Oasis - Don't Look Back in Anger | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Don't Look Back in Anger berisi tentang pesan untuk tak melihat masa lalu yang pahit, dengan dendam dan amarah. Liriknya sendiri menceritak

Mendapatkan gelar sebagai lagu terbaik di dunia versi Absolute Radio 90s, mendapatkan gelar sebagai lagu paling meledak di pasaran (Most Explosive Choruses) versi majalah NME, dan mendapat gelar sebagai salah satu lagu terbaik versi majalah Rolling Stone, menjadikan lagu Don't Look Back in Anger sebagai sebuah lagu legenda yang pernah diciptakan oleh Oasis.

Bahkan setelah berpuluh-puluh tahun lagu ini di rilis, ketenaran lagu ini masih begitu terasa di telinga pecinta musik dunia. Karena semua alasan itulah, blog interpretasilirik begitu tertarik untuk membahasnya. Berikut merupakan makna dan terjemahan arti dari lirik lagu Don’t Look Back in Anger milik Oasis.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu Don't Look Back in Anger berisi tentang pesan untuk tak melihat masa lalu yang pahit, dengan dendam dan amarah. Liriknya sendiri menceritakan tentang seorang wanita bernama Sally, yang masih menyimpan dendam dan amarah jika ia teringat akan masa lalunya dengan sang mantan yang pahit. Sehingga Sally seolah begitu trauma, jika ia kembali mengingat masa lalu tersebut.

Namun tanpa disangka-sangka, Sally kemudian bertemu dengan seorang pria bernama Noel Gallagher (Vok. Oasis), yang ingin mendekatinya. Walaupun Sally berusahan menolak karena ia masih trauma pada kisah cintanya yang dulu. Noel dengan sabar mencoba untuk merayu Sally dengan mengatakan bahwa mengingat masa lalu, dendam dengan masa lalu, atau bahkan trauma pada masa lalu itu bukanlah suatu hal yang baik.

Saat diwawancarai oleh majalah Genius tentang makna dari bait-bait lirik Don’t Look Back in Anger, Noel Gallagher kemudian menjelaskan;

"It’s about looking forward rather than looking back. I hate people who look back on the past or talk about what might have been / (lagu) Ini tentang melihat ke depan, bukan melihat ke belakang. Saya benci orang yang mengingat kembali masa lalu atau membicarakan apa yang mungkin terjadi"

Sehingga jelaslah bahwa lewat wawancara di atas, Noel Gallagher seolah ingin menyampaikan pesan pada para pendengarnya untuk tak perlu mengingat-ingat lagi masa lalu yang sudah berlalu. Kenapa? karena masa lalu itu tak akan bisa kembali dan tak kan bisa diubah. Sehingga sia-sia saja kita, jika terus-terusan untuk mengingatnya. Oleh sebab itu, akan lebih bijak jika kita menghapus masa lalu tersebut, dengan menatap pada masa depan yang lebih baik.

Analisis Lirik (Per-bait)

Verse 1:
Slip inside the eye of your mind
(Terselip di dalam mata pikiran mu)
Don't you know you might find
(Tak tahukah kau bahwa mungkin kau bisa temukan)
A better place to play
(Tempat yang lebih baik untuk bermain)
You said that you'd never been
(Dulu kau bilang kau tak pernah di tempat seperti itu)
But all the things that you've seen
(Tapi semua yang tlah kau lihat)
Will slowly fade away
(Perlahan akan pudar)

Makna lirik verse 1: Lagu dibuka dengan kisah Noel Gallagher yang berusaha mendekati seorang wanita cantik bernama Sally. Namun Noel begitu frustasi, karena Sally adalah wanita begitu susah untuk di dekati. Lirik (Slip inside the eye of your mind / Terselip di dalam mata pikiran mu), secara tersirat menjelaskan bahwa Sally rupanya menyimpan banyak hal di dalam pikirannya (bisa memikirkan masa lalu, rasa sakit, bisa trauma akan cinta). Dan walaupun Sally berusaha menutupinya, tatapan mata tak pernah bisa bohong, ia sedang terluka.

Oleh sebab itu, Noel Gallagher di lirik selanjutnya berusaha menghibur Sally dengan mengatakan (Find a better place to play / Temukan tempat yang lebih baik untuk bermain), atau bisa dimaknai bahwa Noel seolah meminta kepada Sally untuk melupakan masa lalunya, untuk menatap masa depan dengan menemukan tempat yang lebih baik.

Lewat lirik (But all the things that you've seen, will slowly fade away / Tapi semua yang tlah kau lihat, perlahan akan pudar) Noel juga berusaha menasihati Sally bahwa segala rasa sakit yang telah Sally alami / lihat, pada kehidupannya yang dulu, pasti perlahan akan pudar jika Sally bijak dalam menyikapinya.

Pre-Chorus:
So I start a revolution from my bed
(Maka kumulai revolusi dari tempat tidurku)
'Cos you said the brains I had went to my head
(Karena katamu pikiranku mengalir ke kepalaku)
Step outside, summertime's in bloom
(Keluarlah, musim panas sedang mulai)
Stand up beside the fireplace
(Berdirilah di sisi perapian)
Take that look from off your face
(Buanglah pandangan itu dari wajahmu)
You ain't ever gonna burn my heart out
(Kau takkan pernah bisa membakar hatiku)

Makna lirik pre-chorus: Untuk lebih menyakinkan hati Sally, Noel Gallagher kemudian melakukan revolusi besar-besaran agar hatinya tetap teguh dalam memperjuangkan cintannya pada Sally (So I start a revolution from my bed / Maka kumulai revolusi dari tempat tidurku).

Segala upaya Noel akan berhasil, jika Noel mampu merubah hidup Sally dari yang punya masalalu pahit nan dingin, berubah menjadi musim panas yang indah (Step outside, summertime's in bloom / Keluarlah, musim panas sedang mulai).

Mungkin Sally akan 'memandang' pesimis pada segala upaya Noel, karena walau bagaimanapun hati Sally masih begitu trauma dengan masa lalunya yang dulu (Take that look from off your face / Buanglah pandangan itu dari wajahmu). Namun segala sikap Sally takkan pernah membuat Noel emosi atau bahkan terbakar, karena Noel akan selalu memperjuangkan cinta Sally.

Chorus / reff:
And so Sally can wait
Dan Sally pun bisa menunggu)
She knows it's too late as we're walking on by
Dia tahu sudah terlambat bagi kita untuk melangkah)
Her soul slides away
Jiwanya meluncur pergi)
"Don't look back in anger"
("Jangan melihat ke belakang dengan amarah")
I heard you say
(Itu yang kudengar kau ucapkan)

Makna lirik chorus / reff: Walaupun agak terlambat menyadari bahwa Noel Gallagher niatnya baik dan benar-benar mencintainya, akhirnya hati si Sally mulai luluh jika melihat lirik ini. Dilirik ini juga ada bait yang melegenda “don't look back in anger” bisa berarti petuah bahwa kita sebagai manusia boleh saja marah, boleh merasakan benci, jika ingat masalalu yang pahit. tapi jangan habiskan seluruh hidup kita untuk dendam dan meratapinya. Lirik “don't look back in anger” sepertinya adalah sebuah kata yang pernah diucapkan Sally, kemungkinan ia lupa, jadi kata itu diucapkan kembali oleh Noel Gallagher.

Verse 2:
Take me to the place where you go
(Bawa aku ke tempat kau hendak pergi)
Where nobody knows if it's night or day
(Di mana tak ada yang tahu waktu apakah siang atau malam)
But please don't put your life
(Tapi tolong jangan pasrahkan hidupmu)
In the hands Of a Rock n Roll band
(Kepada sebuah band rock n roll)
Who'll throw it all away
(Yang akan membuang segalanya begitu saja)
At least not today
(Setidaknya, tidak hari ini)

Makna lirik verse 2: Akhirnya cinta Noel dibalas oleh Sally, mereka pun kemudian bersatu. Lirik (tak ada yang tahu siang atau malam) bisa bisa dimaknai sebagai sunset yang indah, sebagai gambaran keindahan akhir dari kisah cinta mereka berdua.

Walaupun Noel hanyalah seorang anak band Rock n Roll, yang penuh stigma negatif, jika berhubungan dengan wanita, semua stigma itu patah di hari itu. Karena Noel nyatanya bisa menahlukkan hati Sally, dan berjanji untuk menjaga Sally.

Kesimpulan

Lagu ini mendapatkan banyak interpretasi dari berbagai pihak. Ada yang menyatakan bahwa lagu ini didedikasikan untuk John Lennon, Ada yang menganggap jika lagu ini menceritakan tentang halusinasi akibat obat-obatan terlarang, namun ada juga yang menganggap tidak ada kaitannya sama sekali.

Segala interpretasi itu, merupakan hal yang sah-sah saja karena setiap orang berhak berpendapat. Noel sendiri ketika ia di wawancarai tentang arti makna dari lagu-lagunya pernah mengatakan "It means something different to every one of them". Dalam artian bahwa sebuah karya seni musik yang baik itu ya akan selalu memunculkan makna berbeda-beda bagi setiap pendengarnya.Oleh sebab itulah blog interpretasi lirik, berusama memaknai lirik lagunya dari kacamata percintaan.

Secara garis besar, Don't Look Back in Anger bercerita tentang kisah seorang perempuan bernama Sally yang trauma akan masa lalu cintanya dan takut untuk jatuh cinta kembali. Namun tanpa disangka ada seorang pria yang berusaha mengejarnya dan meyakinkannya untuk jatuh cinta lagi dan menghilangkan rasa dendam di masa lampau yang pahit.

Lewat lagu ini, Oasis seolah ingin menyampaikan pesan pada pendengarnya untuk tak perlu mengingat-ingat lagi masa lalu yang sudah berlalu. Masa lalu yang menyakitkan, gelap ataupun kelam, memang akan begitu susah untuk di lupakan. Namun, bukan berarti mustahil bukan? walaupun tidak bisa sekejap tapi perlahan pasti bisa.

Menyesal? boleh. Merasa bersalah? wajar. Namun jangan terus menerus meratapi atau dendam pada masa lalu yang menyakitkan tersebut. Karena jika hati kita hanya berisi tentang kebencian terhadap masa lalu, hal itu hanya akan membuang energi dan potensi diri untuk hal yang tidak berguna. Hidup ini panjang, jadi cobalah untuk menatap ke depan, kesebuah arah yang lebih baik.

Siapakah sebenarnya Sally?

Tidak ada orang yang tahu sebenarnya siapa sosok sally yang dimaksud oleh Noel Gallagher dalam lirik lagunya tersebut. Karena sampai bertahun-tahun sejak lagu itu rilis pada 1995, nama Sally di dalamnya masih jadi rahasia. Namun Noel Gallagher akhirnya membongkar alasan di balik dipakainya nama Sally di lagu ini. Dalam sebuah wawancara Noel mengatakan bahwa nama tersebut di ciptakan teman nya yang juga musisi Richard Ashcroft (vokalis The Verve). Namun sayangnya, Noel pada wawancara tersebut tidak menceritakan lebih lanjut bagaimana proses penciptaan lagu itu dan bagaimana Ashcroft bisa mengusulkan nama Sally. Ia juga tidak menjelaskan siapa Sally yang dimaksud oleh Ashcroft dalam lagu itu. Yang jelas, nama itu begitu mecing dengan lagunya.

Makna lagu berubah saat terjadi tragedi manchester

Pada tanggal 22 Mei 2017, sebuah ledakan bom teroris terjadi di luar Manchester Arena di kota Manchester, saat berlangsungnya konser Ariana Grande. Ledakan tersebut menewaskan 22 orang, dan melukai 59 orang. Untuk mengenang para korban jiwa tersebut, digelarlah konser amal “One Love Manchester.” Yang menarik di konser ini adalah lagu “don't look back in anger” yang seolah menjadi hymne masyarakat Manchester untuk mengenang para korban. Alasan kuat kenapa lagu ini digunakan adalah karena liriknya dan para personil Oasis sendiri adalah warga Manchester.

Arti Lirik

Arti kata "Don't look back in anger" adalah "Jangan melihat ke belakang dengan amarah". Kata ini merupakan sebuah petuah dari Oasis untuk para pendengarnya agar jangan melihat masa lalu yang pahit, dengan dendam dan amarah. Karena jika hati kita hanya berisi tentang kebencian terhadap masa lalu, hal itu hanya akan membuang energi untuk hal yang tidak berguna. Hidup ini panjang, jadi cobalah untuk menatap ke depan, ke sebuah arah yang lebih baik.

Verse 1:
Slip inside the eye of your mind
Terselip di dalam mata pikiran mu
Don't you know you might find
Tak tahukah kau bahwa mungkin kau bisa temukan
A better place to play
Tempat yang lebih baik untuk bermain
You said that you'd never been
Dulu kau bilang kau tak pernah di tempat seperti itu
But all the things that you've seen
Tapi semua yang tlah kau lihat
Will slowly fade away
Perlahan akan pudar

Pre-Chorus:
So I start a revolution from my bed
Maka kumulai revolusi dari tempat tidurku
'Cos you said the brains I had went to my head
Karena katamu pikiranku mengalir ke kepalaku
Step outside, summertime's in bloom
Keluarlah, musim panas sedang mulai
Stand up beside the fireplace
Berdirilah di sisi perapian
Take that look from off your face
Buanglah pandangan itu dari wajahmu
You ain't ever gonna burn my heart out
Kau takkan pernah bisa membakar hatiku

Chorus:
And so Sally can wait
Dan Sally pun bisa menunggu
She knows it's too late as we're walking on by
Dia tahu sudah terlambat bagi kita untuk melangkah
Her soul slides away
Jiwannya melucur pergi
But "Don't look back in anger,"
Namun "Jangan melihat ke belakang dengan amarah"
I heard you say
Itu yang kudengar kau ucapkan

Verse 2:
Take me to the place where you go
Bawa aku ke tempat kau hendak pergi
Where nobody knows if it's night or day
Di mana tak ada yang tahu waktu apakah siang atau malam
But please don't put your life
Tapi tolong jangan pasrahkan hidupmu
In the hands Of a Rock n Roll band
Kepada sebuah band rock n roll
Who'll throw it all away
Yang akan membuang segalanya begitu saja
At least not today
Setidaknya, tidak hari ini

Pre-Chorus:
I'm gonna start a revolution from my bed
Aku akan memulai revolusi dari tempat tidurku
'Cos you said the brains I had went to my head
Karena katamu pikiranku mengalir ke kepalaku
Step outside, summertime's in bloom
Keluarlah, musim panas sedang mulai
Stand up beside the fireplace
Berdirilah di sisi perapian
Take that look from off your face
Buanglah pandangan itu dari wajahmu
You ain't ever gonna burn my heart out
Kau takkan pernah bisa membakar hatiku

Chorus:
And so Sally can wait
Dan Sally pun bisa menunggu
She knows it's too late as we're walking on by
Dia tahu sudah terlambat bagi kita untuk melangkah
My soul slides away
Jiwaku melucur pergi
But "Don't look back in anger,"
Namun "Jangan melihat ke belakang dengan amarah"
I heard you say
Itu yang kudengar kau ucapkan

[Guitar Solo]

Chorus:
And so Sally can wait
Dan Sally pun bisa menunggu
She knows it's too late as we're walking on by
Dia tahu sudah terlambat bagi kita untuk melangkah
Her soul slides away
Jiwanya melucur pergi
But "Don't look back in anger,"
Namun "Jangan melihat ke belakang dengan amarah"
I heard you say
Itu yang kudengar kau ucapkan

Outro:
And so Sally can wait
Dan Sally pun bisa menunggu
She knows it's too late as we're walking on by
Dia tahu sudah terlambat bagi kita untuk melangkah
My soul slides away
Jiwaku melucur pergi
But "Don't look back in anger,"
Namun "Jangan melihat ke belakang dengan amarah"
I heard you say
Itu yang kudengar kau ucapkan
At least not today
Setidaknya, tidak hari ini

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Don't Look Back in Anger Oasis Noel Gallagher (What’s the Story) Morning Glory? (1995) 19 Februari 1996 Creation Records Britpop, rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Makna dan terjemahan arti di lirik lagu Don't Look Back in Anger milik Oasis yang tertuang dalam postingan ini, masih jauh dari kata sempurna, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.