Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Radiohead – Daydreaming

Banyak orang mencintai radiohead karna kejeniusan lirik mereka. Begitupun pada lirik lagu ini, yang membuat kita selalu bertanya-tanya apa sih maksud dari Thom Yorke. Arti dari kata-kata lagu ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.  “Daydreaming” sendiri adalah ungkapan yang artinya ‘hanya angan-angan kosong/mimpi disiang bolong”, sukar terwujud menjadi kenyataan. Jadi, apakah lagu ini berkaitan dengan cara kita hidup kita yang selalu berangan-angan?

Untuk lebih lengkapna yuk lah kita bedah makna liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Dreamers, they never learn, They never learn
Pemimpi, Mereka tak pernah belajar, Mereka tak pernah belajar
Beyond the point, Of no return, Of no return
Di luar intinya, Tak kembali, Tak kembali
Lirik ini sepertinya ingin mengungkapkan 2 makna sekaligus. Makna Pertama, adalah tentang  cara kita (sebagai manusia) yang selalu melihat dunia lewat angan-angan. kita disesatkan oleh itu, oleh sebuah  "mimpi/angan" yang hanya ada di mata pikiran kita, tanpa pernah belajar dari kenyataan. Makna yang kedua adalah tentang bagaimana ambisiusnya “mimpi” seorang manusia, mereka bermimpi menguasai dunia, mereka bermimpi apapun tanpa mengetahui fakta dari sebuah resiko. Ingat bahwa setiap keputusan itu tak bisa diubah.

And it's too late, the damage is done
Dan sudah terlambat, Kerusakan telah terjadi
The damage is done
Kerusakan telah terjadi
Pada lirik ini penulis lagu seolah memperingatkan bahwa Jika kita bertindak hanya sesuai angan dan mimpi tanpa pernah dipikir matang-matang, ujungnya semua itu akan jadi penyesalan dimasa depan. Dan sebuah penyesalah tentunya “Sudah terlambat” karena kita dak bisa merubah masalalu.

This goes, Beyond me, Beyond you
Hal ini berjalan, Di luar jangkauan ku, Di luar jangkauan mu
The white room, by window, Where the sun goes, Through
Ruang putih, Dekat jendela, Di mana matahari, Melewatinya
Karena hidup itu penuh dengan ketidakpastian. Seseorang tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepan hanya dengan percaya pada keyakinan “mimpinya”. Hidup itu tidak konstan, yang kita anggap benar belum tentu jadi benar di kemudian hari. Orang-orang boleh saja membuat semua pilihan lewat pintu manapun, namun jika takdirnya tak berkehendak, ia tak pernah bisa menemukan apapun. Lewat lirik ini juga dijelaskan bagaimana takdir manusia sudah digariskan, dan tak ada yang tahu takdirnya masing-masihng “diluar jangkauanku” dan “diluar jangkauanmu”. Orang-orang yang tahu takdirnya adalah orang yang sedang sekarat “ruang putih” dimana orang tersebut akan memikirkan perjalanan hidupnya dari lahir sampai akhirnya sekarat.

We are, just happy to serve, just happy to serve, You
Kami hanya senang melayani, Senang melayani, Mu
Barulah setelah sekarat, atau setelah menemui kegagalan “mimpi/khayalan” semua manusia ingat akan adanya tuhan. lirik “Just happy to serve” sepertinya bermakna doa kepada tuhan, karena siapalagi yang harus kita layani selain tuhan.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi keseluruhan liriknya, lagu ini sepertinya punya makna bahwa hidup adalah serangkaian keputusan/pilihan yang kita buat, dan harus kita jalani. Terlihat sederhana memang, sehingga orang-orang dalam menjalani hidup kerap ceroboh mengambil keputusan dengan hanya mengandalkan “keyakinan/mimpi” mereka. Padalah semua itu tak ada yang pasti, yang diyakini benar belum tentu benar dikemudian hari. Lagu ini juga seolah mengingatkan bahwa hidup manusia itu sudah digariskan oleh tuhan, dan itulah satu-satunya yang pasti dalam hidup. Namun sayangnya kebanyakan manusia memikirkan tuhan hanya ketika ia telah sekarat, ketika ia gagal dalam hidup, barulah manusia ingat dan berdoa kepada tuhan.

Lagu ini punya lirik yang begitu kompleks jika dijabarkan. Jadi, interpretasi pada lagu ini juga jauh dari kata sempurna. Buat kalian yang punya interpretasi lain tentang lagu ini, mohon tulis komentar di bawah ya….






*Penulis lirik lagu Daydreaming adalah Jonny Greenwood dan Colin Greenwood Lagu ini rilis pada tahun 2016. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Radiohead – Daydreaming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel