Pencarian

Makna Dibalik Lagu: John ~ Lennon Imagine

Aku melihat palestina yang terluka dan berdarah lagi, israel baru saja mengirim pesawat pembom F16, yang berisi malaikat pencabut nyawa”. Begitulah bunyi penggalan puisi dari Asep Sambodja tentang palestina, yang secara tersirat bermakna perang akan membawa kesengsaraan.

Sama seperti Asep, john lennon lewat lagunya “imagine” juga menolak perang dengan alasan apapun seperti suku,agama,dan ras bertahun-tahun lalu dengan alasan bahwa perang hanya membawa kesengsaraan, buakan kedamaian.

Untuk lebih lengkap bagaimana makna keseluruhan lagunya, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait.

Imagine there's no heaven
Bayangkanlah tak ada surga
It's easy if you try
Mudah jika kau mau berusaha
No hell below us
Tak ada neraka di bawah kita
Above us only sky
Di atas kita hanya ada langit
Imagine all the people
Bayangkanlah semua orang
Living for today
Hidup hanya hari ini
Pada bait-bait ini john berusaha untuk menggambarkan pada kita bahwa semua orang sama. Tidak ada yang berbeda,  tidak adanya orang yang baik dan yang jahat, Berfikir tidak adanya hari esok, tidak ada peperangan yang terjadi, Pastilah hidup kan damai dan lebih baik. Pada lirik ini secara tersirat john tidak memihak siapapun ras, agama, atau apapun. Ia tergambar sebagai seseorang yang cinta akan kedamaian.

Imagine there's no countries
Bayangkanlah tak ada negara
It isnt hard to do
Tidak sulit melakukannya
Nothing to kill or die for
Tak ada alasan untuk membunuh dan terbunuh
No religion too
Juga tak ada agama
Imagine all the people
Bayangkan semua orang
Living life in peace
Menjalani hidup dalam damai
Pada bait ini juga digambarkan bahwa tidak usah ada negara,  Karena pada zaman ini, Negara saling berperang untuk mendapatkan kejayaan tanpa peduli negara yang lain. Negara-negara pada kenyataanya tercipta untuk saling mengalahkan dengan mengorbankan rakyatnya. Pada bait selanjutnya, ia juga menggambarkan untuk apa ada agama jika berbeda agama juga akan menimbulkan peperangan. Kenyataanya semua agama menjunjung perdamaian, namun para pengikutnya kadang tak sepaham, mereka kenyataanya pada saat ini hanya berfikir sepit. Berfikir bahwa yang “berbeda denganya” adalah musuh. Sama seperti Lirik sebelumya, lirik  ini juga bisa bermakna bahwa Jhon hanya membayangkan  semua orang sama, tidak melihat dari negara mana, dari agama apa yang diyakininya. Ia hanya membayangkan semua hidup dalam kedamaian.

Imagine no possesions
Bayangkan tak ada harta benda
I wonder if you can
Aku ragu apakah kau mampu
No need for greed or hunger
Tak perlu rakus atau lapar
A brotherhood of man
Persaudaraan manusia
Imagine all the people
Bayangkan semua orang
Sharing all the world
Berbagi dunia ini
Sama seperti lirik sebelumnya, lirik ini penulis juga menggambarkan tentang fakta yang terjadi pada saat ini. Semua orang pasti tak bisa hidup dengan harta, pasti. Karena pada dasarnya manusia adalah mahluk yang serakah, ia akan melakukan hal apapun termasuk peperangan untuk mendapat harta dan keuntungan. Manusia tak pernah sadar, apa yang ia lakukanya akan melukai hati orang lain, orang lain akan menjadi korban dari keserakahan. Maka bernar ada yang mengatakan bahwa manusia dalah masalah bagi manusia lain. Padahal john berpikir pada dasarnya semua manusia didunia adalah saudara. Andai saja manusia mau berbagi terhadap sesama, bisa dibayangkan bagaimana damainya manusia.

You may say Im a dreamer
Mungkin kau kan berkata aku seorang pemimpi
But Im not the only one
Namun aku bukanlah satu-satunya
I hope some day you'll join us
Kuharap suatu saat kau kan bergabung dengan kami
And the world will live as one
Dan dunia akan bersatu
Ayolah bermimpi seperti aku, inilah ajakan yang tersirat dari lirik ini. Dimulai dari mimpi untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Masih ada kom manusia didunia ini yang mempunyai impian yang sama yaitu perdamaian. Tidak ada yang menginginkan peperangan. Berharap semua orang ikut bermimpi untuk damai. Karena dunia ini adalah milik semua orang.

Kesimpulan:
Setelah kita maknai semua lirik lagu ini, bisa disimpulkan bahwa intinya lagu ini Menolak segala peperangan atau apapun itu yang berbau kekerasan. Tidak dengan cara kekerasan untuk mencapai sebuah tujuan tetapi dengan cara perdamaian.  Perdamaian bukanlah hal yang buruk, tetapi perdamaian adalah cara lain yang lebih tepat untuk suatu tujuan yang lebih baik. Menyamaratakan segala hal, kedudukan, agama, ras, dan lain – lain untuk terjalin sebuah kedamaian yang diinginkan oleh setiap orang. Mungkin seperti itulah makna dari lagu ini. Semoga bermanfaat.






*penulis lirik lagu Imagine adalah John Lennon dan Yoko Ono. Lagu ini rilis pada tahun 1971. Sedangkan pemaknaan pada lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

John ~ Lennon Imagine (official Video)

1 Response to "Makna Dibalik Lagu: John ~ Lennon Imagine "

  1. IMHO menurut saya, lagu ini mejelaskan konsep FreeMason..
    Yang dimana tidak ada Agama dan Negara.. semua di atur oleh satu pimpinan saja..
    Coba perhatikan lirik terakhir, "I hope someday you'll joint us.."

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel