Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Radiohead ~ Lift

Mereka yang merasa kesepian, tak jarang memilih menyendiri dan terjebak dalam keadaan itu. Karna sendiri itu membuat nyaman, nyaman berpikir, dan nyaman merenungi berbagai hal.

Kira-kira seperti itu kah makna dari lagu ini? Untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi makna lagu ini, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

This is the place
Inilah tempatnya
Sit down, you’re safe now
Duduklah, kau aman sekarang
You’ve been stuck in a lift
Kau terjebak dalam lift
Lirik ini adalah sebuah pengandaian seseorang yang sedang depresi. Ia memandang bahwa menyendiri bisa membuatnya nyaman. “lift” sendiri bisa diandaikan sebuah kesendirian. Seperti yang kita tahu,  seramai apapun suasana/keadaan, orang yang sedang mengalami depresi tidak benar-benar ada disana. Hal itu disebabkan karena pikiran mereka kacau, hati mereka patah, hingga tak fokus terhadap dunia luar/kenyataan. Yang jelas orang yang sedang depresi takut untuk keluar, takut untuk mellihat masa depan hidupnya.

We’ve been trying to reach you, Thom
Kami telah berusaha menghubungimu, Thom
This is the place
Inilah tempatnya
It won’t hurt ever again
Tak akan sakit lagi
Dalam depresinya itu, ia berusaha untuk bangkit. lirik “We’ve been trying to reach you, Thom” sebenarnya merupakan metaphor yang bisa berarti perkataan dalam hati untuk dirinya sendiri. ayolah Thom (penulis lagu) jadi dirimu seperti dulu, jangan seperti ini, ayolah keluar dari keadaanmu. Namun sekali lagi, ada pertempuran hati karena ia sudah nyaman di kesendirian.

The smell of air conditioning
Semerbak AC
The fish are belly up
(layaknya bau) perut ikan
Empty all your pockets
Kosongkan semua isi sakumu
Because it’s time to come home
Karena sudah waktunya pulang
Ada kekhawatiran dalam hidupnya yang membuatnya takut untuk keluar pada kenyataan/keluar menatap masa depan. Lirik  “smell of air conditioning” bisa bermakna kedinginan/ketakutan. Jadi, harusnya orang tersebut mengosongkan semua kekawatiran itu, jika tidak sekarang lalu kapan lagi?

This is the place
Inilah tempatnya
Remember me? I’m the face you always see
Ingat aku? Akulah wajah yang selalu kau lihat
You’ve been stuck in a lift
Kau terjebak dalam lift
In the belly of a whale at the bottom of the ocean
Dalam perut ikan paus di dasar laut
Ia sekalilagi menyemangati dirinya untuk keluar dari rasa depresi tersebut. Lirik “Remember me? I’m the face you always see“ bisa bermaknya ayo bangkitlah, ingatlah dirimu seperti dahulu yang kuat, yang hebat, yang ceria, jadilah dirimu seperti dahalu. Kamu sudah lama terjebak disini, muak seperti ditelan dalam perut ikan paus. Sudah saatnya kamu mengakhirinya.

The smell of air conditioning
Semerbak AC
The fish are belly up
Merogoh ke seuatu tempat
Ah, let it go
Ayo pergi
Jangan cemas. ayolah, segera tinggalkan depresi/kesendirian ini.

Today is the first day
Hari inilah hari pertama
Of the rest of your days
Sisa harimu
So lighten up, squirt
Jadi tenangkan, semburkan
Pada akhirnya ia punya keinginan untuk keluar dari depresinya. karena "hari ini adalah hari pertama dari sisa hari-harimu" ia harus berubah menjadi orang yang baik-baik saja.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi semua lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa lagu "lift" menceritakan tentang seseorang yang sedeng berjuang keluar dari depresi. Ia sudah terlalu lama terjebaak dalam depresi,  Sepertinya ia punya suatu masalah sehingga ia trauma menatap masa depan. Untuk memulihkan depresinya itu, ia melihat masalalu dimana ia dalam keadaan baik-baik saja untuk kemudian keluar dari depresinya untuk menatap masa depan. Atau simpelnya ia takut akan masa depan, jadi ia melihat kembali ke masa lalu untuk menghilangkan ketakutan tersebut. Kekuatan utama dari Radiohead terletak pada liriknya yang multitafsir. Termasuk pada lagu lift ini, lagu yang amat keren. Banyak orang yang berbeda-beda menafsirkan lagu ini, jadi penafsiran di blog ini tidak mutlak benar.







*Penulis lirik lagu Lift adalah Thom Yorke, Jonathan Richard, Guy Greenwood, dan Colin Charles Greenwood. Lagu ini rilis pada tahun 1996 dan diperbarui pada tahun 2017. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Radiohead ~ Lift (Official Video)


4 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Radiohead ~ Lift"

  1. Saya ingin mengenal si penulis "cyntia maharani", bagaimana caranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm waiting for you to follow my Instagram @bond_nearend
      Let's be friends 🤘🏼

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel