Pencarian

Makna Dibalik Lagu Radiohead ~ I Promise: Karena cinta itu pada dasarnya adalah tentang sebuah komitmen dan janji


Dalam video klip yang di rilis tahun 2017, tergambar jelas seorang pria (bisa jadi representasi dari sang vokalis, Thom Yorke) yang duduk di bangku belakang bis dengan tatapan kosong.  Dia melihat melalui jendela bus ke dunia, dan ke mata orang-orang yang sepertinya sedang terluka atau putus asa. Lewat video tersebut, tersirat dengan jelas bahwa pria itu (Thom) memahami rasa sakit orang-orang yang ia lihat di sepanjang perjalanan. karna Thom sepertinya juga sedang mengalami hal yang sama seperti mereka, yaitu penyesalan.

Jika menilik dari video klip tersebut, mungkinkah makna akan sama dengan makna dari lirik lagunya sendiri? Ya, lagu ini memang masuk kedalam album oknotok tahun 2017 dimana album ini khusus dipersembahkan oleh thom pada kekasihnya Owen, yang meninggal akibat penyakit kanker. Dan entah kenapa di lagu ini sepertinya Thom ingin mengungkapkan sebuah penyesalan atas kesalahannya dimasa lalu. Ia dalam lagu ini seolah memandang bahwa cinta sejati itu adalah tentang sebuah komitmen atau janji. Hal itulah yang membuat tatapan matanya kosong dan seolah merasa sakit karna mengingat ada janji-janjinya kepada mantan kekasihnya (owen) yang mungkin belum ia tepati. Untuk lebih lengkapnya, yuk lah kita bedah liriknya bait-demi bait.

I won't run away no more, I promise
Aku tak akan pergi-pergi lagi, aku janji
Even when I get bored, I promise
Bahkan di saat aku sedang bosan, aku janji
Setiap orang pasti pernah merasa menyesal atas kejadian di masa lalunya. Dan salah satu penyesalan yang sering diingat adalah tentang penyesalah sebuah percintaan, semisal tidak bisa mempertahankan sebuah hubungan dengan orang yang kita kasihi. Lirik ini atau bahkan di keseluruhan lirik, seolah-olah penulis lagu ingin mengatakan pada pendengarnya tentang sebuah kesalahan dimasalalu, yang akhirnya disesalipada masa sekarang. Penulis lagu seolah ingin memperbaiki kesalahan dimasa lalu itu, sekalipun sudah terlambat. Jadi lirik lagunya sebenarnya adalah perbaandingan waktu. Lirik “I won't run away no more” bisa saja berarti di masalalu si penulis lagu pernah meninggalkan kekasihnya, jadi ia ingin memperbaiki kesalahan itu dimasa sekarang dengan berjanji untuk tidak meninggalkan kekasihnya lagi.

Even when you lock me out, I promise
Bahkan di saat kau mengunci ku, aku janji
I say my prayers every night, I promise
ku ucapkan doa-doaku di setiap malam, aku janji
Penyesalan bisa terjadi terhadap hal yang besar maupun kecil dimasa lalu. Bukan hanya soal merasa salah mengambil langkah atau keputusan, tetapi bisa juga karena tidak melakukan sebuah tindakan. Lirik “Even when you lock me out” adalah gambaran tentang si penulis lagu yang menyepelekan hal kecil dimasalalu, missal pulang terlambat, tak pernah mengabari kekasihnya. Jadi dimasa sekarang ia menyesali semua tindakan itu, dan berjanji bahwa ia tak akan mengulanginya lagi, sekalipun ia tak bisa mengabari kekasihnya, ia akan senantiasa berdoa untuk kekasihnya.

I don't wish that I'm spread, I promise
Aku tak berharap aku berpindah-pindah, aku janji
The tantrums and the chilling chats, I promise
Luapan kemarahan dan kata-kata yang mengerikan, aku janji
Di lirik ini penulis lagu juga berusaha menjelaskan bahwa dimasalalu ia sering meluapkan emosi, sehingga dimasa sekarang ia bejanji akan semua melepaskan emosi agar semua baik-baik saja.

Even when the ship is wrecked, I promise
Bahkan di saat bahtera itu hancur, aku janji
Tie me to the rotten deck, I promise
Ikat aku ke dek kayu yang rusak, aku janji
Dia juga mengatakan bahwa bahkan ketika hubungan mereka hancur pun, dia tidak akan pernah menyerah. Dia akan berkomitmen sampai mati layaknya terikat di dek kapal yang mulai tenggelam.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi, lagu ini seolah-olah ingin mengatakan pada pendengarnya tentang sebuah kesalahan dimasalalu, yang akhirnya disesalipada masa sekarang. Sepertinya tentang penyesalan karena ia tidak bisa mempertahankan sebuah hubungan dengan orang yang ia sayangi. Oleh sebab itu, dilagu ini juga ditekankan bahwa si penulis lagu ingin memperbaiki semua kesalahan tersebut dengan berkomitmen dan berjanji untuk tidak melakukan semua kesalahan itu lagi. Jika hal tersebut dihubungkan dengan kisa percintaan Thom Yorke (vokalis radiohead), kaitan lagu ini mungkin cukup masuk akal. Karena kita tahu bahwa Thom berpisah dengan kekasihnya Owen pada tahun 2015, dan setahun kemudian owen meningggal karna kanker. Jadi mungkinkah kemurungan Thom di kursi belakang bus karena ia menyesal tak bisa menepati janji-janjinya terhadap Owen? Jika memang begitu, mungkin Yorke sudah terlambat. Yah, manusia tempatnya salah, setidaknya York telah menyesalinya, dan berkomitmen untuk menjaga semua janji-janjinya di lagu ini. Karena cinta itu pada dasarnya adalah tentang sebuah komitmen dan janji. Sendu…






*Penulis lirik lagu I Promise adalah Thom Yorke dan Charles Greenwood. Lagu ini rilis tahun 1997 dan diarasemen ulang tahun 2017. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Radiohead ~ I Promise: Karena cinta itu pada dasarnya adalah tentang sebuah komitmen dan janji"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel