Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Charlie Brown


Lagu ini terinspirasi dari kartun Charles "Charlie" Brown, yang merupakan tokoh utama dalam strip komik peanuts karya charles m. Schulz. Kartun ini sendiri di indonesia dikenal dengan sebutan kartun “snoopy” yang merupakan anjing peliharaan charlie brown. Pada cerita kartunya, Charlie Brown adalah seorang anak yang memiliki harapan dan semangat yang tidak pernah surut, baik budi, bersahabat, namun selalu mendapat kesialan dan tak pernah mendapat apa yang ia inginkan. Sehingga, ia cenderung menjadi korban lawakan para teman-temanya yang kadang sering memanggilnya dengan sebutan “orang bodoh.”

Seperti kartun Charlie Brown, Lagu ini adalah kisah tentang seorang (penulis lagu), yang tidak peduli sekeras apa pun dia berusaha, semuanya tampaknya salah. Lagu ini seolah menekankan bahwa jika kita dalam keadaan yang sama seperti yang apa Charlie Brown rasakan, kita itu harus tabah, ceria, dan tak kehilangan semangat. dan tak peduli bagaimana orang menghina kita, kita harus bangga menjadi diri kita sendiri yang unik.

Seperti itukah kira-kira cerita dalam lagunya? Untuk lebih jelasnya, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
I stole a key
Kucuri sebuah kunci
Took a car downtown where the lost boys meet
Kubawa mobil ke kota dimana anak-anak hilang bertemu
Took a car downtown and took what they offered me
Kubawa mobil ke kota dan mengambil apa yang mereka berikan padaku
To set me free
Untuk membebaskanku bebaskanku

I saw the lights go down at the end of the scene
Kulihat lampu-lampu padam di akhir adegan
I saw the lights go down and they're standing in front of me
Kulihat lampu-lampu padam dan mereka berdiri di depanku
Verse 1, belum jelas kenapa penulis lagu bercerita tentang mencuri kunci mobil dan membawanya. Namun yang tersirat ia sepertinya ingin melepaskan penat dengan kawan-kawanya. Mungkin ia bisa menemukan kebahagiaan dengan kawan-kawanya tersebut.

Namun, semua hal baik yang penulis lagu pikirkan tersebut harus berakhir. Lirik “lampu padam diakhir adegan” mewakili lampu pada mobil polisi, Penulis lagu ditangkap polisi oleh polisi. Lirik ini juga dimaknai bahwa sepertinya kehidupan penulis lagu mengalami suatu masalah, sehingga ia tak punya jalus yang pasti dalam hidupnya,  bagai mobil yang menepi karena di tangkap polisi,

Verse 2:
In my scarecrow dreams
Di dalam mimpi burukku
When they smashed my heart into smitherenes
Saat mereka hancurkan hatiku menjadi kepingan
I be a bright red rose come bursting the concrete
Aku menjadi mawar merah benderang yang datang hancurkan kenyataan
Be the cartoon heart
Menjadi hati kartun

Light a fire, light a spark
Nyalakan api, nyalakan percikan
Light a fire, a flame in my heart
Nyalakan api, bara di hatiku
We'll run wild, We'll be glowing in the dark
Kita akan bertindak liar, Kita kan berkilauan di dalam gelap
Verse 2, menjelaskan tentang prilaku penulis lagu yang tampak salah dimata orang-orang. Dan Ketika orang-orang mengecewakannya sampai pada titik di mana ia mulai merasa tertekan, perlihatkan bahwa ia akan menjadi “mawar merah benderang” atau bisa dimaknai akan menjadi diri sendiri, yang unik, walaupun orang mengejeknya aneh, namun kita harus bangga karena itu diri kita sendiri. Lirik “hancurkan kenyataan” juga bisa dimaknai bahwa yang di pikirkan semua orang tentang dirinya itu belum tentu benar kok. Jadi si penulis lagu ingin melepaskan semua penat itu, dan menjadi berkilauan dalm gelap.

Hook:
Oooo-ooo-ooo
We’ll be glowing in the dark
Kita kan berkilauan di dalam gelap
A-woo,-a-wooooo
Yaapp, merasa bahagia dan melepaskan semua masalah dalm “gelap” juga kadang tidak ada salahnya.

Bridge:
All the boys, all the girls
Semua laki-laki, semua wanita
All the madness in the world
Semua kegilaan di dunia
All the boys, all the girls
Semua laki-laki, semua wanita
All the madness that occurs
Semua kegilaan yang terjadi
All the high's, all the low's
Semua yang tinggi, semua yang rendah
As the room is spinning, oh
Saat ruangan berputar
We'll run wild
Kita kan bertingkah liar
We'll be glowing in the dark
Kita kan berkilauan di dalam gelap
Bridge. Seolah menjelaskan untuk melepaskan semua masalahnya, ia mendengar music dengan kawanya (seperti ilustrasi video klip lagu) yang dapat dimaknai bahwa semua orang punya maslah layangnya Charlie brown dan sepertinya musik menyatukan semua dan membuat hidup lebih baik, bersinar bersama, melupakan semua masalah bersama sebagai satu unit.

Jadilah liar, spontan, dan berani. Lakukan apa yang bisa membuat kita menjadi yang paling bahagia dan lebih baik ditengah hidup yang sulit dan gelap.

Outro:
So we soar luminous and wired
Maka kita kan melayang bercahaya dan gembira
We'll be glowing in the dark
Kita kan berkilauan di dalam gelap
Untuk ersinar lebih terang dari yang pernah kita pikirkan adalah mungkin.

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu ini seolah menjelaskan tentang cerita penulis lagu yang tidak peduli sekeras apa pun dia berusaha, semuanya tampaknya salah dimata orang-orang. Sikap orang-orang tersebut akhirnya membuat hati nya hancur. Sehingga untuk melepaskan semua penat masalah tersebut ia kemudian mendengarkan musik dengan kawan-kawanya. Lagu ini seolah memandang bahwa sesulit apapun atau segelap apapun masalah yang kita alami, tenaplah kita harus tersenyum, harus bahagia bagai cahaya ditengah kegelapan.

lagu ini pada dasarnya memberitahu kita untuk menjalani hidup sepenuhnya. Walaupun kadang orang menilai diri kita salah, walaupun orang kadang selalu mengejek kita, tetaplah bangga dan ceria karna kita melakukan semua itu atas kemauan kita. Ya, kita menjadi diri kita sendiri jadi tak ada yang perlu kita cemaskan dari orang lain.






*Penulis lirik lagu Charlie Brown adalah Guy Rupert Berryman, Jonathan Mark Buckland, William Champion dan Chris Martin. Lagu ini rilis pada tahun 2011. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Charlie Brown"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel