Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Linkin Park – The Little Things Give You Away


Lagu ini sebenarnya dibuat oleh Linkin Park sebagai kritik pada pemerintah dalam menangani badai katrian di AS. Penasaran bagaimana interpretasinya? Yuk lah kita bedah.

Water grey, Through the windows, up the stairs
Air abu-abu. melalui jendela, menaiki tangga.
Chilling rain, Like an ocean everywhere
Dinginya hujan, Samudra sepertinya ada dimana-mana
Lirik ini bercerita tenntang banjir atau semacamnya yang menggenangi rumah. Hal itu tergambar jelas lewat lirik “up the stairs” yang berarti air naik kearah lebih tinggi. Bisa berarti bencana banjir, pasang, ataupun badai.

Don't want to reach for me do you
Kau tak ingin meraihku
I mean nothing to you
Aku tak berarti apa-apa untukmu
The little things give you away
Hal-hal kecil yang membiarkanmu pergi
And now there will be no mistaking
Dan sekarang tidak akan ada yang jadi salah
The levees are breaking
Tanggul hancur
Ditengah-tengah bencana tersebut, seharusnya pemerintah tanggap. Namun pada kenyataanya pemerintah abai saat sebuah bencana terjadi. lirik “I mean nothing to you” menjadi sindiran yang telak untuk pemerintah AS pada saat itu. Penulis lagu menganggap bagaimana pemerintah As bisa menyepelekan bencana besar tersebut (badai katrina). “The little things give you away” sebenarnya adalah pengandaian/metaphor tentang sebuah bencana yang besar, namun dianggap kecil/disepelekan.

All you've ever wanted
Semua yang pernah kau inginkan
Was someone to truly look up to you
Adalah seseorang untuk benar-benar memandangmu
And six feet under water
Dan enam kaki di bawah air
I do
Aku lakukan
Lewat lirik ini penuls lagu juga beranggapan bahwa negara yang baik adalah negara yang peduli terhadap rakyatnya. Namun pada kenyataanya pemerintah abai/mengabaikan rakyatnya, jikan pemerintah “memandangmu” pasti pemerintah akan peduli.

Hope decays
meluruh harapan
Generations disappear
generasi hilang  
Washed away
hanyut
As a nation simply stares
Seperti bangsa yang hanya menatap
Sehingga rakyat sebagai warga negara, mereka pasrah pemerintah membantunya atau tidak. kata “menatap”  pada lirik punya arti dalam sebagai ungkapan kekecewaan rakyat terhadap pemerintah.

All you've ever wanted (Little things give you away)
Semua yang pernah kau inginkan (Hal-hal kecil yang membiarkanmu pergi)
Was someone to truly look up to you (Little things give you away)
Adalah seseorang untuk benar-benar memandangmu (Hal-hal kecil yang membiarkanmu pergi)
Ya, penulis lagu mengulang terus lirik ini sepagai pesan kritik terhadap pemerintah. Makna seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi. “kok bisa bisanya ada bencana besar, tapi pemerintah seolah abai dan mengnggap bencana tersebut sebagai permasalahan kecil”

Kesimpulan:
Lagunya kedengaran sedih lewat beberapa petikan gitarnya, rupanya setelah diinterpretasi lagunya tentang kritikan pemerintah yang abai terhadap bencana besar ( badai katrina ), keren. Kita membayangkan seandainya saja linkinpark ini adalah band Indonesia, berapa banyak lagu yang mereka buat untuk mengkritik pemerintah. Kita tahu bahwa tsunami di banten dan lampung tanpa peringatan dini dari pemerintah, kita tahu tsunami di palu tanpa peringatan dini dari pemerintah. Kita seolah kenyang atas abainya pemerintah terhadap bencana yang sering terjadi.






*Penulis lirik lagu The Little Things Give You Away adalah Chester Charles Bennington, Robert G. Bourdon, Brad Delson, Mike Shinoda, Dave Farrell dan Joseph Hahn. Lagu ini rilis pada tahun 2007. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Linkin Park – The Little Things Give You Away"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel