Makna Dibalik Lagu Christina Perri ~ A Thousand Years

Makna lirik lagu A Thousand Years, bercerita tentang cinta abadi, sebuah cinta tak terbatas yang akan berlangsung ribuan tahun lamanya. Cinta abadi tersebut bisa kita dapatkan, lewat jalinan pernikahan. Karena hanya dalam pernikahan, kita dapat berikrar sehidup semati, menjalani hari-hari bersama pasangan hingga tua nanti, hingga ajal menjemput, sampai surga mempertemukan kita dengan pasangan kita kembali, dan menjadikan cinta kita kekal abadi.

Lagu A Thousand Years sebenarnya ditulis oleh Christina Perri untuk soundtrack film "The Twilight Saga: Breaking Dawn". Maka lirik lagunya, kemudian juga berkaitan dengan cerita cinta antara Bella dan Edward (pemeran utama film). 

Diceritakan dalam sinopsis filmnya, Bella dan Edward yang telah lama menjalin hubungan, kemudian memantapkan diri untuk menikah. Ditengah-tengah kerumunan orang yang menghadiri resepsi pernikahan, ditengah-tengah suasana haru yang penuh kegugupan, Bella dan Edward kemudian mengikrarkan janji pernikahan, sebuah janji sakral tentang cinta sehidup semati, tentang cinta yang akan abadi hingga ribuan tahun lamanya. Dimomen inilah, lagu A Thousand Years kemudian sayup-sayup terdengar sebagai soundtrack acara pernikahan Bella dan Edward. Jadi jelaslah jika lirik lagunya punya tema tentang pernikahan.

Saat diwawancarai media Billboard magazinea Perri menjelaskan "Aku menonton filmnya terlebih dahulu sebelum dirilis. Dan dengan seketika  aku yang berada dibangku terdepan menangis menyaksikan kisah filmnya yang begitu romantis. Akupun kemudian langsung pulang dan menulis lirik A Thousand Years. 

Oke, Untuk lebih memperjelas bagaimana alur cerita lagunya, mari kita interpretasi dan maknai saja liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
Heart beats fast
(Jantungku berdebar kencang)
Colors and prom-misses
(Warna-warni dan janji-janji)
How to be brave
(Bagaimana agar berani)
How can I love, when I'm afraid to fall?
(Bagaimana bisa aku mencinta, saat aku takut jatuh?)


Makna Lirik Verse 1: Lagu A Thousand Years menceritakan kisah dari sudut pandang Bella dan Edward (Pemeran utama film The Twilight Saga: Breaking Dawn), yang sedang merasakan suasana haru karena mereka sedang melangsungkan acara pernikahan. Ditengah-tengah kerumunan orang yang menghadiri resepsi pernikahan, Bella kemudian muncul, berjalan menuju aula pernikahan untuk menemui Edward yang tlah menunggunya sebagai mempelai pria. Dalam perjalanan itu, jantung Bella seolah berdebar-debar, pikiranya penuh dengan warna-warni kegembiraan, dan hatinya penuh dengan janji-janji kesetiaan. 

Lirik (How can I love, when I'm afraid to fall? / Bagaimana bisa aku mencinta, saat aku takut jatuh?) menjelaskan kalau selain rasa gembira, Bella juga merasakan cemas. Rasa cemas ini berkaitan dengan keputusannya yang memberanikan diri untuk menikah, sementara ia masih takut terjatuh, masih takut tersakiti, dan masih takut kalau-kalau pernikahan itu tak berjalan sebagaimana mestinya.

Pre-Chorus:
But watching you stand alone
(Namun melihatmu sendirian)
All of my doubt suddenly goes away somehow
(Segala bimbangku mendadak hilang)
One step closer
(Selangkah lebih dekat)


Makna Lirik Pre-Chorus: Namun segala ketakutan dan kebimbangan Bella kemudian sirna, setelah ia melihat Edward yang berdiri tegak menunggunya ditengah-tengah aula pernikahan. Langkah Bella pun kemudian penuh dengan keyakinan. Langkah-demi langkah ia kemudian sedikit lebih dekat, tuk menemui calon suaminya yang kelihatan gagah itu. 

Chorus/Reff:
I have died every day waiting for you
(Tiap hari aku tlah mati karena menantimu)
Darling don't be afraid
(Kasih jangan takut)
I have loved you for a thousand years
(Aku tlah mencintaimu ribuan tahun)
I'll love you for a thousand more
(Aku kan mencintaimu ribuan tahun lagi)


Makna Chorus/Reff: Momen pernikahan ini telah dinantikan oleh Bella sudah sejak lama. Sampai-sampai ia merasa seolah mati karena terus-terusan menanti Edward mempersunting dirinya. Namun ketika pernikahan ini akhirnya terjadi, Bella pun berjanji akan mencintai Edward untuk selama-lamanya. Cerita cinta mereka pun berakhir dengan abadi, tak terbatas hingga seribu tahun lamanya.

Kata (A Thousand Years/ribuan tahun) dipakai sebagai judul lagu, dan terus-terus diulang dalam lirik lagunya, punya artian jika pernikahan itu merupakan suatu bentuk cinta yang paling abadi, yang tak berbatas hingga ribuan tahun lamanya. karena faktanya hanya dalam pernikahanlah, kita dapat berikrar untuk sehidup semati, menjalani hari-hari bersama pasangan hingga tua nanti, hingga ajal menjemput, sampai surga mempertemukan kita dengan pasangan kita kembali. Itulah yang kan menjadikan cinta kita kekal abadi.

Verse 2:
Time stands still
(Waktu berhenti berputar)
Beauty in all she is
(Segala tentangnya begitu indah)
I will be brave
(Aku akan berani)
I will not let anything take away
(Takkan kubiarkan segalanya berlalu begitu saja)
What's standing in front of me
(Apa yang menghalangi di depanku)
Every breath
(Tiap tarikan nafas)
Every hour has come to this
(Tiap jam telah sampai di sini)
One step closer
(Selangkah lebih dekat)

Makna Lirik Verse 2: Poresi akad pun dilangsungkan. Bagi Bella dan Edward bahkan bagi semua orang yang telah menikah, Akad merupakan prosesi tersakral dalam sebuah acara pernikahan. Di momen ini waktu seraya berhenti, bersamaan dengan hirupan nafas yang berat untuk berikrar janji. Setelah prosesi ini, kegugupan pun berubah menjadi haru bercampur bahagia. Seolah tak menyangka jika semua itu kan jadi nyata. 

Bridge:
And all along I believed I would find you
(Dan selama itu aku yakin aku kan temukan dirimu)
Time has brought your heart to me
(Waktu tlah membawa hatimu padaku)
I have loved you for a thousand years
(Aku tlah mencintaimu ribuan tahun)
I'll love you for a thousand more
(Aku kan mencintaimu ribuan tahun lagi)

Makna Lirik Bridge: Lirik (Time has brought your heart to me / Waktu tlah membawa hatimu padaku) menjelaskan jika pernikahan antara Bella dan Edward terjadi atas dasar cinta, dan bagaimana ketetapan takdir atau waktu yang sifatnya tak bisa berubah, juga turut menjadi andil dalam pernikahan mereka. Akhirnya kisah cinta mereka pun berakhir dengan bahagia.

Kesimpulan Lirik Lagu A Thousand Years Milik Christina Perri

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa makna lagu A Thousand Years bercerita tentang cinta abadi, sebuah cinta tak terbatas yang akan berlangsung ribuan tahun lamanya. Cinta abadi tersebut bisa kita dapatkan, lewat jalinan pernikahan. 

Kata (A Thousand Years/ribuan tahun) dipakai sebagai judul lagu, dan terus-terus diulang dalam lirik lagunya, punya artian jika pernikahan itu merupakan suatu bentuk cinta yang paling abadi, yang tak berbatas hingga ribuan tahun lamanya. karena faktanya hanya dalam pernikahanlah, kita dapat berikrar untuk sehidup semati, menjalani hari-hari bersama pasangan hingga tua nanti, hingga ajal menjemput, sampai surga mempertemukan kita dengan pasangan kita kembali. Itulah yang kan menjadikan cinta kita kekal abadi.

Namun perlu digaris bawahi, jika pernikahan juga tak bisa serta-merta terjadi begitu saja. Lirik (Time has brought your heart to me / Waktu tlah membawa hatimu padaku) menjelaskan jika pernikahan itu harus terjadi atas dasar sama-sama cinta, dan bagaimana ketetapan takdir atau waktu yang sifatnya tak bisa berubah, juga turut menjadi andil dalam pernikahan suatu pernikahan. Lagu yang begitu romantis.

Informasi Lirik Lagu A Thousand Years

*Penulis lirik lagu A Thousand Years adalah Christina Perri dan David Hodges. Lagu A Thousand Years rilis pada tanggal 18 Oktober 2011. Lagu A Thousand Years masuk ke dalam album The Twilight Saga: Breaking Dawn, Pt. 1 (Original Motion Picture Soundtrack) (2011). Sedangkan interpretasi dan makna pada lirik lagu A Thousand Years milik Christina Perri ini, berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi dan makna di lirik lagu A Thousand Years milik Christina Perri ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu A Thousand Years milik Christina Perri ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi dan pemaknaan di lirik lagu Thousand Years milik Christina Perri ini, jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah

Christina Perri ~ A Thousand Years (Official Music Video)

1 Response to "Makna Dibalik Lagu Christina Perri ~ A Thousand Years"

  1. Lagu ini = yg sedang aku rasakan saat ini. Thanks min, maknanya mendalam banget, aku jd terbawa suasana :')

    BalasHapus