Pencarian

Makna Dibalik Lagu Radiohead ~ True Love Waits: Bukankah Cinta Sejati Itu Seharusnya Menunggu?


Pertama, interpretasi ini ditujukan untuk lagu “True love waits versi album A moon shaped pool tahun 2016” dan bukan versi “True love waits” tahun 2001. walaupun liriknya hampir semua sama, hanya berbeda pada intrumen musiknya yang lebih berwarna. Yang kedua, kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya.

Lagu ini sangat-sangat sedih. Entah kebetulan atau tidak, lagu ini tiba-tiba dimunculkan dengan arasemen ulang sebagai lagu penutup di album “a moon shaped pool” tahun 2016. Satu hal yang kita tahu, bahwa mungkin alasan lagu tersebut di munculkan karena Thom (Vokalis Radiohead), ingin mengenang kepergian kekasihnya, mendiang Dr. Rachel Owen. Thom dan Owen setidaknya telah hidup bersama selama 23 tahun, dengan akhirnya Owen meninggal pada Desember tahun 2016, setelah berjuang melawan penyakit kanker. Lewat lagu ini, sepertinya Thom ingin mengatakan pada para pendengarnya, bahwa “CINTA SEJATI ITU, SEHARUSNYA AKAN SELALU MENGUNGGU”.

Untuk lebih tahu bagaimana makna lagu secara keseluruhan, yuk lah kita bedah lagunya bait demi bait.

I'll drown my beliefs
Kan ku hilangkan keyakinanku
To have you be in peace
Agar ekau menjadi damai
Di lirik ini penulis lagu seolah mengatakan bahwa ego yang buruk selalu berakibat negatif (lirik “keyakinanku” bisa dimaknai sebagai ego dari penulis lagu). Karena tak ada satu pun hubungan yang sukses tanpa memahami ego pasanganya, jadi penulis lagu ingin “menghilangkan” ego tersebut. Tujuanya adalah untuk lebih mengerti perasaan kekasinya. Bukankah cinta sejati harus seperti itu?

I'll dress like your niece
Aku kan berpakaian seperti keponakanmu
And wash your swollen feet
Dan juga membasuh kaki bengkakmu
Lirik ini seolah menegaskan bahwa penulis lagu mau melakukan apapun yang kekasihnya inginkan, sekalipun kekasihnya menginginkanya untuk memakai baju keponakan. “berpakaian seperti keponakanmu” juga bisa diartikan sebagai metafora tetang kemauan kekasihnya, yang menginginkan penulis lagu menjadi anak kecil (sifat anak kecil: ceria, jujur, apa adanya, dll). Ya, apapun yang kekasihnya inginkan, termasuk menjaganya sampai tua (lirik membasuh kaki)

Just don't leave, Don't leave
Jangan pergi, Jangan pergi
Lirik ini. Tanpa kita memahami lagunya pun, lirik ini adalah bagian tersedih. Entah ini hanya pandangan saya sebagai penulis blog, lirik ini seolah menegaskan rasa penyesalan thom terhadap dirinya sendiri. Thom seolah berkata pada kekasihnya, “jangan pergi dulu, karena aku belum melakukan semua-semua (termasuk lirik diatas) yang kamu mau, jadi tolong tunggu jangan pergi dulu”. Sedih.

I'm not living
Aku tak hidup
I'm just killing time
Aku hanya menghabiskan waktu
Jika kamu merasa bahagia Kamu pasti akan berkata “aku merasa hidup”, sebaliknya jika hidupmu menyedihkan kamu akan berkata bahwa kamu tak benar-benar hidup. Mungkin seperti itulah analogi dari lirik ini.

Your tiny hands
bersama tangan kecilmu dan
Your crazy-kitten smile
Senyum indah mu
Jadi mungkin alasan thom hidup adalah karena anak-anaknya bersama Owen. Lirik ini seolah gambaran bahwa Yorke masih bisa hidup berkat melihat tangan kecil anaknya, senyuman anaknya, yang mengingatkan York pada Owen.

Just don't leave
Jangan pergi
Don't leave
Jangan pergi
”Jadi jangan pergi dulu, karena aku belum melakukan semua-semua (termasuk lirik diatas) yang kamu mau, jadi tolong tunggu jangan pergi dulu, lihatnlah anakmu yang tersenyum indah padauk”

And true love waits
Dan menunggu cinta sejati
In haunted attics
Di loteng berhantu
Sepertinya lirik ini adalah penegasan bahwa owen akan selalu terpatri dihati yorke. Sampai ajal York menjempu “Loteng berhatu” bisa diartikan menunggu sehidup semati. walaupun di alam berbeda sepertinya Yorke ingin menunggu owen, atau bisa juga owen menunggu yorke.

And true love lives
Dan kehidupan cinta sejati
On lollipops and crisps
Bagai peren lollipop dan keripik
Maksud lirik ini adalah bahwa cinta sejati itu bagaikan anak kecil yang gemar memakan permen dan keripik. Jika kita melarangnya, pasti anak tersebut akan menangis dengan sekencang-kencangnya.

Kesimpulan:
Menurut laporan NME yang mengumpulkan informasi dari layanan musik streaming Spotify, menyatakan bahwa True Love Waits sebagai lagu tersedih radiohead. Dan itu memang sesuai adanya setelah kita interpretasi semua lirik nya. Pada lirik lagu, Thom seolah ingin mengatakan pada pendengarnya bahwa cinta sejati itu selalu mengerti perasaan pasanganya, cinta sejati itu harusnya selalu berkomitmen menunggu sehidup semati. Sebuah hal yang Thom sendiri sesali, karena mungkin tak melakukan semua itu kepada owen. Dan bagai anak kecil yang gemar memakan permen dan keripik, Thom menangis menyesal sekencang-kencangnya. Namun dibalik semua pengertian itu, lagu ini juga sepertinya punya satu harapan bahwa masih ada kehidupan lain dimana ia dan owen dapat bertemu kembali. Ya thom akan menunggu owen “dilirik Lorong berhatu”/akhirat, karena sepantasnya cinta sejati itu harus menunggu.

*lagu yang luar biasa, sebenarnya penulis blog ingin menulis banyak hal di lagu ini namun tak dapat tertulis karena mungkin terbawa emosi lagunya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah ya.






*Penulis lirik lagu True Love Waits adalah Thom Yorke. Lagu ini rilis tahun 2001 dan diarasemen ulang tahun 2016. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu Radiohead ~ True Love Waits: Bukankah Cinta Sejati Itu Seharusnya Menunggu?"

  1. makasih kak karena lirik lagu radiohead itu seperti puisi, jadi sering multi tafsir. Banyak lagu dan musiknya yang emosional, tp aq setuju lagu ini bernuansa paling sedih apalagi yang versi akustik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget kak, yang versi akustik lagu ini aku juga suka banget

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel