Pencarian

Makna Dibalik Lagu: The Chainsmokers ( Feat. Coldplay ) ~ Something Just Like This


Menjadi pria memang sepertinya sudah ditakdirkan untuk mengambil peran dominan dalam suatu hubungan. Dengan anggapan ini pula lah masyarakat umum utamanya kaum wanita, menganggap bahwa tugas menyatakan cinta atau ‘menembak’ adalah tugas laki-laki. Hal tersebut menjadi gampang jika laki-lakinya punya rasa percaya diri yang sangat tinggi, namun akan jadi masalah jika laki-laki itu minder dan tak berani mengungkapan rasa cintanya.

Yap, lagu Something Just Like This sepertinya ditujukan untuk para laki-laki yang minder untuk mengungkapkan rasa cinta pada gebetan. Hal tersebut mungkin didasari pada realita saat ini, dimana para lelaki kadang juga harus berfikir seribu kali untuk nembak wanita, karena akan saikit rasanya ketika cinta yang diungkapkan tidak terbalas. Oke, untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya

Verse 1:
I've been reading books of old
Telah kubaca buku-buku tua
The legends and the myths
Legenda dan mitos
Achilles and his gold
Achilles dan emasnya
Hercules and his gifts
Hercules dan karunianya
Spiderman's control
Spiderman dengan kontrolnya
And Batman with his fists
Dan Batman dengan tinjuannya
And clearly I don't see myself upon that list
Dan yang jelas aku tak lihat diriku di daftar itu
Verse 1, menekankan pandangan penulis lagu yang minder mendekati “wanita pujaanya.” Dalam lirik ini penulis lagu seolah merasa sebagai lelaki yang tak sempurna, ia merasa tak seperti Achilles seorang manusia setengah dewa asal Yunani, ia buakan seperti Hercules yang kuat, bahkan juga tak sepert spiderman dan batman yang punya kekuatan super.

Lirik ini juga dapat dimaknai bahwa “wanita pujaanya” sepertinya wanita yang cantik dan sempurna, yang juga di sukai oleh pria-pria keren layaknya semua superhero diatas. Lirik “achiles, Hercules, batman dan spiderman” bisa juga sebuah metafora tentang penggambaran pria-pria keren (saingan penulis lagu) yang mungkin punya ketampanan, punya kekayaan materi dsb. Sehingga penulis lagu seolah minder, karena jika dibandingan pria-pria keren tersebut ia tidak ada apa-apanya.

Pre-Chorus:
But she said, where did you wanna go?
Tapi ia (wanita pujaanku) mengatakan, kemana kamu ingin pergi?
How much you wanna risk?
Seberapa kuat kau ingin mengambil risiko?
I’m not looking for somebody
Aku tidak mencari seseorang
With some superhuman gifts
Dengan beberapa karunia super
Some superhero
Beberapa superhero
Some fairytale bliss
Beberapa kebahagiaan dongeng
Just something I can turn to
Hanya sesuatu yang bisa ku tuju
Somebody I can kiss
Seseorang yang bisa ku cium
Namun segala kegundaan, keminderan, yang dirasakan oleh penulis lagu ditanggapi dengan tegas oleh “wanita pujaanya” lewat lirik Pre-Chorus ini. Di lirik ini “wanita pujaanya” seolah mengatakan pada penulis lagu; “hey si penulis lagu! jangan minder jika ingin mendekati aku (kamu harus ambil resiko), kamu harus berusaha keras mendapatkan aku, karena aku tak melihat orang dari seberapa kuat, atau dia punya apa, namun aku melihat seseorang dengan hatinya.” 

Di lirik ini “wanita pujaanya” juga seolah mengatakan bahwa seberapa hebat pria lain diluar sana sekalipun seperti superhero, jika mereka tidak mempedulikan perasaanya, tidak perhatian terhadapnya, hal itu juga sama saja bohong. Lirik “Somebody I can kiss” menerangkan lebih lanjut bahwa “wanita pujaanya” sebenarnya hanya ingin pria yang perhatian dan menyayangi dirinya, hanya itu saja.

Bridge:
Oh, I want something just like this
Oh, aku menginginkan sesuatu seperti ini
I want something just like this
Aku ingin sesuatu seperti ini
Ya, rupanya hanya itu yang wanita pujaanya inginkan, hanya sebuah hati yang baik tanpa melihat rupa, materi dan lainya.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi semua lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa lagu Something Just Like This bercerita tentang seorang pria yang minder mendekati wanita pujaanya. Nampaknya wanita itu cantik dan disukai banyak pria yang keren. Sehingga pria itu merasa ia tak pantas mendapatkan wanita itu jika dibanding pria-pria lain yang hebat itu. Padahal si wanita dalam memilih pasangan tidak memandang status,rupa,materi atau apapun itu, ia memandang bahwa pria yang baik adalah pria yang mengerti perasaan wanita dan menyayangi dirinya.

Hal yang seharusnya kita pelajari dari lagu ini
Kehadiran colplay sebagai pengisi lagu The Chainsmokers rupanya memiliki nilai plus tersendiri karena Coldplay seolah-olah bisa menyisipkan pesan positif pada keseluruhan lagu. Secara sederhana Something Just Like This memberikan gambaran berharga untuk dapat dipelajari pendengarnya, diantaranya adalah;

Pertama, jadilah pribadi apa adanya. Sebagian verse 1 seolah menggambarkan kepada kita, bahwa untuk mendekati “orang yang kita sayangi” kita itu harus jujur apa adanya dengan mengakui kelemahan kita. Hal tersebut jauh lebih baik daripada harus bersandiwara dan mengarang hal yang tidak kita punya.

Kedua, jadilah pria yang percaya diri. Kita sudah sederhana, apa adanya, dan jujur dengan kekurangan kita, jangan pula jadi minder dengan orang lain. Karena percayalah kita semua terlahir dengan suatu keunikan. Bahkan ketika fisik kita jelek misal, atau tak punya materi bahkan tak punya apa-apa, kita masih punya hati, kita masih punya sikap, yang baik. Yahh.. walaupun kadang orang lain juga tak menilai kita dengan hati.

Ketiga, lihatlah seseorang dari hatinya. Lagu ini seolah menyentil realitas wanita saat ini yang melihat pria hanya dari cover dan materi (hanya pendapat saya). Di lagu ini seolah para wanita diperingatkan bahwa dalam menilai lelaki itu ya dilihat dari sikap dan hatinya, lelaki seperti itulah yang bisa menyayangi para wanita. Sama saja bohong jika memilih lelaki yang punya semuanya namun hatinya tak baik, atau yang tak setia kan, mau diselingkuhin sama peria seperti itu? Kalua saya sih enggak 😊





*Penulis lirik lagu Something Just Like This adalah Chris Martin dan Andrew Taggart. Lagu ini rilis tahun 2017. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

2 Responses to " Makna Dibalik Lagu: The Chainsmokers ( Feat. Coldplay ) ~ Something Just Like This"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel