Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Hymn for the Weekend ft. Beyonce


"Hymn for the Weekend" bisa dikatakan memiliki suasanya bahagia, lagunya sedikit kuat dengan menampilkan sisi suara suara Beyonce yang indah. Chris Martin (vokalis utama Coldplay) dalam sebuah wawancara membeberkan bahwa lagu ini adalah sebuah lagu pesta, ia mengatakan “saya pikir, sungguh memalukan jika Coldplay tidak pernah memiliki salah satu dari lagu-lagu klub larut malam layaknya Turn Down for What nya Dj Snake.'" Namun, tidak seperti layaknya lagu Dj di sebuah klub malam yang biasanya tidak memiliki kedalaman lirik, Coldplay seolah berhasil memasukan lirik positif dan menarik di kedalaman lagu.

Secara sederhana, lagu "Hymn for the Weekend" bercerita tentang Chris Martin (vokalis utama Coldplay) yang merasa bahagia karena dia memiliki wanita yang luar biasa yang selalu membantunya setiap kali dia membutuhkan bantuan, wanita tersebut di andaikan bak malaikat, dan tanpa cinta wanita tersebut hidup Chris Martin tidak akan berarti apa-apa. 

Oke untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai saja lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Intro: Beyoncé
Drink from me, drink from me
Minuman dariku, minum dariku
Then we'll shoot across the sky
Kemudian kita akan melambung tinggi
Symphony
Simfoni
Then we'll shoot across the sky
Kemudian kita kan melambung tinggi
Pour on a...
Tuangkan
Drink from me, drink from me
Minuman dariku, minum dariku
Then we'll shoot across the sky
Lalu kita kan melambung tinggi
Symphony
Simfoni
(So high, so high)
(Begitu tinggi, begitu tinggi
Then we'll shoot across the sky
Lalu kita kan melambung tinggi
Intro dinyanyikan oleh Beyoncé, liriknya sendiri dapat dimaknai bahwa ia dalam suasana yang bahagia (layaknya disebuah pesta atau sebuah festival). Lirik “drink from me” bisa dmaknai sebagai keramahtamahan, orang barat biasanya melakukan itu.

Verse 1: Chris Martin
Oh, angel sent from up above
Oh, malaikat yang dikirim dari langit
You know you make my world light up
Kau tahu kau menerangi duniaku
When I was down, when I was hurt
Saat aku terjatuh, saat ku terluka
You came to lift me up
Kau datang mengangkatku
Life is a drink, and love's a drug
Hidup hanyalah minuman, dan cinta itu obat
Oh, now I think I must be miles up
Oh, sekarang kurasa aku harus menyusuri
When I was a river, dried up
Saat ku hanyalah sungai, yang mengering
You came to rain a flood
Kau hadir sebagai hujan yang membanjiri
Verse 1 dinyanyikan oleh Chris Martin. Lirik ini seolah menggambarkan tentang suasana hatinya yang gembira, karena memiliki wanita yang sesial dalam hidupnya, ia menggambarkan wanita tersebut bak malaikat, yang selalu ada untuknya saat hidpnya sulit.

Yang menarik di bagian ini adalah lirik "Hidup adalah minuman dan cinta itu obat." Lirik ini dimaknai banyak orang tentang mabuk-mabukan dan obat-obatan terlarang. Mungkin saja maknanya seperti itu, namun jika kita mengacu pada kekaguman Cris pada wanita tersebut, berarti lirik ini juga dapat dimaknai bahwa kehadiran wanita tersebut membuat mood nya gembira bagai meminum minuman keras, dan kehadiran wanita tersebut bagai obat yang menyembuhkan hati chris.

Pre-Chorus: Chris Martin & Beyonce
And said drink from me, drink from me
Dan kubilang minum dariku, minum dariku
When I was so thirsty
Saat aku begitu haus
Pour on a symphony
Tuangkan pada simfoni
Now I just can't get enough
Sekarang aku hanya tak merasa puas
Put your wings on me, wings on me
Taruh sayapmu padakku, sayap padaku
When I was so heavy
Saat aku merasa berat
Pour on a symphony
Tuangkan pada simfoni
When I'm low, low, low, low
Saat aku rendah
Pre-Chorus adalah penggambaran suasana yang bahagia. Lirik “drink from me” bisa dimaknai sebagai keramahtamahan. orang barat biasanya melakukan itu.

"Taruh sayapmu padakku, sayap padaku" adalah metafora yang menjelaskan bahwa wanita tersebut baik bak malaikat, jadi Chris ingin menjadi baik juga seperti wanita itu. Jadi lirik ini juga bisa dimaknai bahwa setiap orang bisa menjadi malaikat dengan berbaik hati pada orang lain

Chorus: Chris Martin
I, oh, I, oh
Got me feeling drunk and high
Saat aku merasa mabuk dan melayang
So high, so high
I, oh, I, oh, I, oh
Now I'm feeling drunk and high
Kini aku merasa mabuk
So high, so high
Begitu tinggi
Woo!
Chorus/reff, terutama pada lirik ”drunk and high" dalam lagu ini, menurut saya bukan tentang menjadi mabuk dan melayang saat menggunakan narkoba. Saya percaya bahwa Chris merasa gembira di lirik ini karena wanita yang ia cintainya. Dia bersemangat “bagai mabuk” saat dia bersama wanita itu. Chris seolah merasa dengan hadirnya wanita tersebut, ia seolah bisa menghadapi semua masalah sulit dalam hidupnya.

Verse 2: Chris Martin with Beyoncé
Oh, angel sent from up above
Oh, malaikat yang di kirim dari atas
I feel it coursing through my blood
Aku merasa itu mengalir melalui darahku
Life is a drink, your love's about
Hidup itu minuman, tentang cintamu
To make the stars come out
Menghadirkan bintang-bintang
Dalam verse 2, Chris (dengan Beyonce pada backing vokal) menyanyikan, "Oh, malaikat yang dikirim dari atas / Aku merasa itu mengalir melalui darahku." Seolah menggambarkan bahwa kekuatan yang wanita itu berikan pada Chris  memacu adrenalinya untuk melakukan apapun.    

Outro:
That l shoot across the sky
Itu membuatku melesat ke langit
Let me shoot across the... (Let me shoot)
Itu membuatku melesat
Dan semua yang wanita itu berikan pada Chris membuatnya bahagia

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, Hymn for the Weekend bisa di bilang adalah lagu yang bercerita tentang Chris Martin (vokalis utama Coldplay) yang merasa bahagia karena dia memiliki wanita yang luar biasa yang selalu membantunya setiap kali dia membutuhkan bantuan, wanita tersebut diandaikan bak malaikat, dan tanpa cinta wanita tersebut hidup Chris Martin tidak akan berarti apa-apa.

Kehadiran wanita tersebut dalam hidupnya juga seolah membuat Chris bisa menemukan kemampuan untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Dalam lirik lagu juga dijelaskan bahwa Chris kagum dengan kebaikan wanita tersebut sehingga ia ingin meniru kebaikan itu. hal ini bisa dimaknai bahwa Chris seolah memandang jika semua manusia bisa berbuat baik layaknya “malaikat” untuk orang lain di sekitarnya.







*Penulis lirik lagu Hymn for the Weekend adalah Chris Martin, Guy Berryman, Will Champion, Venor Yard, Marcos Tovar dan Johnny Buckland. Lagu ini rilis pada tahun 2015. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog

1 Response to "Makna Dibalik Lagu: Coldplay ~ Hymn for the Weekend ft. Beyonce"

  1. Mantep si pemaknaannya, gw mlah ngiranya ini nyeritain orang lain

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel