Pencarian

Jangan Pernah Terlalu Berharap Pada Orang Lain: Makna Dibalik Lagu Linkin ~ Park Nobody Can Save Me


Lagu "Nobody Can Save Me" secara sederhana mengisahkan tentang seorang pria (penulis lagu) yang sedang depresi dan tertekan akan semua masalah hidupnya (entah masalah cinta, entah masalah hidup). Oleh sebab itu, dalam mencari jalan keluar untuk menyelesaikannya semua masalahnya, ia terus-terusan mengandalkan dirinya sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain. Lewat lagu ini, sepertinya penulis lagu menyerukan pada pendengarnya untuk jangan pernah terlalu berharap pada orang lain, karena tidak selamanya orang lain ada untuk kita.
.
Oke, Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Verse 1:
I'm dancing with my demons
Aku berdansa dengan iblis-iblisku
I'm hanging off the edge
Aku bergantungan di tepian jurang
Storm clouds gather beneath me
Awan badai berkumpul di bawahku
Waves break above my head
Ombak pecah di atas kepalaku.
Head-first hallucination
kepala yang penuh halusinasi
Verse 1, Pelulis lagu sepertinya sedang menghadapi frustasi yang berat dalam hidupnya. Sebagai pelarian dari masalahnya tersebut, ia pun mengkonsumsi alkohol/narkoba.  Bait pertama “I'm dancing with my demons” menjelaskan secara tersirat bahwa sebenarnya yang dimaksud iblis-iblis adalah alkohol/narkoba tersebut. Ya, ia berpendapat bahwa dengan mengonsumsi alkohol, ia bisa berhalusinasi bahwa dunianya penuh dengan kebahagiaan. Padahal kenyataanya tidak. 

Chorus:
I wanna fall wide awake now
Aku ingin terjaga sekarang
You tell me it's alright
Kau mengatakan itu baik-baik saja
Tell me I'm forgiven, tonight
Katakan padaku aku dimaafkan, malam ini
But nobody can save me now
Tapi tidak ada yang bisa menyelamatkanku sekarang

I'm holding up a light
Aku sedang memegang lampu
Chasing out the darkness inside
Mengejar kegelapan di dalam
'Cause nobody can save me
Karena tidak ada yang bisa menyelamatkanku
Churus/reff menjelaskan lebih lanjut, bahwa dalam hati si penulis lagu sebenarnya ia tak mau melakukan hal tersebut (mengonsumsi alcohol/narkoba) ia hanya ingin “terjaga/sadar dari mabuknya”. Namun harus bagaimana lagi, ia hanya kesal karena banyak orang yang selalu memberinya solusi, namun tak pernah bisa untuk memecahkan masalah hidupnya. Mereka bisa “berkata” bahwa masalah yang ia hadapi akan baik baik saja, padahal kenyataanya masalahnya tersebut sangatah berat dan mereka tak pernah bisa untuk membantu.

Jadi, penulis lagu merasa bahwa berharap pada orang lain hanya akan membuat hatinya sakit. Ia pun akhirnya mengambil jalanya sendiri dan temukan solusinya sendiri. Karena yang bisa mebantunya dalam memecahkan masalah hidupnya, adalah dirinya sendiri, bukan orang lain.

Lirik reff ini juga seolah menekankan pada kenyataan bahwa orang lain itu pada dasarnya cuma ingin menenagkan hati kita saja. Mereka itu tak pernah mencarikan solusi yang benarb benar untuk kita. Itu sama saja ketika kita kehilangan uang misalnya, kita itu pesti dinasehati orang lain untuk mengiklaskanya, dan menenangkan hati kita, tanpa pernah mengejar malingnya. Itu kan sama saja bohong, begitulah pemahaman sederhananya lirik reff ini.

Verse 2:
Stared into this illusion
Menatap ilusi ini
For answers yet to come
Untuk jawaban yang akan datang
I chose a false solution
Aku memilih solusi yang salah
But nobody proved me wrong
Tapi tidak ada yang membuktikan aku salah
Head-first hallucination
kepala yang penuh halusinasi
Di verse 2, penulis lagu seolah menegak lagi minumanya/mengkonsumsi narkoba lagi, dan berharap masalanya akan selesai dengan sendirinya. Sepenuhnya ia sadar, bahwa mengkonsumsi narkoba sebagai pelarian atas masalahnya adalah solusi yang “salah.” Namun mau bagaimana lagi, toh tak ada orang lain yang memperingatkanya?

Bridge:
Been searching somewhere out there
Sudah mencari kemana-mana
For what’s been missing right here
Untuk mencari apa yang telah hilang disini
I wanna fall wide awake
Aku ingin terjaga
Pada bridge, penulis lagu seolah punya keinginan lagi untuk sadar dari mabuknya tersebut, ia mencoba sadar dari halusinasinya. Menghadapi kenyataan lagi yang penuh dengan frustasi. Kenyataan yang membingungkan tanpa solusi. Ia yakin akan menemukan jalan dan percaya pada dirinya sendiri.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, Lagu "Nobody Can Save Me" secara sederhana mengisahkan tentang seorang pria (penulis lagu) yang sedang depresi dan tertekan akan semua masalah hidupnya (entah masalah cinta, entah masalah hidup). Sehingga, dalam pelarian dari masalahnya tersebut, ia pun mengkonsumsi alkohol/narkoba. Penulis lagu menyadari, bahwa mengkonsumsi narkoba sebagai pelarian atas masalahnya adalah solusi yang “salah.” Namun mau bagaimana lagi, ia hanya kesal karena orang lain selalu memberinya solusi, namun tak pernah bisa untuk memecahkan masalah hidupnya. Mereka bisa “berkata” bahwa masalah yang ia hadapi akan baik baik saja, padahal kenyataanya masalahnya tersebut sangatah berat dan mereka tak pernah bisa untuk membantu. Jadi, penulis lagu merasa bahwa berharap pada orang lain hanya akan membuat hatinya sakit. Ia pun akhirnya mengambil jalanya sendiri dan temukan solusinya sendiri. Karena yang bisa mebantunya dalam memecahkan masalah hidupnya, adalah dirinya sendiri, bukan orang lain.

Hal yang dapat kita pelajari dari lagunya
Nobody Can Save Me pada keseluruhan liriknya, seolah menyerukan pada pendengarnya untuk jangan pernah terlalu berharap pada orang lain, karena tidak selamanya orang lain ada untuk kita, karena tak selamanya orang lain bisa memecahkan masalahkita. Karena yang tahu persis dan detil atas masalah yang kita alami itu ya diri kita sendiri, bukan orang lain.






*Penulis lirik lagu  Park Nobody Can Save Me adalah Chester Charles Bennington, Robert G. Bourdon, Brad Delson, Mike Shinoda, Dave Farrell and Joseph Hahn. Lagu ini rilis pada tahun 2017. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Linkin ~ Park Nobody Can Save Me (Official Vide)

1 Response to "Jangan Pernah Terlalu Berharap Pada Orang Lain: Makna Dibalik Lagu Linkin ~ Park Nobody Can Save Me"

  1. Pantes banyak lagu2 LP yg mengarah ke depresi / masalah.. dan akhirnya mlah kejadian chester bunuh diri :'(

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel