Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Radiohead ~ No Surprises


Sama halnya dengan mu, semua orang memiliki mimpi, tujuan, dan hal-hal yang ingin diraih dalam hidup. Dalam meraih tujuan tersebut, tidak jarang banyak orang merasa telah melakukan berbagai usaha dan kerja keras, namun  tidak juga mencapai tujuannya. No Surprise sepertinya menceritakan itu semua. Tentang seseorang yang memaksakan hidupnya untuk bekerja keras dengan upah yang minim, sehingga hidupnya membosankan dan perlahan membunuhnya. 

Untuk lebih lengkap bagaimana interpretsi maknanya, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

A heart that's full up like a landfill
Hati yang penuh bak tempat pembuangan sampah
A job that slowly kills you
Pekerjaan yang perlahan membunuhmu
Penulis berusaha menggambarkan sebuah perasaan yang tidak terekspresikan, sehingga “pembuangan sampah” dimasukan dalam lirik.  Intinya ia emosi akan hidupnya. Emosi itu merujuk pada sebuah pekerjaan di mana segala sesuatunya sudah dijadwalkan. Bayangkan kita bekerja dari jam 7 pagi hingga jam 4sore. Jadi tidak mengejutkan jika hidupnya dipenuhi kata kerja dan kerja sehingga menghilangkan waktu untuk istirahat dan menikmati hidup sehingga semua itu “perlahan membunuhnya”.

Bruises that won't heal
Luka yang takkan sembuh
You look so tired-unhappy
Kau tampak amat lelah dan tak bahagia
“kata luka” pada lirik ini adalah gambaran dari batin yang tertekan, karena mengetahui bahwa tujuanya, impianya tentang hidup berbeda dari kenyataanya. Sehingga ia tampak Lelah dan tak bahagia.

Bring down the government
Gulingkan pemerintah
They don't, they don't speak for us
Mereka tak mewakili kita
Lirik ini mengacu pada sebuah negara demokrasi dimana rakyat memilih orang-orang yang dipandang akan mewakili mereka didalam membuat keputusan-keputusan publik salah satunya pekerjaan. Harusnya rakyat seperti buruh/pekerja yang tak bahagia bisa mengadu pada “wakil rakyat” tersebut. Namun pada kenyataanya wakil rakyat/pemerintah biasanya lupa setelah dipilih oleh rakyat, mereka hanya mementingkan dirinya sendiri. Jadi lirik ini adalah kritik bahwa sebenarnya pemerintah itu tak pernah mewakili rakyatnya. Jadi ya jangan pernah berharap pada pemerintah.

I'll take a quiet life
Kan kujalani hidup yang tenang
A handshake of carbon monoxide
Jabat tangan karbon monoksida
Lirik ini juga merupakan kritikan bagi orang-orang (perusahaan dan pemerintah) yang meyakinkan bahwa hidup ini sempurna dan baik-baik saja. Sedangkan pada lirik ke dua "jabat tangan monoksida” merupakan methapor bahwa orang-orang tersebut berbohong, berusaha membujuknya. Didepannya dia “jabat tangan” namun di “belakang” sebenarnya orang-orang tersebut mementingkan diri mereka sendiri. Bagi perusahaan besar mementingkan untungnya sendiri, bagi pemerintah mementingkan dirinya sendiri. Hal ini didasarkan pada cover album di lagu ini (ok computer) yang memasang gambar jabat tangan yang bisa diartikan bahwa orang menjabat tangan saat didepan, namun dibelakang kita sebenarnya mereka menghianati kita.

With no alarms and no surprises,
Tanpa tanda bahaya dan tanpa kejutan
No alarms and no surprises,
Tanpa tanda bahaya dan tanpa kejutan
No alarms and no surprises,
Tanpa tanda bahaya dan tanpa kejutan
Silent silence
Keheningan yang sunyi
Dan semua hal (lirik diatas tadi) sebenarnya perlahan-lakan akan membunuh kita, tanpa kita sadari

This is my final fit
Ini kejang terakhirku
My final bellyache
Sakit perut pamungkasku
Mungkin metafora untuk perasaan yang memprihatinkan merujuk lirik diatas tadi, bisa juga dimaknai sebagai matinya pemikirannya atau suatu sikap masa bodo tida perduli lagi.

Such a pretty house
Rumah yang begitu indah
And such a pretty garden
Dan taman yang begitu asri
Lirik ini sepertinya antithesis dimana ia membayangkan hidupnya “akan” sempurna, namun kenyataanya bayangan itu berbeda dari realitas yang ada.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi semua lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa lagu "No surprise" menceritakan tentang seorang merasa telah melakukan berbagai usaha dan kerja keras, namun  tidak juga mencapai kebahagiaan di hidunya. Sepertinya lagu ini ditekankan pada pemikiran kaum menengah kebawah, yang dalam hidupnya terus menerus bekerja dari pagi sampai sore dengan upah yang minim.  Kerja keras tanpa henti itulah yang memicu pemikiran tentang kebosanan, tekanan, sementara upah yang didapatkan tak sebanding sehingga dapat dikatakan “perlahan membunuhmu tanpa disadari”. 

Ada dua garis lurus yang mempengaruhi itu semua. Pertama adalah kenyataan bahwa perusahaan tidak pernah mementingkan/mempedulikan nasip pekerjanya, karena hanya mementingkan keuntungan perusahaan. Sementara yang kedua adalah tentang pemerintah sebagai perwakilan rakyat, tutup mata akan keadaan tersebut. kita tahu bahwa sebuah negara demokrasi contonya saja Indonesia, wakil rakyanya lebih banyak mementingkan dirinya sendiri, mereka lebih banyak korupsi daripada mendengarkan aspirasi rakyat miskin seperi halnya pehkerja dan buruh. Wah… lagu yang keren, pelan pelan galau namun mengkritik.

Mungkin itulah interpretasi dari lagu ini, bagi kalian yang punya interpretasi lain dari lagu ini, mohon tuliskan kimen di bawah ya.





*Penulis lirik lagu No Surprises adalah Edward John O'brien dan Colin Charles Greenwood. Lagu ini rilis tahun 1997. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Radiohead ~ No Surprises (official Video)


9 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Radiohead ~ No Surprises"

  1. Gue baru tau lagu ini beberapa bulan yang lalu. Jenius emang radiohead. gue sepaham sama interpretasinya. Khusunya gue maknain ke sisitem outsorcing lah, pelan2 ngebunuh bagai karbon monoksida. tapi mau gimana lagi kalo ga kerja ya ga dapet duit.

    ReplyDelete
  2. nice interpretation ;)

    ReplyDelete
  3. Tolong interpretasi lirik 'paranoid android'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay kak, sudah ku buat artikelnya semoga bermanfaat :)

      Delete
  4. Replies
    1. hay kak, sudah ku buat artikelnya semoga bermanfaat (2) hehe

      Delete
  5. Keren Interpretasinya (meski berbeda sama saya hehe).
    Kalo dari sudut pandang saya, lirik di lagu ini mengisahkan kehidupan seseorang yang frustasi. Segala macam persoalan silih berganti( a heart that full up like a land fill, a job that slowly kills you, bruises that won't heal).
    Hal itu membuatnya lelah menjalani hidup, ditambah pemerintah yang gak becus(kayak di Indonesia wkwk) dalam menjalankan aspirasi masyarakat (you look so tired unhappy, bring down the government, they don't speak for us).
    Seiring banyaknya masalah di kehidupannya, akhirnya orang ini memutuskan untuk mengakhiri hidup alias bunuh diri(I'll take a quiet life, a handshake of carbonmonoxide).
    Pada bagian this is my final fit, my final bellyache bermakna kondisi dia di detik2 akan bunuh diri dan sekarat. Karena saat dia akan bunuh diri itu adalah terakhir kalinya dia sehat(my final fit) dan terakhirnya kalinya pula dia sakit(my final bellyache).
    Such a pretty house and such a pretty garden bermakna: kalau dia sudah mati dan berada di surga(such a pretty house) dan di dalamnya terdapat taman yang sangat indah (such a pretty garden). Sekian menurut interpretasi saya hehe. Salam

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel