Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ Not Alone

Lagu ini sebenarnya adalah bahan untuk album Minutes to Midnight linkinpark pada tahun 2007. Namun, seiring adanya gempa di Haiti, lagu ini kemudian didedikasikan untuk korban gempa yang sedang bersedih di Haiti pada tahun 2010. Kira-kira hanya seperti itu kah makna dari lagu ini? Untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi makna lagu ini, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait.

I break down
Aku hancur
Fear is sinking in
Rasa takut meresap
The cold comes
Rasa dingin datang
Racing through my skin
Berpacu di kulitku
Searching for a way to get to you
Mencari jalan untuk sampai padamu
Through the storm
Lewati badai
Penulis sepertinya ingin menggambarkan tentang suasana yang mencekam tentang seseorang yang sedang sekarat, namun harapanya masih ada untuk melewati sebuah hal buruk. “aku hancu” bisa dimaknai dalam rasa yang amat sakit, di raga (luar) maupun di jiwa (dalam). Ketakutan mulai meresap dalam tubuh dingin yang sekarat. Mencari jalan bisa juga berarti “masih ada harapan/masih berharap” bisa menemukan orang yang ia cintai mungkin, atau bisa juga berarti mencari harapan pertolongan tuhan. Badai bisa berarti bencana atatu bisa berarti hal yang buruk.

You go, giving up your home
Kau pergi, abaikan rumahmu
Go, leaving all you've known
Pergi, tinggalkan semua yang kau tahu
You are not alone
Kau tak sendiri
Dalam semua situasi buruk, orang tersebut diminta untuk mengiklaskan semua hal, dan tak boleh terpuruk karena masih banyak orang yang peduli denganya. “Abaikan rumah” bisa berarti mengabaikan semua yang dipunyai dengan iklas. Selanjutnya mengiklaskan semua hal yang hancur padahal sudah diperoleh dengan susah payah. Sedangkan “kau tak sendiri” bisa berarti jangan merasa sendirian masih banyak kok orang yang merasa sepertimu, bisa juga berarti jangan merasa sendiri masih banyak orang-orang yang peduli denganmu.

With arms up
Dengan tangan tengadah
Stretched into the sky
Terjulur ke langit
With eyes like echos in the night
Dengan mata seperti gema di malam hari
Hiding from the hell that you've been through
Sembunyi dari neraka yang tlah kau lewati
Silent one
Yang diam
Dalam menghadapi cobaan seharusnya orang tersebut memohon doa kepada tuhan dengan iklas. Hal ini terlihat dari Kata “Tangan mengadah”bisa berarmakna, berdoalah pada tuhanmu, dengan iklas. Dalam menghadapi hal buruk/dalam menghadapi bencana, yang datangnya diam-diam.

You are not unknown
Kau bukan orang yang tak dikenal
You are not alone
Kau tak sendiri
Dan jangan pernah merasa sendiri dalam menghadapi hal-hal yang buruk. Ingatlah bahwa masih ada manusia lain yang masih peduli terhadapmu.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi semua lirik lagunya. Lagu ini seolah punya dua sisi makna. Sisi pertama bahwa memang lagu ini dibuat untuk menyemangati korban gempa di Haiti. Karena korban bencana akan merasakan sedih yang luarbiasa kehilangan rumah, kehilangan orang yang dikasihi atau kehilangan semua yang ada. Untuk itulah lagu ini diciptakan sebagai penenang hati mereka, sebagai untuk menyembuhkan luka dengan iklas, dan mengingatkan bahwa masih ada tuhan dan orang-orang peduli pada mereka.  Sedangkan sisi kedua lagu ini untuk semua orang yang merasa kesepian, sedih, kehilangan atau tertekan karna suatu hal butruk. Lagu ini menunjukkan kepada semua orang bahwa kita seharusnya dapat tabah dan iklas dalam menerima suatu cobaan dan mengingatkan bahwa kita itu gak sendirian, masih ada tuhan tempat kita berharap mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Lagu yang keren, semoga bermanfaat buatmu…






*Penulis lirik lagu  Not Alone adalah Chester Charles Bennington, Robert G. Bourdon, Brad Delson, Mike Shinoda, Dave Farrell and Joseph Hahn. Lagu ini rilis pada tahun 2010. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.


0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ Not Alone"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel