Pencarian

Makna Dibalik Lagu Christina Perri ~ A Thousand Years: Tentang penantian cinta yang berujung manis


Pernahkah kamu merasa sangat lelah karena menunggu kekasih hati yang tak kunjung memberikan kepastian terhadap hubungan kalian? Atau, pernahkah kau pernah merasa sangat lelah untuk menunggu kedatangan seseorang yang selalu kau sebut namanya dalam doa? bagaimana perasaanmu selama masa penantian itu? Apakah kamu bosan atau justru senang karena menunggu sesuatu yang menurutmu penting?

Bagaimanapun perasaanmu, dengarkanlah lagu ini. Lagu ini seolah memandang bahwa salah satu bentuk cinta sejati adalah “menunggu” orang yang memang benar-benar kita cintai. Kita memang harus menunggu, karena mengungkapkan perasaan kepada orang yang disayang memang tak mudah. Kita harus punya momen, keyakinan yang tepat, selangkah demi selangkah, dan sebuah kesabaran walaupun harus 100 tahun lamanya. Oke untuk lebih jelasnya, yuk lah kita interpretasi dan maknai lirik lagunya bait demi bait.

Heart beats fast
Jantungku berdebar kencang
Colors and prom-misses
Warna-warni dan janji-janji
How to be brave
Bagaimana agar berani
How can I love when I'm afraid to fall?
Bagaimana bisa aku cinta saat aku takut jatuh?

But watching you stand alone
Namun melihatmu sendirian
All of my doubt suddenly goes away somehow
Segala bimbangku mendadak hilang
One step closer
Selangkah lebih dekat
Lirik ini sepertinya bermakna bahwa penulis lagu jatuh hati/mencintai seorang pria, tetapi tidak pernah memberitahunya. Ia salah tingkah, Jantungnya berdetak kencang ketika dia berada di dekatnya, dia memiliki begitu banyak "warna" atau kegembiraan hidup, atau yang jelas hidupnya berseri-seri lah dengan kehadiran si pria. Ia sangat mencintai pria tersebut tapi dia “takut jatuh” yang berarti takut cintanya tak terbalas.

Namun penulis lagu melihat orang yang ia cintai (si pria) “berdiri sendirian” bisa bermakna si pria  jomblo. Penulis lagu pun melihat sebuah kesempatan. Semua keraguannya hilang, dia harus memberitahunya, mengambil langkah lebih dekat kepadanya, dan mengatakan bahwa ia mencintai pria tersebut.

I have died every day waiting for you
Tiap hari aku tlah mati karena menantimu
Darling don't be afraid
Kasih jangan takut
I have loved you for a thousand years
Aku tlah mencintaimu ribuan tahun
I'll love you for a thousand more
Aku kan mencintaimu ribuan tahun lagi
Lirik pada reff ini adalah pengakuannya bahwa si penulis lagu mencintai pria tersebut. Dalam lirik tersebut diungkapkan “tiap hari aku mati karna menantimu” atau bisa di maknai rasa sakit penulis lagu karena terus sabar menuggu si pria yang ia cintai, bahwa ia benar-benar menunggu, jadi cintanya benar-benar murni. Sehingga, penulis lagu seolah memberitahu pada pria yang ia sukai utuk tidak takut/tidak ragu. Ia telah mencintai pria itu sebelum-nya dan akan terus mencintainya selama ribuan tahun lagi. Romantinsnya.

Time stands still
Waktu berhenti berputar
Beauty in all she is
Segala tentangnya begitu indah
I will be brave
Aku akan berani
I will not let anything take away
Takkan kubiarkan segalanya berlalu begitu saja

What's standing in front of me
Apa yang menghalangi di depanku
Every breath
Tiap tarikan nafas
Every hour has come to this
Tiap jam telah sampai di sini
One step closer
Selangkah lebih dekat
Lirik ini menjelaskna lebih lanjut setelah si penuis lagu mengungkapkan semua perasaanya. Suasanyanya hening, ia merasa menikmati momen-momen tersebut, berani, dan plong telah mengungkapknanya. Setiap napas, setiap jam yang dia habiskan untuk menunggunya telah datang ke momen ini. Dia mengambil satu langkah maju.

And all along I believed I would find you
Dan selama itu aku yakin aku kan temukan dirimu
Time has brought your heart to me
Waktu tlah membawa hatimu padaku
I have loved you for a thousand years
Aku tlah mencintaimu ribuan tahun
I'll love you for a thousand more
Aku kan mencintaimu ribuan tahun lagi

One step closer
Selangkah lebih dekat
One step closer
Selangkah lebih dekat
Saya percaya pada lirik ini pria tersebut mengatakan pada penulis lagu bahwa dia juga mencintainya. Selama ini dia tahu bahwa dia akan "menemukan", atau bahwa dia akhirnya tahu bagaimana perasaannya. Waktu membawa "hati" padanya, yang berarti bahwa perasaannya tumbuh dan berkembang sampai dia siap untuk memberitahunya. Dia mengulangi bahwa dia telah mencintainya sejak lama dan akan terus mencintainya. Setiap kata “One step closer” yang diucapkan adalah satu langkah lebih dekat ke kebahagiaan yang dia impikan.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, jelaslah bahwa lagu ini bermakna tentang seorang wanita (penulis lagu) yang mengungkapkan perasaanya pada pria yang ia cintai. Dalam uppaya mengungkapkan rasanya, ia sabar menunggu dengan sepenuh hati, dengan keyakinan, ketulusan dan rasa cintanya, bahkan ia rela menunggu bagai 100 tahun lamanya. Usahanya tersebut terbayar lunas, karena si ria juga sepertinya mencintainya.

Lagu yang indah, lagu yang romantis. Dari lagu ini kita belajar bahwa menunggu dia yang kita cintai terlihat manis sekali. Tak banyak orang yang bisa menunggu seseorang dalam jangka waktu yang lama untuk memberi kepastian hubungan. Kamu juga akan dinilai sebagai seseorang yang tangguh dan setia. Karena mampu bertahan pada satu hati seorang pria. Untuk urusan satu ini, jelas ketangguhanmu tak perlu diragukan lagi. Jika kamu sudah melakukan semua hal itu, yakinlah bahwa kisah cintamu akan berakhir manis.





*Penulis lirik lagu A Thousand Year adalah Christina Perri. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

1 Response to "Makna Dibalik Lagu Christina Perri ~ A Thousand Years: Tentang penantian cinta yang berujung manis"

  1. Lagu ini = yg sedang aku rasakan saat ini. Thanks min, maknanya mendalam banget, aku jd terbawa suasana :')

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel