Makna Dibalik Lagu Adele ~ Someone Like You

 Makna lagu Someone Like You menceritakan tentang perasaan Adele yang sakit, melihat mantan terindahnya menikah dengan wanita lain, dan punya kehidupan bahagia bersama wanita itu. Padahal Adele masih sangat mencintai mantan kekasihnya, masih tak bisa melupakan mantan kekasihnya. Namun semua rasa itu kemudian jadi pahit..

Terpaksa harus mengiklaskan kisah cintanya, Adele kemudian hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk mantan kekasihnya. Mungkin dengan cara mengiklaskan itulah, Adele kan menemukan seorang pengganti. Seorang pengganti yang sama seperti mantan kekasihnya itu (Someone Like You). 

Dalam channel youtube pribadinya, Adele menjelaskan tentang inspriasi penulisan lirik lagunya "Aku bertemu mantan kekasihku yang sudah menikah, melihatnya punya istri yang cantik, punya anak dan punya kehidupan yang mapan. Sementara aku, masih saja sendiri. Ketika menulisnya, aku begitu sedih karena merasa ditinggalkan dan kesepian. Perasaan itu membuatku benar-benar bersimpuh"

Untuk lebih jelas bagaimana ceritanya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1:
I heard that you're settled down
(Kudengar kau telah menetap)
That you found a girl and you're married now
(Kau telah temukan seorang wanita dan telah kau nikahi)
I heard that your dreams came true
(Kudengar impianmu terwujud)
Guess she gave you things i didn't give to you
(Pasti dia memberimu segala yang tak bisa kuberikan padamu)
Old friend why are you so shy
(Teman lama kenapa kau begitu malu)
It ain't like you to hold back
(Engkau bukanlah orang yang peragu)
Or hide from the light
(Atau suka sembunyi dari cahaya)


Makna Lirik Verse 1: Lagu Someone Like You bercerita tentang pertemuan antara Adele dengan mantan kekasihnya. Dalam pertemuan itu, Adele melihat jika mantan kekasihnya sudah menggandeng tangan perempuan lain. Adele pun bisa langsung menebak, kalau wanita itu merupakan istri dari sang mantan. Karena sebelum pertemuan itu,  Adele memang sudah mendengar jika mantan kekasihnya memang telah mempunyai istri. Seorang istri yang cantik dan sempurna, tak seperti Adele yang apa adanya.

Pre-chorus:
I hate to turn up out of the blue, uninvited
(Aku benci muncul tiba-tiba, tanpa diundang)
But i couldn't stay away, i couldn't fight it
(Namun aku tak bisa diam saja, aku tak tahan)
I'd hoped you'd see my face
(Aku berharap kau melihat wajahku)
And that you'd be reminded that for me
(Dan kau akan teringat bahwa bagiku)
It isn't over
(Semua ini belum usai)


Makna Lirik Pre-chorus: Pertemuan itu, terjadi secara tidak sengaja. Namun Adele tak pernah mengatakan tempat pertemuannya itu dimana. Yang jelas pertemuan itu membuat Adele bertanya-tanya, apakah mantan kekasihnya masih memikirkannya? Memikirkan tentang kisah mereka yang menurut Adele belum selesai, karna Adele masih saja tak rela melepaskan mantan kekasihnya dan masih tak bisa melupakan mantan kekasihnya itu.

Chorus/reff:
Never mind i'll find someone like you
(Tak mengapa kan kutemukan seseorang sepertimu)
I wish nothing but the best for you, too
(Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik untukmu, dan juga
Don't forget me, i beg, i remember you said
(Jangan lupakan aku, kumohon, aku ingat kau pernah berkata)
Sometimes it lasts in love, but sometimes it hurts instead
(Kadang cinta akan abadi, namun kadang juga menyakitkan)
Sometimes it lasts in love, but sometimes it hurts instead
(Kadang cinta akan abadi, namun kadang juga menyakitkan)


Lirik pertama Chorus/reff: Melihat orang yang benar-benar dicintainya menikah dengan wanita lain, punya anak dan punya kehidupan yang mapan. Sementara dirinya, masih saja sendiri, masih belum punya pasangan, membuat perasan Adele sakit, ia merasa ditinggalkan sendirian. 

Namun mau bagaimana lagi, karna faktanya hubungan Antara Adele dan mantan kekasihnya juga sudah kandas, dan Adele takkan mungkin bisa memperbaiki hubungan tersebut karena mantan kekasihnya pun sudah terlanjur menikah.

Maka satu-satunya hal yang dapat ia lakukan hanyalah mendoakan yang terbaik untuk mantan kekasihnya, dan berusaha mengiklaskan kepergian mantan kekasihnya tersebut. Iklas adalah obat dan mungkin dengan mengiklaskan, Adele kan bisa membuka hatinya untuk cinta baru, lalu kemudian menemukan seorang pengganti. Seorang pengganti yang sama seperti mantan kekasihnya itu (Someone Like You). 

Karena seperti itulah cinta. Orang-orang mengira kalau cinta adalah suatu hal yang membahagiakan, mengira kalau cinta itu adalah sesuatu hal yang bersifat abadi. Namun mereka seolah lupa, jika cinta juga bisa menceritakan tentang rasa sakit, dan bisa menceritakan tentang ketidak abadian. Cinta pada dasarnya adalah perasaan yang Inkonsisten, kadang cinta akan abadi, namun kadang juga bisa menyakitkan

Verse 2:
You'd know how the time flies
(Kau kan tahu betapa waktu cepat berlalu)
Only yesterday was the time of our lives
(Baru kemarin waktu kita bersama)
We were born and raised in a summer haze
(Kita lahir dan besar dalam kabut musim panas)
Bound by the surprise, of our glory days
(Terikat oleh kejutan, hari-hari jaya kita)


Makna Lirik Verse 2: Rasanya baru kemarin, Adele dan mantan kekasihnya menjalin hubungan asmara, rasanya baru kemarin Adele dan mantan kekasihnya menjalani hari-hari indah nan jaya sebagai sepasang kekasih. Namun, rupanya waktu berlalu dengan begitu cepat, tiba-tiba mereka berpisah, tiba-tiba pula mantan kekasihnya sudah menikah.

Bridge:
Nothing compares, no worries, or cares
(Tak ada yang sepadan, tak usah kuatir, atau peduli)
Regrets and mistakes they're memories made
(Sesal dan kesalahan semua itu kenangan yang tlah dibuat)
Who would have known, how bittersweet, this would taste
(Siapa yang tahu kalau  buah simalakama, begitulah rasanya)


Makna Lirik Bridge: Setelah pertemuan itu, mungkin perasaan Adele kan sakit, namun setelahnya ia pasti kan baik-baik saja. Lewat lirik (Nothing compares, no worries, or cares / Tak ada yang sepadan, tak usah kuatir, atau peduli) Adele kemudian berusaha memberitahu mantan kekasihnya untuk tak kuatir patdanya, apa lagi peduli, karena Adele kan baik-baik saja. 

Yang sudah terjadi biarlah terjadi, dan penyesalah juga takkan bisa merubah apa yang sudah terjadi. Siapa yang tahu kisah indah percintaannya dengan sang mantan akan berubah jadi cerita yang pahit? tak ada yang tahu, Adele hanya tak mau menyesali semua itu. 

Kesimpulan Lirik Lagu Someone Like You Milik Adele

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya dapat disimpulkan jika, lagu Someone Like You menceritakan tentang perasaan Adele yang sakit, melihat mantan terindahnya menikah dengan wanita lain, dan punya kehidupan bahagia bersama wanita itu. Padahal Adele masih sangat mencintai mantan kekasihnya, dan masih belum bisa melupakan mantan kekasihnya. 

Melihat orang yang benar-benar dicintainya menikah dengan wanita lain, punya anak dan punya kehidupan yang mapan. Sementara dirinya, masih saja sendiri, masih belum punya pasangan, membuat perasan Adele sakit, ia merasa ditinggalkan sendirian. 

Namun mau bagaimana lagi, karna faktanya hubungan Antara Adele dan mantan kekasihnya juga sudah kandas, dan Adele takkan mungkin bisa memperbaiki hubungan tersebut karena mantan kekasihnya pun sudah terlanjur menikah.

Maka satu-satunya hal yang dapat ia lakukan hanyalah mendoakan yang terbaik untuk mantan kekasihnya, dan berusaha mengiklaskan kepergian mantan kekasihnya tersebut. Iklas adalah obat dan mungkin dengan mengiklaskan, Adele kan bisa membuka hatinya untuk cinta baru, lalu kemudian menemukan seorang pengganti. Seorang pengganti yang sama seperti mantan kekasihnya itu (Someone Like You). 

Pesan Moral Lirik Lagu Someone Like You Milik Adele

Someone like you adalah lagu yang luar biasa. Dari bait-bait liriknya kita seolah diajarkan hal yang benar-benar penting. Berikut merupakan beberapa pesan moral yang terkandung dalam lirik someone like you milik Adele:

Belajar untuk mengiklaskan: Adalah suatu hal yang wajar ketika Adele menjabarkan tentang rasa sakit hatinya karena ditinggal menikah oleh mantan yang benar-benar ia sayangi. Namun, terus-terusan terpuruk, marah, kesal dan dendam juga takkan mampu untuk mengobati hatinya yang sakit. Karena mau bagaimana lagi, faktanya hubungan Antara Adele dan mantan kekasihnya juga sudah kandas, dan Adele takkan mungkin bisa memperbaiki hubungan tersebut karena mantan kekasihnya pun sudah terlanjur menikah. 

Maka satu-satunya hal yang dapat ia lakukan hanyalah mendoakan yang terbaik untuk mantan kekasihnya, dan berusaha mengiklaskan kepergian mantan kekasihnya tersebut. Iklas adalah obat hati yang paling ampuh. Mungkin dengan mengiklaskan, Adele kan bisa membuka hatinya untuk cinta baru, berusaha bangkit dari keterpurukan, karena telah menerima segala sesuatu dengan lapang dada.

Cinta tak selalu bercerita tentang bahagia: Lirik dalam reff lagu yang berbunyi (Sometimes it lasts in love, but sometimes it hurts instead / Kadang cinta akan abadi, namun kadang juga menyakitkan) menjelaskan pada kita klau cinta pada dasarnya adalah perasaan yang Inkonsisten, Orang-orang mengira kalau cinta adalah suatu hal yang membahagiakan, mengira kalau cinta itu adalah sesuatu hal yang bersifat abadi. Namun mereka seolah lupa, jika cinta juga bisa menceritakan tentang rasa sakit, dan bisa menceritakan tentang ketidak abadian. 

Jangan menyesali apa yang sudah terjadi: Andai Adele tahu kalau mantan tercintanya akan menikah dengan wanita lain, Andai Adele tahu kalau kisah cintanya kan berakhir menyakitkan seperti ini, mungkin Adele akan berjuang mati-matian mempertahankan hubungannya dengan mantan kekasihnya. Namun Adele akhirnya tak mau berandai-andai, karena faktanya hubungan cintanya memang sudah berakhir, dan meyesali semua itu takkan bisa merubah keadaan. Yang sudah terjadi biarlah terjadi,  maka jadikanlah semua itu sebagai suatu pelajaran. Menyesali apa yang sudah terjadi malah akan memperburuk keadaan

Informasi Lirik Lagu Someone Like You

*Penulis lirik lagu Someone Like You adalah Dan Wilson dan Adele. Lagu Someone Like You  rilis pada tanggal 24 Januari 2011. Lagu Someone Like You masuk ke dalam album 21 (2011). Sedangkan interpretasi makna pada lirik lagu Someone Like You berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Penutup:

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpretasi makna di lirik lagu Someone Like You milik Adele ini berdasarkan asumsi penulis blog semata. Jadi, pada lagu Someone Like You milik Adele ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi makna di lirik lagu Someone Like You milik Adele ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah. 

Adele ~  Someone Like You (Official Music Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Adele ~ Someone Like You"

Posting Komentar