Pencarian

Makna Dibalik Lagu Park Bo Young ~ Leave (Ost. Oh My Ghost): Karena melepaskan itu sakit


Siapa yang belum pernah nonton drama korea berjudul Oh My Ghost? Kalua belum, segeralah menontonya, drama ini bagus banget menurut saya. Dan karena kebetulah, saya baru saja menyelesaikan 16 episode beruntun menontonya (maklum masih amatiran tentang korea) saya akan membahas lagu ini. Yap, lagu Leave adalah backsound utama dari film ini.

Lagunya sangat enak di dengar lewat semua petikan gitarnya, bisa dijadikan lagu penghantar tidur. Secara sederhana lagu leave nya Park Bo Young seolah bercerita tentang seseorang yang tak rela melepaskan orang-orang yang sangat di cintainya. sehingga lagunya terdengar amat sedih. Oke, untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan liriknya.

Verse 1:
Eodijjeumin geolkka? Amureon saenggakdo eopsi
Dimana aku? Aku sudah berjalan sejenak
Hancham donganeul georeo-on jarie
Tanpa berpikir apapun
Gojang nan garodeung kkamppagineun bulbiche
Di bawah lampu jalan yang rusak dengan cahaya yang berkedip-kedip
Moyeodeun beolledeul iksukhago
Hewan kecil berkumpul di sekitarnya dengan akrab
Verse 1, menerangkan bahwa Park Bo Young seolah menggambarkan suasana dimana dirinya melamun tanpa berpikir apapun. Lirik “lampu jalan rusak” menerangkan lebih lanjut bahwa suasananya hatinya lagi sedih/galau/sendu.  Lirik ini juga seolah menerangkan perasaan Park yang tidak mempercayai sebuah kejadian/kenyataan yang ada.

Verse 2:
Itgo sipeun gieok, gieokhago sipeun sungan
Momen  yang ingin kulupakan, adalah momen yang ingin kuingat
Modeun geosi sarajyeo ganeunde
Semuanya menghilang
Ttaeron ichyeojimi, joeun georago hane
Terkadang, mereka bilang melupakan adalah baik
Geureol sudo isseul geot gatjiman
Aku pikir aku bisa, namun..
Verse 2, menerangkan lebih lanjut bahwa ia sepertinya ditinggalkan oleh kekasihnya/ orang-orang yang ia cintai. Dan meskipun orang lain mengatakan padanya untuk mengiklaskan kekasihnya tersebut, ia tak mampu untuk melupakanya..

Chorus:
Neomunado saranghaessdeon saramdeul
Orang yang sangat aku sayangi
Nae sonkkeute namaissneun ongireul
Kehangatan yang tertinggal diujung jariku
Nae maeumsok aryeonhage haejudeon
Kenangan yang penuh kasih tertinggal dihatiku
Geu gieokkkaji ilhgo sipjin anheunde
Aku tidak ingin kehilangan mereka
Chorus/reff dapat dimaknai bahwa Park tak bisa melupakan kekasih/orang yang ia cintai karena orang tersebut telah memberikan semua kenangan yang indah dalam hidupnya. Sehingga dalam lirik ini park tak rela melepaskan orang-orang yang sangat di cintainya tersebut

Bridge:
Dasi haega tteugo
Matahari terbit kembali
Siganeun tto heulleogago
Waktu kembali berlalu
Eojeneun oneurui salme muthigo
Kemarin akan tertutupi dengan hari ini sekali lagi
Nado ijhyeojigo
Aku mulai lupa
Tto sarajyeogago
Bahwa aku sudah menghilang
Geureohge modeun ge
Demikian juga, semuanya akan
Tteonanda
Pergi
Bridge menjelaskan bahwa ia terus saja hidup dengan semua kenangan tersebut tanpa pernah mengiklaskanya. Sangat sulit memeng melepas orang yang dicintainya, walau ia sepenuhnya sadar bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Setiap orang pasti datang, dan pasti akan pergi.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan lirikya, lagu leave secara sederhana bercerita tentang seseorang yang tak rela melepaskan orang-orang yang sangat di cintainya, lagu ini disebagian liriknya seolah memandang bahwa perpisahan, kepergian dan kehilangan adalah kata-kata yang tidak pernah diinginkan seseorang dalam hidup. Karena pada setiap perpisahan memang kadang ada momen-momen yang tak pernah bisa kita hapus begitu saja. Dan memang proses melepaskan seseorang yang kita cintai adalah satu hal yang sangat-sangat menyakitkan. Sedih







*penulis lagu Leave adalah Park Bo Young. Lagu ini rilis tahun 2014. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Park Bo Young ~ Leave (Ost. Oh My Ghost): Karena melepaskan itu sakit "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel