Slipknot - Snuff | Makna dan Arti Lirik Lagu

Makna lagu Snuff menceritakan tentang seorang pria yang sakit hati karena dicampakkan oleh wanita yang ia cintai. Padahal pria tersebut selalu mengang

Snuff adalah lagu tersedih yang pernah diciptakan oleh Slipknot. Lagu ini bahkan tergolong sebagai lagu yang melow dengan tempo yang lambat. Hal ini begitu bertolak belakang dengan lagu-lagu milik Slipknot lainya yang memang bernada gahar karena genre mereka adalah Nu Metal.

Namun tanpa di sangka-sangka, segala keunikan diatas rupanya malah membuat lagu ini begitu populer di kalangan fans Slipknot. Mungkin saja, para fans mencitai lagu ini karena liriknya yang terkesan dalam dan gelap. Berikut merupakan makna arti dan terjemahan dari lirik lagu Snuff milik Slipknot.

Daftar Isi

Makna Lirik

Makna lagu Snuff menceritakan tentang seorang pria yang sakit hati karena dicampakkan oleh wanita yang ia cintai. Padahal pria tersebut selalu menganggap jika wanita yang ia cintai tersebut, adalah wanita yang baik, yang bisa merubah kehidupannya yang kelam menjadi indah. Namun anggapan itu rupanya keliru, karena nyatanya wanita itu pergi meninggalkannya, dan menambah luka baru di kehidupannya yang memang sudah kelam.

Rumor mengatakan bahwa kisah yang tertuang dalam lirik lagu Snuff, merupakan kisah pribadi antara Corey Taylor (Vokalis Slipknot) dan mantan istrinya. Mereka berdua pernah sama-sama menjalin hubungan cinta yang indah, sebelum hubungan itu berubah menjadi gelap, karena istrinya mengkhianatinya dan meninggalkannya tanpa rasa bersalah sedikitpun.

Saat diwawancarai oleh majalah SongFacts, Corey Taylor (Vokalis Slipknot) kemudian menjelaskan tentang pemaknaan dari lirik lagunya. Pada kesempatan itu ia lantas mengatakan;

"This is the slow one. It's another personal one. Again, not naming names, it's about someone who helped me through a lot and I thought she felt the same way that I did and then she really let me down. At the same time, it was good that she did, because it was that final push to me figuring out myself. The lyrics are pretty self-explanatory / Lagu ini bertempo lambat. Lagu ini adalah kisah pribadi (personal). Sekali lagi, tanpa menyebutkan nama, ini tentang seseorang yang banyak membantu saya dan saya pikir dia merasakan hal yang sama seperti saya dan kemudian dia benar-benar mengecewakan saya"

Lewat wawancara diatas, maka jelaslah bahwa lirik lagu Snuff memang menceritakan tentang kisah pribadi Corey Taylor, yang merasa dikecewakan oleh seseorang yang begitu ia cintai. Meskipun dalam wawancara itu Corey tak menyebutkan nama, namun rumor mengatakan bahwa lagu tersebut berhubungan langsung dengan mantan istrinya.

Jika menilik pada judulnya, kata 'Snuff' artinya adalah 'tembakau'. Kata ini digunakan oleh Corey Taylor untuk mendefinisikan bahwa hubungan cintanya yang selama ini ia anggap indah, rupanya adalah sebuah hubungan yang beracun. Seperti yang kita ketahui, 'Snuff (Tembakau)' adalah bahan untuk membuat sebatang rok*k yang jika di hisap bisa menenangkan pikiran, namun tanpa disadari rok*k tersebut juga bisa meracuni.

Analisis Lirik (Per-bait)

Verse 1:
Bury all your secrets in my skin
(Kuburlah semua rahasiamu di kulitku)
Come away with innocence, and leave me with my sins
(Pergilah tanpa rasa tak bersalah, dan tinggalkan aku dengan dosa-dosaku)
The air around me still feels like a cage
(Udara di sekitarku masih terasa seperti sangkar)
And love is just a camouflage for what resembles rage, again
(Dan cinta hanyalah kamuflase dari sesuatu yang menyerupai kemarahan, sekali lagi)

Makna lirik verse 1: Lagu Snuff kabarnya ditulis oleh Corey Taylor (Vokalis Slipknot), untuk mantan istrinya. Hubungan mereka memang sudah lama berakhir dan penyebab utama hubungan itu kandas, adalah karena mantan istri Corey meninggalkan dirinya. Untuk itulah pada pembuka lagu, Corey menulis lirik (Come away with innocence / Pergilah tanpa rasa tak bersalah). Lewat lirik ini pula, Corey seolah berpandangan kalau mantan istrinya telah begitu saja mengkhianatinya dan meninggalkannya tanpa rasa bersalah dan penjelasan sedikitpun.

Dikhianati dan ditinggalkan begitu saja oleh mantan istrinya, membuat Corey menjadi depresi. Karena walaupun ia hidup dengan bebas, ia masih terpenjara oleh rasa sakit hatinya tersebut. Lirik (The air around me still feels like a cage / Udara di sekitarku masih terasa seperti sangkar) berusaha menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kata 'udara' dan 'sangkar', dapat dimaknai sebagai sebuah depresi Corey Taylor. Ia seolah-olah bebas/merdeka bagai udara, namun perasaan sakit hatinya karena dikhianati seolah masih saja mengurungnya dalam sangkar.

Merasa di khianati dan ditinggalkan juga membuat Corey berpandangan bahwa cinta bukanlah sesuatu hal yang indah. Karena pada dasarnya cinta itu bisa menyakitkan dan bisa menimbulkan kemarahan. Untuk itulah Corey menulis lirik (And love is just a camouflage for what resembles rage, again / Dan cinta hanyalah kamuflase dari sesuatu yang menyerupai kemarahan, sekali lagi).

Chorus 1:
So if you love me, let me go
(Jadi jika kau mencintaiku, lepaskan aku)
And run away before I know
(Dan larilah sebelum aku tahu)
My heart is just too dark to care
(Hatiku terlalu kelam untuk peduli)
I can't destroy what isn't there
(Aku tak bisa menghacurkan ketiadaan ditempat ini)
Deliver me into my fate
(Antar aku ke dalam takdirku)
If I'm alone I cannot hate
(Jika aku sendirian, aku tak bisa membenci)
I don't deserve to have you
(Aku tak pantas memilikimu)
Ooh my smile was taken long ago
(Ooh, senyum ku tlah lama menghilang)
If I can change I hope I never know
(Jika bisa ku ubah, aku berharap tak akan pernah tahu)

Makna lirik chorus 1: Corey Taylor hanya ingin membebaskan diri dari rasa sakit akibat perbuatan mantan istrinya. Untuk itulah Corey kemudian menyuruh mantan istrinya untuk pergi dan melarikan diri, agar Corey terbebas dari semua rasa sakit dan kecewa itu (So if you love me let me go, And run away before I know / Jadi jika kau mencintaiku lepaskan aku, Dan larilah sebelum aku tahu).

Dikhianati dan ditinggalkan begitu saja, juga telah cukup membuat hati Corey menjadi mati rasa dan tak peduli pada hal apapun. Dengan artian bahwa perasaan Corey pada mantan istrinya sudah benar-benar mati (My heart is just too dark to care / Hatiku terlalu kelam untuk peduli).

Mungkin begitulah takdir pahit yang dialami oleh Corey. Andaikan saja waktu dapat diulang, ia pasti tak mau menjalani kisan tersebut (If I can change I hope I never know / Jika bisa ku ubah, aku berharap tak akan pernah tahu).

Verse 2:
I still press your letters to my lips
(Aku masih mengempit suratmu dengan bibirku)
And cherish them in parts of me that savor every kiss
(Dan menghargai tiap bagian (surat itu) dengan nikmat tiap kecupan)
I couldn't face a life without your light
(Aku tak bisa menjalani hidup tanpa cahayamu)
But all of that was ripped apart when you refused to fight
(Namun segalanya terkoyak ketika kau menolak untuk berjuang)

Makna lirik verse 2: Surat-surat cinta yang ditulis oleh mantan istrinya kepada Corey adalah saksi bisu tentang keindahan cinta mereka berdua. Bahkan Corey selalu menganggap jika mantan istrinya adalah wanita yang baik, yang bisa merubah kehidupannya, yang mampu menerangi hidupnya. Namun anggapan itu rupanya keliru, karena nyatanya mantan istrinya pergi meninggalkannya, dan tak mau memperjuankan cinta mereka.

Chorus 2:
So save your breath, I will not hear
(Jadi simpan hela nafasmu, aku takkan mendengarkan)
I think I made it very clear
(Aku merasa telah menjelaskannya dengan sangat jelas)
You couldn't hate enough to love
(Kau tak dapat membenci untuk bisa mencintai)
Is that supposed to be enough?
(Apakah harusnya itu cukup?)
I only wish you weren't my friend
(Aku selalu berharap kau bukanlah temanku)
Then I could hurt you in the end
(Agar pada akhirnya aku bisa menyakitimu)

Makna lirik chorus 2: Pada akhirnya karena merasa terkhianati, Corey kemudian benar-benar membenci mantan istrinya, dan kebencian itu takkan pernah luruh, sehingga ia takkan bisa lagi mencintai lagi mantan istrinya (You couldn't hate enough to love / Kau tak dapat membenci untuk bisa mencintai).

Andaikan saja mantan istrinya adalah musuhnya dari dulu, Corey pastilah akan menyakiti hati mantan istrinya. Namun sayang, mereka nyatanya pernah menjali percintaan dan pertemanan, sehingga tak mungkin bagi Corey untuk menyakiti mantan istrinya (I only wish you weren't my friend / Aku selalu berharap kau bukanlah temanku).

Kesimpulan

Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, maka jelaslah bahwa lirik lagu Snuff merupakan kisah pribadi antara Corey Taylor (Vokalis Slipknot) dan mantan istrinya. Mereka berdua pernah sama-sama menjalin hubungan cinta yang indah, sebelum hubungan itu berubah menjadi gelap, karena istrinya mengkhianatinya dan meninggalkannya tanpa rasa bersalah sedikitpun.

Lewat lagu ini, sepertinya Correy ingin menyampaikan segala unek-uneknya sehingga keseluruhan liriknya dipenuhi dengan rasa sakit, kemarahan, kesedihan, bahkan sikap ingin menyerah.

Snuff seolah bisa menggambarkan dengan tepat tentang bagaimana perasaan yang kita alami setelah melalui periode kisah percintaan yang sakit. Lewat lagu ini, Slipknot seolah ingin memberitahu pada pendengarnya jika seseorang yang benar-benar mencintai kita bisa berubah membenci kita sejadi-jadinya, jika kita menyakiti atau mengkhianati mereka. Oleh sebab itu, jangan pernah mempermainkan perasaan dan cinta dari orang lain, karena cinta tak sebercanda itu.

Arti Lirik

Arti kata 'Snuff' adalah 'tembakau'. Kata ini digunakan oleh Corey Taylor untuk mendefinisikan bahwa hubungan cintanya yang selama ini ia anggap indah, rupanya adalah sebuah hubungan yang beracun. Seperti yang kita ketahui, 'Snuff (Tembakau)' adalah bahan untuk membuat sebatang rok*k yang jika di hisap bisa menenangkan pikiran, namun tanpa disadari rok*k tersebut juga bisa meracuni.

Verse 1:
Bury all your secrets in my skin
Kuburlah semua rahasiamu di kulitku
Come away with innocence, and leave me with my sins
Pergilah tanpa rasa tak bersalah, dan tinggalkan aku dengan dosa-dosaku
The air around me still feels like a cage
Udara di sekitarku masih terasa seperti sangkar
And love is just a camouflage for what resembles rage, again
Dan cinta hanyalah kamuflase dari sesuatu yang menyerupai kemarahan, sekali lagi

Chorus 1:
So if you love me, let me go
Jadi jika kau mencintaiku, lepaskan aku
And run away before I know
Dan larilah sebelum aku tahu
My heart is just too dark to care
Hatiku terlalu kelam untuk peduli
I can't destroy what isn't there
Aku tak bisa menghacurkan ketiadaan ditempat ini
Deliver me into my fate
Antar aku ke dalam takdirku
If I'm alone I cannot hate
Jika aku sendirian, aku tak bisa membenci
I don't deserve to have you
Aku tak pantas memilikimu
Ooh my smile was taken long ago
Ooh, senyumanku tlah lama hilang
If I can change I hope I never know
Jika bisa ku ubah, aku berharap tak akan pernah tahu

Verse 2:
I still press your letters to my lips
Aku masih mengempit suratmu dengan bibirku
And cherish them in parts of me that savor every kiss
Dan menghargai tiap bagian (surat itu) dengan nikmat tiap kecupan
I couldn't face a life without your light (Without your light)
Aku tak bisa menjalani hidup tanpa cahayamu
But all of that was ripped apart when you refused to fight
Namun segalanya terkoyak ketika kau menolak untuk berjuang

Chorus 2:
So save your breath, I will not hear
Jadi simpan hela nafasmu, aku takkan mendengarkan
I think I made it very clear
Aku merasa telah menjelaskannya dengan sangat jelas
You couldn't hate enough to love
Kau tak dapat membenci untuk bisa mencintai
Is that supposed to be enough?
Apakah harusnya itu cukup?
I only wish you weren't my friend
Aku selalu berharap kau bukanlah temanku
Then I could hurt you in the end
Agar pada akhirnya aku bisa menyakitimu
I never claimed to be a saint
Aku tak pernah nyatakan diri sebagai orang suci
Ooh my own was banished long ago
Ohh diriku sendiri tlah lama terbuang
It took the death of hope to let you go
Butuh padamnya asa untuk melepaskanmu

[Guitar solo]

Chorus 3:
So break yourself against my stones
Jadi hancurkanlah dirimu dengan batu yang kupunya
And spit your pity in my soul
Dan ludahkanlah rasa kasihanmu ke dalam jiwaku
You never needed any help
Kau tak pernah butuh bantuan
You sold me out to save yourself
Kau khianati aku tuk selamatkan dirimu
And I won't listen to your shame
Dan aku tak akan mendengarkan rasa malumu
You ran away, you're all the same
Larilah kau, kau akan selalu begitu
Angels lie to keep control
Malaikat berdusta agar bisa memegang kendali
Ooh my love was punished long ago
Ohh cintaku tlah lama di kutuk
If you still care, don't ever let me know
Jika kau masih peduli, jangan pernah memberitahuku
If you still care, don't ever let me know
Jika kau masih peduli, jangat pernah memberitahuku

Informasi Lirik

Judul Artis Penulis Album Dirilis Label Genre
Snuff Slipknot Corey Taylor All Hope Is Gone (2008) 28 September 2008 Roadrunner Alternative rock

Video Klip Lagu

Penutup

Kebanyakan dari kita selalu percaya bahwa setiap artis /penyanyi /penulis lagu yang baik, dapat secara efektif menyampaikan banyak makna disetiap lagunya. Sehingga walaupun hanya satu lagu, setiap orang/setiap pendengar dapat meng-interpretasi banyak makna disetiap liriknya. Makna dan terjemahan arti di lirik lagu Snuff yang tertuang dalam postingan ini, masih jauh dari kata sempurna, jadi jika ada pemikiran lain dari lagu ini tulis komentar dibawah.