Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ From The Inside


Tidak semua orang itu memiliki sifat yang baik, bukan berarti kita berpikir negatif, namun jika ada yang menyukai pasti ada juga yang membenci, itu adalah salah satu hukum alam yang sudah digariskan tuhan kepada sifat manusia. begitupun dengan kasus seperti layaknya seorang penghianat, jika ada yang setia, pasti ada juga yang menghianati.

Ya, From the Inside adalah lagu yang bercerita tentang seorang pria (penulis lagu) yang telah dihianaiti oleh orang terdekatnya (bisa;pacarnya,sahabatnya,temanya). Sehingga penulis lagu seolah kehilangan kepercayaan kepada orang tersebut, seolah sakit hati pada orang tersebut,dan mengutuk orang tersebut. Kata “from the insede” sendiri adalah metafora tentang bagaimana ia membuang semua rasa kepercayaanya dari dalam hati kepada orang yang ia anggap setia, namun menghianati.

Oke untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi makna lagu ini, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
I don't know who to trust, no surprise
Aku tak tahu siapa yang bisa dipercaya, tidak mengejutkan
Everyone feels so far away from me
Semua orang terasa begitu jauh dariku
Heavy thoughts sift through dust and the lies
Pikiran-pikiran berat bertebaran dalam debu dan kebohongan
Verse 1, Penulis lagu berusaha menyampaikan bahwa ia telah dihianati oleh orang terdekatnya, ia sebenarnya telah menduga jika orang tersebut ingin menghianatinya jadi penulis lagu seolah tidak terkejut. Dilirik ini penulis lagu juga menganggap bahwa pada dasarnya semua orang didunia ini penuh dengan kebohongan, sehingga ia merasa sendirian.

Pre-Chorus:
Trying not to break but I'm so tired of this deceit
Berusaha tak patah arang, namun aku begitu lelah dengan kebohongan ini
Every time I try to make myself get back upon my feet
Tiap kali kucoba berdiri lagi
All I ever think about is this
Yang terpikirkan olehku adalah ini
All the tiring time between
Saat-saat yang melelahkan
And how trying to put my trust in you
Dan bagaimana mencoba menaruh kepercayaan padamu
Just takes so much out of me
Menyedot begitu banyak dariku
Pre-Chorus menggabarkan bahwa penulis lagu lelah dengan semua penghianatan dan kebohongan oleh orang terdekatnya tersebut. Sepertinya, orang tersebut juga kerap menghianati penulis lagu, namun penulis lagu masih saja mempercayainya, hingga ia merasa lelah

Chorus:
Take everything from the inside
Ku ambil segala-galanya dari dalam hati
And throw it all away
Dan membuangnya
'Cause I swear for the last time
Karena aku bersumpah untuk terakhir kali
I won't trust myself with you
Aku takkan mempercayaimu
Chorus/reef adalah inti lagunya. Di lirik ini penulis lagu seolah ingin membuang semua kepercayaanya dari dalam hati paling dalam pada orang terdekatnya tersebut. Ia juga bersumpah serapah (scream), bahwa ini adalah kali terakhir penulis lagu percaya pada orang tersebut. Karena penulis lagu taakan pernah mempercayainya lagi!

Verse 2:
Tension is building inside steadily
Membangun ketegangan di dalam hati
Everyone feels so far away from me
Semua orang terasa begitu jauh dariku
Heavy thoughts forcing their way out of me
Pikiran-pikiran berat memaksa keluar dariku
Verse 2, penulis lagu berusaha membangun narasi bahwa sebuah penghianatan itu akan menimbulkan ketegangan dan membangun dendam didalam hati. Sementara lirik “Heavy thoughts forcing their way out of me“dapat dimaknai bahwa sebuah penghianatan itu dapat menimbulkan pikiran-pikiran negatif yang jika lepas kontrol akan menimbulkan tindakan berbahaya

Bridge:
I won't waste myself on you
Takkan kusia-siakan diriku untukmu
Waste myself on you
Sia-siakan diriku untukmu
You, you
Bridge adalah penegasan penulis lagu yang persumpah taakan pernah lagi menaruh kepercayaan terhadap orang terdekatnya. Takkan pernah lagi ia sia-siakan lagi kepercayaanya pada orang tersebut

Kesmpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai semua liriknya, jelaslah bahwa From the Inside adalah lagu yang bercerita tentang seorang pria (penulis lagu) yang telah dihianaiti oleh orang terdekatnya (bisa;pacarnya,sahabatnya,temanya). Sepertinya penghianatan tersebut dilakukan berulang-ulang hingga menghancurkan kepercayaan si penulis lagu pada orang tersebut. Sehingga penulis lagu seolah ingin membuang semua kepercayaanya dari dalam hati paling dalam pada orang terdekatnya tersebut. Ia juga bersumpah serapah, bahwa ini adalah kali terakhir penulis lagu percaya pada orang tersebut. Karena penulis lagu taakan pernah mempercayainya lagi. disebagian lirik lagu juga ditekankan bahwa orang yang seringkali dihianati lama-lama akan emosi, sakit hati bahkan dendam yang jika lepas kontrol akan menimbulkan tindakan berbahaya.

From the Inside adalah lagu yang benar-benar keren. Lagu ini seolah memberi pandangan pada kita tentang sikap apa yang harus kita ambil jika ada seseorang yang dengan teganya membohongi dan menghianati kita. Dari lirik lagunya, kita seolah bisa belajar akan satu hal. Bahwa sewajarnya kita marah, kita membenci orang-orang yang dengan teganya membohongi dan mengianati sebuah kepercayaaan yang kita berikan. Lagu ini juga menekankan pada kita bahwa sebaiknya kita tak mempercayai lagi orang-orang yang menghianati kita, karena jika diberi kepercayaan lagi, orang tersebut pasti menghianati kita lagi.

Jadi, ketika kamu merasa dihianati, dengarkan saja lagu ini. Kita pantas kok memaki seorang penghianat dengan kebohonganya lewat lagu ini, hal itu akan membuat pikiranmu plong dan mungkin saja bisa menyembuhkan hatimu yang sakit.






*Penulis lirik lagu From The Inside adalah Chester Bennington, Brad Delson, Mike Shinoda, dan Dave Farrel. Lagu ini rilis pada tahun 2003. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Linkin Park ~ From The Inside (Official Video)

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ From The Inside"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel