Pencarian

Ketika Sebuah Persahabatan Berubah Menjadi Rasa Cinta: Makna Dibalik Lagu Kodaline ~ High Hopes


Lagu “High Hopes” sebenarnya adalah soundtrack dari film “Love, Rosie”, yang berkisah tentang persahabatan antara lelaki dan perempuan dan akhirnya berujung cinta (friendzone). Seperti pada kisah filmnya, lagu ini seolah menerangkan bagaimana sulitnya jatuh cinta antara dua sahabat, mereka saling mencintai namun selalu menyimpan dalam hati rasa itu karna adanya kata “persahabatan”. Dari rasa yang tak bisa terkata itupun, akhirnya sepasang sahabat yang saling mencintai itu berjalan dikehidupan masing-masing, dengan “harapan tinggi” bahwa suatu saat nanti, mereka bisa mengatakan rasa cinta yang terpendam tersebut suatu saat nanti.

Jika kamu melihat video klip lagunya, disitu digambarkan ada seorang wanita yang melarikan diri dari pengantin pria, dia terus berlari untuk kemudian menemui seorang pria (cinta sejatinya) yang berada disebuah mobil tua, dari situ kita dapat penggambaran bahwa cinta itu gak mengenal kata terlambat, sekalipun janur kuning udah melengkung, jika kamu punya harapan tinggi terhadap cintamu kepada seseorang, tinggalkan saja pernikan dengan orang yang tak kamu cintai, untuk kemudian menemui cinta sejatimu.

Untuk memperjelas bagaimana kisah di lirik lagu secara detil, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, supaya mendapat semua kesimpulan tentang makna lagunya di akhir tulisan.

Broken bottles in the hotel lobby
Botol pecah di lobi hotel
Seems to me like I'm just scared of never feeling it again
Aku tampaknya merasa takut takkan pernah merasakannya lagi
I know it's crazy to believe in silly things
Aku tahu gila rasanya mempercayai hal-hal konyol
But it's not that easy
Tapi tak semudah itu
Lirik ini mengambarkan bagaimana kalutnya perasaan seorang pria, kata “Broken bottles” bisa diterjemahkan pada minuman keras yang membuatnya mabuk. Kalutnya ia sepertinya dipengaruhi oleh sebuah “kisah konyol” layaknya seseorang yang mencintai sahabatnya sendiri, dan memendam perasaan cintanya.

I remember it now, It takes me back to when it all first started
Kini aku ingat, Aku terbawa kembali ke saat dimana semuanya dimulai
But I've only got myself to blame for it
Tapi hanya ada diriku yang bisa kusalahkan
And I accept it now
Dan kini aku menerimanya
It's time to let it go, go out and start again
Sudah saatnya merelakan, keluarlah dan mulai lagi
But it's not that easy
Tapi tak semudah itu
Dalam kalutnya tersebut ia juga mengingat semua masalalu. Sebuah persahabatan yang berubah jadi cinta tentunya mempunyai kisah yang lama tanpa pernah terkatakan. Dan pada lirik ini seolah ia menyalahkan dirinya sendiri karna memendam rasa itu. namun, berusaha jujur menyatakan perasaan itu nyatanya juga memang tak mudah.  

But I've got high hopes
Tapi aku harapanku tinggi
It takes me back to when we started
Aku terbawa kembali ke saat dimana kita memulai
High hopes, when you let it go, go out and start again
Harapan tinggi, saat kau relakan, keluarlah dan mulai lagi
High hopes, when it all comes to an end
Harapan tinggi, saat semua ini berakhir
But the world keeps spinning around
Tapi dunia terus berputar
Dalam perjalanan kisah yang teramat Panjang, ia seolah hanya bisa berharap terus menerus. Ia menganggap bahwa semua hal itu bisa berupah layaknya dunia yang berputar, kisah persahabatan juga bisa kok berubah jadi rasa cinta. Lirik ini seolah memandang bahwa cinta dalam hati terhadap seseorang itu gak bakal pernah sia-sia, jika kita punya harapan tinggi untuk mengatakan rasa tersebut walaupun entah kapan.

And in my dreams
Dan di dalam mimpiku
I meet the ghosts of all the people who have come and gone
Aku bertemu roh semua orang yang telah datang dan pergi
Memories, they seem to show up so quick but they leave you far too soon
Kenangan, rasanya kenangan muncul begitu cepat tapi pergi begitu segera
Naïve I was just staring at the barrel of a gun
Sungguh naif, aku sekarang hanya menatap laras pistol
And I do believe
Dan aku sungguh percaya
Dilirik terakhir juga tergambar bagaimana frustasinya pria tersebut, ia seolah ingin bunuh diri atau bertindak ceroboh layanya kata “menatap laras pistol”. Namun bagaimanapun frustasinya ia, ia tetap saja bertahan karna punya harapan tinggi. Ia seolah ingin menekankan bahwa iatetap percaya akan harapannya, kelak suatu saat nanti ia akan mendapatkan apa yang seharusnya ia dapat dengan berkata jujur bahwa ia mencintai sahabatnya tersebut.

Setelah kita interpretasi seluruh iriknya, lagu ini seolah menceritakan tentang kisah jatuh cinta antara dua sahabat (bukan sahabat juga bisa). yang jelas, kedua orang tersebut saling mencintai namun sulit untuk mengungkapkan perasaan tersebut, sehingga cinta mereka hanya dipendam dalam hati. lagu High Hopes sangat menyentuh hati saya terutama tentang bagaimana lagu ini memandang bahwa cinta dalam hati terhadap seseorang itu gak bakal pernah sia-sia, jika kita punya harapan tinggi untuk mengatakan rasa tersebut. yah walaupun entah kapan, karena menyatakan sebuah perasaan kepada seseorang juga tak mudah. 😊





*Penulis lirik lagu High Hopes adalah Stephen Joseph Garrigan, Mark Daniel Prendergast dan Vincent Thomas May. Lagu ini rilis pada tahun 2013. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

3 Responses to "Ketika Sebuah Persahabatan Berubah Menjadi Rasa Cinta: Makna Dibalik Lagu Kodaline ~ High Hopes"

  1. Maaf, kalau dari gw, ini ttg seseorang yg masih menantikan seseorang yg dia syg

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak-banyak "berharap" aja kak, semoga penantianya berakhir manis. penantian dan cinta ga bakal sia sia kalo punya harapan tinggi :)

      oooyaa lagu ini emang bukan tentang persahabatan berubah jadi cinta aja kok, saya nulis tema itu karna lagunya dijadiin soundtrack film "love rosie." tengkyu udah mau koment kaakk :) :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel