Pencarian

Radiohead ~ Exit Music (For a Film): Sebuah Lagu Nasihat Jika Hubungan Asmara Tak Direstui Orang Tua


Lagu ini terinspirasi dari cerita tragedi Romeo dan Juliet, karya sastrawan Inggris William Shakespeare. Meskipun  hanya tokoh fiksi, kisah cinta Romeo dan juliet yang mengakhiri hidupnya karna tak direstiu orang tua, membuat cerita ini bikin miris. Cerita ini seolah menjadi simbol cinta yang berakhir tragis. Oleh sebab itu, lewat lagu ini Yorke (Vokalis Radiohead), berusaha mempertanyakan tentang kisah cinta tersebut kenapa harus berakhir tragis, dan mengapa mereka tidak lari saja.

Wake, from your sleep
Bangun, dari tidurmu
The drying of your tears
Keringkan air matamu
Today we escape, we escape
Hari ini kita melarikan diri, kita melarikan diri
Lirik ini adalah penggambaran tentang bagaimana sepesang kekasih ingin melarikan diri karena suatu hal.

Pack and get dressed
Berkemas dan berpakaianlah
Before your father hears us
Sebelum ayahmu mendengar kita
Before all hell breaks loose
Sebelum semua neraka terlepas
Sama dengan lirik diatas, lirik ini juga bisa diartikan sebagai antithesis kisah Romeo dan Juliet, dimana didalam cerita, Juliet dikurung oleh ayahnya tanpa pernah melakukan upaya melarikan diri.

Breathe, keep breathing
Bernapaslah, tetap bernafas
Don’t lose your nerve
Jangan kehilangan keberanianmu
Breathe, keep breathing
Bernapaslah, tetap bernafas
I can’t do this alone
Aku tidak bisa melakukan ini sendirian
karena sesuhnggunya cinta sendiri lahir dari ketertarikan pribadi dua orang manusia. Lirik ini seolah mengatakan bahwa jika sepasang manusia saling mencintai, mereka takan bisa dipaksakan, mereka akan saling menguatkan dan melengkapi dalam hal apapun.

Sing us a song
Nyanyikanlah sebuah lagu
A song to keep us warm
Sebuah lagu untuk membuat kita tetap hangat
There’s such a chill, such a chill
Ada angin dingin seperti itu, dingin seperti itu
Ya, akhirnya pasangan dalam lirik ini telah melarikan diri pada malam musim dingin. Kata “dingin” bisa berarti bahwa dunia luar itu kejam, dan bertahan hidup didalamnya itu sulit. Lirik ini seolah adalah sebuah pertanyaan si pria dalam lagu, kepada kekasinya untuk berkomitmen bahwa sesulit apapun mereka diluar sana, mereka harus bisa bersama.

You can laugh
Engkau bisa tertawa
A spineless laugh
Tawa yang tak berdaya
We hope your rules and wisdom choke you
Kami berharap peraturan dan kebijaksanaanmu mencekikmu
Now we are one in everlasting peace
Sekarang kami dalam kedamaian  yang abadi
We hope that you choke, that you choke
Kami harap kau tersedak, bahwa kau tersedak
We hope that you choke, that you choke
Kami harap kau tersedak, bahwa kau tersedak
Lagu ini kemudian ditutup oleh sebuah lirik yang seolah menekankan bahwa cinta itu tak bisa dipaksakan. Hal tersebut sesuai dengan kenyataan bahwa seringkali orang tua memaksakan/menjodohkan anaknya kepada seseorang yang tak ia cintai. Karena sesungguhnya memaksakan sebuah cinta justru akan melukai anak itu sendiri. Lirik ini juga menekahnkan bahwa sebagai manusia kita berhak memilih apa-apa yang kita sukai termasuk kekasih, hal tersebutlah yang bisa membuat kita bahagia.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi, lagu ini seolah menekankan pada kita agar tak meniru kisah Romeo dan Juliet. Lagu ini seolah memandang bahwa kebahagiaan tak bisa didapatkan jika kita melihat cara Romeo dan Juliet dalam mengatasi sebuah masalah (restu orang tua). Karena mereka seolah menerima dengan pasrah nasib mereka sendiri, dengan bunuh diri karna tak direstui orang tua. Lagu ini mendorong pada kita yang hubunganya tak direstui orang tua untuk kuat, untuk melarikan diri, dalam artian bahwa melarikan diri itu untuk meyakinkan orang tua bahwa kita pantas menerima restunya. Cinta itu murni dan penuh kasih sayang tanpa paksaan, jadi buktikan kehebatanmu jika hubunganmu tak direstui, buktikan bersama-sama kalau kamu bisa. Bahagia itu kita yang menentukan, jadikan kisahmu dengan akhir yang bahagia, buka tragis.






*Penulis lirik lagu Exit Music (For a Film) adalah Thom Yorke. Lagu ini rilis pada tahun 1997. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Radiohead ~ Exit Music (For a Film): Sebuah Lagu Nasihat Jika Hubungan Asmara Tak Direstui Orang Tua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel