Pencarian

Makna Dibalik Lagu Adele ~ All I Ask: Jika harus berpisah, akhirilah hubungan tersebut dengan cara yang baik


"All I Ask" adalah lagu sedih dan pahit, tentang sebuah hubungan yang diambang kehancuarn/perpisahan. Hubungan tersebut sepertinya tak bisa lagi untuk dibenahi. Jadi sebelum mereka berpisah, adele meminta pada kekasihnya untuk pura-pura bahagia saja, berpura-pura menghibur diri, ataupun berpura-pura menyangkal fakta, di malam terakhir sebelum perpisahan mereka. Karena setidaknya perpisahan yang manis itu lebih baik.

Oke untuk lebih jelasnya, yuk lah kita interpretasi dan maknai liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

I will leave my heart at the door
Kan kuabaikan kata hatiku
I won't say a word
Takkan kuucap sepatah kata pun
They've all been said before you know
Semuanya tlah diucapkan sebelumnya, kau tahu
So why don't we just play pretend
Jadi mengapa kita tak pura-pura saja
Like we're not scared of what's coming next
Seolah kita tak takut pada apa yang kan terjadi
Or scared of having nothing left
Atau takut tak memiliki apa-apa lagi
Lirik pertama dimulai dengan kata “I will leave my heart at the door”, “I won't say a word” yang bisa di maknai bahwasanya adele (penulis lagu) mencoba mengendalikan emosinya dan ingin menahan diri. Mungkin hal tersebut didasari karena si penulis lagu sudah lelah dengan pertengkaran dengan kekasihnya, dengan banyak kata terucap, jadi ia lebih baik diam. Dilirik selanjutnya penulis lagu seolah-olah menganggap bahwa persoalan tersebut tidak bisa dibenahi lagi. jadi ia menyarankan (sebelum mereka berpisah) kenapa tidak pura-pura bahagia saja? menghabiskan malam terakhir dengan pura-pura menghibur dan menyangkal fakta bahwa mereka akan berpisah. Karena setidaknya perpisahan yang manis itu lebih baik.

Look, don't get me wrong
Dengar, jangan salah paham
I know there is no tomorrow
Aku tahu tak ada hari esok
All I ask is
Yang kupinta hanya
Lirik ini sangat memilukan. Penulis lagu disini seolah-olah mengiklaskan perpisahan mereka. Penulis lagu menyadari bahwa kekasihnya akan pergi keesokan harinya, jadi penulis lagu hanya ingin meminta kekasihnya untuk tetap bersamanya. Satu malam dimana semuanya jadi baik-baik saja.

If this is my last night with you
Jika ini malam terakhirku denganmu
Hold me like I'm more than just a friend
Dekap aku layaknya aku lebih dari sekedar teman
Give me a memory I can use
Beri aku kenangan yang bisa kugunakan
Take me by the hand while we do what lovers do
Raih tanganku saat kita berkasih-kasihan
It matters how this ends
Sungguh penting bagaimana akhirnya
'Cause what if I never love again?
Karena bagaimana bila aku tak pernah mencinta lagi?
Lirik reff melanjutkan permohonan si penulis lagu agar mereka tetap bersama sedikit lebih lama. Penulis lagu seolah menyanyikan, "Jika ini malam terakhirku denganmu, dekap aku layaknya aku lebih dari sekedar teman” lirik ini bukan berarti bahwa mereka sebelumnya adalah sahabat. Lirik ini adalah ungkapan tersirat si penulis lagu seolah dia mengatakan “jika memelukku layaknya seorang kekasih akan membuat hatimu sakit, maka peluklah aku layaknya seorang teman dekat/anggaplah aku layaknya teman dekat”. Lirik selanjutnya mengungkapan makna yang jelas bahwa berpisah itu tak harus menyakitkan. Perpisahan yang indah itu akan lebih manis daripada harus bertengkar. Dan penulis lagu tidak ingin hubungan tersebut berakhir buruk, karena mungkin mereka tak bisa bersama lagi untuk kedepanya. Atau simpelnya memulai dengan baik, berakhir juha harus dengan cara yang baik.

I don't need your honesty
Aku tak butuh kejujuranmu
It's already in your eyes
Itu terlihat di matamu
And I'm sure my eyes, they speak for me
Dan aku yakin mataku ungkapkan isi hatiku
No one knows me like you do
Tak ada yang lebih mengenalku daripada dirimu
And since you're the only one that matters
Dan karena kaulah satu-satunya yang penting
Tell me who do I run to?
Katakan padaku pada siapa aku berpaling?
Lirik ini penulis lagu mengatakan "Aku tak butuh kejujuranmu Itu terlihat di matamu." Bisa dimaknai bahwa penulis lagu sudah melihat fakta yang terjadi, jadi kekasihnya tak perlu menjelaskn lagi, bahkan fakta itu terlihat dimata sang kekasih, hal tersebut merujuk pada fakta bahwa tatap mata tak bisa berbohong. Dilanjutkan ke lirik selanjutnya bahwa sebenarnya yang mengenal si penulis lagu  dengan dalam adalah kekasihnya, begitupun sebaliknya.

Lirik menjadi mellow saat penulis lagu mengucapkan “Dan karena kaulah satu-satunya yang penting” ini merujuk pada kenyataan  bahwa kekasihnya mungkin tak bisa tergantikan oleh orang lain. Namun akhirnya mereka tetap berpisah, karena mereka sudah tak cocok. Jika dilihat dari liriknya “Katakan padaku pada siapa aku berpaling?” sepertinya kesalahan utama terletak pada kekasihnya bukan pada penulis lagu. Kekasihnya sudah berpaling, walaupun penulis lagu masih mencintainya, namun perpisahan tetap terjadi.

Let this be our lesson in love
Biarlah ini jadi pelajaran cinta kita
Let this be the way we remember us
Biar ini jadi cara kita mengingat diri kita
I don't wanna be cruel or unjust
Aku tak ingin kejam atau tak adil
And I ain't asking for forgiveness
Dan aku tak meminta pengampunan
All I ask is
Yang kupinta hanyalah
Lirik ini mungkin adalah inti lagunya. Penulis lagu seolah mengungkapkan bahwa kegagalan cinta mungkin akan sangat pahit, namun setidaknya semua itu bisa menjadi pelajaran untuknya. Ia hanya ingin menjadi orang yang dewasa/bijaksana dengan menerima kepahitan itu, ia tak meminta hal apapun. Dan hal yang penulis lagu pinta adalah mereka berpisah dengan cara yang baik-baik saja, tanpa sebuah pertengkaran.

Kesimpulan:
Lagunya nyesek setelah kita interpretasi dan maknai. Seperti keterangan di paragrap awal, "All I Ask" adalah lagu tentang sebuah hubungan yang sedang diambang kehancuarn/perpisahan. Hubungan tersebut sepertinya tak bisa lagi untuk dibenahi. Jadi sebelum mereka berpisah, adele meminta pada kekasihnya untuk pura-pura bahagia saja, berpura-pura menghibur diri, ataupun berpura-pura menyangkal fakta, di malam terakhir sebelum perpisahan mereka. Karena setidaknya perpisahan yang manis itu lebih baik.

"All I Ask" adalah lagu yang benar-benar sedih dan pahit. Walaupun begitu, lagu ini seolah mengajari kita tentang beberapa hal yang berharga. Pertama bahwa manusia itu naif, siapa sih yang tak bersedih ketika kita harus berpisah dengan pasangan? Namun lagu ini seolah mengajari kita bahwa wajar saja kita bersikap sedih, namun kita harus berusaha menjadi seorang yang dewasa, harus menerima kenyataan tersebut, jadi jika benar-benar harus berpisah ya sikapi semua itu dengan baik. Kita semua pasti memulai sebuah hubungan dengan cara yang baik, mengapa tak diahiri dengan cara yang baik pula kan? Makna terpenting kedua adalah tentang bagaimana kita menerima perpisahan dengan menjadikan sebuah perpisahan sebagai pelajaran yang berharga. Dan bukan malah menyalahkan siapa, tak menerima ataupun dendam terhadapnya.







*Penulis lirik lagu All I Ask adalah Adele, Christopher Brown, Bruno Mars, dan Philip Lawrence. Lagu ini rilis pada tahun 2015. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

2 Responses to "Makna Dibalik Lagu Adele ~ All I Ask: Jika harus berpisah, akhirilah hubungan tersebut dengan cara yang baik"

  1. Keren.. Bedah juga dong lirik lagu white flag nya dari Dido.

    ReplyDelete
  2. Huaaaa makiin ngena setelah tau maknanya....

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel