Pencarian

Makna Dibalik Lagu The Chainsmokers ~ Closer: Apa yang akan kalian lakukan ketika bertemu mantan?


Setelah putus cinta, bertemu dengan sang mantan kekasih sepertinya menjadi hal yang tak diinginkan siapa saja. Bener nggak? Kalau sudah begini, pernah merasa penasaran apa yang terjadi dengan otak saat bertemu mantan tidak? Biasanya ketika bertemu mantan, pikiranmu seolah dibuat kacau. Salah tingkah, jantung berdegup kencang hingga galau bisa saja kamu alami. Sosok satu itu seolah menyita seluruh pikiran dan perasaanmu. Dan Lagu "Closer" sepertinya bercerita tentang sepasang kekasih yang setelah mereka putus, tanpa sengaja mereka bertemu kembali. Oke supaya engga penasaran, yuk lah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya.

Hey, I was doing just fine before I met you
Hei, aku baik-baik saja sebelum bertemu denganmu
I drink too much and that's an issue
Masalahku hanyalah terlalu banyak minum
But I'm Ok
Tapi aku baik-baik saja
Hey, tell your friends it was nice to meet them
Hei, bilang pada teman-temanmu, senang bertemu mereka
But I hope I never see them again
Tapi kuharap takkan bertemu mereka lagi
Di lirik ini seolah penulis lagu menggambarkan sebuah adegan di mana dia melihat seorang (mantan pacar si penulis lagu). Penulis lagu dilirik ini seolah mengakui bahwa penyebab hubungan mereka putus adalah karena si penulis lagu sering mabuk mabukan (sehingga mantan pacarnya memutuskanya). Penulis lagu tahu itu salah, tapi hatinya sedikit sakit. Lirik “I’m Ok” sepertinya adalah antithesis bahwa hatinya ga baik-baik saja. Lirik selanjutnya ia mengatakan bahwa ia “tak mau bertemu kawan-kawanya lagi” bisa bermakna kawan mantanya itu adalah seorang laki-laki jadi ia mungkin cemburu dengan kawan mantanya tersebut

I know it breaks your heart
Aku tahu hatimu terluka
Moved to the city in a broke down car
Pindah ke kota naik mobil rongsokan
And four years, no calls
Dan empat tahun, tanpa telepon
Now you're looking pretty in a hotel bar
Kini kau terlihat cantik di bar hotel
And I, can't stop
Dan aku tak bisa berhenti
No, I can't stop
Tidak, aku tak bisa berhenti
Lirik adalah penggambaran bagaimana hubungan pemulis lagu dan mantanya berakhir. Akhirnya mantanya pergi meninggalkannya dan pindah. Namun setelah 4 tahun tanpa berhubungan, tanpa sengaja mereka bertemu. Dan Namanya juga sudah jadi mantan, kenapa setiap ketemu mantan-mantan itu selalu berubah jadi cantik. Dan bisa ditebak, penulis lagu “can’t stop” atau bisa bermakna si penulis lagu ga bisa berhenti mengaguminya.

So baby pull me closer in the back seat of your Rover
Jadi kasih, dekaplah aku erat di kursi belakang Rovermu
That I know you can't afford
Yang kutahu kau tak mampu membelinya
Bite that tattoo on your shoulder
Gigit tato di bahumu
Pull the sheets right off the corner
Tarik selimut dari pojok
Of the mattress that you stole
Pojok matras yang kau curi
From your roommate back in Boulder
Dari teman kamarmu di Boulder
We ain't ever getting older
Kita takkan pernah menua

We ain't ever getting older
Kita takkan pernah menua
We ain't ever getting older
Kita takkan pernah menua
Lirik reff ini adalah inti dari lagunya. Entak pemikiran saya yang jorok atau gimana memaknai liriknya, tapi di lirik ini si penulis lagu seolah bercerita tentang pasangan (penulis lagu dan mantanya) yang sedang berhubungan s@@s. Jadi mungkin ini adalah salah satu faktor penyebab hubungan mereka hancur karena mereka hanya mengedepankan nafsu, hidup bebas ketimbang cinta yang murni (mungkin ya, itu hanya menurut interpretasi saya)
Lirik "Kita tidak pernah bertambah tua" menjelaskan lebih lanjut bahwa kehidupan yang bebas (dimana setiap momen dihabiskan hanya untuk nafsu dan hura-hura) tak pernah memikirkan masa depan,

You, look as good as the day I met you
Kau, terlihat seindah saat pertama kujumpai
I forget just why I left you, I was insane
Aku lupa mengapa kutinggalkan dirimu, aku gila
Stay, and play that Blink-182 song
Tinggallah, dan mainkan lagu Blink 182 itu
That we beat to death in Tucson, OK
Dengan lagu itu kita berjingkrak di Tucson, OK
Setelah semua adegan panas di lirik reff, lagu kemudian dinyanyikan oleh Halsey (mantan kekasihnya). Sepertinya si penulis lagu dan mantanya (Helsey) terlihat lebih dekat setelah adegan panas di reff tadi. Mantanya memandang bahwa penulis lagu juga masih terlihat ganteng dari pertamakali mereka jumpa.
Mantanya (Halsey) lalu menyuruh penulis lagu memutar lagu Blink-182. Dan kemungkinan lagu yang dimaksud di lirik ini adalah lagu blink-182 yang berjudul "I Miss You". Menilik pada realitas mereka saling merindukan karena setelah 4 tahun mereka tak bertemu.

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu ini bercerita tentang sepasang kekasih yang setelah mereka putus, tanpa sengaja mereka bertemu kembali. Di lirik lagu juga digambarkan bagaimana hubungan penulis lagu dan mantanya berakhir. Dan Namanya juga sudah jadi mantan, kenapa setiap ketemu mantan-mantan itu selalu berubah jadi cantik. Ya, karena mungkin karena rindu, akhirnya mereka berdua berhubungan badan.

lagu"Closer" memiliki beberapa aspek menarik yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita. Terutama tentang gaya hidup bebas anak muda milenial yang suka hura-hura m@buk alk*hol, yang hidupnya hanya mengedepankan nafsu (hubungan fisik) terhadap pasanganya. Semua itu adalah faktor penyebab kenapa hubungan mereka hancur. Lebih lanjut, kehidupan seperti itulah yang kadang membua seorang remaja tidak peduli lagi untuk memikirkan masa depan. Ingat, jika terus dilakukan sikap tersebut tak hanya,menghancurkan hubungan percintaan saja, namun seluruh hidup.








*Penulis lirik lagu Closer adalah The Chainsmokers. Lagu ini rilis pada tahun 2016. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu The Chainsmokers ~ Closer: Apa yang akan kalian lakukan ketika bertemu mantan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel