Makna Dibalik Lagu Adele ~ All I Ask

Makna lagu All I Ask menceritakan tentang hubungan percintaan antara Adele dan kekasihnya yang sudah diambang kehancuran/perpisahan. Hubungan tersebut sepertinya tak bisa lagi dibenahi. Oleh sebab itu, di malam terakhir sebelum perpisahan mereka, Adele pun meminta/all I ask pada kekasihnya untuk berpura-pura baik padanya, untuk berpura-pura bahagia, agar hubungan mereka berakhir dengan manis tanpa sebuah perdebatan.

Kepura-puraan itu, tergambar jelas lewat lirik reff yang berbunyi (If this is my last night with you, hold me like I'm more than just a friend / Jika ini malam terakhirku denganmu, dekaplah aku layaknya seorang sahabat).  Lirik ini bukan berarti bahwa mereka sebelumnya adalah sahabat. Lirik ini adalah ungkapan tersirat Adele yang seolah mengatakan  “Jika memelukku layaknya seorang kekasih akan membuat hatimu sakit, maka peluklah aku layaknya seorang sahabat”. 

Oke untuk lebih jelasnya, yuk lah kita interpretasi dan maknai liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
I will leave my heart at the door
(Kan kuabaikan kata hatiku)
I won't say a word
(Takkan kuucap sepatah kata pun)
They've all been said before you know
(Semuanya tlah terucap sebelum kau tau)
So why don't we just play pretend
(Jadi mengapa kita tak pura-pura saja)
Like we're not scared of what's coming next
(Seolah kita tak takut pada apa yang kan terjadi)
Or scared of having nothing left
(Atau takut tak memiliki apa-apa lagi)


Makna Lirik Verse 1: Mengetahui hubungannya akan segera berakhir dan tak bisa diperbaiki lagi, Adele kemudian diam seribu bahasa. Karena untuk apa berucap, untuk apa berargumen, untuk apa berdebat, toh hubungan antara ia dan kekasihnya tidak bisa dibenahi lagi. 

Pre-Chorus
Look, don't get me wrong
(Dengar, jangan salah paham)
I know there is no tomorrow
(Aku tahu tak ada hari esok)
All I ask is
(Yang kupinta hanya)


Makna lirik Pre-Chorus: Adele dan kekasihnya berkomitmen untuk berpisah pada malam hari. Dan akan benar-benar berpisah pada pagi harinya. Oleh sebab itu sebelum perpisahan itu terjadi,  Adele pun meminta/all I ask pada kekasihnya untuk...

Chorus/Reff:
If this is my last night with you
(Jika ini malam terakhirku denganmu)
Hold me like I'm more than just a friend
(Dekaplah aku layaknya seorang sahabat)
Give me a memory I can use
(Beri aku kenangan yang bisa kugunakan)
Take me by the hand while we do what lovers do
(Raih tanganku mari bermesraan)
It matters how this ends
(Sungguh penting bagaimana akhirnya)
'Cause what if I never love again?
(Karena bagaimana bila aku tak pernah mencinta lagi?)

Makna Lirik Chorus/Reff: Di malam terakhir sebelum perpisahan mereka, dimana esok hari kekasihnya kan benar-benar pergi meninggalkannya, Adele pun meminta/all I ask kekasihnya untuk berpura-pura baik padanya, untuk berpura-pura bahagia, agar hubungan mereka berakhir dengan manis tanpa sebuah perdebatan. Ya, karena perpisahan yang manis itu akan lebih manis dari pada harus bertengkar, itulah yang diinginkan Adele.

Kepura-puraan itu, juga tergambar jelas lewat lirik (If this is my last night with you, hold me like I'm more than just a friend / Jika ini malam terakhirku denganmu, dekaplah aku layaknya seorang sahabat).  Lirik ini bukan berarti bahwa mereka sebelumnya adalah sahabat. Lirik ini adalah ungkapan tersirat Adele yang seolah mengatakan  “Jika memelukku layaknya seorang kekasih akan membuat hatimu sakit, maka peluklah aku layaknya seorang sahabat

Menurut Adele, berpisah dengan cara yang manis adalah hal yang begitu penting. Karena lewat perpisahan yang manis biasanya akan tercipta momen yang manis pula. Momen manis itulah yang akan Adele selalu ingat disisa hidupnya.

Bridge:
Let this be our lesson in love
(Biarlah ini jadi pelajaran cinta kita)
Let this be the way we remember us
(Biar ini jadi cara kita mengingat diri kita)
I don't wanna be cruel or unjust
(Aku tak ingin kejam atau tak adil)
And I ain't asking for forgiveness
(Dan aku tak meminta pengampunan)
All I ask is
(Yang kupinta hanyalah)

Makna Lirik Bridge: Bertemu dengan cara yang baik, berpisah pun dengan cara yang baik. Adele hanya ingin menjadi orang yang dewasa/bijaksana dengan menerima perpisahan tersebut. Adele juga tak meminta hal apapun, kecuali hanya meminta kekasihnya untuk bersikap baik saat mereka berpisah, tanpa sebuah pertengkaran.

Kesimpulan Makna Lirik Lagu All I Ask:

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, dapat disimpulkan kalau lagu All I Ask menceritakan tentang hubungan percintaan antara Adele dan kekasihnya yang sudah diambang kehancuran/perpisahan. Hubungan tersebut sepertinya tak bisa lagi dibenahi. Oleh sebab itu, di malam terakhir sebelum perpisahan mereka, Adele pun meminta/all I ask pada kekasihnya untuk berpura-pura baik padanya, untuk berpura-pura bahagia, agar hubungan mereka berakhir dengan baik, tanpa sebuah amarah, dendam atau perdebatan.

Lagu All I Ask seolah menjelaskan pada kita untuk bersikap dewasa dalam menghadapi perpisahan. Karena dengan bersikap dewasa, kita akan menerima perpisahan sebagai pelajaran hidup. Karena dengan bersikap dewasa, kita juga akan menerima perpisahan dengan iklas dan lapang dada, tanpa sebuah dendam dan amarah. Kita semua pasti memulai sebuah hubungan dengan cara yang baik, maka berpisah pun harusnya dengan cara yang baik.

Informasi Lirik Lagu All I Ask

*Penulis lirik lagu All I Ask adalah Adele, Christopher Brown, Bruno Mars, dan Philip Lawrence. Lagu All I Ask rilis pada tanggal 20 November 2015. Lagu All I Ask masuk ke dalam 25 (2015). Sedangkan interpretasi dan pemaknaan pada lirik lagu All I Ask berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpretasi dan pemaknaan di lirik lagu All I Ask milik Adele ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu All I Ask milik Adele, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi dan pemaknaan di lirik lagu All I Ask milik Adele jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.

Adele ~ All I Ask (Official Music Video)

3 Responses to "Makna Dibalik Lagu Adele ~ All I Ask"

  1. Keren.. Bedah juga dong lirik lagu white flag nya dari Dido.

    BalasHapus
  2. Huaaaa makiin ngena setelah tau maknanya....

    BalasHapus
  3. siapapun kamu yang ada di web ini, mengulik lagu ini. aku berterima kasih, semoga kamu bisa interpretasi lagu lagu lainnya ya. sehat selalu untukmu, kerabat, serta keluarga❤️

    BalasHapus