Pencarian

Makna Dibalik Lagu System of a Down ~ Hypnotize


Jadi siapa yang sampai saat ini mempercayai berita di media massa khususnya televisi dengan menelan mentah-mentah? Apa kamu? jika iya, Ingatlah ini, bahwa media massa itu bisa menghipnotismu, mereka bisa membutakan matahatimu.

Begitukah interpretasi makna dari lagu ini? Untuk lebih jelasnya, yuk lah kita bedah satu persatu liriknya. Baca sampai habis ya, kessimpulan ada di akhir tulisan.

Why don't you ask the kids at Tiananmen square
Mengapa kau tidak menanyakan anak-anak di Tiananmen square
Was Fashion the reason why they were there?
Apakah fashion/gaya adalah alasan mengapa mereka ada di sana?
Lirik ini sepertinya berbicara tentang sebuah kisah yang terjadi di lapangan tienamen china (tahun1989), dimana ribuan Mahasiswa (sekitar 3.000 orang) pengunjuk rasa dibantai oleh militer. Unjuk rasa ini ditujukan terhadap ketidakstabilan ekonomi dan korupsi yang kemudian merembet menjadi unjuk rasa pro-demokrasi. Lirik “Fashion” sendiri, sepertinya ditujukan kepada keinginan para mahasiswa yang ingin mengubah ideologi komunis menjadi ideologi demokrasi. Yang menjadi sorotan tajam dan turut andil dalam pembantaian itu sendiri adalah media massa. Media massa di china saat itu (harian rakyat), seolah mengaburkan fakta yang ada dan balik menuduh mahasiswa dengan membingkai (framing) bahwa sebenarnya mahasiswalah yang merencanakan kekacauan. Hingga sampai saat ini pun, media massa di china (lewat framing dan propagandanya) terus menutupi kejadian tersebut hingga lambat laun menghipnotis rakyat cina sendiri (terutama anak muda) untuk melupakan kejadian itu.

They disguise it, Hypnotize it
Mereka menyamarkannya, Hipnotis itu
Television made you buy it
Televisi membuatmu membelinya
lirik kedua ini penulis lagu seolah mengingatkan kepada kita bagaimana berbahayanya media massa. Lakyaknya kejadian di tianamen square, media massa memang seringkali berusaha dengan sengaja dan sistematis untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuan untuk mendapatkan reaksi yang diinginkan. Sebagai contoh, mana ada berita tvri jaman orde baru yang menjelek-jelekan soeharto? Atau mana mungkin metrotv yang dimiliki surya paloh akan menjelek-jelekan surya paloh? Dan manamunkin juga mnc tv akan menjelek-jelekan hary tanoe sebagai pemiliknya kan? Ya, media memang seperti tu, mereka kadang bisa memilih fakta dari keseluruhan fakta, ataupun memanipulasi seluruh fakta pada beritanya untuk kepentingan orang-orang tertentu. Misalnya saja untuk membuatmu membeli mie instan, iklan mi instan dibuat dan dikemas dengan sebaik mungkin. ada ayamnya, ada baksonya, dll, padahal kenyataanya tidak kan? Namun akibat iklan yang bagus tersebut, kamu kadang terpengaruh, kamu kadang terhipnotis. Itulah kehebatan media, mereka membohongimu tanpa kamu sadari.

I'm just sitting in my car and waiting for my
Aku hanya duduk di mobilku dan menunggu
She's scared that I will take her away from there
Dia takut bahwa aku akan membawanya pergi dari sana
Her dreams that her country left with no one there
Dia bermimpi bahwa negaranya tertinggal dengan tidak ada seorangpun di sana
Di lirik ini, penulis lagu seolah menggambarkan tentang apatisnya manusia terhadap manusia lainya. Hal tersebut dapat terbukti dari lirik “just sitting “ melihat kejahatan, melihat propaganda media yang menyesatkan, kadang ada manusia yang pengecut, manusia yang tak berani bersuara untuk membela kebenaran yang ada, padahal mereka tahu. Jika digambarkan dalam kejadian Tiananmen square, lirik ini seolah menggambarkan seorang pria yang menunggu kekasihnya didalam mobil. Sementara Kekasinya pergi melakukan protes atas kesalahan pemerintah cina. Pria itu menyadari bahwa ada kerusuhan yang terjadi, namun bukanya membantu pacarnya, ia malah hanya menunggu di mobil. pria yang tak peduli dan apatis terhadap kekasih inilah yang tersirat digambarkan pada keseluruhan manusia yang apatis melihat kebohongan media.

Mezmerize the simple minded
Mebuat terpesona berpikir sederhana
Propaganda leaves us blinded
Propaganda meninggalkan kita kebutaan
Lirik ini menggambarkan bahwa televisi dianggap oleh kebanyakan masyarakat sebagai Lembaga yang terpercaya, padahal tidak. Dari lirik “Mezmerize the simple minded” televisi itu digambarkan baik, membuat kita terpana, lewat informasi-informasinya. Kata-kata di berita televisi seolah terlihat sederhana dan meyakinkan seolah-olah berita yang ditayangkan itu sesuai dengan kenyataan. Coba saja kamu lihat tentang berita kemenangan presiden tahun 2014, dua stasiun tv berita kita TVONE dan Metrotv memberitakan hasil kemenangan presiden berbeda-beda. TVONE memberitakan bahwa Prabowo menang, dilain pihak Metrotv memberitakan bahwa Jokowi yang menang. Jadi media massa mana yang benar kan? Masyarakat bingung pada saat itu. Pun jika dihubungkan dengan kejadian di tianamen square china. Brita di media mengkontruksi bahwa kejadian itu disebabkan oleh mahasiswa, sehingga masyarakat cina sekarang kebanyakan mempercayainya, padahal belum tentu kenyataanya seperti itu. Luarbiasa kekuatan media, mereka kadang bisa membutakanmu.

I'm just sitting in my car and waiting for my girl
Aku hanya duduk di mobilku dan menunggu gadisku
I'm just sitting in my car and waiting for my
Aku hanya duduk di mobilku dan menunggu
Namun manusia yang melihat sebuah kenyataan tak sesuai dengan apa yang di beritakan media hanya apatis. Hal tersebut dapat terbukti dari lirik “just sitting “melihat kejahatan, melihat propaganda media yang menyesatkan, kadang ada manusia yang pengecut, manusia yang tak berani bersuara untuk membela kebenaran yang ada, padahal mereka tahu.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi keseluruhan lagunya, dapat kita simpulkan lagu Hypnotize menganggap bahwa media massa kususnya tv memiliki kemampuan dalam mengonstruksi dan membingkai sebuah isu ke dalam berita menurut pandanganya masing-masing. Sehingga media massa kadang tak memberitakan sebuah kejadia sesuai dengan kenyataan. Hal ini dapat tergambar dari kejadian di tianamen square. Dimana mahasiswa berunjuk rasa menuntut keadilan dan ekonomi ke pemerintah cina kemudian dibantai. Namun media massa di china seolah memberitakan berbeda kejadian itu dan tak sesuai fakta. Pemberitaan media massa china seolah mendiskreditkan mahasiswa dengan menuduh mahasiswa lah yang membuat kerusuhan, media massa di china seolah menutupi kejadian itu dari generasi muda. Berita yang diulang-ulang tersebut akhrnya membuat masyarakat china terhipnotis dan mempercayai media. Sedihnya, banyak orang yang tahu akan kejadian itu, dan tahu bahwa berita yang sering disiarkan selama ini berbohong tak berani bersuara karena reka apatis, mereka pengecut, tak berani menyuarakan kebenaran.





*Penulis lirik lagu Hypnotize adalah Rick Rubin dan Daron Malakian. Lagu ini rilis tahun 2001. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

System of a Down ~ Hypnotize (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu System of a Down ~ Hypnotize"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel