Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ Shadow Of The Day


Secara sederhana lagu Shadow Of The Day berkisah tentang seorang pria (penulis lagu) yang mengalami periode yang sangat-sangat sulit dalam hidupnya. Ia seolah selalu merasa berada pada keadaan yang tak diinginkan, keadaan dimana tidak seorang pun berpihak pada nya. ia juga menganggap bahwa dunia ini benar-benar menyebalkan, sebuah dunia yang seakan menjadikannya seorang pecundang.   

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

I close both locks below the window
Kututup kedua kunci di bawah jendela
I close both blinds and turn away
Kututup kedua tirai dan berlalu pergi
Penulis lagu sepertinya ingin menarasikan tentang dirinya sendiri yang ingin menyendiri. kata “close” pada bait lagu menyiratkan bahwa ia ingin menutup diri, atau menyendiri dari dunia luar. Sepertinya ia sedang mengalami periode terberat dalam hidupnya.

Sometimes solutions aren't so simple
Terkadang solusinya tidaklah mudah
Sometimes goodbye's the only way, Oh-Oh
Kadang perpisahan adalah jalan satu-satunya
Sepertinya ia sedang depresi dan mempunyai masalah berat (entah masalah cinta, entah masalah hidup). Kadang masalah tersebut ada solusinya, namun kadang masalah tersebut tanpa jalan keluarnya. Sehingga menyendiri (meninggalkan dunia luar) adalah satu satunya pilihan.
Lirik “Sometimes goodbye's the only way” saya maknai bukan perpisahan secara harifiah. Saya lebih memaknainya tentang bagaimana penulis lagu mengabaikan orang-orang, hal tersebut seperti yang ada di video klipnya, tentang bagaimana penulis lagu mengabaikan orang-orang di luar yang sedang tawuran.

And the sun, Will set for you
Dan mentari, Akan terbenam untukmu
And the sun, Will set for you
Dan mentari, Akan terbenam untukmu
Analogi “matahari akan terbenam untukmu” pada bait selanjutnya sebenarnya adalah ungkapan untuk dirinya sendiri, yang berarti bahwa mataharipun enggan bersinar untuknya. Analogi tersebut juga bisa berarti tak ada titik terang atas masalahnya.

And the shadow of the day
Dan bayang-bayang siang
Will embrace the world in grey
Akan mendekap dunia dalam kelabu
And the sun, Will set for you
Dan mentari, Akan terbenam untukmu
Padahal banyak orang tertawa, banyak orang bahagia, namun kenapa hanya ia sendiri yang merasa sedih, merasa banyak masalah. kata “shadow of the day (bayang-bayang siang)” secara sederhana dapat diartikan bahwa sinar matahari hanya menerangi orang orang, sedang ia hanya ada diantara sisi gelap (bayang-bayang) matahari.
Sebuah pohon yang disinari matahari jam 3 atau jam 4 sore pastilah punya bayangan. Nah, penulis lagu itu ada di bayangan pohon tersebut sehingga hidupnya selalu gelap, sementara orang-orang berada diluar bayangan pohon dan mendapatkan sinar dari matahari sehingga hidup mereka selalu terang. Begitulah penggambaran sederhananya.

In cards and flowers on your window
Pada kartu dan bunga di jendelamu
Your friends all plead for you to stay
Semua temanmu memohon agar kau tak pergi
Sometimes beginnings aren't so simple
Terkadang permulaannya tidaklah mudah
Sometimes goodbye's the only way, Oh-Oh
Kadang perpusahan adalah satu-satunya jalan
Orang-orang kadang mudah berkata, orang-orang kadang mudah menasehati. Namun ia merasa, masalah tersebut tidak semudah yang orang bicarakan. Seandainya ia bisa berkata pada orang-orang tersebut “Coba jadi saya? Bisa tidak?” Jadi menurutnya, memilih pergi atau menyendiri dan mengabaikan pendapat orang lain adalah jalan satu satunya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Shadow Of The Day secara sederhana berkisah tentang seorang pria (penulis lagu) yang mengalami periode yang sangat-sangat sulit dalam hidupnya. Sepertinya ia sedang depresi dan mempunyai masalah berat (entah masalah cinta, entah masalah hidup). Kadang masalah tersebut ada solusinya, namun kadang masalah tersebut tanpa ada jalan keluarnya. Dalam liriknya juga dijabarkan, bahwa hidupnya selalu gelap dan sulit bagai bayang-bayang siang. Karena sinar mentari selalu menyinari orang-orang, sementara si penulis lagu hanya berada diantara sisi gelap (bayang-bayang) matahari. Sehingga menyendiri (meninghalkan dunia luar) adalah satu satunya pilihan bagi dirinya untuk lepas dari semua masalah tersebut.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagunya
Setiap orang punya masalah, setiap orang punya problema. Kadang solusi atas permasalahan itu mudah, namun sebuah masalah juga kadang tanpa ada jalan keluar.  Menyendiri, mengoreksi diri sendiri dan mengabaikan pendapat orang lain kadang bisa menenangkan pikiran kita. mungkin, itulah kesimpulan positif dari lagu ini.





*Penulis lirik lagu Shadow of the Day adalah Chester Charles Bennington. Lagu ini Rilis tahun 2007. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Official Video Linkin Park ~ Shadow Of The Day



2 Responses to " Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ Shadow Of The Day "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel