Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ Final Masquerade


Final Masquerade adalah lagu pamungkas di album Hunting Party, lagu ini menampilkan tempo yang jauh lebih lambat daripada lagu lainnya di album. Lagunya sendiri bertema tentang konflik yang terjadi antar pasangan. Dengan anggapan bahwa dalam menjalin sebuah hubungan menyatukan 2 kepala jadi satu pemikiran itu sangatlah sulit.

Jadi secara sederhana Final Masquerade adalah lagu yang bercerita tentang tahap akhir suatu hubungan (bisa dengan kekasih, teman, dll) sebelum perpisahan terjadi. Di fase ini, setiap pasangan pasti akan bertengkar dan terjadi miss komunikasi dalam penyatuan pemikiran. Sehingga dalam beberapa lirik, si penulis lagu (kita andaikan saja sebagai Chester sang vokalis) meminta kepada kekasihnya untuk saling berkomunikasi secara terbuka, dan membuka sandiwara terakhir yang selama ini kekasihnya pendam, agar semuanya jelas. 

Oke untuk lebih engkapnya kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
Tearing me apart with words you wouldn't say
Menghancurkanku dengan kata-kata yang tak kau ucapkan
And suddenly tomorrow's a moment washed away
Dan tiba-tiba esok adalah saat yang tersapu bersih
'Cause I don't have a reason and you don't have the time
Karena aku tak punya alasan dan kau tak punya waktu
But we both keep on waiting for something we won't find
Tapi kita berdua tetap menunggu sesuatu yang takkan kita temukan
Verse 1, adalah penekan tentang bagaimana suatu hubungan yang miss komunikasi. Sehingga Cheseter (penulis lagu) menganggap bahwa semuanya harusnya itu dijelaskan dengan gambalng. Namun sepertinya kekasih cester menutup mulutnya rapat-rapat dan tak mau memberi penjelasan pada chester, sehingga hati chester seolah hancur karena selalu bertanya-tanya. Dalam lirik “But we both keep on waiting for something we won't find”, Chester juga menganggap bahwa suatu masalah jika tidak dijelaskan dengan baik, maka masalah tersebut tak akan menemui solusi dan titik temu.

Chorus:
The light on the horizon was brighter yesterday
Cahaya di cakrawala lebih terang kemarin
With shadows floating over, the scars begin to fade
Dengan bayang-bayang bertaburan, luka-luka mulai memudar
We said it was forever but then it slipped away
Dulu kita bilang selamanya tapi lalu menghilang begitu saja
Standing at the end of the final masquerade
Berdiri di ujung penyamaran terakhir
The final masquerade
Penyamaran terakhir
Chorus/reff khususnya di lirik “The light on the horizon was brighter yesterday/ With shadows floating over, the scars begin to fade” adalah sebuah metafora tentang perbandingan waktu bahwa masalalu yang chester rasakan bersama kekasihnya itu lebih baik dibandingkan dengan hari ini dengan semua pertengkaran. Lirik ini juga dapat dimaknai bahwa tenggelamnya matahari di cakrawala bisa diandaikan tentang hubungan mereka yang akan jadi gelap dimasa depan. Jika setiap hari berlalu semakin gelap, bekas luka yang mereka sebabkan satu sama lain, rasa sakit yang mereka timbulkan, mulai terasa semakin tidak relevan dan menyakitkan. Di titik inilah sepertinya chester dan kekasihnya berpisah.

Lirik “We said it was forever but then it slipped away” juga merupakan perbandingan waktu dimana chester menganggap dulu kekasihnya selalu mengatakan untuk setia, namun sekarang kekasihnya seolah bersandiwara dan menolak menjelaskan tentang masalah yang sedang mereka hadapi. jika kita cermati liriknya, sepertinya kekasihnya mungkin selingkuh, kemungkinan begitu.

Sedangkan lirik “The final masquerade” adalah anggapan chester yang menuduh kekasihnya selalu bersandiwara sehingga hatinya begitu sangat sakit, dan ia ingin sandiwara itu segera berakhir/ mengakhiri hubungan.

Verse 2:
All I've ever wanted, the secrets that you keep
Yang kuinginkan hanyalah, rahasia-rahasia yang kau simpan
All you ever wanted, the truth I couldn't speak
Yang kau inginkan hanyalah, kenyataan yang tak bisa kukatakan
'Cause I can't see forgiveness, and you can't see the crime
Karena tak bisa kulihat ampunan, dan kau tak bisa melihat kejahatan
And we both keep on waiting for what we left behind
Dan kita berdua terus menunggu yang tlah kita tinggalkan
Verse 2 adalah tahapan akhir ketika chester dan kekasihnya terjadi miss komunikasi dalam penyatuan pemikiran. Di lirik ini chester menganggap bahwa kekasihnya tak jujur dan terbuka, sehingga chester juga tak mau terbuka. Ini adalah titik akhir dimana kedua pasangan sudah tak mau mengerti lagi. sehingga hubungan tersebut harus segera diakhiri karena jikapun harus menunggu, masalah tersebut takkan pernah menemui titik temu.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat kita simpulkan bahwa Final Masquerade adalah lagu yang bercerita tentang tahap akhir suatu hubungan (bisa dengan kekasih, teman, dll) sebelum perpisahan terjadi. Di fase ini, setiap pasangan pasti akan bertengkar dan terjadi misskomunikasi dalam penyatuan pemikiran.

Lagu ini seolah berpandangan bahwa miskomunikasi atau salah paham adalah salah satu masalah terbesar dalam membangun suatu hubungan jadi semua itu harus dijelaskan secara gamblang dan jelas. Namun sayangnya dikeseluruhan lirik lagu diceritakan bahwa kekasih penulis lagu tidak terbuka terhadap dirinya. Penulis lagu (chester) menganggap bahwa kekasihnya selalu bersandiwara dan tak pernah jujur padanya, sehingga chester juga tak mau terbuka. Ini adalah titik akhir dimana kedua pasangan sudah tak mau mengerti lagi. sehingga hubungan tersebut harus segera diakhiri karena jikapun harus menunggu, masalah tersebut takkan pernah menemui titik temu.

Judul lagunya sendiri “final masquerade” adalah metafora tentang anggapan chester yang menuduh kekasihnya selalu bersandiwara sehingga hatinya begitu sangat sakit, dan ia ingin sandiwara itu segera berakhir/mengakhiri hubungan.

Masquerade adalah lagu yang punya kedalaman lirik dan seolah mengatakan pada kita bahwa menyatukan 2 pemikiran dalam suatu hubungan itu sanatlah sulit. karena 2 orang tersebut harus secara terang-terangan berkomunikasi dengan jujur dan terbuka, apalagi juka terjadi suatu masalah 2 orang tersebut harus saling menerangkan dengan gamblang. Namun jika kedua pasangan tersebut tidak pernah  saling mengerti dan terbuka terhadap satu sama lain, bisa dipastikan hubungan tersebut akan berakhir.








*Penulis lirik lagu Final Masquerade adalah Chester Charles Bennington, dan Mike Shinoda. Lagu ini rilis pada tahun 2014. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Linkin Park ~ Final Masquerade (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ Final Masquerade"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel