Coldplay - Fix You | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Fix You menceritakan tentang nasihat-nasihat baik dari Coldplay, untuk orang-orang yang hatinya sedang bersedih, karena kehilangan suatu ha

Mendapatkan gelar sebagai salah satu lagu terbaik sepanjang masa versi majalah RollingStone, menjadi lagu kesukaan Steve Jobs (pendiri Apple), dan mendapatkan banyak pujian dari para kritikus musik dunia, menjadikan lagu Fix You sebagai salah satu lagu terbesar yang pernah diciptakan oleh Coldplay.

Pada majalah SongFact Chris Martin (Vokalis Coldplay) bahkan menyebut kalau lagu ini adalah lagu yang paling ia banggakan. 'Ini adalah lagu yang terbaik, saya menyukainya, bahkan saat saya menyanyikannya, saat saya sampai di bagian akhir lagu, saya selalu berpikir kalau saya menyukai lagu ini'.

Karena ketenaran dari lagu ini dikalangan masyarakat Indonesia, Blog interpretasilirik.com begitu tertarik untuk membahasnya. Berikut merupakan makna terjemahan arti dari lirik lagu Fix You milik Coldplay. Simak sampai habis ya tulisan ini, supaya kalian bisa mengerti apa makna yang terkandung dalam liriknya.

Daftar Isi

Makna Lirik Lagu

Makna lagu Fix You menceritakan tentang nasihat-nasihat baik dari Coldplay, untuk orang-orang yang hatinya sedang bersedih, karena kehilangan suatu hal yang tak tergantikan. (bisa kehilangan keluarga, kekasih, atau sahabat dsb).

Chris Martin (vokalis Coldplay), menulis lagu ini untuk mantan istrinya, Gwyneth Paltrow, pada tahun 2002. Saat itu, Gwyneth sedang bersedih karena kehilangan sang ayah yang meninggal dunia. Bagi Gwyneth, ayahnya adalah sosok yang tak tergantikan, sehingga kehilangan ayahnya membuat Gwyneth begitu terpukul. Chris yang merasa tersentuh, kemudian mencoba menyemangati Gwyneth dengan menciptakan lirik lagu ini.

Di kutip dari majalah SongFact Chris Martin kemudian menjelaskan inspirasi dari pembuatan lirik-lirik di lagu Fix You ini. Pada wawancara itu, Chris lantas menjelaskan;

"Ayah mertua saya Bruce Paltrow membeli keyboard untuk saya, sebelum dia meninggal. Tidak ada orang yang mencoba menghidupkan keyboard tersebut, selain saya. Dan semua lagu ini tercurah dari satu suara dalam keyboard itu. Sesuatu harus menginspirasi Anda, dan sesuatu yang lain mengambil alih. Cuacanya sangat mendung saat itu (berduka)"

Secara garis besar lagu Fix You seolah ingin memberi tahu kita, bahwa dalam hidup kita pasti akan menemui takdir yang tak sesuai dengan keinginan kita, sekalipun kita telah mengusahakan-nya. Karena begitulah ketetapan takdir, yang sudah digariskan Tuhan pada kita.

Misalnya saja, orang-orang yang begitu kita sayangi, yang hadir dalam kehidupan kita, pasti suatu saat akan pergi meninggalkan kita. Hal tersebut karena memang sudah takdirnya. Sehingga kita tak akan bisa mencegahnya, sekalipun sekuat tenaga kita mempertahankannya.

Analisis Lirik Lagu (Per-bait)

Lirik verse 1:
When you try your best, but you don't succeed
(Ketika kau mengusahakan yang terbaik, namun kau tak berhasil)
When you get what you want, but not what you need
(Ketika kau mendapatkan apa yang kau inginkan, namun bukan yang kau butuhkan)
When you feel so tired, but you can't sleep
(Ketika kau sangat lelah, namun tidak bisa terlelap)
Stuck in reverse
(Terjebak pada situasi terburuk)

Makna lirik verse 1: Lagu ini seolah ingin menjelaskan pada kita tentang ketetapan takdir yang sudah digariskan Tuhan, pada tiap-tiap manusia. Dan di sepanjang perjalanan hidup, kita pasti akan dipertemukan oleh takdir tersebut, termasuk bertemu dengan takdir buruk yang tak pernah kita bayangkan.

Salah satunya adalah takdir dimana kita harus kehilangan orang-orang yang benar-benar kita sayangi seperti kehilangan keluarga, kekasih, atau pun sahabat. Sebagai manusia kita ingin sekali merubah takdir ini, namun yang namanya takdir tetaplah takdir. Kita kadang tak bisa mencegahnya, sekalipun kita telah mengusahakan yang terbaik, selayaknya yang tertulis dalam lirik (When you try your best, but you don't succeed / Ketika kau mengusahakan yang terbaik, namun kau tak berhasil).

Gwyneth Paltrow (istri Chris Martin), juga melakukan segala hal yang dia bisa dan melakukan segala hal yang terbaik, untuk membantu ayahnya dalam perjuangannya melawan kanker/pneumonia. Namun sekali lagi, takdir seolah mengatakan kalau ayahnya harus meninggal, sehingga Gwyneth tak bisa melakukan apa-apa lagi.

Lirik verse 2:
And high up above or down below
(Diangkat keatas atau dijungkirbalikkan kebawah)
When you're too in love to let it go
(Ketika kau terlalu cinta lalu kau mempersilahkannya lepas)
But if you never try, you'll never know
(Namun jika kau tak pernah mencoba kau takkan pernah tau)
Just what you're worth
(Itulah yang layak kau terima)

Makna lirik verse 2: Diantara kita siapa sih yang mau melepaskan begitu saja orang-orang yang begitu kita cintai? pasti tak akan ada. Di bolak-balik keatas maupun kebawah, pasti tak ada seorangpun yang mau melepaskan orang-orang yang kita cintai.

Namun kalau takdir tlah mengatakan kalau kita harus melepaskan orang tersebut ketika kita masih cinta-cintanya, kita tetap tak akan bisa berbuat apa-apa. Dan jalan satu-satunya hanyalah dengan mengiklaskannya, dan menerima takdir yang ada. Begitulah takdir berbicara, jika kita membaca secara seksama bait-bait dalam lirik verse 2 ini.

Lirik bridge:
Tears stream down your face
(Air mata jatuh membasahi wajahmu)
When you lose somethin' you cannot replace
(Ketika kau kehilangan sesuatu yang tak bisa tergantikan)
Tears stream down your face, and I...
(Air mata jatuh membasahi wajahmu)

Makna lirik bridge: Ketika kita kehilangan sesuatu yang tak tak bisa tergantikan selayaknya kehilangan keluarga, ketika kita kehilangan sesuatu yang benar-benar kita cinta, wajar bagi kita untuk menangis. Tak apa, semua orang yang mengalami takdir buruk seperti itu, pasti juga akan menangis.

Kita semua adalah manusia yang tidak sempurna. Maka saat kita sedang merasakan kesedihan dan kegagalan yang mendalam, tak apa bagi kita untuk menangis. Karena menangis adalah hal yang manusiawi, yang dapat melegakan perasaan kita.

Lirik chorus/reff:
Lights will guide you home
(Cahaya akan menuntunmu pulang)
And ignite your bones
(Dan akan menyulut kekuatanmu)
I will try to fix you
(Aku akan mencoba membenahimu)

Makna lirik chorus/reff: Lirik chorus/reef ini adalah inti dari lagunya. Lirik ini seolah ingin menasihati kita bahwasannya dibalik takdir buruk yang kita alami, pastilah ada hikmah (cahaya), dibaliknya. Hikmah atau cahayalah itulah, yang kemudian akan menuntun kita pada sebuah keikhlasan dan menuntun kita untuk jadi pribadi yang lebih baik dan lebih kuat lagi kedepannya.

Kehilangan satu orang, belum tentu kehilangan yang lainnya. Oleh sebab itu, jagalah orang-orang tercinta yang masih tersisa dalam kehidupan kita. Karena orang-orang itulah yang nantinya akan mampu membenahi perasaan kita.

Selayaknya Gwyneth Paltrow (istri Chris Martin). Ia memang sudah kehilangan ayahnya, namun ia masih punya ibu, masih punya anak-anak, yang mampu untuk membenahi perasaanya.

Kesimpulan

Dalam hidup kita pasti akan menemui takdir yang tak sesuai dengan keinginan kita, seperti kehilangan orang yang kita sayangi, patah hati, atau gagal dalam hidup. Semua perasaan sakit itu, kadang kala membuat kita harus bersimpuh dan menangis sejadi-jadinya.

Sebagai manusia kita ingin sekali merubah takdir buruk tersebut, namun yang namanya takdir tetaplah takdir. Kita kadang tak bisa mencegahnya, sekalipun kita telah mengusahakan yang terbaik.

Oleh sebab itulah Coldplay melalui lirik lagu ini, seolah ingin memberi tahu kita bahwa jalan satu-satunya dalam menghadapi takdir buruk tersebut adalah dengan menerima keadaan yang ada, dengan kata ikhlas. Karena siapatahu dengan mengikhlaskan, kita dapat menjadikan takdir yang buruk tersebut, sebagai suatu pelajaran hidup.

Lewat kata 'I will try to fix you / Aku akan mencoba membenahimu' Coldplay juga berusaha memberi tahu kita, bahwa kehilangan satu orang, belum tentu kehilangan yang lainnya. Oleh sebab itu, jika kita pernah kehilangan satu orang yang kita cintai, maka jagalah orang-orang tercinta yang masih tersisa dalam kehidupan kita. Karena orang-orang yang masih tersisa itulah yang nantinya akan mampu untuk membenahi perasaan kita.

Sebagai Lagu Pelipur Lara

Fix You adalah lagu yang jenius karena keseluruhan liriknya bisa membuat siapapun yang sedang merasa bersedih, akan merasa jadi lebih baik. Jika kita melihat live konser lagu ini, terlihat jelas Chris Martin akan berlari kesana kemari saat ia membawakan lagu ini.

Chris dalam performensya seolah ingin mengingatkan semua rasa sakit yang di alami oleh para pendengarnya, untuk kemudian melepaskan semua rasa tersebut dan mengikhlaskannya.

Dalam momen-momen itu Chris selolah berkata, gak papa kok untuk gak baik-baik aja, gapapa kok kalau kalian ingin nangis, tumpahkan aja rasa sedih itu biar hatimu jadi plong. Percayalah semuanya bakal baik-baik aja..

Terjemahan Arti Lirik Lagu

Arti kata Fix You adalah 'membenahi mu'. Lewat kata ini, Coldplay berharap bisa 'membenahi' orang-orang yang hatinya terluka dan sedang bersedih, karena kehilangan sesuatu yang tak bisa tergantikan.

Verse 1:
When you try your best, but you don't succeed
Ketika kau mengusahakan yang terbaik, namun kau tak berhasil
When you get what you want, but not what you need
Ketika kau mendapatkan apa yang kau inginkan, namun bukan yang kau butuhkan
When you feel so tired, but you can't sleep
Ketika kau merasa lelah, namun tak bisa terlelap
Stuck in reverse
Terjebak pada situasi terburuk

And the tears come streamin' down your face
Dan air mata kemudian jatuh mengalir di wajahmu
When you lose somethin' you can't replace
Ketika kau kehilangan sesuatu yang tak bisa tergantikan
When you love someone, but it goes to waste
Ketika kau mencintai seseorang, namun berakhir sia - sia
Could it be worse?
Apakah ada yang lebih buruk dari itu?

Chorus:
Lights will guide you home
Cahaya akan menuntunmu pulang
And ignite your bones
Dan akan menyulut kekuatanmu
And I will try to fix you
Aku akan mencoba membenahimu

Verse 2:
And high up above or down below
Diangkat keatas atau dijungkirbalikkan kebawah
When you're too in love to let it go
Ketika kau terlalu cinta namun kau mempersilahkannya lepas
But if you never try, you'll never know
Namun jika kau tak pernah mencobanya kau takkan pernah tau
Just what you're worth
Itulah yang layak kau terima

Chorus:
Lights will guide you home
Cahaya akan menuntunmu pulang
And ignite your bones
Dan akan menyulut kekuatanmu
And I will try to fix you
Aku akan mencoba membenahimu

[Interlude]

Bridge:
Tears stream down your face
Air mata jatuh mengalir di wajahmu
When you lose somethin' you cannot replace
Ketika kau kehilangan sesuatu yang tak bisa tergantikan
Tears stream down your face
Air mata jatuh mengalir di wajahmu
And I...
Dan aku...
Tears stream down your face
Air mata jatuh mengalir di wajahmu
I promise you I will learn from my mistakes
Aku berjanji padamu kan belajar dari kesalahanku
Tears stream down your face
Air mata jatuh mengalir di wajahmu
And I...
Dan aku...

Chorus:
Lights will guide you home
Cahaya akan menuntunmu pulang
And ignite your bones
Dan akan menyulut kekuatanmu
And I will try to fix you
Aku akan mencoba membenahimu

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Fix You Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland X&Y (2005) 5 September 2005 Parlophone, Capitol Rock, alternative rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Fix You milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.