Pencarian

Makna Dibalik Lagu Linkin Park ~ Leave Out All The Rest: Sebuah lagu permintaan maaf


Tidak ada manusia yang sempurna, tiap manusia pastilah punya kesalahan, khususnya kesalahan di masa lalu. Sayangnya kita tidak bisa memutar waktu untuk memperbaikinya. Jalan satu satunya untuk memperbaiki kesalahan dimasalalu tersebut adalah meminta maaf.

“Leave Out All the Rest” adalah sebuah lagu tentang permintaan maaf. Lagu ini bercerita tentang seorang pria (penulis lagu) yang mencari penebusan atas kesalahan masa lalunya. Dia tahu dia telah melukai hati orang yang ia cintai dan membuat beberapa pilihan yang salah di masa lalu, dan sekarang dia ingin meminta maaf kepada seseorang tersebut.

Benarkah seperti itu makna dari lagu ini? Untuk lebih jelasnya, kita maknai dan interpretasi saja liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
I dreamed I was missing
Aku bermimpi diriku hilang
You were so scared
Kau sangat ketakutan
But no one would listen
Namun tak ada yang mau mendengar
Cause no one else cared
Karena tak ada yang peduli
After my dreaming
Setelah mimpiku itu
I woke with this fear
Aku terbangun dengan perasaan takut
What am I leaving
Apa yang akan kutinggalkan
When I'm done here
Saat waktuku di sini telah usai
So if you're asking me I want you to know
Maka jika kau tanya aku, aku ingin kau tahu
Verse 1, dapat dimaknai penulis lagu seolah berusaha menceritakan/menuliskan tentang pengalamannya yang menakutkan, dimana pada suatu malam dimana ia tiba-tiba terjaga dari tidurnya. Ia sangat ketakutan, namun tak ada yang peduli terhadapnya. Yang membuatnya terjaga dan takut adalah mimpi tentang ajalnya yang sudah dekat, sementara ia banyak meninggalkan kesalahan yg belum dimaafkan oleh orang yang ia cintai (lirik what am I leaving). Untuk itu, ia (penulis lagu) akan memberitahu orang yang ia cintai akan suatu hal.

Chorus:
When my time comes
Jika waktuku telah tiba
Forget the wrong that I've done
Lupakanlah kesalahan yang kulakukan
Help me leave behind
Bantu aku tuk tinggalkan
Some reasons to be missed
Alasan tuk dirindukan
Don't resent me
Jangan marah padaku
And when you're feeling empty
Dan saat kau merasa hampa
Keep me in your memory
Ingatlah aku
Leave out all the rest
Lupakan semua yang tersisa
Leave out all the rest
Lupakan semua yang tersisa
Chorus/Reff melanjutkan cerita verse1. Dapat dimaknai bahwa Jika memang benar suatu saat nanti ajal si penulis sudah dekat (karena tak ada yang tahu akan ajal seseorang akan tiba), ia hanya berharap orang yang ia cintai tidak membencinya karena kesalahan yang pernah ia perbuat. Ia juga berharap orang yang ia cintai mengingat hal-hal baik saja tentang dirinya, dan melupakan hal-hal yang buruk dari dirinya.

Verse 2:
Don't be afraid
Jangan takut
I've taken my beating
Telah kuterima kekalahanku
I've shared what I made
Telah kuceritakan yang kuperbuat
I'm strong on the surface
Aku terlihat kuat di luar
Not all the way through
Namun tidak selalu begitu
I've never been perfect
Aku memang tak pernah sempurna
But neither have you
Namun begitu pula dirimu
So if you're asking me I want you to know
Maka jika kau tanya aku, aku ingin kau tahu
Verse 2 dapat dimaknai sebagai sebagai bentuk pengakuan penulis lagu pada orang yang ia cintai. bahwa Ia telah menjelaskan dengan lapang dada tentang kesalahanya. Dalam penjelasan tersebut ia berpendapat bahwa ia sebagai manusia memang jauh dari kata sempurna, karna manusia memang tak pernah sempuna. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.

Bridge:
Forgetting, all the hurt inside you learned to hide so well
Melupakan, semua luka dalam hati yang coba kau sembunyikan dengan baik
Pretending, someone else can come and save me from myself
Berpura-pura, orang lain bisa datang dan selamatkanku dari diriku sendiri
I can't be who you are
Aku tak bisa menjadi dirimu
Jadi, ia memohon pada orang yang ia cintai untuk memaafkan dan melupakan semua luka terpendam akibat kesalahannya. Lirik "aku tidak bisa menjadi dirimu" di akhir juga lagu menegaskan tentang sebuah harapan/eksepasi kekasihnya terhadap dirinya, namun penulis lagu tidak bisa memenuhi ekspetasi itu.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat kita simpulkan bahwa “Leave Out All the Rest” adalah lagu permintaan maaf “si penulis lagu” kepada orang yang ia cintai, lebih tepatnya surat permintaan maaf. karena jika kita melihat di lirik lagunya, penulis lagu seolah bercerita sendiri seperti menulis surat/teks. Dalam lirik lagu seolah diceritakan bahwa “penulis lagu” menyadari betul kesalahan apa yang telah ia perbuat kepada orang yang ia cintai di masa lalu. Bayangan kesalahan tersebutlah yang akhirnya menghantuinya, sehingga ia akhirnya meminta maaf sebelum “ajalnya tiba” (karena ajal seseorang bisa tiba kapan saja). Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa ia sebagai manusia memang jauh dari kata sempurna, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. jadi ia (penulis lagu) memohon pada orang yang ia cintai untuk memaafkan semua kesalahanya, Ia juga berharap orang yang ia cintai mengingat hal-hal baik saja tentang dirinya, dan melupakan hal-hal yang buruk dari dirinya.

“Leave Out All the Rest” adalah salahsatu lagu terbaik Linkin Park menurut saya, terutama pada liriknya. Lagu ini seolah mengajakan kita untuk berintrospeksi atas setiap perilaku diri kita terhadap orang lain, dan jika salah segeralah minta maaf. Lagu ini seolah menampik realita yang ada tentang kebanyakan manusia yang umumnya larut dalam kesalahan dan enggan mengakuinya. Ya, lagu ini tentang sebuah kerendahan hati tentang bagaimana kita meminta maaf atas kesalahan kita, selagi masih ada kesempatan, selagi belum terlambat, karena takdir manusia tak ada yang tahu.





*Penulis lirik lagu Leave Out All the Rest adalah Chester Charles Bennington. Lagu ini rilis pada tahun 2007. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Linkin Park ~ Leave Out All The Rest (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Linkin Park ~ Leave Out All The Rest: Sebuah lagu permintaan maaf"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel