Coldplay - Up and Up | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Up and Up menceritakan tentang perjuangan kita sebagai manusia, dalam membangun optimisme hidup. Lewat lagu ini, Coldplay seolah ingin meng

Up and Up adalah lagu Coldplay yang masuk ke dalam album A Head Full of Dreams (2015) dan bukan merupakan lagu utama dari album. Meskipun begitu, lagu ini cukup terkenal karena punya lirik yang luar biasa. Berikut merupakan makna dan arti dari lirik lagu Up and Up milik Coldplay.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu Up and Up menceritakan tentang perjuangan kita sebagai manusia, dalam membangun optimisme hidup. Lewat lagu ini, Coldplay seolah ingin menggambarkan bahwa hidup yang kita jalani itu berat, dan ada banyak sekali hal yang dilalui seseorang untuk bisa mencapai kebahagiaan.

Meskipun begitu, Coldplay memandang bahwa kita itu sebenarnya bisa kok melewati semua rintangan tersebut asal kita menyikapi-nya dengan tepat. Yaitu dengan berjuang tanpa henti, optimis, ber-proses, penuh kesabaran karena semua hal tak instan, dan yang paling penting adalah “naik dan naik (up and up)” secara perlahan. Percaya saja pada hal tersebut, karena orang yang berhasil adalah orang yang melakukan segala sesuatunya dengan sebaik baiknya, walau dengan perlahan.

Dari rumor yang berkembang, lagu ini terinspirasi dari seorang penyanyi bernama Merry Clayton, yang merupakan sahabat dekat dari Chris Martin (Vokalis Coldplay). Merry Clayton saat itu sedang mengalami situasi buruk dalam hidupnya, karena ia harus merelakan dua kakinya di amputasi karena kecelakaan. Walaupun begitu, hidup Merry Clayton masih saja dipenuhi oleh kegembiraan, rasa syukur, dan penuh cinta. Itulah mengapa Chris Martin kemudian merasa tersentuh.

Dikutip dari majalah SongFact mengenai inspirasi pembuatan liriknya, Chris Martin pun kemudian menjelaskan;

"Clayton had just had both legs amputated at the knee following a serious car accident. She’d just come out of hospital the week before but was so full of joy, gratitude, love and life / Clayton baru saja diamputasi kedua kakinya di bagian lutut setelah mengalami kecelakaan mobil yang serius. Dia baru saja keluar dari rumah sakit seminggu sebelumnya, namun dia begitu penuh dengan kegembiraan, rasa syukur, cinta dalam kehidupan"

Analisis Lirik (Per-bait)

Untuk lebih lengkap lagi bagaimana maksud dari keseluruhan lagu, mari kita interpretasi dan analisis saja liriknya bait demi bait. Baca sampai habis ya.

Lrik 1:
Fixing up a car to drive in it again
(Memperbaiki mobil rusak agar bisa dikendarai lagi)
Searching for the water, hoping for the rain
(Mencari setetes air, berharap hujan turun)
Up and up, up and up
(Naik dan terus naik, naik dan terus naik)

Makna lirik 1: Lagu up and up menceritakan tentang perjuangan kita sebagai manusia, dalam membangun optimisme hidup. Sederhananya, hidup yang kita jalani memang tak pernah gampang, namun kita harus tetap optimis. Selayaknya lirik pembuka lagu (Fixing up a car to drive in it again / Memperbaiki mobil rusak agar bisa dikendarai lagi). Lirik ini, bisa dimaknai bahwa perjalanan dalam hidup ini cukup berat, kadang kita merasa lelah bagai mobil yang rusak. Namun menurut Coldplay itu bukan halangan, karena mobil yang rusak bisa diperbaiki, jiwa yang lelah bisa diobati.

Lebih lanjut lirik (Searching for the water, hoping for the rain / Mencari setetes air, berharap hujan turun) dapat dimaknai bahwa dalam hidup, kita diminta untuk terus berupaya mencari dan mencari, sembari terus berharap. Karena kesempatan itu kadang juga datang secara tiba-tiba bagai hujan yang turun.

Jika kita selalu mengupayakan segala hal dengan sebaik mungkin, percayalah kehidupan kita pasti akan jadi bahagia. Walaupun upaya yang kita lakukan hanya sedikit demi sedikit, asalkan kita konsisten, segalanya pasti akan perlahan-lahan naik (up and up).

Lirik 2:
Down upon the canvas, working meal to meal
(Di atas kanvas, bekerja tiada henti)
Waiting for a chance to pick on your orange field
(Menanti kesempatan untuk memetik kebun jerukmu)
Up and up, up and up
(Naik dan terus naik, naik dan terus naik)

Makna lirik 2: Lewat lirik bagian 2 ini, Coldplay juga berusaha memberitahu kita bahwa untuk mendapatkan suatu kebahagiaan hidup kita itu harus terus-terusan bekerja keras. Lewat lirik (Down upon the canvas, working meal to meal, waiting for a chance to pick on your orange field / di atas kanvas, bekerja tiada henti, Menanti kesempatan untuk memetik kebun jerukmu), kita diminta untuk bekerja keras, diatas kanvas, sehingga akhirnya kita bisa memenik hasilnya (buah jeruk). Jadi pecayalah segala kerja keras kita, pasti akan tergantikan dengan sesuatu hal yang membahagiakan.

Lirik 3:
See a pearl form a diamond in the rough
(Lihatlah mutiara yang terbentuk dari batu berian yang kasar)
See a bird soaring high above the flood
(Lihatlah burung terbang tinggi di atas banjir)
It's in your blood, it's in your blood
(Semua itu ada di dalam darahmu, semua itu ada di dalam darahmu)
Underneath the storm, an umbrella is saying
(Di bawah badai, sebuah payung berkata)
"Sitting with the poison takes away the pain."
("Beristirahat saat terkena racun akan menghilangkan sakit.")
Up and up, up and up, saying…..
(Naik dan terus naik, Naik dan terus naik, katakan..)

Makna lirik 3: Lirik bagian 3 ini bisa dimaknai bahwa dalam menjalani hidup yang susah ini, kita harus penuh dengan kesabaran. Bagai indahnya “Mutiara” yang sebenarnya terbentuk dari bebatuan kasar, yang secara sabar dan perlahan, di poles agar berkilau.

Lirik selanjutnya “Underneath the storm, an umbrella is saying” memiliki makna yang cukup dalam. Payung sepertinya adalah metafora bahwa sebelum badai, kita harus menyediakan payung dan duduk aman ketika badai datang untuk berteduh. Ini juga bisa dimaknai bahwa dalam hidup kita harus menyiapkan segala sesuatunya sebelum hal buruk terjadi.

Lirik 4 (reff):
We're gonna get it, get it together right now
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama sekarang
Gonna get it, get it together somehow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama entah bagaimana caranya
Gonna get it, get it together and flower
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mekar
We're gonna get it, get it together, i know
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama, aku tahu
Gonna get it, get it together and flow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mengalir
Gonna get it, get it together and go
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan ayolah
Up and up and up
Naik dan naik dan terus naik

Makna lirik 4 (reff): Dapat dimaknai bahwa sesulit apapun hidup yang kita jalani, kita tetap harus meraih kebahagiaan didalamnya. Caranya, dengan berusaha sebaik mungkin, entah bahaimana caranya kita harus terus-terusan berusaha meraih kebahagiaan. Walaupun dengan perlahan, perlahan-lahan naik, naik, kearah yang lebih baik.

Lirik 5:
Lying in the gutter, aiming for the moon
(Berbaring di parit, untuk membidik rembulan)
Trying to empty out the ocean with a spoon
(Mencoba kosongkan samudera dengan sendok)
Up and up, up and up
(Naik dan terus naik, naik dan terus naik)

Makna lirik 5: Lirik ke 5 ini berusaha memberitahu kita bahwa untuk mendapatkan kebahagaiaan hidup kita harus punya tujuan hidup. Dalam hidup kita memang harus menentukan tujuan, lirik (membidik bulan) bisa dimaknai bahwa kita harus menentukan tujuan hidup kearah yang lebih indah layaknya keindahan bulan. Namun dalam merealisasikanya, kita juga harus sabar, pelan-pelan, bagai (mengosongkan samudera dengan sendok).

Lirik 6:
Try and see the forest, there in every seed
(Coba lihatlah hutan itu, dalam setiap bijinya)
Angels in the marble waiting to be freed
(Para bidadari berbentuk pualam menunggu dibebaskan)
Just need love, just need love
(Hanya butuh cinta, hanya butuh cinta)

Makna lirik 6: Untuk meraih kebahagiaan hidp, kita juga harus percaya bahwa segalanya pasti mungkin jika kita berusaha. Lirik (Try and see the forest, there in every seed / Coba lihatlah hutan itu, dalam setiap bijinya) menerangkan lebih lanjut, bahwa hutan yang lebat itu awalnya hanya bermula dari sebuah biji. Jadi jangan selalu berkata tidak mungkin, percayalah dengan penuh cinta yang ada dalam hatimu.

Lirik 7:
But you can say what is, or fight for it
(Tapi kau bisa mengatakan apa adanya, atau memperjuangkannya)
Close your mind or take a risk
(Menutup pikiranmu atau mengambil resiko)
You can say, "it's mine" and clench your fist
(Kau boleh berkata, "ini milikku" dan kepalkan tinjumu)
Or see each sunrise as a gift
(Atau melihat mentari terbit sebagai sebuah berkah)

Makna lirik 7: Lirik ini dapat dimaknai bahwa setiap orang memiliki persepsi, cita-cita,yang berbeda tentang segala hal, namun hanya sedikit orang yang melakukan sesuatu, hanya sedikit orang yang bisa mengambil resiko. Beberapa orang hanya pasrah menerima hidup mereka yang sulit, sebagian lagi berusaha mengubahnya. Ingatlah satu hal bahwa untuk mencapai sesuatu (entah kebahagiaan hidup, entah cinta) kita harus memperjuangkanya, entah bagaimana pun caranya.

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan analisis keseluruhan liriknya, dapat kita simpulkan bahwa lagu ini menceritakan tentang perjuangan kita sebagai manusia, dalam membangun optimisme hidup. Sederhananya, kehidupan yang kita jalani penuh dengan kesulitan, kepelikan dan rasa sakit. Sehingga kita diminta Coldplay untuk terus-terusan berusaha dan berjuang untuk merubah keadaan tersebut.

Coldplay memandang bahwa kita itu sebenarnya bisa kok melewati semua rintangan hidup tersebut asal kita menyikapi-nya dengan tepat. Yaitu dengan berjuang tanpa henti, optimis, ber-proses, penuh kesabaran karena semua hal tak instan, dan yang paling penting adalah “naik dan naik (up and up)” secara perlahan. Percaya saja pada hal tersebut, karena orang yang berhasil adalah orang yang melakukan segala sesuatunya dengan sebaik baiknya, walau dengan perlahan.

Dari keseluruhan lirik didalam lagu ini, ada satu hal yang harus kita garis bawahi. Lagu ini seolah mengajarkan pada kita bahwa dalam situasi seburuk apapun hidup, jangan pernah sekali-kali kehilangan harapan dan kepercayaan, kita harus optimis entah bagaimanapun caranya. Kepercayaan inilah yang tercermin di seluruh lagu, dan merupakan sesuatu yang harus kita pegang. Lagu yang sangat luar biasa.

Arti Lirik

Arti kata Up and Up adalah naik dan naik. Maknanya perlahan-lahan naik kearah hidup yang lebih baik atau membahagiakan. Lewat kata ini, Coldplay berusaha memberi tahu kita bahwa jika kita selalu mengupayakan segala hal dengan sebaik mungkin, percayalah kehidupan kita pasti akan jadi bahagia. Walaupun upaya yang kita lakukan hanya sedikit demi sedikit, asalkan kita konsisten, segalanya pasti akan perlahan-lahan naik (up and up).

Verse 1:
Fixing up a car, driving it again
Memperbaiki mobil rusak agar bisa dikendarai lagi
Searching for the water, hoping for the rain
Mencari setetes air, berharap hujan turun
Up and up, up and up
Naik dan terus naik, naik dan terus naik

Down upon the canvas, working meal to meal
Di atas kanvas, bekerja tiada henti
Waiting for a chance to pick your orange field
Menanti kesempatan untuk memetik kebun jerukmu
Up and up, up and up
Naik dan terus naik, naik dan terus naik

See a pearl form, a diamond in the rough
Lihatlah mutiara yang terbentuk dari batu berlian yang kasar
See a bird soaring high above the flood
Lihatlah burung terbang tinggi di atas banjir
It's in your blood, It's in your blood
Semua itu ada di dalam darahmu, semua itu ada di dalam darahmu
Underneath the storm an umbrella is saying
Di bawah badai, sebuah payung berkata
"Sitting with the poison takes away the pain"
"Beristirahat saat terkena racun akan menghilangkan sakit"
Up and up, up and up, it's saying
Naik dan terus naik, naik dan terus naik

Chorus:
We're gonna get it, get it together right now
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama sekarang
Gonna get it, get it together somehow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama entah bagaimana caranya
Gonna get it, get it together and flower
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mekar
Oh-oh-oh-oh-oh-oh
We're gonna get it, get it together, i know
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama, aku tahu
Gonna get it, get it together and flow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mengalir
Gonna get it, get it together and go
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan ayolah
Up and up and up
Naik dan naik dan terus naik

Verse 2:
Lying in the gutter, aiming for the moon
Berbaring di parit, untuk membidik rembulan
Trying to empty out the ocean with a spoon
Mencoba kosongkan samudera dengan sendok
Up and up, up and up
Naik dan terus naik, naik dan terus naik

How come people suffer? How come people part?
Bagaimana mungkin orang-orang menderita? Bagaimana mungkin orang-orang berpisah?
How come people struggle? How come people break your heart?
Bagaimana mungkin orang-orang berjuang? Bagaimana mungkin orang-orang mematahkan hatimu?
Break your heart, oh
Mematahkan hatimu, oh

Yes I wanna grow, yes I want to feel
Ya aku ingin berkembang, ya aku ingin merasakan
Yes I wanna know, show me how to heal it up, heal it up
Ya aku ini tahu, tunjukan pada ku caranya sembuh

Try and see the forest, there in every seed
Coba lihatlah hutan itu, dalam setiap bijinya
Angels in the marble waiting to be freed
Para bidadari berbentuk pualam menunggu dibebaskan
Just need love, just need love
Hanya butuh cinta, hanya butuh cinta
When the going is rough, saying
Saat keadaanya menjadi sulit, maka katakan

Chorus:
We're gonna get it, get it together right now
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama sekarang
Gonna get it, get it together somehow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama entah bagaimana caranya
Gonna get it, get it together and flower
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mekar
Oh-oh-oh-oh-oh-oh
We're gonna get it, get it together, i know
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama, aku tahu
Gonna get it, get it together and flow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mengalir
Gonna get it, get it together and go
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan ayolah

Bridge:
Dan you can say what is, or fight for it
Dan kau bisa mengatakan apa adanya, atau memperjuangkannya
Close your mind or take a risk
Menutup pikiranmu atau mengambil resiko
You can say, "it's mine" and clench your fist
Kau boleh berkata, "ini milikku" dan kepalkan tinjumu
Or see each sunrise as a gift
Atau melihat mentari terbit sebagai sebuah berkah

[Guitar Solo 1]

Chorus:
We're gonna get it, get it together right now
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama sekarang
Gonna get it, get it together somehow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama entah bagaimana caranya
Gonna get it, get it together and flower
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mekar
Oh-oh-oh-oh-oh-oh
We're gonna get it, get it together, i know
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama, aku tahu
Gonna get it, get it together and flow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mengalir
Gonna get it, get it together and go
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan ayolah
Up and up and
Naik dan naik dan
We're gonna get it, get it together right now
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama sekarang
Gonna get it, get it together somehow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama entah bagaimana caranya
Gonna get it, get it together and flower
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mekar
Oh-oh-oh-oh-oh-oh
We're gonna get it, get it together, i know
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama, aku tahu
Gonna get it, get it together and flow
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan mengalir
Gonna get it, get it together and go
Kita akan meraihnya, meraihnya bersama-sama dan ayolah
Up and up and up
Naik dan naik dan terus naik

Outro:
Fixing up a car to drive in it again
Memperbaiki mobil rusak agar bisa dikendarai lagi
When you’re in pain, when you think you’ve had enough
Saat kau dalam kesakitan, saat kau merasa sudah muak
Don’t ever give up
Jangan pernah menyerah
Don't ever give up
Jangan pernah menyerah

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Up and Up Coldplay Chris Martin, Will Champion, Guy Berryman, Jonny Buckland A Head Full of Dreams (2015) 4 Desember 2015 Parlophone Rock, Soft rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Interpetasi makna, arti dan terjemahan di lirik lagu Up and Up milik Coldplay ini, berdasarkan asumsi penulis blog semata. Oleh sebab itulah postingan di blog ini, masih jauh dari kata sempurna, maka jika kalian punya pemikiran lain dari lagu ini, mohon untuk menuliskan komentar dibawah.