Pencarian

Makna Dibalik Lagu: System of a Down ~ Lonely Day


Dirilis pada 2005, "Lonely Day" adalah lagu tersedih dengan musik yang tak begitu keras dari album "Hypnotize." Lagu ini ditulis sekaligus dinyanyikan sendiri oleh gitaris utama Daron Malakian. Menurut pendapat banyak orang, Daron Malakian menulis lagu itu untuk mengenang saudaranya yang hilang, yang meninggal ketika rumahnya terbakar. Beberapa orang juga menghubungkannya dengan api yang ditampilkan dalam video klip. Namun, cerita ini hanyalah rumor, karena Daron adalah anak tunggal dari orang tuanya.

Secara umum, "Lonely Day" adalah lagu sederhana yang sepertinya tidak memiliki banyak latar belakang. Liriknya sederhana dan sepertinya langsung “to the point” atau tanpa makna tersembunyi. Liriknya sendiri tentang kesendirian dan bagaimana hal itu membebani Daron (si penulis lagu). Daron dalam lagu ini seolah berbicara tentang suatu hari dimana ada sesuatu yang sangat buruk terjadi, hari dimana ia kehilangan seseorang yang ia cintai (saudara, kehilangan kekasih, sahabat, cinta, dll). Sehingga harinya terasa sangat sepi, merasa sedirian, dan mungkin benar-benar membuatnya depresi. Oke untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya.

Verse 1:
Such a lonely, day and it's mine
Sungguh hari yang sangat sepi, Dan inilah hariku
The most loneliest day of my life
Hari paling sepi dalam hidupku
Such a lonely day, should be banned
hari yang sangat sepi, Harusnya dilarang
It's a day that I can't stand
Inilah hari dimana aku tak tahan
Verse 1, menjelaskan langsung bahwa si penulis lagu mengalami hal sulit di satu hari, hari dimana ia punya masalah yang begitu besar. Lirik “should be banned” dapat dimaknai bahwa ia tak pernah mengharapkan hari tersebut bakal terjadi dalam hidupnya.

Chorus:
The most loneliest day of my life
Hari paling sepi dalam hidupku
The most loneliest day of my life
Hari paling sepi dalam hidupku
Chorus, dapat dimaknai bahwa hari tersebut adalah hari tersedih dalam hidupnya yang belum pernah ia rasakan selama hidup.

Verse 2:
Such a lonely day, shouldn't exist
Hari yang sangat sepi seperti ini, harusnya tak ada
It's a day that I'll never miss
Inilah hari yang takkan pernah kurindukan
Such a lonely day and it's mine
Sungguh hari yang sangat sepi, Dan inilah hariku
The most loneliest day of my life
Hari paling sepi dalam hidupku
Verse 2 layaknya verse 1, lirik ini dapat dimaknai bahwa si penulis lagu mengalami hal sulit di satu hari, hari dimana ia punya masalah yang begitu besar. Lirik “day that I'll never miss” seolah menyiratkan bahwa ia tak mau ada hari tersebut dalam hidupnya kedepanya, hari dimana ia terlihat merasa sangat sedih.

Bridge:
And if you go, I wanna go with you
Dan jika kau pergi, Aku ingin pergi bersamamu
And if you die, I wanna die with you
Dan jika kau mati, Aku ingin mati bersamamu
Take your hand and walk away
Kan kugenggam tanganmu, Dan berlalu pergi
Bridge, mungkin adalah intinya, lirik ini seolah mempertegas bahwa alasan kenapa si penulis lagu bersedih adalah karena kehilangan orang yang paling ia cintai. Ini dimaknai dari lirik yang seolah pelulis lagu rela mati demi orang itu. Jadi ini tentang kesedian penulis lagu karena kepergian seseorang (bisa saudara, kekasih, sahabat dll)

Outro:
Such a lonely day and it's mine
Sungguh hari yang sangat sepi dan inilah hariku
It's a day that I'm glad I survived
Inilah hari dimana aku senang karena tlah selamat
Outro, tidak begitu jelas maksudnya. Namun yang jelas, penulis lagu di sini seolah ingin mengungkapkan bahwa orang yang ia sayangi tersebut mungkin selalu berkorban untuknya, layaknya mempertaruhkan nyawa, hanya untuk membuat si penulis lagu merasa selamat.

Setelah kita interpretasi dan maknai semua liriknya, Saya percaya bahwa lagu “Lonely Day” seolah berbicara tentang suatu hari dimana sesuatu yang sangat buruk terjadi, hari dimana si penulis lagu kehilangan seseorang yang paling ia cintai. Dalam lirik lagu digambarkan bahwa si penulis lagu rela mati demi orang tersebut, pun sebalik nya orang tersebut juga sepertinya rela berkorban demi si penulis lagu. Jadi tebak saja sendiri, siapakah orang yang paling berharga dalam hidup si penulis lagu tersebu. Apakah orang tersebut adalah orangtuanya? Kekasihnya? Atau sahabatnya?

Bermakna lain dalam sebuah film
Setelah lama di rilis tahun 2005, Lagu Lonely Day muncul sebagai soundtrack di film Disturbia tahun 2007. sebuah film yang dibintangi Shia LeBeouf yang berkisah tentang seorang anak yang menjadi tahanan rumah. Ia kesepian, dan selalu mengawasi tetangganya untuk menghabiskan waktu sehari-hari. Lagu itu muncul secara berurutan dalam film di mana karakter Shia mencoba menemukan cara untuk menjaga dirinya agar tidak mati karena bosan. Sebuah film yang menggambarkan bagaimana dunia terkadang acuh tak acuh terhadap kesepian kita. Ini adalah jenis kesendirian yang begitu serius dan sunyi, ditengah ramainya gemerlap dunia.







*Penulis lirik lagu Lonely Day adalah Daron Malakian dan Serj Tankian. Lagu ini rilis pada tahun 2005. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu: System of a Down ~ Lonely Day"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel