun kita masih mencintai dia, segeralah meminta maaf dan memperbaiki masalah tersebut. Jangan mencoba jadi orang munafik yang mempertahankan gengsi atau logika, karena cinta itu sejatinya simpel, se-simpel metafora lingkaran. kita kenal seseorang, kita jatuh cinta pada orang tersebut, kita mencintai orang tersebut, dan kemudian menemui hambatan dan masalah hingga putus dengan orang tersebut. Jika semua fase tersebut sudah kita alami namun hati kita masih mencintai orang tersebut, maka minta maaflah dan kembali lagi ke hubungan awal dimana semuanya akan menjadai baik-baik saja.

Terjemahan Arti Lirik Lagu

The Scientist artinya adalah Ilmuan. Kata ini dipakai Coldplay sebagai judul lagu, untuk mendefinisikan bahwa cinta itu tak punya logika.

Verse 1:
Come up to meet you
Datang temuimu
Tell you I'm sorry
Ungkapkan padamu permintaan maafku
You don't know how lovely you are
Kau tak tahu betapa cantiknya dirimu
I had to find you
Harus kutemukan dirimu
Tell you I need you
Katakan padamu aku membutuhkanmu
Tell you I set you apart
Katakan padamu aku memilihmu

Tell me your secrets
Katakanlah rahasiamu
And ask me your questions
Dan ajukanlah pertanyaanmu
Oh, let's go back to the start
Oh, ayo mulai dari awal lagi
Running in circles
Berlari dalam lingkaran
Coming up tails
Mengejar ekor
Heads on a science apart
Kepala terpisah dalam ilmu pengetahuan

Chorus:
Nobody said it was easy
Tak ada yang bilang ini mudah
It's such a shame for us to part
Sungguh memalukan jika kita berpisah
Nobody said it was easy
Tak ada yang bilang ini mudah
No one ever said it would be this hard
Tak ada yang bilang akan sesulit ini
Oh, take me back to the start
Oh, bawa aku ke awal lagi

Verse 2:
I was just guessing
Aku hanya menerka-nerka
At numbers and figures
Jumlah dan angka
Pulling the puzzles apart
Memecah belah teka-taki

Questions of science
Pertanyaan ilmu pengetahuan
Science and progress
Ilmu pengetahuan dan kemajuan
Do not speak as loud as my heart
Tak sekeras suara hatiku

Tell me you love me
Katakan kau mencintaiku
Come back and haunt me
Kembalilah dan hantui aku
Oh, and I rush to the start
Oh, dan aku bergegas ke awal lagi

Running in circles
Berlari dalam lingkaran
Chasing our tails
Mengejar ekor kita
Coming back as we are
Kembali sebagai diri kita

Chorus:
Nobody said it was easy
Tak ada yang bilang ini mudah
It's such a shame for us to part
Sungguh memalukan jika kita berpisah
Nobody said it was easy
Tak ada yang bilang ini mudah
No one ever said it would be so hard
Tak ada yang bilang akan sesulit ini
I'm going back to the start
Aku kembali ke awal

Outro:
Oh-ooh ooh-ooh-ooh-ooh
Aah-ooh ooh-ooh-ooh-ooh
Oh-ooh ooh-ooh-ooh-ooh
Oh-ooh ooh-ooh-ooh-ooh

Makna Video Klip Lagu The Scientist

Wajah Chris Martin (Vokalis Coldplay), langsung membuka awalan video klip musik lagu The Scientist. Didalamnya terlihat wajah Chris Martin begitu sendu, tiduran diatas matras berwarna biru nan usang. Aku tak begitu paham sebenarnya apa maksud video klip tersebut. Namun terlihat jelas dari wajahnya, Chris Martin seolah sedang memikirkan hal yang berat, pikirannya seolah linglung.

Seiring dengan video klip musiknya yang flashback, pikiran Chris Martin pun juga kemudian Flashback kembali kemasa lalu. Dimana ia menemukan fakta kalau dirinya sampai ditempat usang itu, karena ia lari dari pertengkaran hebat dengan kekasihnya. Tersirat dalam video klipnya, kalau setelah pertengkaran hebat dengan kekasihnya, pikiran dan logika Chris Martin seolah menyuruhnya untuk lari. Namun cinta didalam hati dan raganya, seolah menyuruhnya untuk kembali pada sang kekasih.

Dari gambaran video klip The Scientist ini, dapat disimpulkan kalau tema lagunya berbicara tentang "cinta yang bisa mengalahkan sebuah logika". Jadi dapat dikatakan kalau video klip lagunya, tema dan ceritanya sesuai dengan makna liriknya.

Informasi Lirik

Judul The Scientist
Artis Coldplay
Penulis Chris Martin, Will Champion
Dirilis 26 Agustus 2002
Album A Rush of Blood to the Head (2002)
Genre Rock
Label Parlophone (UK), Capitol (US)

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu The Scientist Milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Sehingga postingan dalam blog ini masih jauh dari kata, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini, tulis komentar dibawah.