Pencarian

Makna Dibalik Lagu Queen ~ Love Of My Life: Karena Kamu Tak Akan Pernah Tahu Isi Hati Seseorang


Hal ini dimulai saat Freddie (Vokalis Queen), mengakui pada Marry Austin (mantan kekasih fredie), bahwa ia lebih tertarik kepada laki-laki ketimbang perempuan. Mengetahui hal tersebut, Marry Austin memutuskan berpisah setelah sekian lama mereka bersama. Setelah perpisahan tersebut, hati Fredie patah. karena walaupun secara ‘badaniah’ Fredie tertarik kepada laki-laki, jiwa dan hatinya sebenarnya hanya untuk Marry.

Dalam situasi tersebut, Fredie akhirnya menciptakan lagu ini. Sebuah gambaran jelas bahwa di setiap perpisahan, disetiap kesalahan, disetiap keadaan yang membuat hati kita patah, dan dalam situasi apapun kita tak bisa menilai hati seseorang. Cinta itu sedalam isi hati kita, seluas pikiran. Mereka tak bisa ditebak. Dalam artian bahwa boleh jadi Marry menyangka Fredie tak setia padanya, dan menyakitinya. Namun siapa yang tahu isi hati Fredie bukan? 

Untuk lebih jalas bagaimana interpretasi dan makna lagunya, yuk lah kita bedah-bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Love of my life, you hurt me
Kasihku, kaumelukai aku
You've broken my heart and now you leave me
Kau hancurkan hatiku dan kini kau tinggalkanku
Love of my life can't you see
Kasihku takpernahkah kau lihat
Bring it back, bring it back
Kembalikanlah, kembalikanlah
Don't take it away from me
Jangan bawa pergi dariku
Because you don't know, what it means to me
Karna kau tak tahu, betapa berartinya bagiku
Tergambar jelas di lirik ini bagamana hati Fredie terluka setelah ditinggalkan kekasihnya. Dan salah satu alasan mengapa hatinya terluka adalah kenyataan bahwa ia masih mencintai kekasihnya, masih berharap kekasihnya kembali namun kekasihnya tak pernah menyadari rasanya.  

Love of my life don't leave me
Kasihku, jangan tinggalkan aku
You've stolen my love, you now desert me
Kau telah dicuri wahai cintaku, dan kini telantarkan aku
Love of my life can't you see
Kasihku, takpernahkah kau lihat
Bring it back, bring it back
Kembalikanlah, kembalikanlah
Don't take it away from me
Jangan bawa pergi dariku
Because you don't know, what it means to me
Karna kau tak tahu, betapa berartinya bagiku
Lirik selanjutnya memandang bahwa mungkin selama ini ia (penulis lagu) berbuat salah dan melukai hati kekasihnya. Namun semua itu bukanlah alasan dalam menilai hati seseorang dan lantas membencinya “stolen”, “desert”. Ya, siapa yang tahu hati seseorang kan? Walaupun Fredie membuat kesalahan, bukan berarti juga “rasa” cinta dan hatinya hilang terhadap marry. Sebuah rasa yang tak pernah disadari oleh Marry.  “can't you see?”

You won't remember when this is blown over
Kau takkan ingat ketika semua ini berakhir
And everything's all by the way
Dan segalanya berlalu
When I get olderI will be there by your side
Saat aku bertambah tua Aku kan di sisimu
To remind you how I still love you
Tuk ingatkan dirimu betapa aku masih mencintaimu
Still love you
Masih mencintaimu
Karena sebuah rasa yang tak disadari memang akan terhapus begitu saja. Padalah, yang tak terucap itu bukan berarti tak bermakna kan? Waktu yang akan menjawab, dimana waktu akan menyadarkan Marry tentang bagaimana Fredie mencintainya. Lirik ini juga bisa bermakna sebagai sebuah komitmen Fredia terhadap Marry untuk mencintai nya seumur hidup.

Hurry back, hurry back
Cepatlah kembali, cepatlah kembali
Don't take it away from me
Jangan bawa pergi dariku
Because you don't know, what it means to me
Karna kau tak tahu, betapa berartinya bagiku
Pada lirik terakhirpun Fredie masih berharap marry cepat kembali. Kembali disini juga bisa bermakna marry bisa menyadari, betapa berartianya ia bagi fredie. 

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai liriknya, dapat kita simpulkan bahwa lagu Love of my life menceritakan tentang perasan Fredie Mercury (Penulis lagu), yang hatinya terluka setelah ditinggalkan kekasihnya Marry Austin. Seperti yang kita ketahui, mereka berdua berpisah karena Freddie mengakui bahwa ia lebih tertarik kepada laki-laki ketimbang perempuan. Dalam lagu digambarkan jelas bahwa mungkin perbuatan fredie tersebut salah, dan melukai hati kekasihnya. Namun, siapa yang tahu hati seseorang kan? Walaupun Fredie membuat kesalahan, bukan berarti juga “rasa” cinta di hati fredie hilang terhadap marry. Bahkan fredie dalam lagu tersebut juga seolah ingin berkomitmen untuk mencintai Marry seumur hidup. Sehingga dihampir keseluruhan liriknya diisi dengan kata “kembalilah Marry” Karna kau tak tahu, betapa berartinya dirimu bagiku.

Bak gayung bersambut, setelah periode perpisahan tersebut mereka akhirnya berteman. cintanya kepada Mary tidak penah surut walaupun berbeda orientasi s*ks*al. Bahkan Fredie membelikan Marry sebuah apartemen, pas di sebelah apartemennya sendiri agar setiap hari Freddie dapat melihat Mary melalui jendela. Lambat laun kisah tersebut menjadi sedih karena akhirnya Fredie harus sakit. Marry Austin selalu ada disampingnya hingga kemudian fredie pun meninggal  sebuah kisah nyata yang kemudian menjadi egenda, luar biasa.

Hal yang harus kita garis bawahi dari lagu ini adalah  bahwa sebuah “cinta” tidak bisa diukur dari segi apa pun. Cinta itu sedalam isi hati kita, seluas pikiran. Isi hati dan pikiran tidak bisa di tebak dan di ukur. Begitulah cinta yang tidak terukur. Sebuah gambaran jelas bahwa di setiap perpisahan, disetiap kesalahan, disetiap keadaan yang membuat hati kita patah, dan dalam situasi apapun kita tak bisa menilai hati seseorang. Siapa yang tahu ia hanya lalai, namun hatinya masih mencintai kita kan? Jadi, ketika doi berbuat salah sama kamu, jangan membencinya terlebih dahulu. Karena kamu gapernah tau isi hati doi, kamu gapernah tahu.





*Penulis lirik lagu Love Of My Life adalah Freddie Mercury. Lagu ini rilis pada tahun 1975.  Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Queen ~ Love Of My Life (Official Video)

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu Queen ~ Love Of My Life: Karena Kamu Tak Akan Pernah Tahu Isi Hati Seseorang"

  1. ralat min, you've stolen my love itu artinya kau telah mencuri cintaku

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel