Pencarian

Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ The Messenger

"The Messenger" adalah satu-satunya lagu akustik yang pernah ditulis oleh Linkin Park. Lagunya sangat lembut, gitarnya sangat menenagkan yang diisi dengan suara vokal yang serak.  Pada 22 Februari 2011, pada konferensi pers di California, Chester Benington (vokalis linkin park) mengatakan bahwa lagu ini untuk para anak remaja. Ia menambahkan bahwa anak-anak remaja kadang tumbuh menjadi dewasa dan keadaan mungkin menjadi sulit, sehingga menemukan rumah adalah satu-satunya jawabah agar mereka hidup.
Dari keterangan Chester tersebut, sedikit banyak kita mengetahui bahwa lagu "The Messenger" menceritakan tentang seorang remaja yang mengalami periode sangat buruk dalam masanya. Ia mungkin mengalami hidup yang kejam nan pelik, merasa dipecundangi oleh lingkunganya, atau bisa juga disakiti oleh kekasihnya, sehingga hatinya sangat terluka dan depresi. Dan untuk mengobati semua masalah tersebut, ia kemudian sadar bahwa ia harus kembali ke rumah, tempat dimana ada ayah dan ibu, tempat dimana ada cinta di dalamnya.
Dianalisis dari judulnya, kata the massanger bisa diartikan sebagai pembawa pesan, kata ini biasa dipakai pada malaikat yang membawa pesan kedamaian. Dari keterangan itu, dapat dimaknai bahwa lagu ini adalah sebuah lagu pembawa pesan damai atau pesan nasihat.
Oke, Untuk lebih lengkapnya lagi, yuk lah kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya. simak sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.

When you feel you're alone
Saat kau merasa sendiri
Cut off from this cruel world
Jauh dari dunia yang kejam ini
Your instincts telling you to run
Nalurimu memberitahumu tuk lari
Seluruh lirik dalam lagu ini bercerita tentang,nasihat-nasihat atau petuah baik. Dikisahkan dalam lirik lagunya, ada seorang seorang remaja yang ingin menemukan jati dirinya (semua remaja berada pada fase menemukan jati diri), namun dalam menemukan jati diri tersebut, remaja itu malah terbentur sebuah masalah pelik. Yang membuatnya jadi merasa sendirian, terasing di dunia yang sangat kejam. Sehingga ia punya pikiran untuk lari saja meninggalkan semua masalah tersebut.

Listen to your heart
Dengarkan hatimu
Those angel voices
Suara-suara malaikat itu
They'll sing to you
Mereka akan menyanyi untukmu
They'll be your guide back home
Mereka akan menjadi pemandu jalanmu pulang
Ditengah kalutnya pikiran remaja tersebut dengan semua masalahnya, lirik ini seolah-olah langsung menasihati remaja tersebut. Lirik ini seolah mengatakan pada remaja tersebut untuk mendengarkan kata hatinya paling dalam, hati adalah simmbol dari rasa cinta dan kebaikan. Lirik ini seolah juga mengatakan pada remaja tersebut untuk mendengarkan para malaikat (bisa dimaknai sebagai agama mungkin)
Sehingga jika remaja tersebut sudah mendengarkan hatinya (tempat dimana rasa cinta dan kebaikan) dan mendengarkan para malaikat (mungkin pesan-pesan agama). remaja tersebut pasti akan menuntun dirinya sendiri untuk kembali pulang ke rumah.

When life leaves us blind
Saat hidup membuat kita buta
Love keeps us kind
Cinta mempertahankan kebaikan kita
It keeps us kind
Ia mempertahankan kebaikan kita
Tujuan penulis lagu menyuruh remaja tersebut pulang kerumah adalah karena rumah itu penuh dengan cinta dan sukacita. Hanya dirumah kita bisa menemukan cinta yang murni, putih, tulus dan suci yang kita dapatkan dari kedua orang tua kita, keluarga kita dsb.
Saat hidup membuat kita sedih, saat hidup membuat kitab buta, cinta dari orang-orang yang kjita cintai akan membuat pikiran kita jadi lebih baik.

When you've suffered enough
Saat kau tlah jenuh menderita
And your spirit is breaking
Dan jiwamu berontak
You're growing desperate from the fight
Kau mulai putus asa dengan pertengkaran
Sepenuhnya penulis lagu paham bahwa para remaja sendiri biasanya sedang berada dalam fase pemberontakan, ia ingin menemukan jati dirinya, dan kadang pencarian akan jati dirinya tersebut terbentur karena dunia yang sangat kejam.

Remember you're loved and you always will be
Ingatlah engkau dicintai dan akan selalu begitu
This melody will bring you right back home
Irama ini akan membawamu kembali pulang
Namun selama para remaja tersebut mempertahankan kebaikan dalam hatinya,
selalu ingat, sejauh apapun mereka melangkah, mereka punya rumah untuk kembali pulang. Mereka akan bisa melewati kejamnya hidup.
Karena mungkin para remaja akan dipecundangi di luar sana, akan merasa sakit diluar sana. Namun saat mereka pulang kerumah, mereka akan berpikir mereka masih dicintai oleh orang-orang terdekatnya. Layaknya orangtua yang mencintai anak mereka tanpa syarat.
Ingatlah setiap kali kita punya masalah, kita selalu bisa pulang ke rumah. Rumah dimana keluarga punya segudang cinta untuk peduli terhadapmu

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirik lagunya, dapat disimpulkan bahwa lagu "The Messenger" menceritakan tentang seorang remaja yang mengalami periode sangat buruk dalam masanya. Ia mungkin mengalami hidup yang kejam nan pelik, merasa dipecundangi oleh lingkunganya, atau bisa juga disakiti oleh kekasihnya, sehingga hatinya sangat terluka dan depresi.

Sehingga untuk mengobati semua masalah tersebut, remaja itu kemudian diingatkan/dinasihati oleh lagu ini agar mendengarkan kata hatinya terdalam (karena hati adalah tempat dimana rasa cinta dan kebaikan ada) dan mendengarkan para malaikat (mungkin pesan-pesan agama). lagi ini juga menasihati remaja tersebut untuk selalu ingat, bahwa sejauh apapun mereka melangkah, mereka punya rumah untuk kembali pulang. 
karena rumah itu penuh dengan cinta dan sukacita. Hanya dirumah kita bisa menemukan cinta yang murni, putih, tulus dan suci yang kita dapatkan dari kedua orang tua kita, keluarga kita dsb. Saat hidup membuat kita sedih, saat hidup membuat kitab buta, cinta dari orang-orang yang kjita cintai akan membuat pikiran kita jadi lebih baik

Penutup:
Pada akhirnya, Chester Bennington meninggal karena bunuh diri dengan salah satu alasan ia bunuh diri karena depresi saat remaja menyaksikan kedua orangtuanya bercerai. Mungkinkah lagu ini ditujukan untuk dirinya sendiri saat ia masih remaja, ia berpikir ingin pulang karena rumah penuh cinta, namun nyatanya orang tuanya tak ada karna perceraian. Ataukan juga mungkin lagu ini ditujukan Chester untuk menasihati anak-anaknya, karena pengalamanya saat remaja sangat kelam, ia ingin anak-anaknya pulang kerumah saat ada masalah? Hhhmmm hanya Chester yang tau alasanya.
kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. jada, pada lagu ini, terserah kalian ingin memaknainya seperti apa ya. Interpretasi ini jauh dari kata sempurna mengingat lagunya yang multitafsir, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah 😊





*penulis lirik lagu The Messenger adalah Chester Bennington. Lagu ini rilis pada tahun 2010. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Linkin Park ~ The Messenger (Official Video)


0 Response to "Makna Dibalik Lagu: Linkin Park ~ The Messenger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel