Pencarian

Makna Dibalik Lagu Passenger ~ Let Her Go: Hargai Apa Yang Kamu Miliki, Sebelum Kamu Menyesal


Jadilah orang yang mampu menghargai apa yang kamu miliki saat ini. Jaga dengan baik apa pun yang ada disampingmu. Terlebih lagi jika dia adalah orang yang sangat menyayangimu. Karena kamu pun tak pernah tau bahwa yang ada disampingmu saat ini berharga atau tidak. Ketika kau menganggapnya tidak berharga maka kau akan menyia-nyiakannya, namun setelah kehilangannya kau akan sadar betapa berharganya dia untukmu. Itu adalah salah satu pesan dari artikel blog duapah.com yang pernah saya baca, dan seolah-olah mecing dengan tema lagu ini.

Ya, lagu "let her go" akan membuatmu mengerti bagaimana cara menghargai sesuatu, khususnya menghargai  perasaan orang-orang yang mencintaimu. kita kadang kala meremehkan suatu hal, sampai pada saat suatu hal itu pergi, barulah kita menyesal karna kita sadar bahwa suatu hal itu penting. 

Selalu ingat bahwa Kebahagiaan tak akan pernah datang kepada mereka yang tak menghargai apa yang telah dimiliki. Oke, kita interpretasi dan maknai saja lirik lagunya bait-demi bait supaya jelas. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Well you only need the light when it's burning low
Kau butuh cahaya hanya saat gelap datang menjelang
Only miss the sun when it starts to snow
merindukan matahari hanya di saat salju mulai turun
Only know your lover when you let her go
Mengetahui kau cinta dia hanya saat kau melepaskanya pergi
Dalam lirik pertama atau bahkan pada keseluruhan lirik lagu, penulis lagu sepertinya berpandangan bahwa manusia itu selalu menyesali dan menganggap sesuatu itu penting, jika sesuatu itu telah hilang. Dalam lirik tersebut dianalogikan bahwa ketika musim panas kita sebagai manusia selalu mengeluh akan teriknya matahari, namun ketika matahari hilang dan musim berganti ke musim dingin tiba-tiba manusia baru menyadari bahwa ia membutuhkan matahari sebagai sumber kehangatan. Begitupun jika dikaitkan dengan urusan percintaan. Kita itu sebagaimanusia kadang menyianyiakan orang yang kita sayang, hingga akhirnya mereka pergi.  namun setelah kehilangannya kau akan sadar betapa berharganya dia untukmu. Dan disadari atau tidak, kenapa kita selalu saja bersikap seperti itu ya?

Only know you've been high when you're feeling low
Mengerti bahwa kau bahagia hanya saat kau sedang bersedih
Only hate the road when you're missin' home
Membenci jalan hanya saat kau rindu rumah
Only know your lover when you've let her go
Mengetahui kau cinta dia hanya saat kau melepaskanya pergi
Meski menurutmu “suatu hal” itu tidak berharga sekalipun maka jangan pernah menyia-nyiakan. Karena apa pun yang menurutmu tidak berharga saat ini bisa jadi kelak ia akan menjadi sesuatu yang paling membahagiakan dalam hidupmu. Ia akan menjadi hal yang paling kau cari ketika kau sudah kehilangannya. Maka jaga apa pun yang ada disampingmu saat ini, terlebih lagi jika itu adalah orang yang menyangimu. Jangan pernah menyianyiakan dan melepaskanya pergi!

And you let her go
Dan kau pun melepaskannya
Karena setulus apa pun dia menyangimu jika Kamu tidak menjaganya, maka kamu bisa kehilangannya. Dan lirik ini adalah suatu penegas bahwa kita pasti akan kehilanganan itu, jika melihat sifat manusia yang seringkali cenderung menyepelekan dan menyianyiakan apa yang ada. Setuju.

Staring at the bottom of your glass
Menatap dasar gelasmu
Hoping one day you will make a dream last
Berharap suatu hari nanti kau kan abadikan mimpi
The dreams come slow and goes so fast
Mimpi-mimpi datang perlahan dan pergi begitu cepat
Lirik selanjutnya sepertinya penulis lagu ingin mengajak kita untuk menjaga mimpi (dream last) / menjaga apa-apa yang kita punya. Ingat, suatu hal itu datang dan berganti begitu cepat. Ingat, bahwa yang kau anggap buruk saat ini dikemudian hari bisa menjadi baik.

You see her when you close your eyes
Kau melihatnya saat kau pejamkan matamu
Maybe one day you will understand why
Mungkin suatu hari nanti kau kan mengerti sebabnya
Everything you touch all it dies
Segala yang kau sentuh, semuanya binasa
jadi, Jaga dengan baik sebelum kehilangan. Lirik “You see her when you close your eyes” menerangkan lebih lanjut, bahwa kita itu jangan terburu-buru menilai apa yang tampak/terlihat. Karna yang terlihat itu belum tentu menjelaskan keseluruhan. Nilailah dengan “memejamkan mata” dengan mata hati dan perasaan kita. Belum tentu kok orang yang mukanya terlihat marah hatinya juga akan jahat kan? Jangan menilai sesuatu dengan buru-buru.

Staring at the ceiling in the dark
Menatap langit-langit di dalam gelap
Same ol' empty feeling in your heart
Masih perasaan hampa yang sama di hatimu
Love comes slow and it goes so fast
Cinta datang pelan dan pergi begitu cepat
Kehilangan akan membuatmu menyesal karena tidak dapat menjaga seseorang yang sangat berharga untukmu. Hatimu akan hampa, kamu akan berfikir ke belakang dan berkata “andai saja”. Tapi semua itu akan terlambat untuk kita sadari, karena sebuah cinta dan rasa bisa berubah dengan cepat.

Well you see her when you fall asleep
Kau melihatnya saat kau tertidur
But to never to touch and never to keep
Tapi tak pernah menyentuh dan tak pernah miliki
Because you loved her to much
Karena kau terlalu mencintainya
And you dive too deep
Dan kau menyelam terlalu dalam
Setelah kehilangan, kita taakn bisa lagi membalikan keadaan. Kita terus saja memikirkan masalalu, dan menemuinya hanya dalam mimpi. Pada keadaan itu pun kita baru sadar, bahwa kita sangat mencintainya terlalu dalam namun rasa itu sudah terlambat.

And you let her go
Dan kau pun melepaskannya
Ooooo ooooo oooooo
And you let her go
Dan kau pun melepaskannya
Ooooooo ooooo ooooo
And will you let her go
Dan akankah kau melepaskannya
And you let her go
Dan kau pun melepaskannya
Karena setulus apa pun dia menyangimu jika Kamu tidak menjaganya, maka kamu bisa kehilangannya.  lirik ini selalu diulang, sebagai suatu penegas bahwa kita pasti akan kehilanganan semua itu, pasti. sifat manusialah yang seringkali cenderung menyepelekan dan menyianyiakan apa yang ada. Ya, manusia itu memang selalu menyepelekan dan tak mensukuri apa yang ada.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, jelaslah bahwa lagu let her go menceritakan tentang sifat egois manusia yang selalu menyepelekan apa yang ia punya. lagu ini seolah menggambarkan situasi di mana seseorang tidak menghargai apa yang dia miliki sampai akhirnya hilang, barulah ia sadar bahwa sesuatu itu penting. 

sebagian dari kita, kadang memandang sebelah mata pacar kita, kadang menyepelekan pacar kita. barulah saat pacar kita pergi meninggalkan kita, kita sadar akan arti penting kehadiranya. begitulah analogi singkatnya. untuk itu lagu ini seolah membuat kita belajar cara menghargai sesuatu, khususnya menghargai perasaan orang-orang yang mencintai kita. maka dari itu, jangan terburu-buru menilai sesuatu, jangan buru-buru menyepelekan sesuatu. Yang “tampak” belum tentu mewakili semuanya. Jadi lihatlah melalui mata hati dan perasaan, yang kau anggap buruk saat ini dikemudian hari bisa menjadi baik kok. Jangan sampai menyesal. Selalu ingat, bahwa Kebahagiaan tak akan pernah datang kepada mereka yang tak menghargai apa yang telah dimiliki






*Penulis lirik lagu Let Her Go adalah Mike Rosenberg. Lagu ini rilis pada tahun 2012.  Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

 Passenger ~ Let Her Go (Official Video)

4 Responses to "Makna Dibalik Lagu Passenger ~ Let Her Go: Hargai Apa Yang Kamu Miliki, Sebelum Kamu Menyesal"

  1. Ada yang baru denger lagu ini di tahun 2019? 🤣🤣

    ReplyDelete
  2. dalem juga maknanya ya

    ReplyDelete
  3. Lagunya yg lain belum banyak postinganya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabra ya, karna nulisnya disela sela kerjaan :)

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel