Coldplay - Charlie Brown | Makna dan Arti Lirik Lagu

Arti kata Charlie Brown adalah seorang tokoh didalam kartun snoopy. Tokoh ini selalu saja sial meskipun ia punya sikap baik dalam kehidupan sehari-har

Charlie Brown adalah salah satu lagu terbesar Coldplay, lagu ini masuk ke dalam album Mylo Xyloto (2011). Lagu ini punya musik yang amat ceria dan menyenangkan, walaupun liriknya mempunyai makna yang mendalam. Karena fans Coldplay menyukai lagu ini, lagu ini pun seringkali dimainkan oleh Coldplay pada setiap konser musiknya. Berikut merupakan makna dan arti dari lirik lagu Charlie Brown milk Coldplay.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu Charlie Brown menceritakan tentang seorang yang selalu mendapatkan kesialan dalam hidup, sekalipun ia punya sikap yang baik dan berhati-hati dalam kehidupan sehari-harinya.

Lagu ini terinspirasi dari kartun Charles "Charlie" Brown, yang merupakan tokoh utama dalam strip komik peanuts karya charles m. Schulz. Kartun ini sendiri di indonesia dikenal dengan sebutan kartun “snoopy” yang merupakan anjing peliharaan charlie brown.

Pada cerita kartunya, Charlie Brown adalah seorang anak yang memiliki harapan dan semangat yang tidak pernah surut, baik budi, bersahabat, namun selalu mendapat kesialan dan tak pernah mendapat apa yang ia inginkan. Sehingga, ia cenderung menjadi korban lawakan para teman-temanya yang kadang sering memanggilnya dengan sebutan “orang bodoh.

Seperti kartun Charlie Brown, lagu ini adalah kisah tentang seorang yang tidak peduli sekeras apa pun dia berusaha, semuanya tampaknya salah. Lagu ini seolah menekankan bahwa jika kita dalam keadaan yang sama seperti yang apa Charlie Brown rasakan, kita itu harus tabah, ceria, dan tak kehilangan semangat. dan tak peduli bagaimana orang menghina kita, kita harus bangga menjadi diri kita sendiri yang unik.

Analisis Lirik (Per-bait)

Untuk lebih memperjelas tentang makna lirik lagunya, mari kita analisis dan interpretasi saja keseluruhan lirik secara detil. Simak sampai habis ya sobat!

Lirik 1:
I stole a key
(Kucuri sebuah kunci)
Took a car downtown where the lost boys meet
(Kubawa mobil ke kota dimana anak-anak hilang bertemu)
Took a car downtown and took what they offered me
(Kubawa mobil ke kota dan mengambil apa yang mereka berikan padaku)
To set me free
(Untuk membebaskanku)
I saw the lights go down at the end of the scene
(Kulihat lampu-lampu padam di akhir adegan)
I saw the lights go down and they're standing in front of me
(Kulihat lampu-lampu padam dan mereka berdiri di depanku)

Makna lirik 1: Makna lagu Charlie Brown menceritakan tentang seorang yang selalu mendapatkan kesialan dalam hidup, sekalipun ia punya sikap yang baik dan berhati-hati dalam kehidupan sehari-harinya.

Karena hidupnya selalu saja sial, Charlie Brown pun kemudian begitu kesal, Ia pun ingin menumpahkan kekasalannya tersebut dengan berjalan-jalan bersama teman-temannya. Ia pun kemudian mencuri kuci mobil orang tuanya, berjalan-jalan dan mendapat kegembiraan seperti yang tergambar dalam lirik (I stole a key / Kucuri sebuah kunci).

Namun segala niat baiknya untuk bersenang-senang dengan kawannya harus gagal begitu saja, karena di tengah jalan ia mendapatkan suatu kesialan. Lirik (I saw the lights go down and they're standing in front of me / Kulihat lampu-lampu padam dan mereka berdiri di depanku) mejelaskan kalau mobil Charlie Brown yang sedang melaju, diberhentikan oleh polisi, kelap-kelip lampu mobil polisi pun muncul, dan polisi turun untuk menilang dirinya.

Lirik 2:
In my scarecrow dreams
(Di dalam mimpi terburukku)
When they smashed my heart into smitherenes
(Saat mereka hancurkan hatiku menjadi kepingan)
I be a bright red rose come bursting the concrete
(Aku kanjadi mawar merah benderang yang terselip diantara celah beton)
Be the cartoon heart
(Menjadikan hatiku seperti animasi kartun)

Makna lirik 2: Selalu mendapatkan kesialan, selalu disalahkan oleh orang lain meskipun dirinya mempunyai niat yang baik, membuat Charlie Brown merasa kalau dirinya ada didalam sebuah mimpi terburuk (In my scarecrow dreams / di dalam mimpi terburukku).

Namun walaupun Charlie Brown telah banyak dikecewakan oleh orang-orang disekitarnya, ia akan tetap selalu tabah dan akan selalu mempertahankan sikap baiknya. Lirik (I be a bright red rose come bursting the concrete / Aku kanjadi mawar merah benderang yang terselip diantara celah beton) menjelaskan secara gamblang bahwa Charlie akan tetap bersikap baik seperti mawar, meskipun ia banyak mendapatkan tekanan yang berat seperti beton, oleh orang-orang jahat yang ada disekelilingnya.

Lirik 3:
Light a fire, light a spark
(Nyalakan api, nyalakan percikan)
Light a fire, a flame in my heart
(Nyalakan api, nyalakan bara di hatiku)
We'll run wild, We'll be glowing in the dark
(Kita akan bertindak liar, kita akan menjadi berkilauan di dalam kegelapan)

Makna lirik 3: Menjalani hidup memang kadang tak gampang. Karena didalam kehidupan ini, kita pasti akan dipertemukan oleh orang-orang yang dengan gampangnya menyakiti kita, menghina kita, menyalah-nyalahkan kita bahkan memfitnah diri kita.

Walaupun begitu, kita harus tabah, ceria, dan tak kehilangan semangat. dan tak peduli bagaimana orang menghina kita, kita harus bangga menjadi diri kita sendiri yang unik. Percayalah, se-gelap apapun hidup kita, jika kita tetap mempertahankan kebaikan, maka kita bisa menyinari segala kegelapan tersebut (We'll be glowing in the dark / kita akan menjadi berkilauan di dalam kegelapan).

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya maka jelaslah bahwa lirik lagu ini menceritakan tentang seorang yang tidak peduli sekeras apa pun dia berusaha, sekeras apapun ia bersikap baik, semuanya tampaknya salah di mata orang-orang. Orang-orang itu bahkan dengan gampangnya menghina dirinya, menyalah-nyalahkan dirinya bahkan memfitnah dirinya.

Sikap orang-orang tersebut akhirnya membuat hati nya hancur. Sehingga untuk melepaskan semua penat masalah tersebut ia kemudian mendengarkan musik dengan kawan-kawanya. Lagu ini seolah memandang bahwa sesulit apapun atau segelap apapun masalah yang kita alami, tenaplah kita harus tersenyum, harus bahagia bagai cahaya ditengah kegelapan.

Lagu ini pada dasarnya juga ingin memberitahu kita untuk menjalani hidup sepenuhnya. Walaupun kadang orang menilai diri kita salah, walaupun orang kadang selalu mengejek kita, tetaplah bangga dan ceria karna kita melakukan semua itu atas kebaikan hati kita sendiri. Maka ingatlah untuk menjadi diri kita sendiri, tak ada yang perlu kita cemaskan perkataan dari orang lain.

Arti Lirik

Arti kata Charlie Brown adalah seorang tokoh didalam kartun snoopy. Tokoh ini selalu saja sial meskipun ia punya sikap baik dalam kehidupan sehari-harinya. Lawat kata ini, Coldplay seolah ingin memberi tahu pendengarnya bahwa kebaikan yang kita lakukan, kadang kala masih bisa di salah artikan oleh orang lain. Maka dari itu jika kita ingin berbuat baik, maka berbuatlah baiklah, jadilah diri sendiri yang unik, dan jangan pernah hiraukan perkataan orang lain yang negatif.

Verse 1:
I stole a key
Kucuri sebuah kunci
Took a car downtown where the lost boys meet
Kubawa mobil ke kota dimana anak-anak hilang bertemu
Took a car downtown and took what they offered me
Kubawa mobil ke kota dan mengambil apa yang mereka berikan padaku
To set me free
Untuk membebaskanku
I saw the lights go down at the end of the scene
Kulihat lampu-lampu padam di akhir adegan
I saw the lights go down and they're standing in front of me
Kulihat lampu-lampu padam dan mereka berdiri di depanku

[Interlude]

Verse 2:
In my scarecrow dreams
Di dalam mimpi terburukku
When they smashed my heart into smitherenes
Saat mereka hancurkan hatiku menjadi kepingan
I be a bright red rose come bursting the concrete
Aku kanjadi mawar merah benderang yang terselip diantara celah beton
Be the cartoon heart
Menjadikan hatiku seperti animasi kartun

Chorus:
Light a fire, light a spark
Nyalakan api, nyalakan percikan
Light a fire, a flame in my heart
Nyalakan api, nyalakan bara di hatiku
We'll run wild, We'll be glowing in the dark
Kita akan bertindak liar, kita akan menjadi berkilauan di dalam kegelapan
Ooh-ooh-ooh
We'll be glowing in the dark
Kita akan menjadi berkilauan di dalam kegelapan
Ooh-ooh-ooh, ah-ooh

Bridge:
All the boys, all the girls, all that matters in the world
Para lelaki, para wanita, segala kegilaan yang ada didunia
All the boys, all the girls, all the madness that occurs
Para lelaki, para wanita, segala kegilaan yang tlah terjadi
All the highs, all the lows as the room a-spinning goes
Segala hal yang tinggi, dan segala hal yang rendah seiring dengan perputaran ruang
We'll run riot, we'll be glowing in the dark
Kita akan membuat kegaduhan, kita akan menjadi berkilauan di dalam kegelapan

[Interlude]

Outro:
So we'll soar luminous and wired
Maka kita melayang bercahaya dan gembira
We'll be glowing in the dark
Kita akan menjadi berkilauan di dalam kegelapan

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Charlie Brown Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland Mylo Xyloto (2011) 14 November 2011 Parlophone Alternative rock, pop rock, power pop

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Charlie Brown milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.