Pencarian

Makna Dibalik Lagu Adele ~ Someone Like You: Mengenang mantan atau merelakanya?


Ketika kamu sudah menemukan seseorang yang menurutmu tepat, menurutmu sempurna, maka janganlah buru-buru untuk berbahagia. Mengapa demikian? karena jodoh merupakan rahasia Ilahi yang tak pernah bisa kita tebak begitu saja. Ia kadang seolah telah dituliskan oleh Tuhan. Ada beberapa orang yang awalnya sangat mantap dalam menjalin hubungan asmara dalam waktu yang lama, akhirnya hubungan itu tak sampai ke tahap selanjutnya. pada akhirnya, orang yang mempunyai kisah seperti itu biasanya akan sering bernostalgia, mengingat masalalu, dan susah move on.

Someone like you” adalah lagu yang benar-benar menyakitkan. Sama seperti kisah diatas, kisah di lagu ini berbicara tentang kisah Adele (penulis lagu) yang tiba-tiba harus bertemu mantan ter-indahnya. sosok mantan yang mungkin tidak akan pernah ia temukan lagi pada pria lain dikehidupanya yang sekarang. Layaknya hubungan percintaan, kisah tersebut harus berakhir karena adele dan mantannya tidak menemukan kecocokan satu sama lain.  Namun, sepertinya perpisahan itu disesali oleh Adele. Karena setelah ia berpisah adele baru sadar bahwa mantannya itu sangat berarti dalam hidupnya. Dan segala rasa itu telah terlambat, karena akhirnya mantannya telah menemukan wanita lain yang lebih sempurna. Bisa di bayangkan kan sakitnya bagaimana? Ini adalah sebuah kisah masalalu layaknya novel yang dirangkum ke dalam lagu oleh adele. 

Untuk lebih jelas bagaimana ceritanya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

Verse 1
I heard that you're settled down
Kudengar kau telah menetap
That you found a girl and you're married now
Kau telah temukan seorang wanita dan telah kau nikahi
I heard that your dreams came true
Kudengar impianmu terwujud
Guess she gave you things i didn't give to you
Pasti dia memberimu segala yang tak bisa kuberikan padamu
.............
Old friend why are you so shy
Teman lama kenapa kau begitu malu
It ain't like you to hold back
Engkau bukanlah orang yang peragu
Or hide from the light
Atau suka sembunyi dari cahaya
Verse 1, bisa dimaknai tentang sebuah gambara dimana Adele (penulis lagu) bertemu dengan mantan kekasihnya. Sebelum pertemuan tersebut, Adele memang sudah tahu bahwa mantan nya telah mempunyai wanita lain (istri), digambarkan di lirik bahwa istri mantannya itu seolah sosok yang sempurnya dan lebih baik dari adele. Lirik “Old friend why are you so shy” dapat dimaknai bahwa pertemuan tersebut terjadi secara tidak sengaja, atau kepergok lah istilahnya. Jadi mantanya itu seolah canggung “peragu”, sebuah sifat yang belum pernah adele lihat ketika mengenalnya.

Pre-chorus:
I hate to turn up out of the blue, uninvited
Aku benci harus muncul tiba-tiba, tak diundang
But i couldn't stay away, i couldn't fight it
Namun aku tak bisa diam saja, aku tak tahan
I'd hoped you'd see my face
Aku berharap kau melihat wajahku
And that you'd be reminded that for me
Dan kau akan teringat bahwa bagiku
It isn't over
Semua ini belum usai
Pre-chorus menerangkan kembali bahwa pertemuan tersebut terjadi secara tidak sengaja. Dalam pertemuan tersebut, adele solah bertanya-tanya pada mantanya, apakah mantanya mempunyai pikiran yang sama terhadap apa yang adele pikirkan. Sebuah pikiran masalalu dimana mereka pernah bersama. Sebuah kisah yang menurut adele belum berakhir karena akhirnya mereka bertemu kembali.

Chorus:
Never mind i'll find someone like you
Tak mengapa kan kutemukan seseorang sepertimu
I wish nothing but the best for you, too
Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik untukmu, dan juga
Don't forget me, i beg, i remember you said
Jangan lupakan aku, kumohon, aku ingat kau pernah berkata
Sometimes it lasts in love, but sometimes it hurts instead
Kadang cinta akan abadi, namun kadang juga menyakitkan
Sometimes it lasts in love, but sometimes it hurts instead
Kadang cinta akan abadi, namun kadang juga menyakitkan
Lirik pertama Chorus/reff, bisa dimaknai bahwa adele belum menemukan seseorang yg lebih baik dari mantanya, jadi ia berharap bisa menemukan seseorang seperti layaknya mantanya tersebut. Ada tanda-tanda putus asa ketika adele "memohon" dalam hati agar mantanya mengingatnya, pada titik ini adele seolah belum move on. Namun sekali lagi ia tersadar bahwa itu hanyalah kisah masalalu, dan yang bisa ia lakukan adalah mengenangnya, seraya mendoakan yang terbaik bagi mantanya, walaupun hatinya sakit.  Lirik “Sometimes it lasts in love, but sometimes it hurts instead” adalah metafora yang menjelaskan secara lanjut bahwa adele harus mengklaskan, karena perasaan yang terpendam lama/abadi (susah move on) kadang-kadang hanya akan membuat hati kita sakit. Jadi bisa di simpulkan bahwa reff ini berisi tentang keiklasan adele merelakan mantanya dan hal itu seolah menjadi obat untuk melupakan mantanya. Sedih….

Verse 2:
You'd know how the time flies
Kau kan tahu betapa waktu cepat berlalu
Only yesterday was the time of our lives
Baru kemarin waktu kita bersama
We were born and raised in a summer haze
Kita lahir dan besar dalam kabut musim panas
Bound by the surprise, of our glory days
Terikat oleh kejutan, hari-hari jaya kita
Di verse 2, ia kembali mengingat masa lalunya, dimana Adele menganggap bahwa waktu begitu cepat berlalu. Lirik “hari kejaya” dapat dimaknai bahwa kisah maslalalu tersebut begitu indah, yang seolah menjadi kejutan karena adele sendiri menganggap bahwa hal tersebut tak pernah terfikir olehnya.

Bridge:
Nothing compares, no worries, or cares
Tak ada yang sepadan, tak usah kuatir, atau peduli
Regrets and mistakes they're memories made
Sesal dan kesalahan semua itu kenangan yang tlah dibuat
Who would have known, how bittersweet, this would taste
Siapa yang tahu bagaimana buah simalakama, begitulah rasanya
Bridge sepertinya adalah iti dari lagunya, lirik ini seolah menyambung lirik chorus/reff diatas yang bermakna tentang ke iklasan. Ya, adele di lirik ini seoah iklas, ia seolah menerangkan dengan tegas bahwa ia hanya mengingat masalalu saja, tanpa pernah berfikir untuk kembali. Karena masalalu adalah bagian hidup dan dengan tanpa  kata “naif” kita semua juga selalu mengingatnya. Kisah tersebut kemudian disambung oleh lirik “bittersweet” sebuah buah yang terlihat manis namun rasanya pahit. Ini adalah metafora dimana pertemuan adele dengan mantan kekasihnya itu memiliki dua sisi mata uang dimana adele akhirnya senang punya kenangan indah tersebut dan berusaha berdoayang terbaik bagi mantanya, di sisi lain ia sedih harus melupakan mantanya dan mengiklaskanya. Terlihat manis namun sedikit menyakitkan/pahit.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu “Someone Like You” berbicara tentang kisah Adele (penulis lagu) yang tiba-tiba harus bertemu mantan ter-indahnya. sosok mantan yang mungkin tidak akan pernah ia temukan lagi pada pria lain dikehidupanya yang sekarang. Dalam pertemuan yang tidak disengaja tersebut, adele seolah bernostalgia denga kisah masalalunya yang indah. Untuk kemudain tersadar bahwa itu hanyalah sebuah kisah masalalu yang jika terus di pendam hanya akan membuat hatinya sakit. Oleh sebab itu ia berusaha meng iklaskan, dan mendoakan yang terbaik pada mantanya, walaupun disisi lagin hatinya masih sedikit saki.

Someone like you” adalah lagu yang luar biasa. Lagu ini seolah menjadi obat bagi kita yang susah move on dengan cara mengiklaskan. Lagu ini seolah memandang bawa rasa yang terus-terusan kita pendam itu hanya membuat kita sakit. Sehingga jika kita tiba-tiba teringat masalalu, ingatlah saja karena masalalu itu bagian dari hidup kita, hanya manusia yang naif yang mencoba melupakan masalalu. namun ingat, dalam mengingat masalalu kita tak boleh menyesalinya terlalu dalam, anggap saja semua itu sebagai sebuah pelajaran. Mengenang mantan lalu merelakanya itu bukan suatu hal yang buruk.






*Penulis lirik lagu Someone like you adalah Adele. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Adele ~ Someone Like You: Mengenang mantan atau merelakanya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel