Coldplay - Yellow | Makna Terjemahan Arti Lirik Lagu

Arti kata Yellow adalah kuning, sebuah warna yang melambangkan tentang keindahan dan kemakmuran. Cahaya rembulan, cahaya bintang, warna bungan matahar

Yellow adalah salah satu lagu terbesar dari band Coldplay. Lagu ini masuk ke dalam album Album Parachutes (2000), dan sering dibawakan oleh Coldplay dalam tiap-tiap live konsernya. Pada awal-awal perilisan, lagu ini berhasir bertengger di posisi 4 di tangga lagu negara Inggris (UK Singles Chart).

Meskipun lagu Yellow sudah tergolong lagu yang lama, namun popularilas lagu ini seolah tak ada matinya. Pada tahun 2015 saja, lagu ini masih terjual sebanya 530,000 kopi di negara Inggris. Pada tahun 2022 dan 2023, lagu ini juga sempat viral di media sosial seperti di TikTok.

Karena lagu ini juga begitu popular di kalangan masyarakat Indonesia, blog interpretasilirik.com begitu tertarik untuk membahasnya. Berikut merupakan makna terjemahan arti dari lirik lagu Yellow milik Coldplay. Simak sampai habis ya tulisan ini, supaya kalian bisa mengerti apa makna yang terkandung dalam liriknya.

Daftar Isi

Makna Lirik Lagu

Makna lagu Yellow menceritakan tentang seorang pria yang begitu kagum oleh kecantikan dan keindahan kekasihnya. Pria itu berusaha menggambarkan kalau kecantikan kekasihnya tersebut bagaikan warna kuning (Yellow). Bola matanya kuning layaknya semburat kuning matahari terbit, wajahnya kuning mendayu selayaknya cahaya rembulan, dan hatinya kuning berseri layaknya putik-putik bunga matahari.

Meskipun disebagian tempat warna Yellow (kuning) sering dijadikan simbol kesedihan ataupun suatu penyakit. Tapi sejatinya, warna Yellow (kuning), adalah lambang keindahan dan kemakmurah. Cahaya rembulan, cahaya bintang, warna bungan matahari, dan segala hal indah lainya biasanya berwarna kuning. Sementara warna dari padi yang menguning, gandum yang menguning, atau buah-buahan yang menguning adalah lambang kemakmuran. Sehingga tepatlah jika si penulis lagu, berusaha menggambarkan keindahan kekasihnya dengan lambang warna kuning.

Analisis Lirik Lagu (Per-bait)

Berikut merupakan interpretasi atau analisis makna dari lirik Yellow milik Coldplay. Baca sampai habis ya, kesimpulan dan terjemahan arti dari lirik lagunya ada diakhir tulisan;

Lirik bagian 1:
Look at the stars
(Lihatlah bintang-bintang)
Look how they shine for you
(Lihat bagaimana mereka menyinarimu)
And everything you do
(Dan segala yang kau lakukan)
Yeah, they were all yellow.
(Ya, mereka semua berwarna kuning)

Makna lirik bagian 1: Lagu Yellow menceritakan tentang seorang pria yang begitu terpesona oleh kecantikan dan keindahan kekasihnya. Kita andaikan pria tersebut adalah Chris Martin ya (Vok. Coldplay). Dalam lirik (Look at the stars), terlihat jelas bahwasanya Chris memuji kekasihnya seperti cahaya bintang. Seperti yang kita ketahui, bintang adalah lambang dari keindahan malam, dan cahayanya berwarna kuning (yellow).

Lirik bagian 2:
I came along
(Aku datang)
I wrote a song for you
(Kutulis lagu untukmu)
And all the things you do
(Dengan sgala yang kau lakukan)
And it was called 'yellow'
(Dan lagu itu berjudul 'kuning')

Makna lirik bagian 2: Chris yang menganggap warna kuning sebagai simbol segala keindahan, kemudian terinspirasi untuk menulis lagu berjudul kuning (And it was called 'yellow' / Dan lagu itu berjudul 'kuning'). Tujuan Chris menamai lagu tersebut dengan judul yellow (kuning), tak lain dan tak bukan hanyalah untuk memuji kecantikan dan keindahan kekasihnya, selayaknya warna kuning yang indah.

Saat diwawancarai oleh Mtv, Chris Martin pun mengungkapkan (yellow it is a good color to title the song you’re writing about a loved one / kuning adalah kata yang cocok dijadikan judul lagu saat kau ingin menulis lagu tentang seseorang yang kau cinta)

Lirik bagian 3:
So then I took my turn,
(Maka kuambil kesempatan)
Oh what a thing to have done,
(Oh apa yang harus kulakukan)
And it was all Yellow
(Dan sgalanya berwarna kuning)

Makna lirik bagian 3: Alih-alih hanya mengagumi dan menulis lagu tentang kekasihnya, Chris Martin pun kemudian mengambil kesempatan untuk terus mendekati dan nembak kekasihnya. Seperti yang tergambar dalam lirik (So then I took my turn / Maka kuambil kesempatan)

Lirik bagian chorus/reff:
Your skin Oh yeah, your skin and bones,
(Kulitmu oh yeah, kulit dan tulangmu)
Turn into something beautiful,
(Berubah jadi sesuatu yang indah)
You know,
(Kau tahu)
You know I love you so,
(Kau tahu aku sangat mencintaimu)
You know I love you so.
(Kau tahu aku sangat mencintaimu)

Makna lirik chorus/reff: Lewat lirik (Your skin Oh yeah, your skin and bones, turn into something beautiful / Kulitmu oh yeah, kulit dan tulangmu, berubah jadi sesuatu indah) Chris martin berusaha menjelaskan bahwa ia mengagumi keindahan kekasinya, tak hanya mengagumi rupa dan wajah saja (skin/kulit). Melainkan ia juga mengagumi sifat kebaikan hati kekasihnya, dan itu semua berasal dari dalam raga (bone/tulang). Karena kekasihnya begitu cantik, lalu sifat dan hatinya juga baik, Oleh sebab itulah Chris begitu mencintai kekasihnya.

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan maknai lirik lagunya, maka jelaslah bahwa makna lagu Yellow menceritakan tentang seorang pria yang begitu kagum oleh kecantikan dan keindahan kekasihnya. Pria itu berusaha menggambarkan kalau kecantikan kekasihnya tersebut bagaikan warna kuning (Yellow).

Sejatinya, warna Yellow (kuning), adalah lambang keindahan dan kemakmurah. Cahaya rembulan, cahaya bintang, warna bungan matahari, dan segala hal indah lainya biasanya berwarna kuning. Sementara warna dari padi yang menguning, gandum yang menguning, atau buah-buahan yang menguning adalah lambang kemakmuran. Sehingga tepatlah jika si penulis lagu, berusaha menggambarkan keindahan kekasihnya dengan lambang warna kuning.

Warna Yellow (kuning), juga adalah warna primer yang merupkan salah satu warna paling sederhana yang mewakili kecerahan dan harapan dan pengabdian. Ini cukup ringkas. Maka saat kamu tak bisa berkata-kata saat mengagumi keindahan orang lain, ada baiknya mengucapkan warna 'kuning'.

Menurutku, lagu Yellow ini begitu menyentuh. Karena lagu ini seolah memandang bahwa bahagia itu cukup sederhana. Cukup memandang dan mengagumi keindahan seseorang, kadang bahagianya tiada tara.

Namun perlu dicatat, bahwa mengagumi seseorang juga tak harus melulu mengagumi paras atau fisiknya, namun kagumilah juga sikap dan hatinya. Lewat lirik (Your skin Oh yeah, your skin and bones, turn into something beautiful / Kulitmu oh yeah, kulit dan tulangmu, berubah jadi sesuatu indah) Chris martin berusaha menjelaskan, bahwa ia mengagumi keindahan kekasinya, tak hanya mengagumi rupa dan wajah saja (skin/kulit). Melainkan ia juga mengagumi sifat kebaikan hati kekasihnya, dan itu semua berasal dari dalam raga (bone/tulang).

Terjemahan Arti Lirik Lagu

Arti kata Yellow adalah kuning, sebuah warna yang melambangkan tentang keindahan dan kemakmuran. Cahaya rembulan, cahaya bintang, warna bungan matahari, dan segala hal indah lainnya yang biasanya berwarna kuning, adalah lambang keindahan. Sementara warna dari padi yang menguning, gandum yang menguning, atau buah-buahan yang menguning, adalah lambang kemakmuran.

Verse 1:
Look at the stars
Lihatlah bintang-bintang
Look how they shine for you
Lihat bagaimana mereka bersinar untukmu
And everything you do
Dan segala yang tlah kau lakukan
Yeah, they were all yellow.
Ya, mereka semua berwarna kuning
I came along
Aku datang
I wrote a song for you
Kutulis lagu untukmu
And all the things you do
Dengan sgala yang tlah kau lakukan
And it was called 'yellow'
Dan lagu ini berjudul 'kuning'
So then I took my turn,
Maka kuambil kesempatan
Oh what a thing to have done
Oh apa yang harus kulakukan
And it was all Yellow
Dan sgalanya berwarna kuning

Chorus/Reff 1:
Your skin Oh yeah, your skin and bones,
Kulitmu oh yeah, kulit dan tulangmu
Turn into something beautiful,
Berubah jadi sesuatu yang indah
You know,
Kau tahu
You know I love you so,
Kau tahu aku sangat mencintaimu
You know I love you so.
Kau tahu aku sangat mencintaimu

Verse 2:
I swam across
Aku berenang
I jumped across for you
Aku melompat untukmu
Oh what a thing to do
Oh sungguh hal gila
Cos you were all Yellow
Karna kau benar-benar berwarna kuning
I drew a line, I drew a line for you
Kugambar garis; kugambar garis untukmu
Oh what a thing to do
Oh sungguh sebuah hal gila
And it was all yellow
Dan garis itu benar-benar berwarna kuning

Chorus / reff 2:
Your skin Oh yeah, your skin and bones,
Kulitmu oh yeah, kulit dan tulangmu
Turn into something beautiful,
Berubah jadi sesuatu yang indah
And you know, for you, I'd bleed myself dry
Dan kau haru tau, untuk mu, kan kukucurkan darah hingga kering
For you, I'd bleed myself dry
Untukmu, kan kukucurkan darah hingga kering

Bridge:
It's true, look how they shine for you
Sungguh, lihat bagaimana mereka bersinar untukmu
Look how they shine for you
Lihat bagaimana mereka bersinar untukmu
Look how they shine for?
Lihat bagaimana mereka bersinar?
Look how they shine for you
Lihat bagaimana mereka bersinar untukmu
Look how they shine for you
Lihat bagaimana mereka bersinar untukmu
Look how they shine
Lihat bagaimana mereka bersinar

Outro:
Look at the stars
Lihatlah bintang-bintang
Look how they shine for you
Lihat bagaimana mereka bersinar untukmu
And all the things that you do
Dan segala yang tlah kau lakukan

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Yellow Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland Parachutes (2000) 26 Juni 2000 Parlophone Rock, alternative rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Yellow milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.