Coldplay - Paradise | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lirik lagu Paradise menceritakan tentang seorang gadis kecil yang gagal mewujudkan cita-citanya. Seperti anak-anak kecil lain yang masih polos,

Memenangkan penghargaan MTV Music Awards pada tahun 2012, dan masuk nominasi penghargaan Grammy Award pada tahun 2011, menjadikan lagu Paradise sebagai salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan oleh Coldplay. Lagu ini masuk ke dalam album Mylo Xyloto (2011), dan sering dinyanyikan Coldplay pada setiap live konsernya. Berikut merupakan makna terjemahan arti dari lirik lagu Paradise milik Coldplay.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lirik lagu Paradise menceritakan seorang gadis kecil yang punya cinta-cita dan harapan tinggi dalam hidupnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, gadis kecil itu kemudian menyadari kalau dunia ini rupanya amatlah kejam. Hal inilah yang kemudian membuat cita-cita dan harapan gadis kecil tersebut, menjadi sukar untuk terwujud. Untuk mengobati rasa kecewa-nya, gadis kecil itu pun kemudian pergi tidur dan berharap bisa bermimpi indah (bermimpi tentang cita-citanya bisa terwujud, atau bermimpi tentang keindahan surga/paradise).

Saat di wawancarai oleh MTV vokalis utama Colplay, Chris Martin kemudian menjelaskan tentang sedikit pemaknaan dari lirik lagunya;

"Paradise lyrics, which are very much about a girl dreaming of escaping her dire situation and disappearing to her own personal heaven"

Lewat wawancara ini, Chris seolah ingin menerangkan pada pendengarnya bahwa lirik-lirik dalam lagu paradise memang menceritakan tentang seorang gadis yang mengalami masa sulit dalam kehidupannya, dan oleh sebab itulah gadis itu ingin melarikan diri dengan bermimpi indah, layaknya memimpikan keidahan surga pribadinya.

Pada dasarnya, lirik lagu Paradise seolah-olah ingin memberi tahu kita bahwa sesulit apapun kehidupan yang kita jalani, tetaplah kita harus bersyukur, harus ceria, optimis dan semangat. Karena walaupun kita tak punya apa-apa didunia ini, setidaknya kita masih punya mimpi. Dimana dalam mimpi, kita bisa memimpikan apapun, termasuk memimpikan surga/paradise.

Analisis Lirik (Per-bait)

Lirik 1:
When she was just a girl, she expected the world
(Saat dia masih kecil, Ia mengharapkan dunia)
But it flew away from her reach
(Tapi dunia lepas dari jangkauannya)

Makna lirik 1: Makna lagu Paradise menceritakan seorang gadis kecil yang punya cinta-cita dan harapan tinggi dalam hidupnya, selayaknya cita-cita dan harapan anak-anak lain yang polos saat mereka masih kecil.

Namun, semua harapan tinggi tersebut sukar untuk tercapai. Lirik “lepas dari jangkauannya” menunjukkan tentang perjalanan hidup yang ia jalani, rupanya penuh dengan rintangan. Ia pun kemudian menyadari bahwa dunia, rupanya memang kejam.

Faktanya, kehidupan di dunia ini memanglah begitu keras, kasar, dan tak menyenangkan. Dunia ini juga diisi dengan orang-orang yang penuh ego tinggi, mementingkan diri sendiri, punya sikap iri benci, jahat dan lain sebagainya. Hal inilah yang kemudian membuat cita-cita dan harapan gadis kecil tersebut, terlepas begitu saja.

Lirik 2:
When she was just a girl, she expected the world
(Saat dia masih kecil, Ia mengharapkan dunia)
But it flew away from her reach, and bullets catching her teeth
(Tapi dunia lepas dari jangkauannya, dan peluru mengenai giginya)

Makna lirik 2: Lirik ini merinci bagaimana gadis itu tumbuh dan matang tuk hadapi kenyataan dunia. Nyatanya, realitas dunia terus menghujaninya dengan kesulitan dan rasa sakit, selayaknya peluru (bullets catching her teeth). Dan eberapa kesulitan yang dia hadapi, rupanya cukup untuk menghancurkan semangatnya untuk mewujudkan harapan serta cita-citannya.

Lirik 3:
Life goes on It gets so heavy
(Hidup terus berjalan menjadi semakin berat)
The wheel breaks the butterfly, every tear, a waterfall
(Roda yang memecah kupu-kupu, tiap air mata bagaikan air terjun)
In the night, the stormy night, she closed her eyes
(Pada malam hari, di malam berbadai, ia pun memejamkan mata)
In the night, the stormy night, Away she flied
(Pada malam hari, di malam berbadai, ia pun terbang jauh)

Makna lirik 3: Selalu dihujani oleh kesukaran hidup dan rasa sakit, membuat gadis itu sadar bahwa ekspetasi dan cita-citanya tak seindah kenyataanya. Namun mau bagaimana gati, walau hidupnya semakin berat dari hari ke hari, toh hidup masih terus berlanjut, sehingga yang bisa dilakukannya hanyalah mempertahankan hidup.

Lirik 'The wheel breaks the butterfly', diasumsikan bahwa 'butterfly / kupu-kupu' adalah simbol dari gadis itu, makhluk cantik dan polos. sedangkan 'wheel / roda' diasumsikan sebagai Roda Keberuntungan. Sebuah pandangan dunia di era Elizabeth 1, di mana setiap individu akan melewati lingkaran dari nasib baik, ke nasib buruk. Lirik ini seolah ingin memberi pandangan pada kita bahwasan-nya tak semua yang kita inginkan dapat terwujud. Hal ini karena roda kehidupan kadang bergerak secara tak menentu. Kadang bergerak ke nasib baik, namun bisa juga bergerak ke nasib buruk.

Lirik 4 (reff/chorus):
And dreamed of para-para-paradise
(Dan mimpikan surga, Sebuah Surga, Surga)
Para-para-paradise, para-para-paradise
(Sebuah Surga, Surga)

Makna lirik 4 (reff/chorus): Untuk mengobati rasa kecewa-nya, gadis kecil itu pun kemudian pergi tidur dan berharap bisa bermimpi indah (bermimpi tentang cita-citanya bisa terwujud, atau bermimpi tentang keindahan surga/paradise). Lirik ini seolah ingin memberi tahu kita, walaupun kita tak punya apa-apa didunia ini, setidaknya kita masih punya mimpi. Dimana dalam mimpi, kita bisa memimpikan apapun, termasuk memimpikan surga/paradise.

Lirik 5
So lying underneath the stormy skies.
(Berbaring di bawah langit berbadai)
She said oh-oh-oh-oh-oh-oh
(Ia pun berkata oh-oh-oh-oh-oh-oh)
I know the sun's set to rise
(Aku tahu matahari pasti akan terbit)

Makna lirik 5: Ini adalah lirik penutup. Lewat lirik ini, gadis kecil itu seolah berpandangan bahwa meskipun kehidupannya saat ini begitu sulit, suatu saat ia pasti akan menemukan jalan keluar untuk mengatasi segala kesulitannya itu. Pandangan ini, sesuai dengan analogi setelah badai reda, pasti akan ada matahari yang terbit.

Gadis kecil itu juga percaya bahwa bahwa hal-hal buruk yang terjadi pada hidupnya saat ini, merupakan suatu ujian agar dirinya menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat lagi dimasa depan.

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi semua liriknya dapat kita simpulkan bahwa, Makna lirik lagu Paradise menceritakan tentang seorang gadis kecil yang gagal mewujudkan cita-citanya. Seperti anak-anak kecil lain yang masih polos, dulunya ia memang punya cinta-cita dan harapan yang sangat tinggi.

Namun seiring waktu berjalan, ia mulai mengerti bahwa kehidupan ini, tak seindah yang ia bayangkan ketika ia masih kecil dulu. Karena faktanya, disepanjang hidupnya, gadis itu selalu menemui kesulitan, rintangan dan rasa sakit, sehingga sulit sekali baginya untuk mewujudkan harapan dan cita-citanya tersebut.

Untuk mengobati rasa kecewa-nya, gadis kecil itu pun kemudian pergi tidur dan berharap bisa bermimpi indah (bermimpi tentang cita-citanya bisa terwujud, atau bermimpi tentang keindahan surga/paradise). Gadis kecil itu menganggap sesulit apapun hidup yang ia jalani, ia harus tetap bersyukur. Karena bahkan saat ia tak punya apa-apa di dunia ini, ia masih punya mimpi didalam tidurnya. Dimana dalam mimpi, ia bisa memimpikan apapun, termasuk memimpikan surga/paradise.

Walaupun cita-citanya tak dapat terwujud karena jalan hidupnya dipenuhi oleh kesulitan, nyatanya gadis kecil tersebut tak menyerah begitu saja. Gadis kecil tersebut akan selalu percaya bahwa bahwa hal-hal sulit yang terjadi pada hidupnya saat ini, merupakan suatu ujian agar dirinya menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat lagi dimasa depan. Selayaknya ungkapan pada lirik penutup lagu yang berbunyi 'matahari pasti akan terbit, setelah badai reda'.

Terjemahan Arti Lirik Lagu

Arti kata paradise adalah surga, kata ini merujuk pada ungkapan bahwa kita masih bisa memimpikan surga atau sesuatu yang indah, sekalipun hidup kita dipenuhi oleh kesulitan. Oleh sebab itu, saat kamu merasa hidupmu sangat sulit, saat kamu merasa harapanmu sukar terwujud, janganlah bersedih. Pejamkan saja matamu, dan mulailah bermimpi tentang surga.

Verse 1:
When she was just a girl, she expected the world
Saat ia masih kecil, ia mengharapkan dunia
But it flew away from her reach
Tapi dunia lepas dari jangkauannya
So she ran away in her sleep
Maka ia pun berlari dalam tidurnya

Chorus:
And dreamed of para-, para-, paradise
Dan mimpikan sebuah surga, sebuah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga, sebuah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga, sebuah surga
Every time she closed her eyes
Tiap kali ia memejamkan mata

Verse 2:
When she was just a girl, she expected the world
Saat ia masih kecil, ia mengharapkan dunia
But it flew away from her reach, and bullets catching her teeth
Tapi dunia lepas dari jangkauannya, dan peluru mengenai giginya

Pre-Chorus:
Life goes on It gets so heavy
Hidup terus berjalan menjadi semakin berat
The wheel breaks the butterfly, every tear, a waterfall
Roda yang memecah kupu-kupu, tiap air mata bagaikan air terjun
In the night, the stormy night, she closed her eyes
Pada malam hari, di malam berbadai, ia pun memejamkan mata
In the night, the stormy night, Away she flied
Pada malam hari, di malam berbadai, ia pun terbang jauh

Chorus:
And dream of para-, para-, paradise
Dan mimpikan sebuah surga, sebuah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga, sebuah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga, sebuah surga
Oh, oh-oh, oh-oh, oh-oh-oh
She'd dream of para-, para-, paradise
Ia memimpikan sebuah surga, sebuah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga, sebuah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga, sebuah surga
Oh, oh-oh, oh-oh, oh-oh-oh

Bridge:
La, la-la, la-la-la
La, la-la, la-la-la
La, la-la, la-la-la, la-la
So lying underneath those stormy skies
Maka berbaringlah ia di bawah langit berbadai
She said, "Oh, oh-oh-oh-oh, I know the sun must set to rise"
Ia pun berkata "Oh, Aku tahu matahari pasti akan terbit"

Chorus:
This could be para-, para-, paradise
Bisa jadi inilah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga, sebuah surga
This could be para-, para-, paradise
Bisa jadi inilah surga
Oh, oh-oh, oh-oh, oh-oh-oh
This could be para-, para-paradise
Bisa jadi inilah surga
Para-, para-, paradise
Sebuah surga
This could be para-, para-, paradise
Bisa jadi inilah surga
Oh, oh-oh, oh-oh, oh-oh-oh

[Instrumental Break]

Chorus:
This could be para-, para-, paradise
Bisa jadi inilah surga
This could be para-, para-, paradise
Bisa jadi inilah surga
This could be para-, para-, paradise
Bisa jadi inilah surga
Oh-oh-oh-oh-oh oh-oh-oh

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Paradise Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland Mylo Xyloto (2011) 12 September 2011 Parlophone, Capitol Rock, Soft rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.