Makna Dibalik Lagu Kodaline ~ Love Will Set You Free: Karena sejatinya cinta itu selalu membebaskan

lagu Love Will Set You Free nya Kodaline secara sederhana bercerita tentang seorang pria (penulis lagu) yang sedang patah hati. Ia menganggap bahwa dalam setiap patah hati, dalam seitap kesendirian, kita itu...

Love Will Set You Free nya Kodaline secara sederhana bercerita tentang seorang pria (penulis lagu) yang sedang patah hati. Ia menganggap bahwa dalam setiap patah hati, dalam seitap kesendirian, kita itu ngga boleh sedih dan meratapinya. Karena selama kita masih punya rasa cinta dihati kita, cinta tersebut akan membebaskan kita dari mantan/orang yang menyakiti kita. Untuk kemudian bangkit dan menemukan cinta lain.

Oke untuk lebih jelasnya kita maknai saja lagunya bait demi bait. Baca sampai habis ya, kesimpulan ada diakhir tulisan.

Verse 1:
I'm sure you’re probably busy getting on with your new life
Aku yakin kau mungkin sibuk menjalani kehidupan barumu
So far away from, So far away from
Begitu jauh dari (ku), begitu jauh dari (ku)
When everything we used to say was wrong is now alright
Ketika semua yang dulu kita katakan salah sekarang menjadi benar
Where has the time gone? Where has the time gone?
Kemanakah waktu berlalu? Kemanakah waktu berlalu?
Verse 1, penulis lagu berusaha mengembangkan cerita tentang mantannya. Sepertinya mantanya sudah tak peduli padanya yang telah menjalani kehiduppan baru tanpa dirinya. Jadi, penulis lagu merasa mantanya sudah sangat jauh dari dirinya. Lirik “When everything we used to say was wrong is now alright” merujuk pada perpisahan mereka, yang sepertinya menganggap bahwa kekasihnya telah salah menilainya (mungkin). Lirik ini juga bisa bermakna bahwa dunia itu berubah, bahwa yang kita anggap salah juga belum tentu salah dikemudian hari

Chorus:
If you’re ever feeling lonely
Jika kau pernah merasa kesepian
If you’re ever feeling down
Jika kau pernah merasa sedih
You should know you’re not the only one
Kau harus tahu bahwa kau bukanlah satu-satunya
Because I feel it with you now
Karena aku juga merasakan semua itu bersamamu sekarang
When the world is on your shoulders
Ketika dunia ada di pundak mu
And you’re falling to your knees
Dan kau jatuh dengan bersimpuh
Oh please
Oh, KUMOHON
You know love will set you free
Kau tahu cinta akan membebaskan mu
Chorus/reff penggambaran perasaan kesendirian yang penulis lagu alami juga dialami oleh mantan kekasihnya. Dan begitulah kadang cinta bekerja, ia kadang menyakiti kita hingga kita bersimpuh. Namun penulis lagu menganggap  bahwa rasa sakit itu jangan dijadikan sebuah alasan untuk terpuruk. Karena sejatinya cinta itu selalu membebaskan, selalu membahagiakan, hanya kita saja yang kadang menyikapinya salah hingga rasa sedih kemudian muncul.

Verse 2:
I took a long and lonely walk
Jalanku amat Panjang dan (aku) berjalan sendirian
Up to an empty house
Layaknya sebuah rumah yang kosong
That's where I've come from
Dari situlah aku berasal
Where have you come from?
Darimanakah asalmu?
The more I live the more I know
Semakin aku hidup semakin aku mengerti
I've got to live without
Aku harus hidup tanpanya
But this ain't no sad song
Tapi ini bukan lagu yang menyedihkan
Life has to go on
Hidup harus terus berjalan
Verse 2, menerangkan secara lanjut bahwa penulis lagu telah menjalani semua hal akan percintaan. Lirik “Where have you come from?” sebenarnya hanya sebuah metafora tentang penulis lagu yang belajar akan sifat-sifat kekasihnya. Sehingga semakin hari ia semakin mengerti bahwa ia harus meninggalkan kekasihnya karna mungkin tak sejalan. Dan walaupun hatinya patah, ia tak ma uterus-terusan sedih karena hidup terus berjalan.

Bridge:
You know love will set you free
Kau tahu cinta akan membebaskan mu
You know love will set you free
Kau tahu cinta akan membebaskan mu
You know love will set you free
Kau tahu cinta akan membebaskan mu
Yap seperti penjelasan diatas, walau kadang cinta membuat kita sakit, namun sejatinya cinta itu membuat kita bebas. Karena cinta tergantung dari diri kita mau menyikapinya bagaimana.

Kesimpulan:
Oke setelah kita interpretasi dan maknai keseluruhan liriknya, lagu Love Will Set You Free nya Kodaline secara sederhana bercerita tentang seorang pria (penulis lagu) yang sedang patah hati. Ia menganggap bahwa dalam setiap patah hati, dalam seitap kesendirian, kita itu ngga boleh sedih dan meratapinya. Karena selama kita masih punya rasa cinta dihati kita, cinta tersebut akan membebaskan kita dari mantan/orang yang menyakiti kita untuk kemudian bangkit dan menemukan cinta lain.

Yap, begitulah memang kadang cinta bekerja, ia kadang menyakiti kita hingga kita bersimpuh memohon ampun. Namun penulis lagu menganggap bahwa rasa sakit itu jangan dijadikan sebuah alasan untuk terpuruk. Karena sejatinya cinta itu selalu membebaskan, selalu membahagiakan, hanya kita saja yang kadang menyikapinya salah hingga rasa sedih kemudian muncul.






*Penulis lirik lagu Love Will Set You Free adalah Kodaline. Lagu ini rilis pada tahun 2015. Sedangkan interpretasi pemaknaan pada lirik lagu ini berasal dari pendapat pribadi penulis blog.

Kodaline ~ Love Will Set You Free (Official Video)