Pencarian

Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ Fix You: Lagu petuah untukmu yang sedang bersedih


Tidak ada yang benar-benar tahu arti sebenarnya dari lagu Fix You. Namun, kepercayaan yang populer adalah bahwa lagu ini terinspirasi karena kematian tragis ayah Gwyneth Paltrow (saat itu kekasih Chris Martin). Jadi, dalam lagu terlihat jelas bahwa Chris, sepertinya memposisikan diri sebagai seseorang yang menasehati Gwyneth yang sedang bersedih karena kematian ayahnya.

Yap, "Fix You" memang sebuah lagu yang seolah berbicara tentang petuah-petuah untuk menghibur diri kita yang sedang bersedih karena suatu hal. Lagu ini dengan jelas berbicara tentang hidup yang tidak pernah konstan, yang tak pernah abadi, ada kehilangan di dalamnya, yang membuat hidup kita menjadi sedih dan terpuruk. Sehingga untuk menyikapi berbagai masalah tersebut, kita diminta oleh lagu ini untuk menerima keadaan yang ada, untuk iklas, dan bersabar. 

Oke untuk lebih jelasnya, kita maknai dan intrepretasi saja lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
When you try your best, but you don't succeed
Ketika kau sudah berusaha yang terbaik, namun belum berhasil
When you get what you want, but not what you need
Ketika kau mendapatkan apa yang kau inginkan, namun bukan yang kau butuhkan
When you feel so tired, but you can't sleep
Ketika kau sangat lelah, namun tidak bisa terlelap
Stuck in reverse
Tersesat pada masa lalu
Verse 1, merupakan penggambaran jelas penulis lagu terhadap semua kesedihan hidup yang pernah kita alami. Lirik “When you get what you want, but not what you need” menjelaskan secara lanjut bahwa jika kita sedang terpuruk, semua hal (sekalipun hal terbaik) itu serasa tak berarti. (missal, ketika kita putus cinta dan bersedih, makanan seenak apapun yang kita makan akan jadi hambar karna kita sedang bersedih) seperti itulah penggambaran di lirik ini.

Verse 2:
And the tears come streaming down your face
Dan ada kesedihan mengalir di wajahmu
When you lose something you can't replace
Ketika kau kehilangan sesuatu yang tak tergantikan
When you love someone, but it goes to waste
Ketika kau mencintai seseorang, namun sia - sia
Could it be worse?
Apakah ada lebih buruk?
Verse 2, penulis lagu seolah memandang bahwa segala sesuatu yang ada di sekitar kita memiliki tanggal kedaluwarsa. Sebuah pemahaman bahwa suatu hari nanti semuanya akan berakhir, karena memang tak ada yang abadi di dunia ini. Bahkan, orang yang kita sayangi pun, bisa saja pergi begitu saja menghianati kita, sekalipun kita membutuhkanya, sekalipun orang yang kita sayangi tak bisa tergantikan oleh hal lain. Semua orang mengalami itu, sebuah kehilangan yang membuat hati kita sangat sakit.

Chorus:
Lights will guide you home
Cahaya akan menuntunmu pulang
And ignite your bones
Dan menguatkan dirimu
I will try to fix you
Aku akan membenahimu
Ketika akhirnya kita mengalami semua hal sakit layaknya lirik2 di verse 1, dan 2, penulis lagu seolah masuk untuk menasehati kita lewat lirik Chorus/reff ini. Penulis lagu menyanyikan “Lights will guide you home” yang mungkin sebuah metafora bahwa dari semua hal terburuk yang bisa terjadi pada kita, pasti ada “cahaya” atau bisa dimaknai ada sebuah pelajaran yang bisa kita petik agar kedepan hidup kita menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, di lirik selanjutnya penulis lagu seolah menyuruh kita untuk mendengarkan lagu ini, karena lagu ini bisa “menguatkan kita” dan “memperbaiki” perasaan kita.

Verse 3:
High up above or down below
Melayang di atas atau merana di bawah
When you're too in love to let it go
Ketika kau terlalu cinta tuk melepaskan
But if you never try you'll never know
Namun jika kau tak pernah mencoba takkan pernah tau
Just what you're worth
Betapa berharganya dirimu
Verse 3 kembali lagi ke akar masalah, lirik ini seolah mengatakan bahwa dunia itu berputar, ada kalanya kita berada diatas dan senang, ada kalanya juga kita harus di bawah dan merasa sedih. Begitupun dalam urusan cinta. Ada kalanya kita mencintai seseorang, adakalanya juga kita harus melepasnya. Dunia ini memang tak ada yang konstan, semua punya problema yang harusnya kita jadikan pengalaman dan pelajaran.

Bridge:
Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
when you lose something you cannot replace
Saat kau kehilangan sesuatu yang tak tergantikan
Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
And I…..
Dan aku…..

Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
I promise you I will learn from my mistakes
Janjiku padamu aku kan belajar dari kesalahanku
Tears stream down your face
Air mata mengalir di wajahmu
And I….
Dan aku…
Bridge, adalah inti lagunya menurut saya. Lirik ini berbica tentang semua rasa sakit layaknya lirik-lirik diatasnya, ya, kita bisa saja kehilangan orang yang kita cintai, kita bisa saja tak mendapat apa yang kita ingin, kita bisa saja putus cinta, kita bisa saja menangis se jadi jadinya. Dan,lirik ini seolah menjadi Pelepas semua rasa sakit itu, lirik ini seolah “memperbaiki” semua perasaanmu.
 Jika kita melihat live video dari lagu ini di youtube, terlihat jelas Chris Martin akan berlari kesana kemari pada bagian lirik ini. Ia seolah ingin mengingatkan semua rasa sakit yang kita alami untuk kemudian melepaskan semua rasa tersebut.

Kesimpulan:
Dalam hidup manusia, ada saat-saat di mana kehidupan seseorang berada di titik terendah, dimana dalam fase tersebut kita kadang kehilangan orang yang kita cintai, kita bisa saja tak mendapat apa yang kita ingin, kita bisa saja putus cinta, kita bisa saja menangis se jadi jadinya.

Nah, ketika kita pada fase sulit tersebut, dengarkanlah lagu "Fix You." Karena lagu ini akan memberikan kita petuah-petuah untuk menyikapi berbagai masalah tersebut, kita seolah diminta oleh lagu ini untuk menerima keadaan yang ada, untuk iklas, bersabar dan untuk menjadikan sebuah masalah sebagai pelajaran hidup.

Ada satu hal yang terselip dalam lagu “Fix You”. Lagu ini seolah memandang bahwa dalam suasana sesulit apapun hidup yang kita alami, kita tak boleh merasa sendirian. Ingatlah bahwa
kita masih memiliki orang-orang baik yang selalu peduli dengan kita, mendukung kita, menguatkan kita, dan “memperbaiki kita” agar bisa bangkit dari keterpurukan.

Sebagai lagu pelipur lara
Fix You adalah lagu yang jenius karena keseluruhan liriknya bisa membuat moodmu lebih baik. Jika kita melihat  di youtube tentang live konser lagu ini, terlihat jelas Chris Martin akan berlari kesana kemari pada bagian dihampir setiap live nya dalam membawakan lagu fix you. Chris dalam performensya seolah ingin mengingatkan semua rasa sakit yang di alami oleh para pendengarnya, untuk kemudian melepaskan semua rasa tersebut dan mengiklaskannya. Jadi ketika hatimu sedang kacau, dengarkan saja lagu ini, siapatahu dapat meringankan masalahmu.

Fakta lagu Fix You
lagu Fix You memang benar dipersembahkan vokalis Coldplay, Chris Martin, kepada mantan istrinya, Gwyneth Paltrow, saat sedang melewati masa duka akan kematian ayahnya pada tahun 2002. Pada suasana duka itu, Chris seolah berusaha menasehati Gwyneth lewat lagu ini.

Chris Martin menungkapkan bahwa lagu ini adalah lagu yang paling ia banggakan. “Seluruh lagu dari Coldplay saya menyuainya. Tapi, Fix You adalah yang terbaik karena hampir seorang diri kami berhasil melewati dua tahun yang sangat sulit,” ungkap Chris Song Facts.

Steve Jobs (pendiri Apple) sangat menyukai lagu ini. Oleh sebab itu lagu Fix You diputar dalam acara memorial Steve Jobs di kantor pusat Apple pada 19 Oktober 2011 di California.






*Penulis lirik lagu Fix You adalah Chris Martin. Lagu ini rilis tahun 2005. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

3 Responses to "Makna Dibalik Lagu Coldplay ~ Fix You: Lagu petuah untukmu yang sedang bersedih"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel