Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Oasis ~ Stand by Me


Siapapun itu orangnya, dalam hidup pasti akan dan pernah merasakan hidup yang sulit. Hanya saja masing-masing orang berbeda cara menghadapi dan menanganinya. dan kebanyakan orang-orang selalu memendam kesulitan tersebut dalam dirinya. Meskipun sebenarnya sendiri pun bisa menghdapi hal sulit itu, namun hal itu tidak terlalu baik jika di pikir-pikir, karena kalian di dunia ini tidak hidup sendirian. Oleh sebab itu, kalian butuh adanya “seseorang” yang memberikan dukungan baik dalam keadaan sulit ataupun senang.

Menyambung paragraf diatas, “Stand by Me” mungkin akan cocok untuk kalian dengarkan saat mengalami hal tersebut. Lagu ini sepertinya bercerita tentang kisah nyata perjuangan penuls lagu (Noel Gallagher) dalam menitih karir. Didalam lagu dijelaskan bahwa dalam menitih karir, penulis lagu harus menghadapi rintangan yang berat sehingga ia membutuhkan orang “spesial” yang selalu berdiri bersamanya, yang selalu mendukungnya baik dalam keadaan susah maupun senang.

Begitukah makna dari lagu ini? Untuk lebih jelasnya, bacalah pelan-pelan interpretasi dan makna dari lirik lagu ini bait demi bait.

Verse 1:
Made a meal and threw it up on Sunday
Bersantap dan memuntahkannya di hari Minggu
I've Gotta lot of things to learn
Banyak hal yang harus kupelajari
Said I would and I'll be leaving one day
Kubilang aku mau dan akan pergi suatu hari
Before my heart starts to burn
Sebelum hatimu mulai terbakar
Verse 1 dibuka dengan lirik “Made a meal and threw it up on Sunday”, kurang jelas sebenarnya apa maknanya. Namun setelah di telusuri, si penulis lagu (Noel Gallagher) memaknai bahwa lirik ini adalah inspirasi terciptanya lagu, yaitu sebuah kisah pribadi tentang bagaimana ia keracunan makanan. Ketika itu memang Noel baru pindah dari kota Manchester ke London, ibunya terus khawatir dan terus menelepon dan bertanya apakah Noel makan dengan benar atau tidak. Untuk meyakinkan kegelisahan ibunya, akhirnya Noel memutuskan untuk memasak daging panggang pada hari Minggu. Dan bisa ditebak, seharusnya Noel banyak “belajar”, karena akhirnya ia sakit akibat keracunan makanan yang ia masak sendiri.

Bridge:
So what's the matter with you?
Jadi, ada apa denganmu?
Sing me something new
Nyanyikan aku lagu baru
Don't you know the cold and wind and rain don't know
Tidakkah kau tahu bahwa dingin dan angin dan hujan tak tahu
They only seem to come and go away
Semua itu tampaknya hanya datang dan pergi
Tak jelas apakah maksud dari lirik Bridge ini. Namun yang jelas, jika membaca sejarah Oasis, si penulis lagu (Noel Gallagher) memang harus mengejar karir dengan pindah dari kota Manchester ke London. Mungkin (menurut intrepretasi saya pribadi) ini adalah saat-saat dimana transisi hidup Noel dalam mengejar karir yang sedikit berat. Lirik “Nyanyikan aku lagu baru“seolah menerangkan, jika ia tak melakukan transisi/pindah dalam hidup, hidupnya tak akan berubah, ia tak dapat pengalaman baru, lirik ini seperti ungkapan kata pepatah “ahh lagu lama”. Karena semua itu bagai angin dan hujan yang cepat berlalu, hadapi saja. (toh benar, Noel akhirnya sukses bersama Oasis setelah periode transisi berat itu)

Verse 2:
Times are hard when things have got no meaning
Waktu terasa berat saat semuanya tiada arti
I've found a key upon the floor
Aku tlah temukan kunci di atas lantai
Maybe you and I will not believe in the things we find
Mungkin kau dan aku takkan percaya hal-hal yang kita temukan
Behind the door
Di balik pintu
Yap, sepertinya lirik ini adalah lanjutan dari verse 1 dan Bridge, tentang bagaimana Noel mengalami hidup yang sulit, harus keracunan makanan, harus menghadapi periode transisi yang sulit dalam mengejar karir. lirik “Times are hard when things have got no meaning”dapat dimaknai bahwa si penulis lagu (Noel) selalu optimis dalam menghadapi transisi yang sulit dalam hidupnya tersebut. Dipertegas lagui oleh lirik “I've found a key upon the floor/Maybe you and I will not believe in the things we find” yang dapat dimaknai jika Noel tidak optimis, semua periode beratnya itu akan tiada arti. Walaupun Noel tidak tahu akhir perjuanganya seperti apa, Noel tetap berjuang untuk menemukan ‘kunci” yang dapat dimakai sebagai suatu harapan besar tentang masa depan dalam hidupnya

Chorus :
Stand by me, Nobody knows the way it's gonna be
Teruslah bersamaku, Tak ada yang tahu kan seperti apa
Stand by me, Nobody knows the way it's gonna be
Teruslah bersamaku, Tak ada yang tahu kan seperti apa
Stand by me, Nobody knows the way it's gonna be
Teruslah bersamaku, Tak ada yang tahu kan seperti apa
Chorus/reff masih dalam tema yang sama, dimana maknanya adalah dalam mengejar karir yang penuh dengan kesulitan seperti yang diceritakan diatas tadi, ia butuh seseorang yang spesial untuk menemaninya. Yap, di lirik ini Noel seolah meminta seseorang untuk berdiri di sisinya. Seseorang yang akan selalu ada di sana. Walaupun Noel tidak tahu akhir perjuanganya seperti apa, Noel seolah menjelaskan bahwa jika orang tersebut tetap bersamanya mungkin semua yang ia harapkan dapat terwujud.

Verse3:
If you're leaving will you take me with you
Jika kau pergi, akankah kau mengajakku bersamamu
I'm tired of talking on my phone
Aku lelah bicara di telepon
There is one thing I can never give you
Ada satu hal yang tak pernah bisa kuberikan padamu
My heart will never be your home
Hatiku takkan pernah jadi rumahmu
Verse 3 menerangkan lebih lanjut, walapun Noel mengharapkan orang tersebut untuk terus bersamanya dalam meniti karir yang berat, Noel tidak akan memulai hubungan (semacam pacaran) dengan orang tersebut. Jadi lirik “My heart will never be your home’ dapat dimaknai noel tidak membutuhkan pacar, karena yang ia butuhkan adalah seorang teman/teman mesra/sahabat, seseorang yang spesial yang ada tatkala ia susah ataupun senang.

Setelah kita interpretasi dan maknai lagunya, lagu ini seolah bercerita tentang kisah nyata perjuangan penuls lagu (Noel Gallagher) dalam menitih karir. Didalam lagu dijelaskan bahwa dalam menitih karir, penulis lagu menghadapi rintangan yang berat seperti keracunan makanan, mengalami transisi yang sulit saat pindah dari Manchester ke London, ataupun mengunatkan tekatnya dalam menghadapi keraguan akan masa depanya. sehingga dalam menghadapi periode hidup yang sulit tersebut, ia membutuhkan orang “spesial” yang selalu berdiri bersamanya, yang selalu mendukungnya baik dalam keadaan susah maupun senang. Orang “spesial” tersebut bukan juga berarti pacarnya, namun lebih spesifik kearah pertemanan atau kearah persahabatan yang harmonis.

“Stand by Me” adalah lagu yang luar biasa. Lagu ini seolah mengungkapkan makna yang tersembunyi tentang bagaimana kita berjuang dalam hidup yang sulit. walaupun kita tidak tahu akhir perjuangan kita seperti apa dimasa depan, lagu ini seolah mengajarkan kepada kita untuk tetap optimis dan yakin akan perjuangan kita tersebut. Karena kalau kita tidak yakin maka perjuangan tersebut takan punya arti. Dan satu lagi, dalam perjaungan hidup yang sulit, lagu ini menyarankan pada kalian untuk punya orang yang “spesial” yang menemani kalian dalam keadaan susah maupun senang. Kalian tidak berjuang sendirian kan? Jangan merasa sendri 😊









*Penulis lirik lagu Stand by Me adalah Noel Gallagher. Lagu ini rilis pada tahun 1997. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

6 Responses to "Makna Dibalik Lagu: Oasis ~ Stand by Me "

  1. There is one thing I can never give you
    My heart will never be your home

    itulah intinya

    ReplyDelete
  2. Setuju, menurut ane lirik My heart will never be your home adalah kode keras bahwa hati noel bukan buat cewe itu, walopun cewe itu sangat berarrti di hidupnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan suatu saat si cewe itu jadian ya ka.. hehe

      Delete
  3. Replies
    1. hay kak, saya menginterpretasikan lagu ini menurut pendapat pribadi saya sendiri. sebagian ada yang setuju sebagianya lagi ada yang enggak, karna lagunya sendiri memang multi tafsir jadi bisa dimaknai dalam bentuk apapun .

      jadi jika kakak punya interpretasi lain dari lagu ini, mohon tuliskan komentar dibawah yaa kak.. terimakasih :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel