Pencarian

Makna Dibalik Lagu Guns N' Roses ~ Sweet Child O' Mine: Mengapa engkau tak seindah dulu lagi?


"Sweet Child O 'Mine" adalah lagu ke-9 dari album debut Guns N' Roses 'Appetite for Destruction. Lagu ini menjadi singel GNR yang paling sukses, melampaui Billboard Hot 100. Liriknya ditulis oleh sang vokalis Axl Rose berasal dari puisi yang sedang dikerjakanya. Lagu ini didedikasikan kepada kekasihnya Erin Everly pada saat itu.
.......
Seperti yang kita ketahui, bahwa setelah lagu ini rilis, Axl dan Everly pada kenyataanya menikah dan harus bercerai satu bulan kemudian. Ini menjadikan kisah cinta mereka menjadi tragis. Jadi menurut saya lirik lagunya sendiri berbicara tentang perbandingan waktu masa lalu dan masa sekarang. Axl lewat lirik lagu ini menganggap bahwa Everly yang dulu dengan semua keindahan cintanya, tampak berbeda di kehidupan yang sekarang. Atau simpelnya “cintamu tak semanis dulu, Everly.”
.
Jadi sederhananya, lagu Sweet Child O 'Mine bercerita tentang Axl Rose yang mengingat masalalunya “dulu” saat pertama kali jatuh cinta dengan Everly. Lagu ini seolah menganggap bahwa jatuh cinta sangat membahagiakan, apalagi saat kita melihat senyuman orang yang kita cintai. Sebuah kisah percintaan masa kecil/muda yang mungkin akan AXL terus ingat. Sebuah gambaran masalalu yang bertolak belakang dengan masa kini. 
.
Oke untuk lebih jelasnya, kita interpretasi dan maknai saja keseluruhan lirik lagunya. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada di akhir tulisan.
.
Verse 1:
She's got a smile that it seems to me
Ia punya senyum yang menurutku
Reminds me of childhood memories
Mengingatkan ku akan kenangan masa kecil
Where everything was as fresh as the bright blue sky
Saat segalanya masih cerah secerah langit biru
Now and then when I see her face
Dan sekarang tiap kali kulihat wajahnya
She takes me away to that special place
Dia membawaku ke tempat istimewa itu
And if I stared too long, I'd probably break down and cry
Dan jika kutatap terlalu lama, mungkin aku takkan kuasa menahan tangis
Verse 1, Axl berusaha membangun gagasan bahwa “dulu” kisah cintanya dengan Everly sangatlah indah. Sehingga jika Axl melihat senyuman Everly ia jadi teringat oleh masalau tersebut. Sebuah senyuman yang mengingatkannya pada waktu dalam hidupnya di mana dia bahagia dan semuanya baik-baik saja. Sementara lirik “And if I stared too long/I'd probably break down and cry” adalah antitesisnya. Dalam lirik tersebut seolah Axl merasa bahwa cintanya Everly yang sekarang tak seindah dulu lagi. jadi jika Axl terus memikirkan kenangan tersebut terlalu lama, dia mulai menangis.

Chorus:
Woah-oh-oh! Sweet child of mine
Woah-oh-oh! Anakku yang manis
Woah, oh-oh-oh! Sweet love of mine
Woah, oh-oh-oh! Cintaku yang manis
Chorus/reff, menggambarkan bahwa kisah cinta Axl dan Erin dahulu kala sangatlah indah. Lirik “child” dalam lagu ini juga merupakan sebuah metafora bahwa dulu kisah cintanya Everly sangat indah bagai anak kecil yang polos, lugu,murni, penuh kasih

Verse 2:
She's got eyes of the bluest skies
Dia memiliki mata se-biru langit
As if they thought of rain
Seolah-olah mereka memikirkan hujan
I hate to look into those eyes and see an ounce of pain
Aku benci menatap mata itu dan melihat rasa sakit
Her hair reminds me of a warm, safe place
Rambutnya mengingatkanku pada sebuah tempat yang aman dan hangat
Where as a child I'd hide
Tempatku bersembunyi saat masih kecil
An' pray for the thunder and the rain to quietly pass me by
Dan berdoa saat ada petir Dan hujan Agar segera berlalu
Verse 2, adalah penggambaran Axl akan keindahan Everly. Di sini dijelaskan bahwa Everly mempunyai mata biru sebiru langit. Seperti yang kita ketahui, warna biru dapat dimaknai sebagai sebuah warna lambang ketenangan jiwa. Lirik ini juga menganggap bahwa kehadiran Everly “dulu” membuatnya merasa nyaman, dan berani menghadapi apapun. Kata “petir dan hujan” dapan dimaknai sebagai suatu masalah.

Outro:
Where do we go?
Kemana kita akan pergi?
Where do we go now?
Sekarang Kemana kita akan pergi?
Ay, ay, ay, ay, ay, ay, ay, ay
Outo, seolah adalah pertanyaan Axl kepada Everly kemana seharusnya cinta mereka akan pergi. Karena mereka sudah melalui hal manis dulu kala, dan menjadi sedikit lebih pahit dimasa sekarang.

Kesimpulan:
Setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, Sweet Child O 'Mine adalah lagu yang seolah mengembangkan gagasan tentang perbandingan waktu antara “dulu” dan “sekarang” tentang hubungan percintaan Axl Rose (vokalis Guns N' Roses) dengan mantan istrianya Erin Everly. Di sebagian lirik lagu, Axl menganggap bahwa Everly mempunyai senyuman yang manis yang mengingatkanya pada kisah percintaanya dulu dimana semuanya berjalan indah dan baik-baik saja. Dahulu Axl juga menganggap bahwa Everly diandaikan sebagai seorang anak kecil yang lugu, polos dengan penuh cinta murni, yang juga mempunyai mata biru sebiru langit sehingga dapat menenangkan hati Axl. Namun sayangnya itu hanya dulu, karena pada masa sekarang cinta Everly tak seindah dulu lagi, sehingga jika Axl teringat akan masalalunya ia hanya bisa menangis.

Atau simpelnya, Axl seolah berkata pada Everly begini; “Semakin hari aku merasa kamu semakin berbeda. Kamu tidak semanis dulu saat pertama mencintaiku. Kamu tidak seperti dulu saat semua masih awal kita menjalani semua. Kau menjadi asing bagiku. Kamu bukan orang yang kukenal lagi. Kamu terlalu asyik dengan duniamu sendiri. Apa kamu lelah dengan semua ini?” (hanya pengandaian saya saja 😊)





*Penulis lirik lagu Sweet Child O 'Mine adalah Axl Rose. Lagu ini rilis pada tahun 1987. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Guns N' Roses ~ Sweet Child O' Mine (Official Video)

0 Response to "Makna Dibalik Lagu Guns N' Roses ~ Sweet Child O' Mine: Mengapa engkau tak seindah dulu lagi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel