Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ See You Soon

Masa lalu adalah sebuah bayangan dan sejarah yang menyimpan banyak kenangan. Masalalu juga adalah waktu yang telah dan takakan pernah kembali untuk bisa kita jalani lagi. Lalu bagaimana jika kita ingin memperbaiki kesalahan dari masa lalu sedang kita tak bisa memutar waktu? Lagu ini punya jawabanya.

Untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi maknanya, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait.

So you lost your trust
Akhirnya kau tak akan percaya lagi
And you never should have
Padahal seharusnya kau tak seperti ini
You never should have
Kau tak seperti ini
Lirik ini sepertinya menceritakan tentang seorang pria (penulis lagu)  yang berusaha meyakinkan sang mantan. Dimasalalunya, sepertinya mantanya ini pernah disakiti oleh si pria tersebut. Sehingga si wanita ingat tentang masalalu itu, si wanita jadi kehilangan kepercayaan terhadap si pria.

But don't break your back
Tapi Jangan hindari masa lalumu
If you ever see this
Jika suatu saat kau mengingatnya
But don't answer that
Tapi jangan pula menjawabnya
Jadi si pria berusaha memberi pemahaman bahwa masalalu itu tidak bisa dihapus, jika wanita itu bersedih bersedihlah. Tapi jangan berusahan “menjawabnya” atau bisa dimaknai “jangan dendam, atau bisa saja ungkapan yang lalu biarlah berlalu”

In a bullet-proof vest
Meski dalam peperangan
With the windows all closed
meski dunia ini gelap
I'll be doing my best
Akan kulakukan yang terbaik
I'll see you soon
Aku akan segera datang
karena meski hidup sang pria sesulit apapun, ia tetap akan peduli dengan wanita itu (mantanya)

In a telescope lens
Dibalik Teleskop ini
And when all you want is friends
Saat yang kau butuhkan hanya seorang teman
I'll see you soon
Aku akan segera datang
Lirik “dibalik teleskop” bisa dimaknai bahwa sang pria terus mengamati, terus peduli terhadap mantanya. Meskipun ia hanya dianggap sebagai teman, ia pasti akan membantu mantanya tersebut.

So they came for you
Akhirnya mereka mendatangimu
They came snapping at your heels
Mereka pernah menggoyahkanmu
They come snapping at your heels
Mereka menggoyahkanmu
Lirik ini adalah metaphor tentang dirinya sendiri. Yang bisa dimaknai bahwa pria tersebut mendatangi mantanya, dan mantanya teringat akan masalalu dengan pria itu yang yang buruk.

I know you lost your trust
Aku tahu kau tak percaya lagi
I know you lost your trust
Aku tahu kau tak percaya lagi
I know don't lose your trust
Aku tahu, tolong percayalah
I know you lost your trust
Aku tahu kau tak percaya lagi
Oleh sebab itu si pria berusaha meyakinkan wanita itu (mantanya), walaupun ia sudah dipercayai, tapi ia terus mencoba

Setelah kita interpretasi semua lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa lagu ini menceritakan tentang seorang pria yang berusaha meyakinkan sang mantan. Dimasalalunya, sepertinya mantanya ini pernah disakiti oleh si pria tersebut, oleh sebab itu si pria datang dikehidupan mantanya yang sekarang untuk memperbaiki itu semua. Dengan kedatangan pria itu, si wanita ingat tentang masalalu yang pahit denganya itu, si wanita jadi kehilangan kepercayaan terhadap si pria. Lagu ini seolah menekankan bahwa masa lalu yang pahit adalah bagian masa lalu, sehingga percumah bagi kita menaruh dendam. Oleh sebab itu, harusnya kita memaafkan, yang sudah terjadi biarlah sudah.  Memaafkan mungkin tak akan bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Tapi memaafkan bisa mengobati semua luka yang ada di dalam hati, untuk menatap masa depan. Hayoo siapa yang sampe sekarang masih musuhin mantanya??

Mungkin itulah interpretasi dari lagu ini. Bagi kalian yang punya interpretasi lain dari lagu ini, mohon tuliskan kimon di bawah ya.





*Penulis lirik lagu See You Soon adalah Guy Rupert Berryman, Jonathan Mark Buckland, William Champion and Christopher Anthony John Martin. Lagu ini rilis tahun 1999. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ See You Soon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel