Radiohead - Lift | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makan lagu Lift menceritakan tentang seseorang yang mengalami depresi sehingga ia merasa bagai terjebak dalam lift, merasa terpenjara, dan merasa send

Lift adalah salah satu lagu klasik dari Radiohead, yang sering disebut sebagai 'lagu yang hilang'. Radiohead menulis lagu ini untuk di masukkan dalam album OK Computer (1996). Namun lagu ini tak pernah di rilis dan hanya menjadi demo, karena Thom Yorke (vokalis radiohead) tak puas dengan kualitasnya lagunya, ketika lagu ini direkam.

Dua puluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2017 tanpa disangka-sangka, Radiohead merilis lagu Lift untuk memperingati ulang tahun album OK Computer. Berikut merupakan makna dan arti dari lirik lagu Lift milik Radiohead

Daftar Isi

Makna Lirik

Makan lagu Lift menceritakan tentang seseorang yang mengalami depresi sehingga ia merasa bagai terjebak dalam lift, merasa terpenjara, dan merasa sendirian ditengah keramaian dunia. Karena hal tersebutlah, ia kemudian merasa kalau hidupnya akan lebih aman jika ia menyendiri. Selayaknya menyendiri di sebuah lift yang kedap udara dan kedap suara.

Dalam kesendirian itu, ia berdialog dengan dirinya sendiri, berbicara dengan diri sendirinya dan bertengkar dengan dirinya sendiri. Seolah-oleh ia dan dirinya sendiri adalah dua orang yang berbeda, persis seperti apa yang ditampilkan dalam video klip lagunya.

Karena begitulah ciri seseorang yang sedang mengalami gangguan kejiwaan, selayaknya depresi. Mereka kadang sering bertengkar dengan dirinya sendiri, dan sering menyalahkan diri sendiri. Kondisi ini akan membuat penderitanya merasa tidak percaya diri dan merasa bahwa semua masalah yang terjadi disebabkan oleh dirinya.

Analisis Lirik (Per-bait)

Lirik 1:
This is the place
(Disinilah tempatnya)
Sit down, you’re safe now
(Duduklah, kau aman sekarang)
You’ve been stuck in a lift
(Kau terjebak dalam sebuah lift)

Makna lirik 1: Lagu Lift menceritakan tentang seseorang yang sedang mengalami gangguan kejiwaan yang biasa disebut dengan penyakit depresi. Kita ibaratkan orang tersebut adalah Thom Yorke (vokalis Radiohead).

Thom yang sedang menderita penyakit depresi, kemudian merasa sendirian di sepanjang hidupnya. Bahkan ditengah keramaian pun ia tetap merasa sendirian. Oleh sebab itulah, ia selalu nyaman jika berada di tempat yang sepi dan kedap suara, selayaknya di sebuah lift.

Referensi kata lift juga mengacu pada pemikiran bahwa Thom merasa kalau depresinya telah memenjarakannya bagaikan terjebak dalam sebuah lift.

Lirik 2:
We’ve been trying to reach you, Thom
(Kami telah berusaha menghubungimu, Thom)
This is the place
(Disinilah tempatnya)
It won’t hurt ever again
(Tak akan sakit lagi)

Makna lirik 2: Sendirian ditempat yang sepi, membuat Thom Yorke bisa berdialog dengan dirinya sendiri. Ia bahkan berusaha menyemangati dirinya sendiri untuk bangkit. Lirik (We’ve been trying to reach you, Thom / Kami telah berusaha menghubungimu, Thom) sebenarnya merupakan metaphor yang merujuk pada dialog antara Thom dan dirinya sendiri 'Ayolah Thom, bangkit, semua orang mencarimu, semua orang berharap kau sembuh, jadi dirimu seperti dulu, jangan seperti ini'.

Namun nyatanya penyakit depresi memang bisa membuat seseorang merasa tidak bersemangat terus menerus. Sehingga sekeras apapun Thom menyemangati dirinya sendiri, ia bahkan tak beranjak, karena ia sudah nyaman dalam kesendirian.

Lirik 3:
This is the place
(Disinilah tempatnya)
Remember me? I’m the face you always see
(Ingat aku? akulah wajah yang selalu kau lihat)
You’ve been stuck in a lift
(Kau terjebak didalam sebuah lift)
In the belly of a whale at the bottom of the ocean
(Didalam perut ikan paus di dasar lautan)

Makna lirik 3: Penyakit depresi kadang membuat penderitanya menjadi delusi/berhayal (berhayal tentang segala hal, termasuk berhayal tentang diri sendiri). Hayalan-hayalah tersebut membuat Thom Yorke bisa berdialog dengan dirinya sendiri, berbicara dengan diri sendirinya dan bertengkar dengan dirinya sendiri. Seolah-oleh ia dan dirinya sendiri adalah dua orang yang berbeda. Itulah mengapa Thom Yorke kemudian menyisipkan lirik (Remember me? I’m the face you always see / Ingat aku? akulah wajah yang selalu kau lihat).

Sayangnya, delusi yang dialami penderita depresi juga bisa berdampak negatif. Karena mereka kadang sering bertengkar dengan dirinya sendiri, dan sering menyalahkan diri sendiri. Kondisi ini akan membuat penderitanya merasa tidak percaya diri dan merasa bahwa semua masalah yang terjadi disebabkan oleh dirinya.

Lirik 4 (reff):
The smell of air conditioning
(Semerbak bau AC)
The fish are belly up
(Seperti bau amis perut ikan)
Empty all your pockets
(Kosongkan semua isi sakumu)
Because it’s time to come home
(Karena sudah waktunya pulang)

Makna lirik 4 (reff): Depresi adalah penyakit yang begitu berbahaya karena penyakit ini dapat mempengaruhi kesehatan mental, seperti gangguan emosi, gangguan cara berpikir, dan gangguan perilaku. Sakit ini, sama berbahayanya dengan sakit fisik.

Dan tentu saja, sama seperti penderita depresi lain yang berkeinginan untuk sembuh, Thom juga ingin penyakitnya sembuh karena ia telah begitu muak mengalami depresi (The fish are belly up / Seperti bau amis perut ikan).

Namun untuk bisa sembuh juga bukan perkara yang mudah karena sejatinya, penyakit depresi susah sekali untuk disembuhkan. Untuk itulah Thom harus mencari berbagai cara untuk dapat menyembuhkan penyakitnya itu.

Lirik (Empty all your pockets / Kosongkan semua isi sakumu) adalah salah satu lirik kunci dalam lagu ini, karena lirik ini menyiratkan bahwa untuk bisa “sembuh dari penyakit depresi”, Thom harus berkorban atau melepaskan segala sesuatu yang telah dia bawa dalam dirinya.

Lirik 5:
Today is the first day
(Hari ini adalah hari pertama)
Of the rest of your days
(Dari hari-harimu yang tersisa)
So lighten up, squirt
(Jadi santai saja, lepaskan)

Makna lirik 5: Lirik ini adalah lirik penutup, dimana dalam lirik ini Thom York punya keinginan kuat untuk sembuh dari depresi, dan melupakan segala hal negatif dari masa lalunya karena pengaruh depresi.

Lewat lirik (Today is the first day / Hari ini adalah hari pertama) Thom ingin menyampaikan bahwa depresi dikehudupan masa lalunya sudah berlalu, karena ia punya keinginan untuk sembuh. Oleh sebab itu, Inilah waktunya untuk menjadi diri sendiri, dengan berubah kearah yang lebih baik.

Kesimpulan

Setelah kita analisis liriknya bait demi bait, dapat disimpulkan bahwa makna lagu Lift menceritakan tentang seseorang yang mengalami depresi sehingga ia merasa terjebak dalam lift, merasa terpenjara, dan merasa sendirian ditengah keramaian dunia.

Karena selalu berkutat dengan kesendirian, seorang yang menderita penyakit depresi kadang mengalami sebuah delusi/berhayal (berhayal tentang segala hal, termasuk berhayal tentang diri sendiri). Sayangnya, delusi yang dialami penderita depresi juga bisa berdampak negatif. Karena mereka kadang sering bertengkar dengan dirinya sendiri, dan sering menyalahkan diri sendiri. Kondisi ini akan membuat penderitanya merasa tidak percaya diri dan merasa bahwa semua masalah yang terjadi disebabkan oleh dirinya.

Karena muak dengan penyakit depresi dan sudah terlalu lama terjebak dalam depresi itu, ia kemudian ingin berjuang keluar dari depresi. Lirik (Empty all your pockets / Kosongkan semua isi sakumu) adalah salah satu lirik kunci dalam lagu ini, karena lirik ini menyiratkan bahwa untuk bisa “sembuh dari penyakit depresi”, ia harus berkorban atau melepaskan segala sesuatu yang telah dia bawa dalam dirinya.

Arti Lirik

Arti kata Lift merujuk pada seseorang yang merasa terkurung dalam sebuah Lift, karena mengalami penyakit depresi. Seperti yang kita ketahui, Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat memengaruhi emosi, cara berpikir, dan perilaku penderitanya.

Orang yang mengalami depresi juga cenderung tidak semangat dalam menjalani hidup, merasa sedih terus menerus, dan selalu merasa sendirian di sepanjang hidupnya. Oleh sebab itulah lagu ini berusaha mengandaikan jika depresi itu, bagaikan seseorang yang sedang di kurung dalam sebuah Lift yang sepi, karena kedap suara.

Verse 1
This is the place
Disinilah tempatnya
Sit down, you’re safe now
Duduklah, kau aman sekarang
You’ve been stuck in a lift
Kau terjebak didalam sebuah lift
We’ve been trying to reach you, Thom
Kami telah berusaha menghubungimu, Thom
This is the place
Disinilah tempatnya
It won’t hurt ever again
Tak akan sakit lagi

Chorus:
The smell of air conditioning
Semerbak bau AC
The fish are belly up
Seperti bau amis perut ikan
Empty all your pockets
Kosongkan semua isi sakumu
Because it’s time to come home
Karena sudah waktunya tuk pulang

Verse 2;
This is the place
Disinilah tempatnya
Remember me? I’m the face you always see
Ingat aku? Akulah wajah yang selalu kau lihat
You’ve been stuck in a lift
Kau terjebak didalam sebuah lift
In the belly of a whale at the bottom of the ocean
Didalam perut ikan paus di dasar lautan

Chorus:
The smell of air conditioning
Semerbak bau AC
The fish are belly up
Seperti bau amis perut ikan
Empty all your pockets
Kosongkan semua isi sakumu
Because it’s time to come home
Karena sudah waktunya tuk pulang
The smell of air conditioning
Semerbak bau AC
The fish are belly up
Seperti bau amis perut ikan
Ooohhh, let it go
Ooohhh, mari pergi

Outro:
Today is the first day
Hari ini adalah hari pertama
Of the rest of your days
Dari hari-harimu yang tersisa
So lighten up, squirt
Jadi santai saja, lepaskanlah

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Lift Radiohead Ed O’Brien, Jonny Greenwood, Colin Greenwood, Thom Yorke, Philip Selway - 23 Juni 2017 Parlophone Rock alternative

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Makna dan terjemahan arti di lirik lagu Lift yang tertuang dalam postingan ini, masih jauh dari kata sempurna, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.