Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Kim Taehyung ( V BTS ) ~ Scenery


Bagaimana mungkin kita bisa begitu saja jatuh cinta, pada orang yang baru saja kita lihat? Pernah mengalami hal seperti itu? jatuh cinta pada pandangan pertama? Jadi Apalah arti sebuah nama. Lagu ini mengisahkan hal tersebut, tentang seorang pria yang jatuh hati pada pandangan pertama.

Untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi makna nyai, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait.

kkochdeul-i gadeughan geolie
Aku melihatmu lagi hari ini
oneuldo geudaeleul boneyo
Di jalanan penuh bunga
nae an-e damgyeojilkkayo?
Bolehkah aku mengabadikanmu di pikiranku?
Lirik ini adalah sebuah penggambaran tentang seorang pria (penulis lagu), yang terpana melihat wanita pujaanya. Lirik “penuh bunga” adalah sebuah metaphor bahwa wanita itu sangat elok untuk dipandang, jadi hingga awal sampai akhir “di jalan” pria itu tetap mengamatinya. Sangking terkesanya dengan momen itu, pria tersebut ingin terus mengingatnya.

saebyeog dal-i jinan gong-won-e
Aku meletakkan perasaanku di taman
jigeum nae gamjeong-eul dam-ayo
Setelah bulan di awal pagi
I nolaen geudael hyanghaeyo
Lagu ini menuju ke arahmu
Pria tersebut jatuh hati pada wanita itu, ia merasa telah menemukan apa yang ia cari selama ini. Metaphor “bulan diawal pagi/transisi dari malam ke siang” bisa dimaknai sebagai berubahan dihatinya, yang selama ini hampa tanpa cinta akhirnya ia menemukan seseorang yang membuatnya jatuh cinta lagi.

bamhaneul dal-ege bichwojin
Aku mendengar suara film,
pilleum-ui solileul deul-eoyo
Dari cahaya bulan di malam hari
Pria itu terus saja mengingat momen itu, momen yang menenangkan/momen yang membahagiakan bagi dirinya, ibarat sinar bulan yang menerangi malam. Kata “film” sendiri bisa jadi merupakan sebuah pengandaian tentang ingatan/hayalanya tentang si wanita.

I still wonder wonder beautiful story
Aku masih bertanya-tanya, bertanya-tanya tentang kisah indah
Still wonder wonder best part
Masih bertanya-tanya, bertanya-tanya tentang bagian terbaik
I still wander wander next story
Aku berkenala, berkelana ke kisah selanjutnya
I want to make you mine
Aku ingin menjadikanmu milikku
Khayalan tersebut membawanya pada suatu pemikiran bahwa ia telah menjalani banyak kisah dalam hidup, namun baru kali ini akhirnya ia menemukan sebuah kisah (bertemu wanita itu) yang membuatnya bertanya-tanya, yang membuat hatinya gusar. Untuk tahu kisah tersebut indah atau tidak tentu saja ia harus mencobanya. Mencoba menjadikan wanita itu sebagai kekasihnya.

geu chalnaui sigan-ui geu moseub-eul
Di saat kamu kehilangan waktu
nohchin nae ma-eum-i aswiwohae
Aku merasa menyesal untuk hatiku
huhoega dwae dasi geu chalnaga issgileul
Aku menyesalinya, aku berharap memiliki kesempatan lagi
Jadi ia (pria itu) berharap punya kesempatan lagi untuk bertemu dengan wanita itu

dalbich jogag hanahana moa
Aku mengumpulkan potongan cahaya bulan
jomyeong-eul mandeul teni
dan membuat sinar
eojewa gat-eun moseub-eulo
Datanglah di hadapanku
nae ap-e wajuseyo
Seperti yang kamu lakukan kemarin
Jika akhirnya bertemu lagi, pria itu pasti tak akan membuang kesempatan. Ia pasti berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan hati wanita tersebut.

baljagug namgigo tteonagasimyeon
Jika kamu meninggalkan jejak kakimu,
jega geu ongil jikilgeyo
aku akan menjagamu tetap hangat
heugbaeg sog e namgilgeyo
Aku akan menjaganya dalam hitam dan putih
Namun kapan momen tersebut terulang kembali, andai saja kamu (wanita itu) meninggalkan harapan, andai saja aku sudah mengenalmu atau tahu tentangmu pasti semua akan berjalan dengan mudah. Jika semua itu terjadi, pasti aku akan menjagamu, dari sedihmu ataupun bahagiamu. Lirik terakhir ini sepertinya merupakan antithesis dari lirik sebelumnya yang penuh harap namun perlahan harapanya pudar dilirik terakhir. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kata “meninggalkan jejak kakimu” ini bisa saja berarti si pria ga tau apa yang harus ia lakukan untuk mengejar wanita tersebut, lirik tersebut juga bisa berarti bahwa si wanita ga meninggalkan harapan pada sip ria tersebut Sedih.

Wah, dalem juga lagu ini ternyata. Yup, setelah kita interpretasi semua lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa lagu ini bercerita tentang seorang pria yang bertemu seorang wanita dan seketika itu pula pria tersebuj jatuh cinta pada wanita itu. Momen itu sepertinya terus terngiang dikepala sang pria, karena setelah ia menjalani semua kisah, baru kali ini ia menemukan seseorang yang membuatnya jatuh cinta lagi. Lagu ini akhirnya berakhir sedih karena si pria ga tau apa yang harus ia lakukan karena hanya terus ber andai-andai saja. Manun ia masih berharap punya momen tersebut, momen dimana ia bertemu dengan wanita yang membuat hatinya bergetar.








*Penulis lirik lagu Scenery adalah Kim Taehyung. Lagu ini rilis tahun 2019. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Kim Taehyung ( V BTS ) ~ Scenery"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel