Pencarian

Makna Dibalik Lagu Ben Howard ~ Promise: Lagu Untukmu yang Sedang Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)


Hubungan jarak jauh bukanlah keputusan yang mudah diambil. Tak dapat bertemu setiap hari, setiap pekan, bahkan setiap bulan adalah risiko yang harus dijalani. Godaan, rintangan, keluh kesah pasti jadi kawan karib setiap waktu. harus diakui, jarak memang bisa berubah jadi serumit itu. Terlebih bagi mereka yang hatinya belum begitu lekat. Walaupun tak selalu bermakna tentang hubungan Long Distance Relationship, lagu ini seolah bisa mengajarkan padamu bagaimana caranya menjalin hubungan jarak jauh.  

Lagu promise seolah ingin mengungkapkan makna tentang “arti menunggu.” Ya, menunggu, sebuah kata simple yang kadang sulit untuk dijalani, karena selalu berkaitan dengan seberapa sabar kamu menunggu? Seberapa berkomitmenya kamu menunggu? Seberapa kamu terbebani dalam menunggu? Atau tentang Seberapa setianya kamu menunggu, orang yang kamu sayangi?  

Entah kenapa lagu ini tak begitu terkenal. Padahal lagu ini keren banget, sendu, tapi petikan gitanya selalu nenangin, cocok buat kalian yang lagi rindu-rindunya karna LDR. Okelah untuk lebih jelasnya kita interpretasi dan maknai saja liriknya bait-demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.



And meet me there, bundles of flowers.
Dan temui aku di sana, dengan seikat bunga.
We'll wade through the hours of cold.
Kita akan menyeberang melewati waktu-waktu yang dingin.
Winter she'll howl at the walls.
Musim dingin, dia akan meraung ke dinding-dinding.
Tearing down doors of time.
Meruntuhkan pintu-pintu waktu.
Shelter as we go.
Berlindung seraya kita pergi.
Ben (si penulis lagu) dalam lirik ini seolah ingin mengungkapkan tentang bisakah kekasihnya menunggu dirinya saat dirinya pergi. Bisakah kekasihnya menunggu dirinya walau harus menunggu dalam waktu-waktu yang dingin atau keadaan sulit. Ben hanya berharap kekasihnya bisa menunggunya dan membawakan seikat bunga saat dirinya kembali.



and promise me this.
Dan janjikan ini padaku.
You'll wait for me only.
Kau akan menunggu hanya untukku.
Scared of the lonely arms.
Takut dengan lengan kesepian.
Surface, far below these birds.
Muncul, jauh di bawah burung-burung ini.

And maybe, just maybe I'll come home.
Dan mungkin, mungkin aku akan pulang.
Dilirik ini, ben (penulis lagu) juga seolah meminta kekasihnya untuk berkomitmen, untuk menunggunya walaupun entah, tak tahu kapan ia akan kembali. Lirik “promise” secara langsung mengatakan bahwa menunggu itu bukanlah kata-kata simple. karena di dalam kata menunggu, ada sebuah janji, ada sebuah komitmen yang harus dipegang erat dalam suasana ketidak pastian.

Orang-orang dengan hubungan jarak jauh, dan terus-terusan menunggu, memang harus berkomitmen seperti itu, karena jika tidak, dia akan jatuh ke pelukan orang lain karena dia kesepian.



Who am I, darling to you?
Siapa aku bagimu, sayang?
Who am I?
Siapa aku?
To tell you stories of mine.
Untuk menceritakan padamu kisah-kisah milikku.
Who am I?
Siapa aku?

Who am I, darling for you?
Siapa aku bagimu, sayang?
Who am I?
Siapa aku?
To be your burden in time, lonely.
Untuk menjadi bebanmu di dalam waktu, kesepian.
Who am I, to you?
Siapa aku bagimu?

Who am I, darling to you?
Siapa aku bagimu, sayang?
Who am I?
Siapa aku?
Penulis lagu disini mengajukan pertanyaan yang jelas pada kekasihnya. Apakah arti si penulis lagu bagi kekasihnya? Penulis lagu disini juga seolah ingin menjelaskan bahwa cinta sejati itu tentang komitmen, menjaga semua yang ada termasuk sebuah rahasia. Adalah tentang sebuah keiklasan, karena jika tidak iklas hal tersebut hanya akan menjadi beban waktu bagi kekasihnya.

Intinya, di lirik ini ben seolah menanyakan tentang seberapa berartinya ia bagi kekasihnya. Jika kekasihnya benar-benar yakin akan Ben, kekasihnya pasti akan menunggu. Karena sebuah keyakinan dan komitmen biasanya adalah dasar dai seseorang dalam menunggu.

Di lirik ini penulis laguterus saja bertanya-dan bertanya untuk memastikan komitmen kekasihnya. Ini menunjukan bahwa hati itu rapuh, jadi Ben hanya ingin meyakinkan.



I come alone here.
Aku datang ke sini sendirian.
I come alone here.
Aku datang ke sini sendirian.
Belum tahu benar makna lirik ini. Setelah semua komitmen yang terlontar diawal lirik, mungkin pada akhirnya kekasihnya tidak mau berkomitmen dan menunggu ben. Buktinya ben menuliskan bahwa dirinya hanya sendirian?  sendu



Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Promise seolah menerangkan tentang arti kata menunggu bagi seorang pasangan yang ditinggal pergi kekasihnya. Lagu ini seolah memandang bahwa menunggu orang yang kita cintai itu tak mudah.Karena di dalam kata menunggu ada sebuah janji, ada sebuah komitmen yang harus dipegang erat dalam suasana ketidak pastian.

Faktanya, hati itu rapuh, hati itu cepat berubah. Lagu ini hanya ingin mempertanyakan semua itu, tentang bisakan kamu menunggu kekasihmu yang sedang pergi? Seberapa berkomitmenya kamu menunggu dirinya? Seberapa kamu terbebani dalam menunggu dalam ketidakpastian? Atau tentang Seberapa setianya kamu menunggu, orang yang kamu sayangi?  Lagu ini seolah memandang bahwa orang yang bisa menunggu kekasihnya, adalah orang yang mungkin punya cinta sejati.

Dalam hubunganya dengan Long Distance Relationship, harusnya kita sudah punya komitmen yang kuat, aturan yang wajib disepakati bersama, juga janji-janji yang harus diucapkan. Percayalah itu adalah kunci utama sebelum memutuskan melanjutkan hubungan berbatas jarak merurut lagu ini.






*Penulis lirik lagu Promise adalah Ben Howard. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Ben Howard ~ Promise: Lagu Untukmu yang Sedang Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel