Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Oasis ~ Wonderwall


Lagu ini sangat indah terutama pada liriknya yang multitafsir. Dalam sebuah wawancara, Noel Gallagher (penulis lagu) mengatakan bahwa "Wonderwall" menggambarkan tentang "seorang teman/wanita khayalan yang akan datang dan menyelamatkanya dari dirinya sendiri, dari masalah apa pun yang ia hadapi”

Jika dipelajari lebih dalam, kata "wonderwall" sendiri adalah metaphor yang yang dapat dimakna sebagai "seseorang yang selalu kita pikirkan". Lalu, siapakah wanita yang terus dipikirkan Noel sampai-sampai wanita itu jadi teman hayalanya? Yap, sepertinya ini adalah lagu tentang perasaan si penulis lagu saat mengalami tahap awal cinta. Bisa terpikir kan oleh mu gimana bahagianya? Belum ngungkapin, belum nembak, tapi kamu seolah-olah sudah yankin kalo doi itu bisa jadi yang terbaik yang bisa nyelametin kamu. oke, kita interpretasi dan maknai saja liriknya bait demi bait. 

Verse 1:
Today is gonna be the day that they're gonna throw it back to you
Hari ini akan menjadi hari dimana mereka akan mengembalikannya padamu
By now, you should have somehow realised what you gotta do
Sekarang, kamu seharusnya sudah menyadari apa yang harus kamu lakukan
I don't believe that anybody feels the way I do, about you now
aku tidak percaya pada siapa pun yang merasakan seperti yang kurasa, terhadapmu saat ini
Verse 1, dapat dimaknai bahwa sebenarnya lirik ini adalah ungkapan untuk dirinya sendiri. Si penulis lagu (Noel) seolah mengatakan bahwa “hari ini” adalah kesempatan terakhirnya untuk mengekspresikan cintantanya pada wanita yang ia taksir. Dilirik selanjutnya juga dikatakan “you should have somehow realized” dapat dimaknai bahwa sebenarnya penulis lagu tahu apa yang harus ia lakukan dalam mendapatkan wanita pujaanya, jadi ia hanya perlu melakukany, bukan malah diam.

Dilirik selanjutnya penulis lagu seolah menyatakan bahwa bahwa tidak ada pria lain di dunia ini yang punya perasaan yang lebih besar terhadap wanita yang ia sukai. Atau simpelnya, “dibandingkan dengan pria-pria lain diluar sana, hanya cintaku yang paling besar terhadapmu” 

Verse 2:
Backbeat, the word is on the street that the fire in your heart is out
Alunan irama, sudah tersebar luas bahwa bara di hatimu telah padam
I'm sure you've heard it all before. but you never really had a doubt
Aku yakin kamu telah mendengarnya, namun kamu tak pernah benar-benar ragu
I don't believe that anybody feels the way I do, about you now
aku tidak percaya pada siapa pun yang merasakan seperti yang kurasa, terhadapmu saat ini
Tak jelas maksud ungkapan pertama verse2. Mungkin bisa dimaknai bahwa wanita yang ia taksir pernah sakit hati dengan orang lain, namun perasaan tersebut sudah padam “lirik Fire in your heart’

Sementara hati wanitanya sudah sembuh dari luka dikisah cintanya yang lain, ia seolah mendengar rumor tentang hubunganya dengan penulis lagu. Karena memang benar, penulis lagu seolah menyatakan bahwa bahwa tidak ada pria lain di dunia ini yang punya perasaan yang lebih besar terhadap wanita yang ia sukai. Atau simpelnya, “dibandingkan dengan pria-pria lain diluar sana, hanya penulis lagu yang cintanya lebih besar kepada wanita itu.”

Pre-Chorus:
And all the roads we have to walk are winding
Dan semua jalan yang harus kita lalui memang berliku
And all the lights that lead us there are blinding
Dan semua cahaya yang memandu kita ke sana memang menyilaukan
There are many things that I would like to say to you
Banyak hal yang ingin kukatakan padamu
But I don't know how
Tapi aku tak tahu caranya
 Pre-Chorus dapat dimaknai bahwa hubungan antara penulis lagu dan wanitanya sangat rumit dan sulit, dalam artian bahwa untuk mengejar dan memperoleh wanita pujaan hatinya, penulis lagu harus bersusah payah berusaha bagai jalan yang berliku. Sehingga penulis lagu seolah tidak berani untuk mengungkapkan isi hatinya pada wanita tersebut, mungkin ia takut di tolak

Chorus:
Because maybe
Karena mungkin saja
You're gonna be the one that saves me
Kau kan jadi penyelamatku
And after all
Dan bagaimanapun
You're my wonderwall
Kau adalah dinding ajaibku
Chorus dalah inti lagu.yang seolah merngkum cerita lagu yang berisi perjalanan sulit penulis lagu dalam mendapatkan wanita pujaanya. Namun sesulit apapun, si penulis lagu menganggap bahwa  wanita itu bisa jadi penyelamatnya, yang membuat dia bahagia, pokoknya yang berarti lah dalam hidupnya. Sipenulis lagu juga mengibaratkan wanita itu sebagai “dinding ajaib”, ini adalah sebuah metaphor bahwa wanita itu adalah “orang yang selalu dipikirkan” oleh si penulis lagu, yang bisa menjadi penyelamatnya

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruahna lirik lagunya, dapat kita simpulkan bahwa sepertinya ini adalah lagu tentang perasaan Noel Gallagher (si penulis lagu) saat mengalami tahap awal cinta. Dalam tahapan tersebut ia seolah menggebu-gebu dalam memikirkan wanita pujaanya dan seolah menganggap bahwa dirinya lah yang paling mencintai wanita pujaanya dibanding pria-pria lain. Namun, sebenarnya perasaan si penulis lagu tersebut bertolak belakang dengan kenyataanya karena harus melewati jalan yang berliku untuk mendapatkan wanita itu. Tapi Namanya juga cinta, padahal ngungkapin aja belum, nembak juga belum, tapi si penulis alagu udah yakin aja kalo wanita itu adalah "wonderwall-nya" dann kemungkinan atau“mungkin” akan jadi penyelamatnya. 

Perlu digaris bawahi bahwa lagu ini bisa bermakna apapun, saya hanya menginterpretasikan dan memaknai liriknya dari kacamata percintaan menurut sudut pandang pribadi saya. 

Jadi apa makna kata wonderwall?
Selama bertahun-tahun, apa yang dimaksud dengan kata “Wonderwall” pada lagu ini, selalu menarik perhatian pendengar. Karena seperti yang kita ketahui, Noel Gallagher sebagai pencipta lagunya, pendapatnya selalu berubah-ubah ketika ditanya oleh wartawan tentang makna dari kata wonderwal sendiri. 

Dalam sebuah wawancara Noel pernah mengatakan “Wonderwal adalah teman imajiner yang akan datang dan menyelamatkan Anda dari diri Anda sendiri," Namun dilain kesempatan lagi, Noel seolah memberikan komentar berbeda tentang wonderwall, ia mengatakan bahwa Wonderwall adalah tentang sesuatu yang amat dicintai dan diidam-idamkan seseorang, entah itu orang ataupun benda. Di lain waktunya lagi, Noel menyebut Wonderwall hanyalah lagu cinta belaka. 

Bingung akutu jadinya hehehe. Namun dari semua pendapat Noel tersebut, sebenarnya kata “wonderwall” bisa kita simpulkan kok. Yap, menurut saya, "Wonderwall” hanyalah sebuah kata, sebuah kata yang indah. Bisa berarti apa pun yang mendeskripsika tentang keindahan.





*Penulis lirik lagu wonderwal adalah Noel Gallagher. Lagu ini rilis pada tahun 1995. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Oasis ~ Wonderwall"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel