Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Oasis ~ Don't Look Back in Anger


Mendapatkan kisah cinta indah seperti di dongeng itu hampir mustahil jika dipikir-pikir. Karena cinta sendiri merupakan suatu hal yang rumit untuk dimengerti. Kadang kita merasa senang terhadapnya, kadang kita kecewa dan patah hati hingga trauma dibuatnya. Lagu ini berkisah tentang semua itu, tentang seorang wanita (Sally) yang trauma terhadap kisah masalalu cintanya. Namun tanpa disangka-sangka ia kemudian bertemu dengan seorang pria (penulis lagu) yang berusaha mengubah persepsi itu.

Seperti itu kah makna dari lagu ini? Untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi makna lagu ini, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait. Baca sampai habis ya, supaya mendapatkan kesimpulan diakhir tulisan.

Slip inside the eye of your mind
Selipkan ke dalam mata pikiran mu
Don't you know you might find
Tak tahukah kau bahwa mungkin kau bisa temukan
A better place to play
Tempat yang lebih baik untuk bermain
You said that you'd never been
Dulu kau bilang kau tak pernah di tempat seperti itu
But all the things that you've seen
Tapi semua yang tlah kau lihat
Will slowly fade away
Perlahan akan pudar
Lirik “Slip inside the eye of your mind” secara tersirat menjelaskan bahwa Sally menyimpan banyak hal di pikiranya (bisa rasa sakit, bisa trauma akan cinta) dan walaupun Sally berusaha menutupinya, tatapan mata tak pernah bisa bohong, ia sedang terluka. Oleh sebab itu, penulis lagu disini berusaha menghibur Sally dengan mengatakan “find a better place to play” atau bisa diinterpretasikan bahwa penulis lagu seolah meminta kepada Sally untuk melupakan masa lalunya, untuk menatap masa depan yang lebih baik. Penulis lagu seolah berkata pada Sally di lirik selanjutnya “ada kok pria yang bisa mencintai kamu, bahkan lebih baik dari masalalumu”. Lirik “Will slowly fade away” seolah-olah menerangkan bahwa pria yang sangat mencintai Sally adalah si penulis lagu, namun Sally tak pernah menyadarinya.

So I start a revolution from my bed
Maka kumulai revolusi dari tempat tidurku
'Cos you said the brains I had went to my head
Karena katamu pikiranku mengalir ke kepalaku
Step outside, summertime's in bloom
Keluarlah, musim panas sedang mulai
Stand up beside the fireplace
Berdirilah di sisi perapian
Take that look from off your face
Buanglah pandangan itu dari wajahmu
You ain't ever gonna burn my heart out
Kau takkan pernah bisa membakar hatiku
Oleh sabab itu penulis lagu berusaha melakukan perubahan dalam hidupnya untuk lebih meyakinkan Sally. Lirik “musim panas sedang mulai” bisa diartikan perubahan si cowo dari musim dingin ke musim panas yang berseri. Kearah lebih ganteng lah simpelnya mungkin, ke sikapnya juga bisa.  Sedangkan maknya “Buanglah pandangan itu” merujuk pada pemikiran si Sally yang pesimis terhadap penulis lagu. Tatapan pesimis itu juga dapat diartikan pada trauma dan sakit hati pada kisanya yang dulu, jadi ia pesimis akan kisah barunya bersama penulis lagu. Tapi walaupun tatapan seperti seperti itu, tetap saja si penulis lagu ga kebakar atau ngga gentar.

And so Sally can wait,
Dan Sally pun bisa menunggu
She knows it's too late as we're walking on by
Dia tahu sudah terlambat saat kita melangkah
Her soul slides away
Jiwanya meluncur pergi,
But don't look back in anger
Tapi jangan menoleh dengan marah
I heard you say
Itu yang kudengar kau ucapkan
Walaupun agak terlambat menyadari bahwa si penulis lagu niatnya baik dan benar-benar mencintainya, akhirnya hati si Sally mulai luluh jika melihat lirik ini. Dilirik ini juga ada bait yang melegenda “don't look back in anger” bisa berarti petuah bahwa kita sebagai manusia boleh saja marah, boleh merasakan benci, jika ingat masalalu yang pahit. tapi jangan habiskan seluruh hidup kita untuk dendam dan meratapinya.  “don't look back in anger” sepertinya adalah sebuah kata yang pernah diucapkan sally, kemungkinan ia lupa, jadi kata itu diucapkan kembali oleh penulis lagu.

Take me to the place where you go
Bawa aku ke tempat kau hendak pergi
Where nobody knows if it's night or day
Di mana tak ada yang tahu waktu apakah siang atau malam
But please don't put your life
Tapi tolong jangan pasrahkan hidupku
In the hands Of a Rock n Roll band
Kepada sebuah band rock n roll
Who'll throw it all away
Yang akan membuangnya begitu saja
At least not today
Setidaknya, tidak hari ini
Akhirnya mereka bersatu. Lirik “tak ada yang tahu siang atau malam” bisa berarti sunset atau bisa saja berarti tempat yang indah. Walaupun si penulis lagu hanya seorang anak band yang penuh stigma negative jika berhubungan dengan wanita, semua stigma itu patah dihari itu. Karena si penulis lagu  bisa naklukin tuh Sally dan bakal menjaganya.

Kesimpulan:
Banyak yang menginterpretasi makna lagu ini sebagai lagu untuk Jhon Lenon, atau banyak juga yang menganggap lirik lagu ini tak ada kaitan satu sama lain. Itu merupakan hal yang sah-sah saja karna setiap orang berhak berpendapat. Noel sendiri ketika ia di wawancarai tentang arti makna dari lagu-lagunya pernah mengatakan "It means something different to every one of them". Dalam artian bahwa sebuah karya seni musik yang baik itu ya akan selalu memunculkan makna berbeda-beda bagi setiap pendengarnya.

Oleh sebab itu, pada blog ini interpretasi lagunya dilihat dari kacamata percintaan. Yang intinya sendiri tentang wanita bernama Sally yang trauma akan masalalu cintanya dan takut untuk jatuh cinta kembali. namun tanpa disangka ada seorang pria yang berusaha mengejarnya dan meyakinkanya. Ia pun seolah berkata “don't look back in anger” yang bisa bermakna “hey Sally, kamu memang boleh marah, boleh merasakan benci, jika ingat kisah cinta masalalumu yang pahit. tapi jangan habiskan seluruh hidup mu untuk dendam dan meratapinya. Karna masih banyak hal lain yang belum kamu temui di depan sana, dan kamu pantas untuk bahagia”


Siapa sebenarnya “Sally” dalam lirik lagu?
Tidak ada orang yang tahu sebenarnya siapa sosok sally yang dimaksud oleh Noel Gallagher dalam lirik lagunya tersebut. Karena sampai bertahun-tahun sejak lagu itu rilis pada 1995, nama Sally di dalamnya masih jadi rahasia. Namun Noel Gallagher akhirnya membongkar alasan di balik dipakainya nama Sally di lagu ini. Dalam sebuah wawancara Noel mengatakan bahwa nama tersebut di ciptakan teman nya yang juga musisi Richard Ashcroft (vokalis The Verve). Namun sayangnya, Noel pada wawancara tersebut  tidak menceritakan lebih lanjut bagaimana proses penciptaan lagu itu dan bagaimana Ashcroft bisa mengusulkan Sally. Ia juga tidak menjelaskan siapa Sally yang dimaksud oleh Ashcroft dalam lagu itu. Yang jelas, nama itu begitu mecing dengan lagunya.

Makna lagu berubah saat terjadi “Tragedi Manchester”
Pada tanggal 22 Mei 2017, sebuah ledakan bom teroris terjadi di luar Manchester Arena di kota Manchester, saat berlangsungnya konser Ariana Grande. Ledakan tersebut menewaskan 22 orang, dan melukai 59 orang. Untuk mengenang para korban jiwa tersebut, digelarlah konser amal “One Love Manchester.” Yang menarik di konser ini adalah lagu “don't look back in anger” yang seolah menjadi hymne masyarakat Manchester untuk mengenang para korban. Alasan kuat kenapa lagu ini digunakan adalah karena liriknya dan para personil Oasis sendiri adalah warga Manchester.

Jika kamu melihat di youtube, tentang konser “One Love Manchester,” terlihat jelas Christ Martin (Vokalis Coldplay) membawakan lagu ini dengan diiringi isak tangis para warga. Christ juga seolah-olah mengulang-ulang lirik ref lagu “Her soul slides away/But don't look back in anger/I heard you say” yang seolah-olah Christ ingin menyerukan pada warga bahwa kejadian tersebut memang menyakitkan, Cuma mau bagaimana lagi karena kejadian tersebut sudah terjadi, jadi jangan marah, jangan dendam jika melihat ke belakang/ ke masalalu tentang tragedy bom tersebut.





*Penulis lirik lagu Don't Look Back in Anger adalah Noel Gallagher. Lagu ini rilis pada tahun 1995. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Oasis ~ Don't Look Back in Anger (Official Video)

9 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Oasis ~ Don't Look Back in Anger"

  1. Walaupn gak sama kaya sejarah dan fakta lagunya, tapi kalo dipikir2 agak nyambung dikit sih interpretasinya, lumayan. Diliat dari sisi manapun, kalo lagunya bagus mah ada aja artinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fakta dan sejarah mana yang tidak jelas? jika punya pemaknaan lain tentang lagunya, mohon tulisin komentar di bawah ya :)

      Delete
  2. Well, ini sangat membantu aku buat tugas video klip. Good job writer!

    ReplyDelete
  3. saya apresiasi tulisanya. salah satu contoh tulisan blog yang bermutu

    ReplyDelete
  4. The place where you go, "where nobody knows if its night or day" maksudnya tempat yg tidak ada yg tau kalau ditempat itu sedang siang atau malam, jd kyk tempat netral atau tenang, jd bukan maksudnya sunset atau sunrise, terlalu jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak, memang ga ada juga sih di dunia ini tempat antara siang dan malam dalam satu waktu. jadi pengartian sunrise dan sunsite, adalah tempat yang paling mendekati. tapi sangat masuk akal juga sih kalo diibaratin kyk tempat netral

      Delete
  5. Request makna lagu-lagunya joji mba/mas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel