Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Linkin Park (feat. Kiiara) ~ Heavy

Lagu "Heavy" menceritakan tentang suatu masalah, tentang suatu depresi yang dialami oleh Chester Bennington. Dalam wawancaranya dengan radio 102.7 KIIS FM tahun 2017, Chester Bennington (vokalis linkin park) mengatakan bahwa masalah dan depresi tersebut, berasal dari dalam dirinya sendiri sehingga menimbulkan ketegangan batin yang penuh emosional.

Chester dalam wawancara tersebut, juga mengatakan bahwa depresinya dimulai dari berjuang melawan kecanduan obat-obatan terlarang, berjuang dengan hubungan percintaan (chester menikah 2 kali karna bercerai), berurusan dengan upaya bunuh diri, dan lain sebagainya.

Sehingga, jika ia memikirkan masalah tersebut setiap harinya, akan membuat pikiranya menjadi berat/heavy. Chester hanyak tak menyukai semua pikiran itu, pikiran kenapa semua-semua hal membuat hidupnya menjadi berat. Sehingga lagu heavy seolah-olah menjadi sarana ungpakan Chester untuk menceritakan segalanya pada pendengarnya. 

Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

I don’t like my mind right now
Aku tak suka pikiranku yang sekarang
Stacking up problems that are so unnecessary
Menumpuk kan masalah yang tak ada gunanya
Pada bait pertama penulis lagu berusaha menggambarkan bahwa ia sering memendam suatu masalah, sehingga masalahnya terus bertumpuk.

Wish that I could slow things down
Berharap bisa aku melambatkan segalanya
I wanna let go but there’s comfort in the panic
Aku ingin lepaskan, namun ada kenyamanan dalam kepananikan
Karena tak semua orang mampu mengutarakan perasaan dan permasalahan apa yang sedang terjadi, Seandainya ia punya cukup banyak waktu ia ingin berusaha jujur pada orang-orang. Namun berusaha jujur juga memunculkan masalah lain, orang-orang yang ia sayangi akan resah jika mendengar masalahnya. Jadi, ia lebih baik memendam masalahnya agar keadaanya terlihat baik-baik saja dan nyaman

And I drive myself crazy
Serta kubuat diriku gila
Thinking everything's about me
Memikirkan semua tentangku
Yeah I drive myself crazy
Ya kubuat diriku gila
Cause I can’t escape the gravity
Karena aku tak bisa melarikan diri tekanannya
Pada akhirnya, orang hanya menyimpan masalanya sendiri, tanpa mau bercerita kepada orang lain akan mengalami depresi. Ia mungkin akan terlihat baik-baik saja, namun jauh dalam hati dan pikiranya ia sakit, ia gila memikirkan masalah tersebut.
Lirik “Yeah I drive myself crazy, Thinking everything's about me ” juga bisa bermakna bahwa ia sedang bertarung dengan dirinya sendiri. Ia memikirkan hidupnya, memikirkan masalalunya sendiri, memikirkan masalahnya sendiri sehingga ia menjadi gila.

I'm holding on
Aku bertahan
Why is everything so heavy
Mengapa semuanya begitu berat
Holding on
Bertahan
So much more than I can carry
Jauh lebih banyak daripada yang bisa kubawa
Mau bagaimana lagi, ia hanya bisa bertahan. Padahal masalahnya begitu berat, namun ia hanya bisa bertahan di keadaan itu.

I keep dragging around what's bringing me down
Aku terus terseret terjatuh
If I just let go, I'd be set free
Bila ku lepaskan, aku akan terbebas
Holding on
Bertahan
Why is everything so heavy
Mengapa semuanya begitu berat
penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan alkohol memberikan garis lurus pada lirik” I keep dragging around what's bringing me down” untuk membuatnya bertahan. Ia ingin mengatakan masalahnya, namun tak bisa. Ia berperang dengan dirinya sendiri.

You say that I'm paranoid
Kau bilang aku paranoid
But I'm pretty sure the world is out to get me
Tapi aku yakin sekali dunia ini mengejarku
It's not like I make the choice
Ini tak seperti pilihan yang aku buat
To let my mind stay so fucking messy
Dan biarkan pikiranku kacau balau
I know I'm not the center of the universe
Aku tahu diriku bukanlah pusat semesta
But you keep spinning round me just the same
Tapi kau tetap memutariku seperti dulu
Ketakutan, merasa cemas akan suatu bahaya adalah gangguan mental yang diderita seseorang jika kita melihat lirik ini. Ya penyebabnya intinya adalah ia tak mau membuka diri sehingga apa yang ia mau, tak pernah jadi kenyataan. Akhirnya ya seperti itu berputar-putar, dan terusmenumpuk masalah dan berperang dengan dirinya sendiri.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu "Heavy" menceritakan tentang suatu masalah, tentang suatu depresi yang dialami oleh Chester Bennington. Dalam wawancaranya dengan radio 102.7 KIIS FM tahun 2017, Chester Bennington (vokalis linkin park) mengatakan bahwa masalah dan depresi tersebut, berasal dari dalam dirinya sendiri sehingga menimbulkan ketegangan batin yang penuh emosional.Chester dalam wawancara tersebut, juga mengatakan bahwa depresinya dimulai dari berjuang melawan kecanduan obat-obatan terlarang, berjuang dengan hubungan percintaan (chester menikah 2 kali karna bercerai), berurusan dengan upaya bunuh diri, dan lain sebagainya.

Jika kita melihat dari lirik lagunya, disitu tersirat dengan jelas bahwa hidup chester seolah sangat berat. Lirik “Yeah I drive myself crazy, Thinking everything's about me ” juga bisa bermakna bahwa ia sedang bertarung dengan dirinya sendiri. Ia memikirkan hidupnya, memikirkan masalalunya sendiri, memikirkan masalahnya sendiri sehingga ia menjadi gila dan depresi.

Dalam liriknya juga tersirat bahwa chester seolah memendam semua masalah tersebut sendirian. Pada akhirnya, orang hanya menyimpan masalanya sendiri, tanpa mau bercerita kepada orang lain akan mengalami depresi. Atau melarikan diri dengan mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang. Ia mungkin akan terlihat baik-baik saja, namun jauh dalam hati dan pikiranya ia sakit,





*Penulis lirik lagu Heavy adalah Chester Bennington, Mike Shinoda, Justin Tranter, Julia Michaels, dan Brad Delson.  Lagu ini rilis pada bulan Februari 2017.

Linkin Park feat. Kiiara ~ Heavy (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Linkin Park (feat. Kiiara) ~ Heavy"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel