Pencarian

Makna Dibalik Lagu: coldplay ~ Up and Up


Lagu ini adalah bagian dari album "A Head Full of Dreams" dan bukan merupakan lagu utama dari album. Meskipun begitu, lagu ini cukup terkenal karena punya lirik yang luar biasa. Secara keseluruhan “Up and Up” menceritakan tentang perjuangan kita sebagai manusia, dalam membangun optimisme dalam hidup ataupun dalam hal percintaan.

Lewat lagu ini, Coldplay seolah ingin menggambarkan bahwa hitup yang kita jalani itu berat, dan ada banyak sekali hal yang dilalui seseorang untuk bisa mencapai kebahagiaan. Meskipun begitu, Coldplay memandang bahwa kita itu sebenarnya bisa kok melewti semua rintangan tersebut asal kita menyikapinya dengan tepat. Yaitu dengan berjuang tanpa henti, optimis, berproses, penuh kesabaran karena semua hal tak instan, dan yang paling penting adalah “naik dan naik” secara perlahan. Percaya saja pada hal tersebut, karena orang yang berhasil adalah orang yang melakukan segala sesuatunya dengan sebaik baiknya walau dengan perlahan. 

Untuk lebih lengkap lagi bagaimana maksud dari keseluruhan lagu, mari kita interpretasi dan maknai liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan lagu ada diakhir tulisan.

Verse 1:
Fixing up a car to drive in it again
Memperbaiki mobil tuk dikendarai lagi
Searching for the water, hoping for the rain
Mencari air, berharap turun hujan
Up and up, up and up
Naik dan terus naik, naik dan terus naik

Down upon the canvas, working meal to meal
Di atas kanvas, bekerja tiada henti
Waiting for a chance to pick on your orange field
Menanti kesempatan untuk memetik kebun jerukmu
Up and up, up and up
Naik dan terus naik, naik dan terus naik
Verse 1, atau bahkan keseluruhan lirik lagu adalah metafora yang sempurna. Lirik “Fixing up a car” bisa dimaknai bahwa perjalanan di dunia ini cukup berat, kadang kita merasa lelah bagai mobil yang rusak. Namun menurut penulis lagu itu bukan halangan, karna mobil yang rusak bisa diperbaiki, jiwa yang lelah bisa diobati. Lebih lanjut lirik “hoping for the rain” dapat dimaknai bahwa dalam hidup kita juga terus berupaya, sembari berharap, karena kesempatan itu kadang juga datang tiba-tiba bagai hujan yang turun. Kita juga harus bekerja keras, diatas kanvas, sehingga akhirnya kita bisa memenik hasilnya (buah jeruk). Tapi dengan perlahan, pelahan-lahan naik “up and up.”

See a pearl form a diamond in the rough
Lihatlah mutiara menjadi permata dengan kasar
See a bird soaring high above the flood
Lihatlah burung terbang tinggi di atas banjir
It's in your blood, it's in your blood
Semua itu ada di dalam darahmu, semua itu ada di dalam darahmu
Underneath the storm, an umbrella is saying,
Di bawah badai, sebuah payung berkata
"sitting with the poison takes away the pain."
"duduk bersama racun menghilangkan sakit."
Up and up, up and up, saying…..
Naik dan terus naik. Naik dan terus naik, katakan..
Ini masih bagian dari verse 1, dapat dimaknai bahwa kita hidup itu harus penuh dengan kesabaran. Bagai “Mutiara” yang dibentuk dengan kesabaran, bagai “permata” yang kasar karena jika tidak di poles secara perlahan permata tersebut tersebut tidak layak dijual.
Lirik selanjuknya “Underneath the storm, an umbrella is saying” memiliki makna yang cukup dalam. Payung sepertinya adalah metafora bahwa sebelum badai, kita harus menyediakan paying dan duduk aman ketika badai datang untuk berteduh. Ini juga bisa dimaknai bahwa dalam hidup kita harus menyiapkan segala sesuatunya sebelum hal buruk terjadi.

Chorus:
We're gonna get it, get it together right now
Kita akan menyatukannya, menyatukannya lagi sekarang
Gonna get it, get it together somehow
Akan menyatukannya, menyatukannya entah bagaimana
Gonna get it, get it together and flower
Akan menyatukannya, menyatukannya dan bunga
We're gonna get it, get it together, i know
Kita akan menyatukannya, menyatukannya, aku tahu
Gonna get it, get it together and flow
Akan menyatukannya, menyatukannya dan mengalir
Gonna get it, get it together and go
Akan menyatukannya, menyatukannya dan beranjak
Up and up and up
Naik dan naik dan terus naik
Chorus/reff, dapat dimaknai bahwa bagimanapun hidup, seperti apapun itu, kita harus berusaha sebaik mungkin, harus berusaha entah bagaimana caranya. Namun dengan perlahan, perlahan-lahan naik, naik, kearah yang lebih baik.

Verse 2:
Lying in the gutter, aiming for the moon
Berbaring di parit, membidik rembulan
Trying to empty out the ocean with a spoon
Mencoba kosongkan samudera dengan sendok
Up and up, up and up
Naik dan terus naik, naik dan terus naik

How come people suffer? How come people part?
Bagaimana mungkin orang-orang menderita? Bagaimana mungkin orang-orang berpisah?
How come people struggle? How come people break your heart?
Bagaimana mungkin orang-orang berjuang? Bagaimana mungkin orang-orang mematahkan hatimu?
Break your heart, oh
Mematahkan hatimu, oh
Verse 2, bertemakan tentang tujuan dalam hidup. Dalam hidup kita memang harus menentukan tujuan, ririk “membidik bulan” bisa dimaknai bahwa kita harus menentukan tujuan hidup kearah yang lebih indah layaknya keindahan bulan. Namun dalam merealisasikanya, kita juga harus sabar, pelan-pelan, bagai “mengosongkan samudera dengan sendok.”

Karena jika tak punya tujuan hidup, misalnya saja tujuan cinta, kita akan mudah patah hati, berjuang saja tanpa tujuan itu akan mematahkan hatimu. Lirik “How come people suffer? How come people part?” dapat dimaknai bahwa oke lah bahwa benar hidup kita dulu sulit, cerita cinta kita dulu juga menyakitkan, membuatmu luka. Namun itu semua bukan penghambat, jadikanlah semua itu sebagai sebuah pelajaran.

Yes, i wanna grow, yes, i wanna feel
Ya, aku ingin tumbuh, ya, aku ingin rasakan
Yes, i wanna know, show me how to heal it up
Ya, aku ingin tahu, tunjukkan padaku cara menyembuhkannya
Heal it up, oh
Menyembuhkannya, oh

Try and see the forest, there in every seed
Coba lihatlah hutan itu, di setiap biji
Angels in the marble waiting to be freed
Para bidadari berbentuk pualam menunggu dibebaskan
Just need love, just need love
Hanya butuh cinta, hanya butuh cinta

When the going is rough, saying
Saat keadaan keras, berkata
Melanjutkan lirik diatas bahwasanya kita semua itu harus belajar, layaknya belajar dalam setiap patah hati. Belajar walaupun dari hal kecil lama-lama akan jadi besar. Lirik “Try and see the forest, there in every seed” menerangkan lebih lanjut, bahwa hutan yang lebat itu awalnya hanya dari biji. Jadi jangan selalu berkata tidak mungkin, percayalah dengan penuh cinta yang ada dalam hatimu.

Bridge:
But you can say what is, or fight for it
Tapi kau tahu apa itu, atau memperjuangkannya
Close your mind or take a risk
Pejamkan pikiranmu atau ambil resiko
You can say, "it's mine," and clench your fist
Kau boleh berkata, "ini milikku," kepalkan tinjumu
Or see each sunrise as a gift
Atau lihatlah tiap terbit mentari sebagai berkah
Bridge dapat dimaknai bahwa setiap orang memiliki persepsi, cita-cita,yang berbeda tentang segala hal, namun hanya sedikit orang yang melakukan sesuatu, hanya sedikit orang yang bisa mengambil resiko. Beberapa orang hanya pasrah menerima hidup mereka yang sulit, sebagianya berusaha mengubahnya. Ingatlah satu hal bahwa untuk mencapai sesuatu (entah kebahagiaan hidup, entah cinta) kita harus memperjuangkanya, entah bagaimana caranya..

Outro:
Fixing up a car to drive in it again
Memperbaiki mobil untuk dikendarai lagi
When you're in pain, when you think you've had enough
Saat kau dalam kesakitan, saat kau pikir sudah cukup
Don't ever give up
Jangan pernah menyerah
Don't ever give up
Jangan pernah menyerah

Believe in love
Percayailah cinta
Outro adalah klimaksnya, yang dapat dimaknai bahwa jika kita sudah mulai merasakan hidup yang sulit, maka ubahlah itu kearah yang lebih baik dengan berjuang, karena ga ada yang gak mungkin.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirinya, dapat kita simpulkan bahwa lagu ini bercerita tentang bagaimana sikap yang harus kita lakukan setelah mengalami hal sulit (dalam masalah hidup, cinta dan lain sebagainya). Karena memang dalam suatu hidup, pasti ada ada fase dimana kita merasa bahwa hidup kita sulit dan terpuruk. Meskipun begitu, lagu “Up and Up” memandang bahwa kita itu sebenarnya bisa kok melewti semua masalah tersebut asal kita menyikapinya dengan tepat. Yaitu dengan berusaha memperbaiki keadaan tersebut bagai “Fixing up a car”, berusaha sabar bagai memoles berlian, berusaha untuk terus berjuang tanpa henti, optimis, berproses, dan penuh harapan. Namun ingat, bahwa semua usaha tersebut harus kita lakukan dengan perlahan naik “up and up.” Percayalah ga ada yang ga mungkin kok di dunia ini selama kita berusaha.

Dari keseluruhan lagu ini ada satu hal yang harus kita garis bawahi. Lagu ini seolah mengajarkan pada kita bahwa dalam situasi seburuk apapun hidup, jangan pernah sekali-kali kehilangan harapan dan kepercayaan kita, kita harus optimis entah bagaimanapun caranya. Kepercayaan inilah yang tercermin di seluruh lagu, dan merupakan sesuatu yang harus kita pegang. Lagu yang sangat luar biasa….









*Penulis lirik lagu Up and Up adalah Will Champion, Johnny Buckland, Mikkel Eriksen, Tor Hermansen, Chris Martin dan Guy Berryman. Lagu ini rilis pada tahun 2016. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

1 Response to "Makna Dibalik Lagu: coldplay ~ Up and Up"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel